WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Navara??

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by vigoderoza »

maskopat wrote:untuk PS, ajak keluarga juga pas TD om. banyak yang komentar kalo kursi depan dan baris ke-dua rada pendek. kasihan kan kalo keluarga gak nyaman duduknya.

PS pake 4AT invecs II. sedangkan evie pake 5AT konvensional.
PS ada manual mode. kalo evie, bisa juga dipaksa manual, tapi gearboxnya agak lemot kalo pas diturunin gigi nya.
kalo bejeg gas di gear 3 dan RPM masih rendah, PS masih tetap di gear 3. kalo evie, bisa turun ke gear 2.
PS bisa ditahan di redline, kalo evie, nahannya pake pedal gas... :mrgreen:

fun to drive, mungkin setiap driver punya definisi yang berbeda. coba aja test drive dan bawa agak jauhan.. :big_peace:

Bold: Wahh,, bijak sekali boss kopat ini... heheee....
Ane makin bingung ni omm,, semakin baca2 tret disini jd makin susah nentuin pilihan.... barusan abis baca2 tret captiva yg puanjang itu jd berubah lg pikiran ke Captiva ato Evie..... :frm_bang_head: abis si Capvie AWD 5AT Tiptronic nya dgn segudang fiturnya bikin ngecess sih..... sebenernya pas di IIMS kemaren udh membulatkan niat mau meminang Evie,, tapi pas abis TD Bini komen, kok Interiornya biasa bgt yak? kok masi bagusan Innova yak? jd bingung lg ampe skrg.... abis masing2 punya plus minus ya pmm?? heheeeeee....... btw kalo captiva AWD itu sejauh mana si bisa diajak offroad nya ya? apa jgn2 malah lebih bisa diajak offroad Evie 4X2 ya dibanding captiva AWD? trus apa iya kalo monocoque itu lebih cepet rusak ya kalo dibandingin ama ladder frame?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by maskopat »

vigoderoza wrote:
maskopat wrote:untuk PS, ajak keluarga juga pas TD om. banyak yang komentar kalo kursi depan dan baris ke-dua rada pendek. kasihan kan kalo keluarga gak nyaman duduknya.

PS pake 4AT invecs II. sedangkan evie pake 5AT konvensional.
PS ada manual mode. kalo evie, bisa juga dipaksa manual, tapi gearboxnya agak lemot kalo pas diturunin gigi nya.
kalo bejeg gas di gear 3 dan RPM masih rendah, PS masih tetap di gear 3. kalo evie, bisa turun ke gear 2.
PS bisa ditahan di redline, kalo evie, nahannya pake pedal gas... :mrgreen:

fun to drive, mungkin setiap driver punya definisi yang berbeda. coba aja test drive dan bawa agak jauhan.. :big_peace:

Bold: Wahh,, bijak sekali boss kopat ini... heheee....
Ane makin bingung ni omm,, semakin baca2 tret disini jd makin susah nentuin pilihan.... barusan abis baca2 tret captiva yg puanjang itu jd berubah lg pikiran ke Captiva ato Evie..... :frm_bang_head: abis si Capvie AWD 5AT Tiptronic nya dgn segudang fiturnya bikin ngecess sih..... sebenernya pas di IIMS kemaren udh membulatkan niat mau meminang Evie,, tapi pas abis TD Bini komen, kok Interiornya biasa bgt yak? kok masi bagusan Innova yak? jd bingung lg ampe skrg.... abis masing2 punya plus minus ya pmm?? heheeeeee....... btw kalo captiva AWD itu sejauh mana si bisa diajak offroad nya ya? apa jgn2 malah lebih bisa diajak offroad Evie 4X2 ya dibanding captiva AWD? trus apa iya kalo monocoque itu lebih cepet rusak ya kalo dibandingin ama ladder frame?
monokok vs ladder... sudah pernah dibahas panjang lebar om... intinya adalah gimana si engineer ngerancang sasis sih.
ladder biasanya dipake untuk mobil yang pekerja berat. kalo monokok, biasanya cendrung ke handling yang mantap. tapi bukan berarti monokok lemah om. karena kayak pajero dan cherokee, monokoknya sudah diperkuat. jadi istilahnya kayak hibrid chassis atau unibody gitu om. ane pernah lihat di youtube, cherokee dihajar kanan kiri sambil narik kayu gede. chassisnya kuat koq. tapi perlu diingat, cherokee dan pajero itu kastanya di atas PS, evie, dan captiva. :frm_salut:

kalo captiva, ane kurang tahu om apakah pake hibrid chassis atau tidak. tapi kalo gak salah, towing capacity captiva lebih besar daripada PS, fortuner.. entah dengan evie. towing capacity ini dipengaruhi oleh kekuatan mesin, gear ratio dan chassis.

sabar aja om milih2 mobil. dilist aja kekurangannya satu sama lain. tinggal pilih mobil yang kekurangannya bisa om terima... :frm_tumbright:

jadi yang masuk list: PS, captiva dan evie ya?
tenang om, captiva, PS, evie mobil yang bagus koq.. :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by vigoderoza »

maskopat wrote:
vigoderoza wrote:
maskopat wrote:untuk PS, ajak keluarga juga pas TD om. banyak yang komentar kalo kursi depan dan baris ke-dua rada pendek. kasihan kan kalo keluarga gak nyaman duduknya.

PS pake 4AT invecs II. sedangkan evie pake 5AT konvensional.
PS ada manual mode. kalo evie, bisa juga dipaksa manual, tapi gearboxnya agak lemot kalo pas diturunin gigi nya.
kalo bejeg gas di gear 3 dan RPM masih rendah, PS masih tetap di gear 3. kalo evie, bisa turun ke gear 2.
PS bisa ditahan di redline, kalo evie, nahannya pake pedal gas... :mrgreen:

fun to drive, mungkin setiap driver punya definisi yang berbeda. coba aja test drive dan bawa agak jauhan.. :big_peace:

Bold: Wahh,, bijak sekali boss kopat ini... heheee....
Ane makin bingung ni omm,, semakin baca2 tret disini jd makin susah nentuin pilihan.... barusan abis baca2 tret captiva yg puanjang itu jd berubah lg pikiran ke Captiva ato Evie..... :frm_bang_head: abis si Capvie AWD 5AT Tiptronic nya dgn segudang fiturnya bikin ngecess sih..... sebenernya pas di IIMS kemaren udh membulatkan niat mau meminang Evie,, tapi pas abis TD Bini komen, kok Interiornya biasa bgt yak? kok masi bagusan Innova yak? jd bingung lg ampe skrg.... abis masing2 punya plus minus ya pmm?? heheeeeee....... btw kalo captiva AWD itu sejauh mana si bisa diajak offroad nya ya? apa jgn2 malah lebih bisa diajak offroad Evie 4X2 ya dibanding captiva AWD? trus apa iya kalo monocoque itu lebih cepet rusak ya kalo dibandingin ama ladder frame?
monokok vs ladder... sudah pernah dibahas panjang lebar om... intinya adalah gimana si engineer ngerancang sasis sih.
ladder biasanya dipake untuk mobil yang pekerja berat. kalo monokok, biasanya cendrung ke handling yang mantap. tapi bukan berarti monokok lemah om. karena kayak pajero dan cherokee, monokoknya sudah diperkuat. jadi istilahnya kayak hibrid chassis atau unibody gitu om. ane pernah lihat di youtube, cherokee dihajar kanan kiri sambil narik kayu gede. chassisnya kuat koq. tapi perlu diingat, cherokee dan pajero itu kastanya di atas PS, evie, dan captiva. :frm_salut:

kalo captiva, ane kurang tahu om apakah pake hibrid chassis atau tidak. tapi kalo gak salah, towing capacity captiva lebih besar daripada PS, fortuner.. entah dengan evie. towing capacity ini dipengaruhi oleh kekuatan mesin, gear ratio dan chassis.

sabar aja om milih2 mobil. dilist aja kekurangannya satu sama lain. tinggal pilih mobil yang kekurangannya bisa om terima... :frm_tumbright:

jadi yang masuk list: PS, captiva dan evie ya?
tenang om, captiva, PS, evie mobil yang bagus koq.. :frm_tumbright:

Oooohh gitu ya om.... jadi sebenernya monocoque itu ga selamanya lebih lemah daripada ladder ya... dan towing capacity capvie ngalahin PS & Fortie?? :frm_tumbleft: hmmm... kalo gitu naik lg lahh point buat si capvie.... :mrgreen:
Iya si dari ke-3 nya ini ada plus minus semua sih,, jadi emang susah buat mutusinnya... maklum, emang buat mobil satu2nya dikeluarga Ane dan nyicil pulak lg, :mrgreen: jd pengennya emang yg bener2 mantepp dihati & nyaman buat bini & anak ane yg masi baby... heheeeee......

Many thanks yakk om kopat buat inpo2nya..... :thanks: :thanks: :thanks:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by maskopat »

sama2 om.. kalo bingung, dishare lagi aja di mari... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by maskopat »

oh ya, tentang off road. ane belum kasih komentar yah.

harusnya, PS, evi 4x2 dan captiva AWD, kemampuan off roadnya 11-12 lah. mungkin kalo jalan licin, captiva lebih baik. perlu diingat bahwa AWD di captiva bukan full time. tapi AWD on deman. kalo roda depan (sebagai penggerak utama) kehilangan traksi, baru diff belakang diaktifkan. ini semuanya diatur oleh elektronik.

kalo emang kemampuan off road lebih diutamakan, mungkin bisa melirik PS 4x4 AT. harganya 450-an jt. atau fortie V bensin 2.7L.. harganya kalo gak salah 470-an jt. kalo 2 ini, udah oke deh untuk soft to mid off road.
atau kalo budget mepet, coba PS 4x4 MT. lebih murah. sekitar 405jt. tapi featurenya kalah dengan PS 4x4 AT... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by zweifellos »

maskopat wrote:oh ya, tentang off road. ane belum kasih komentar yah.

harusnya, PS, evi 4x2 dan captiva AWD, kemampuan off roadnya 11-12 lah. mungkin kalo jalan licin, captiva lebih baik. perlu diingat bahwa AWD di captiva bukan full time. tapi AWD on deman. kalo roda depan (sebagai penggerak utama) kehilangan traksi, baru diff belakang diaktifkan. ini semuanya diatur oleh elektronik.

kalo emang kemampuan off road lebih diutamakan, mungkin bisa melirik PS 4x4 AT. harganya 450-an jt. atau fortie V bensin 2.7L.. harganya kalo gak salah 470-an jt. kalo 2 ini, udah oke deh untuk soft to mid off road.
atau kalo budget mepet, coba PS 4x4 MT. lebih murah. sekitar 405jt. tapi featurenya kalah dengan PS 4x4 AT... :frm_salut:
kalo emang butuh 2 gardan memang mestinya ngambil 4x4 tapi kalo ga butuh mubadzir aja kecuali memang sekali-sekali ngehobby ngelumpur di tempat2 tertentu kaya poncab.

saran buat om TS, coba masuk ke thread itu mobil, ada thread khususnya (tapi buat evie kayanya lom ada). banyak informasi berguna disitu yang sering bisa ngakalin kekurangan itu mobil.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by solar_kerosen »

zweifellos wrote:
maskopat wrote:oh ya, tentang off road. ane belum kasih komentar yah.

harusnya, PS, evi 4x2 dan captiva AWD, kemampuan off roadnya 11-12 lah. mungkin kalo jalan licin, captiva lebih baik. perlu diingat bahwa AWD di captiva bukan full time. tapi AWD on deman. kalo roda depan (sebagai penggerak utama) kehilangan traksi, baru diff belakang diaktifkan. ini semuanya diatur oleh elektronik.

kalo emang kemampuan off road lebih diutamakan, mungkin bisa melirik PS 4x4 AT. harganya 450-an jt. atau fortie V bensin 2.7L.. harganya kalo gak salah 470-an jt. kalo 2 ini, udah oke deh untuk soft to mid off road.
atau kalo budget mepet, coba PS 4x4 MT. lebih murah. sekitar 405jt. tapi featurenya kalah dengan PS 4x4 AT... :frm_salut:
kalo emang butuh 2 gardan memang mestinya ngambil 4x4 tapi kalo ga butuh mubadzir aja kecuali memang sekali-sekali ngehobby ngelumpur di tempat2 tertentu kaya poncab.

saran buat om TS, coba masuk ke thread itu mobil, ada thread khususnya (tapi buat evie kayanya lom ada). banyak informasi berguna disitu yang sering bisa ngakalin kekurangan itu mobil.
Zwel enak ngambil yg 4x4 tahan banjir kayak tadi di samarinda banjir gue siramin tuh orang orang yg pake motor dengan mobil gue hahaha biar bersih gak usah mandi lagi :big_weee:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by zweifellos »

solar_kerosen wrote:
zweifellos wrote:
maskopat wrote:oh ya, tentang off road. ane belum kasih komentar yah.

harusnya, PS, evi 4x2 dan captiva AWD, kemampuan off roadnya 11-12 lah. mungkin kalo jalan licin, captiva lebih baik. perlu diingat bahwa AWD di captiva bukan full time. tapi AWD on deman. kalo roda depan (sebagai penggerak utama) kehilangan traksi, baru diff belakang diaktifkan. ini semuanya diatur oleh elektronik.

kalo emang kemampuan off road lebih diutamakan, mungkin bisa melirik PS 4x4 AT. harganya 450-an jt. atau fortie V bensin 2.7L.. harganya kalo gak salah 470-an jt. kalo 2 ini, udah oke deh untuk soft to mid off road.
atau kalo budget mepet, coba PS 4x4 MT. lebih murah. sekitar 405jt. tapi featurenya kalah dengan PS 4x4 AT... :frm_salut:
kalo emang butuh 2 gardan memang mestinya ngambil 4x4 tapi kalo ga butuh mubadzir aja kecuali memang sekali-sekali ngehobby ngelumpur di tempat2 tertentu kaya poncab.

saran buat om TS, coba masuk ke thread itu mobil, ada thread khususnya (tapi buat evie kayanya lom ada). banyak informasi berguna disitu yang sering bisa ngakalin kekurangan itu mobil.
Zwel enak ngambil yg 4x4 tahan banjir kayak tadi di samarinda banjir gue siramin tuh orang orang yg pake motor dengan mobil gue hahaha biar bersih gak usah mandi lagi :big_weee:
haha kasian lah om mereka yang kena air, mentang-mentang naek mobil. :mrgreen:

kalo banjir model PS ama evie 4x2 juga mampu, captiva sepertinya pun gitu. yang paling kerasa memang kalo udah butuh kendaraan di jalan yang butuh mobil 2 gardan. baru kerasa enaknya 4x4, ga perlu milih jalur. kaya PS 4x4, udah ada LSD nya, udah kaya ada tambahan gardan setengah porsi aja jadinya. :mrgreen:

satu lagi tentang PS, mantapnya PS di jalanan offroad makanya iklannya juga nunjukin kelebihannya dijalanan yang bikin mobil bakal berayun-ayun tapi tidak buat si PS. keras di lubang2 jalan aspal (tapi mantap buat kencang) tapi nikmat buat jalanan offroad (ga harus licin, yang penting bergelombang alias tak rata) suspensi si PS.

Makanya iklannya pun jadi bilang si PS : Highspeed Offroader :frm_tumbright:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by vigoderoza »

maskopat wrote:oh ya, tentang off road. ane belum kasih komentar yah.

harusnya, PS, evi 4x2 dan captiva AWD, kemampuan off roadnya 11-12 lah. mungkin kalo jalan licin, captiva lebih baik. perlu diingat bahwa AWD di captiva bukan full time. tapi AWD on deman. kalo roda depan (sebagai penggerak utama) kehilangan traksi, baru diff belakang diaktifkan. ini semuanya diatur oleh elektronik.

kalo emang kemampuan off road lebih diutamakan, mungkin bisa melirik PS 4x4 AT. harganya 450-an jt. atau fortie V bensin 2.7L.. harganya kalo gak salah 470-an jt. kalo 2 ini, udah oke deh untuk soft to mid off road.
atau kalo budget mepet, coba PS 4x4 MT. lebih murah. sekitar 405jt. tapi featurenya kalah dengan PS 4x4 AT... :frm_salut:

Nahh, si AWD on demand-nya si capvie ini bisa diajak main2 tanah di pondok cabe gitu ngga ya? dengan catatan ban-nya diganti dengan ban MT.... sampe sejauh mana si si AWD ini bisa dipake dijalan non aspal??
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by maskopat »

vigoderoza wrote:
maskopat wrote:oh ya, tentang off road. ane belum kasih komentar yah.

harusnya, PS, evi 4x2 dan captiva AWD, kemampuan off roadnya 11-12 lah. mungkin kalo jalan licin, captiva lebih baik. perlu diingat bahwa AWD di captiva bukan full time. tapi AWD on deman. kalo roda depan (sebagai penggerak utama) kehilangan traksi, baru diff belakang diaktifkan. ini semuanya diatur oleh elektronik.

kalo emang kemampuan off road lebih diutamakan, mungkin bisa melirik PS 4x4 AT. harganya 450-an jt. atau fortie V bensin 2.7L.. harganya kalo gak salah 470-an jt. kalo 2 ini, udah oke deh untuk soft to mid off road.
atau kalo budget mepet, coba PS 4x4 MT. lebih murah. sekitar 405jt. tapi featurenya kalah dengan PS 4x4 AT... :frm_salut:

Nahh, si AWD on demand-nya si capvie ini bisa diajak main2 tanah di pondok cabe gitu ngga ya? dengan catatan ban-nya diganti dengan ban MT.... sampe sejauh mana si si AWD ini bisa dipake dijalan non aspal??
hm, pernah lihat di youtube kalo captiva lagi soft off road. genangan air dan lumpur sedikit sih masih bisa lewat. coba search aja di youtube. :D
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by cokino »

Ijin sharing pengalaman pribadi :


Everest TDCi tenaganya gak gahar-gahar amat bro (sory, saya nulis kayak gini biar bro gak terlalu overpredict aja sama Evie) karena mesti membawa body gedenya. Evie TDCi kira-kira setara tarikan dan topspeed-nya sama Ranger/Strada non-commonrail.

Solar busuk ?? Sepertinya definisi solar busuk harus diperjelas dulu. Kalo menurut bro solar busuk = Bio Solar, TDCi Evie dan PS (seperti kata bro Jalu) udah Battle Proven tapi kalo definisi solar busuknya adalah solar yang kecampur air, oli bekas, partikel2 padat... mau itu PS, Fortuner, Hi-Lux, Ranger, D-Max selama dia CRD hampir dipastikan bakal tewas.

Sebenernya maksud dari "tahan solar busuk" itu gimana ?
Kalo tahan solar busuk dalam artian biaya perbaikannya kecil/hanya mogok tanpa merusak fuel system, hampir semua Diesel non-commonrail masuk kateogri ini tapi kalo tahan solar busuk berarti mobilnya bisa jalan terus, ga ada gejala batuk untuk long period...sepertinya hanya military vehicle yang mampu.

Fun to Drive vote ke Evie. Posisi nyetir PS gak nyaman, stir-nya masih berasa bawa Carry/T-120, Joknya kurang berasa nempel di badan pengemudi.

Kalo iritnya ya pasti Irit. Gw bawa Ranger non-commonrail dengan 3 orang dewasa, bagasi sekitar 200 Kg dari Palembang ke Jakarta kurang lebih 650 KM habis duit buat solar sekitar 250k dengan waktu tempuh sekitar 14 jam (udah termasuk istirahat di Ferry). Full bejek dan Full AC.

Nyaman ? Kalo seandainya suspensi belakang PS = Triton... gw vote ke Evie.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by zweifellos »

kayanya memang posisi mengemudi itu tergantung orangnya bgt ya. seperti yang saya baca dari pengalaman orang di SM ini, ada yang bilang posisi ga pas, ada yang paling cocok. kalo saya sendiri malah cocok bgt. pernah nyoba innova, waduh ga pernah pas posisinya padahal posisi jok udah dimaju mundurin dan naik turunin tetep ga nyaman bawanya. jadi masalah ini kayanya lebih ke selera yang bawa gimana ya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by maskopat »

kalo gitu, cari yang pas kita bawa..... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by billyd1773dz »

satu poin aja... klw uda bicara durability

makin canggih suatu mobil makin banyak dan complek juga setiap part yang ada di mobil itu.......

captiva AWD bisa aja canggih sarat elektronis hitech macam kontrol traksi ESP dll dgn AWD selama semua berfungsi dgn baik mungkin masih bisa aja ngimbangin rivalnya yg parttime untuk main tanah ringan d poncab..

tp inget kodratnya part elektronis memang rentan terhadap dirt and mud.. nah mainnya oprut kan selalu akrab dgn 2 elemen ini....

mungkin 1-2 kali fine2 aja tp jangka panjang apa lgi klw sesudahnya g d bersihin/d rawat bener2 atw sekedar perawatan lebih....bisa aja part canggih td jd mallfunction.klw uda trouble blm tentu sembarang mekanik bisa btulinnya.

tentu resiko ini, lebih kecil d mobil rivalnya yg masih serba konvensional. Kw ada yg bertanya mengenai "batasan" maka disinilah point pertama yg jd limiter ctv terhadap rivalnya.

Point lainnya yg menonjol tentu d kakinya yg fiss, dan ke tidak tersediaannya lowgear...





ehhmmm.... pernah main ke showroom chevy salesnya aja ngebantah AWDnya bwat oprut hohoho..... wlau gw yakin sih bisa aja sekedar bebecekan sih asal sesudahnya langsung general checkup klw mw awet....


thx
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Mon Sep 06, 2010 16:21, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by billyd1773dz »

Ummmm..... klw ane sih lg kesemsem ctv vcdi fwd atw hilux 3ltr.......... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

jiwa rasional pinginnya ctv fwd..... bwat harian vcdi 5speed + FISS hmm.. nyam nyam sedap.... dan biar g bnyk d oprek.....
tp hati yg satu lg pinginnya d cab.... huhuhuu ganteng euy, walau ntarnya banyk kompor2 gatel bebecekan... kacaw deh bisa jebol nih... :ungg: :ungg: tapi keren.... haha

ranger 3ltr AT sebenenya menarik cuma unitnya dikit dan mesti inden cukup lama, uda gtu 2nd rownya sempit. dan handlingnya gw kurang cocok..... soal mesin + trans mantapp...

@cokino yup.. gw jg pernah bawa evie 2.5tdci imho masih kurang memuaskan tarikanya kecuali klw uda di bejek/trek cukup panjang baru tuh tenaganya kluar..... ranger yg 2.5ltr TDI juga pernah memang sedikit lebih responsif karna throttlenya masih pke kabel dan body ringan. walau d putaran atas tentu tdk bisa nyangin 2.5tdci, tp tetep aja......



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by zweifellos »

masih ragu saya ama kemampuan AWD+feature pendukung lainnya dari captiva buat maen di offroad ringan. kayanya itu semua lebih buat jalan2 licin model salju misalnya. kalo jalan becek bolehlah. CMIIW

kayanya (ga pernah nyoba, cuman liat perbandingan video di youtube aja), mobil yang pake LSD (misal terios/rush buat luar, ntah apa namanya, yang pake LSD) ama captiva AWD ga jauh beda lah kemampuannya buat offroad sangat ringan. CMIIW (kalo nemu video youtube captiva agak beratan beceknya boleh bgt infonya dibagi :thanks: ).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by billyd1773dz »

^^
mobil pke LSD? klw gtu hampir semua mbl 4x4 dunk?

terios/rush sih, masih bisa partime klw g salah.... walau tampa lowgear, dan dia IFS jd rada lumayan, walau g d lengkapi fitur2 canggih kya captiva....

biar adil sih, pinjem unit TD aja k showroom... uda gtu arahin ke poncab... hahaha

gimanapun juga AWD lebih baik dri 4x2 apalgi FWD hehehe klw soal ngelumpur sih...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by zweifellos »

maksudnya 4x2 yang pake LSD om. kalo ga salah terios/rush di luar ada LSD nya dan 4x2 (tapi bisa jadi sih AWD) CMIIW. kalo 4x4 plus LSD ya jauh telak kalah AWD kemampuannya di lumpur.

memang paling enaknya dites, cuman sampe sekarang saya lom liat ada foto2 captiva maen lumpur (foto atau video lokal).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by billyd1773dz »

^^
hehe soalnya orang yg mikir mw ngelumpur g bakal beli ctv hahaha.......

4x2 yg ada lsd stw gw cuma ford ranger 2.5tdci om..... klw di luar mungkin ada terutama d negara dgn 4musim...

sangat ringan? gmn maksudnya om?becek? kubangan? ummm... tetep AWD jauh lebih baik di banding 4x2 pke locker sekalipun... apalgi klw dikasih nanjak licin....(note bawanya gentle yah... bukan tukang embat inget mobil 400jt klw asal embat sih pke sedan juga bisa di paksa haha)


well seengaknya gw coba d WJ yg AWDnya mirip ctv minus ESP dan kontrol traksi tp ada LSD d blkg.... cuma memang siap2 aja ada jeda saat engage axle dpannya... tp mending bisa enggage, klw 4x2 sih ya tinggal nunggu tarik atw nekat di embat gas pol...

yup memang jauh lebih baik klw ada mode partime lebih asik lagi ada partime low kya AWDnya WJ.... jd axlenya selalu engage 4x4 tdk selip dulu.... klw awd yg otomatis jd kya tebak2an hahaha.... kta gtw kapan dia engage.....

masalahnya terbesarnya ctv bukan di sistem AWDnya sj, tp di suspensi FISSnya yg minim travel dan tidak sekuat rigid, dan kemampuan kontrol traksinya jg blm tw sejauh mana fungsinya nih..... klw seandainya kontrol traksinya baik, fungsinya akan lebih efektif dri LSD biasa... setelah itu tentu masalah durabilitas d post atas td...

OOT aja nih... klw control traksinya kelas dewa sih kya subaru forester awd atw landrover selama g mallfunction masih berani di adu dgn 4x4 partime konvensional + LSD biasa hehehe..... tp murni adu sistem 4x4nya dalam close course/ruang pke roller murni adu traksi, dulu pernah d share videonya d SM...
asal bukan durability challenge atw d test d tempat oprut beneran aja karna banyak hal lain selain sistem 4x4....

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:^^
hehe soalnya orang yg mikir mw ngelumpur g bakal beli ctv hahaha.......
zweifellos wrote:masih ragu saya ama kemampuan AWD+feature pendukung lainnya dari captiva buat maen di offroad ringan. kayanya itu semua lebih buat jalan2 licin model salju misalnya. kalo jalan becek bolehlah. CMIIW
hehe itulah yang saya bilang dan berusaha jelaskan sebelumnya di sini.
billyd1773dz wrote:4x2 yg ada lsd stw gw cuma ford ranger 2.5tdci om..... klw di luar mungkin ada terutama d negara dgn 4musim...
sangat ringan? gmn maksudnya om?becek? kubangan? ummm... tetep AWD jauh lebih baik di banding 4x2 pke locker sekalipun... apalgi klw dikasih nanjak licin....(note bawanya gentle yah... bukan tukang embat inget mobil 400jt klw asal embat sih pke sedan juga bisa di paksa haha)
sangat ringan bukan kubangan om, tapi lumpur biasa yang ga sampe bikin ban tenggelam cukup dalam. mobil biasa 4x2 bisa lewat asal sopirnya rada pengalaman di jalan lumpur. jadi ga bener2 butuh bgt penggerak 4 roda buat ngelewatin itu jalan. (sopir di sini bukan supir yang jago kaya di daerah pengalaman ya, kalo mereka lumpur medium pun mereka bisa lewat dengan mobil 4x2 hehe).
billyd1773dz wrote:well seengaknya gw coba d WJ yg AWDnya mirip ctv minus ESP dan kontrol traksi tp ada LSD d blkg.... cuma memang siap2 aja ada jeda saat engage axle dpannya... tp mending bisa enggage, klw 4x2 sih ya tinggal nunggu tarik atw nekat di embat gas pol...
nah itu yang saya blom liat di youtube, ada AWD yang dicoba bawa lumpur ringan (bukan sangat ringan ya). adanya cuman lumpur sangat ringan alias jalan lumpur becek. yang model kaya gini 4x2 dengan LSD juga bisa lewat. makanya perbandingan saya tadi karena memang blom pernah liat AWD maen lumpur agak beratan dikit (bukan offroad berat loh, offroad ringan aja, agak beratan dari jalan lumpur becek).

kalo dibuat tiga kategori (bukan buat pehobi tapi ya, buat orang awam) kaya lumpur berat, sedang dan ringan, yang saya maksud sangat ringan masuk kategori ringan kalo baginya jadi 3 kategori. ringan artinya jalan becek berlumpur, tapi lumpur paling membenamkan ban cuman sampe sekitar 5 cm -10 cm. kalo sedang itu lumpur bisa bikin ban tenggelam sekitar setengah roda. kalo berat bikin lumpur membenamkan ban lebih dari setengah roda. tapi ini kita ngomongnya lumpur yang licin ya (model kebanyakan lumpur di kita), bukan lumpur yang ga licin (kayanya kalo di youtube, lumpur2nya banyak yang ga licin, warnanya coklat gitu kaya warna tanah alias tanah becek doang). itu defenisi saya buat 3 kategori lumpur buat orang awam alias bukan buat penghobi atau kejuaraan offroad).
billyd1773dz wrote: yup memang jauh lebih baik klw ada mode partime lebih asik lagi ada partime low kya AWDnya WJ.... jd axlenya selalu engage 4x4 tdk selip dulu.... klw awd yg otomatis jd kya tebak2an hahaha.... kta gtw kapan dia engage.....
sistem AWD itu lah sebenarnya yang bikin saya ragu karena memang ga jelas kapan dia jadi AWD atau gimana pembagiannya. kecuali seperti yang om bilang, ada buat nguncinya kaya di mitsubishi outlander, ada nguncinya (lupa saya ada low gearnya juga apa ga).
billyd1773dz wrote:masalahnya terbesarnya ctv bukan di sistem AWDnya sj, tp di suspensi FISSnya yg minim travel dan tidak sekuat rigid, dan kemampuan kontrol traksinya jg blm tw sejauh mana fungsinya nih..... klw seandainya kontrol traksinya baik, fungsinya akan lebih efektif dri LSD biasa... setelah itu tentu masalah durabilitas d post atas td...
iya saya setuju om. kalo yang saya bahas tadi lebih ke masalah sistem penggeraknya aja terlepas dari suspensi dan jenis ban nya.
billyd1773dz wrote:OOT aja nih... klw control traksinya kelas dewa sih kya subaru forester awd atw landrover selama g mallfunction masih berani di adu dgn 4x4 partime konvensional + LSD biasa hehehe..... tp murni adu sistem 4x4nya dalam close course/ruang pke roller murni adu traksi, dulu pernah d share videonya d SM...
asal bukan durability challenge atw d test d tempat oprut beneran aja karna banyak hal lain selain sistem 4x4....

:beer:
iya om, itu punya forester emang ngeri. keliatan bgt kan, yang lain AWD nya cuman abal2 termasuk merek dewa di sini. hehehe
kalo AWD ya mestinya gitu, ada slip langsung si komputer ngasih perintah gimana pembagian torsi buat roda2nya, bukan malah jadi bikin mobil slip. :mrgreen:

kaya forester itulah yang saya bayangkan kalo mobil ada AWD dan kontrol traksi. jadi si computer bener2 pintar. pas ga ada traksi di satu roda, itu roda kaya dikunci (direm) buat ngalirin torsi ke roda2 lainnya (kalo yang kaya gini saya liat iklannya mitsubishi pajero 1,2 M pas lagi nanjak bukin berbatu, keliatan bgt 'maen' itu kontrol traksinya).

jadi intinya, saya cuman meragukan sistem AWD captiva beserta kontrol traksinya buat jalan offroad karena ga semua sistem AWD+kontrol traksi kaya punya forester. di video itu bisa kita liat, merk mana aja yang bagus sistem kontrol traksi beserta AWD nya. sedikit bgt!
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by cokino »

zweifellos wrote:kayanya memang posisi mengemudi itu tergantung orangnya bgt ya. seperti yang saya baca dari pengalaman orang di SM ini, ada yang bilang posisi ga pas, ada yang paling cocok. kalo saya sendiri malah cocok bgt. pernah nyoba innova, waduh ga pernah pas posisinya padahal posisi jok udah dimaju mundurin dan naik turunin tetep ga nyaman bawanya. jadi masalah ini kayanya lebih ke selera yang bawa gimana ya?

Maksud gw gini om...
coba kita atur posisi jok PS nya senyaman mungkin untuk kita, trus kita atur setirnya senyaman mungkin juga, kemudian kita putar setirnya 360 derajat...untuk ukuran body gw sih punggung gw ikut2an keangkat/lepas dari sandaran jok. Beda dengan posisi kebanyakan mobil amerika yang setirnya kebanyakan sudah rebah (kaya posisi setir sedan). Mau badan kita diiket pake seatbelt 4 titik sekalipun kelincahan kita nyetir ga terpengaruh banyak dan itu berpengaruh ke fun to drive kalo menurut gw.
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Ford Evie 4x2 Ltd or Ford Focus TDCi or Nissan Nava

Post by vigoderoza »

zweifellos wrote:kayanya memang posisi mengemudi itu tergantung orangnya bgt ya. seperti yang saya baca dari pengalaman orang di SM ini, ada yang bilang posisi ga pas, ada yang paling cocok. kalo saya sendiri malah cocok bgt. pernah nyoba innova, waduh ga pernah pas posisinya padahal posisi jok udah dimaju mundurin dan naik turunin tetep ga nyaman bawanya. jadi masalah ini kayanya lebih ke selera yang bawa gimana ya?
Nahh, kalo mengenai ini saya setuju sama om... sujektif & relatif... krn kalo menurut saya posisi pengemudi lebih enak innova dibanding PS,, krn saya lebih seneng posisi mengemudi yg tinggi... kalo PS kok kyk posisi nyetir sedan menurut saya,, kyk lesehan & joknya jg ga mendekap badan... :mrgreen: