H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
btw yg kena T31 baru nya yahh... sayang banget tuh kalo gt...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
kayaknya langsung diganti baru yg facelift... 


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
wuihh padahal yg facelift aja blom masuk ke sini...




numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
jembie gitu lhoooooor....DOHC wrote:wuihh padahal yg facelift aja blom masuk ke sini...![]()
![]()


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
wah...gosip ooohhh gosiiippppoeticmind wrote:jembie gitu lhoooooor....DOHC wrote:wuihh padahal yg facelift aja blom masuk ke sini...![]()
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
gosip itu biasanya 75persen bener adanya... 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Ngramein thread aja..
http://oto.detik.com/read/2010/08/24/17 ... am-3-bulan
Mobil 2,5 miliar dalam 3 bulan udah 10 unit terbakar..
Ini tergolong cacat apa malfunction ya


http://oto.detik.com/read/2010/08/24/17 ... am-3-bulan
Mobil 2,5 miliar dalam 3 bulan udah 10 unit terbakar..


Ini tergolong cacat apa malfunction ya

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
asudarsono wrote:http://www.theautochannel.com/news/2006 ... 31036.html
Berita jadul sih. Buhuhu, jadi Toyota tidak menjamin lagi suku cadang dan servicenya?
"As part of a Toyota Avanza destination-expansion effort started in August with shipments to South Africa, the small multipurpose vehicle will now be exported by TMMIN to the Philippines and other countries in Africa, the Middle East, Latin America and Oceania. This is expected to result in approximately 22,000 units being shipped in 2007"
Tidak membuktikan statement anda darsono, apa jadinya airbag/abs tidak nyala? Jangan asal link kaya orang gak sekolah ya darsonooo
Penyebabnya apa ya darsono? Apakah pekerja Indonesia terlalu tolol buat merakit CR-V? Merakit seri 5?asudarsono wrote:Airbag, ABS mobil CKD emang banyak yg gak nyala. Gak heran deh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Info lumayan bagus nih..
......
Meledaknya airbag pada saat tabrakan harus ditelaah secara mendalam. Karena berkaitan dengan berbagai kemungkinan yang terjadi saat tabrakan itu sendiri. “Prinsipnya, mobil dengan sepasang airbag melindungi tabrakan frontak dari depan,†bilang Iwan Abdurahman, trainer PT Toyota Astra Motor. Begitu juga mobil yang dilengkapi dengan airbag samping, pasti melindungi penumpangnya dari benturan samping. Kira-kira apa pemicunya?
Kantung udara ini kini sudah terintegrasi dengan sistem elektronis mobil. Berarti, cara kerjanya pun secara elektronis. Jadi pemicunya berupa sinyal listrik. Dari mana sinyal itu berasal? Nah, ada beberapa sensor bertugas memantai benturan di beberapa bagian bodi mobil. Misal mobil yang mempunyai sepasang airbag di setir dan penumpang kiri. Umumnya ada tiga sensor. “Dua di bagian dalam bumper kiri dan kanan. Satu lagi di bawah dasbor,†lanjut Iwan.
Dari ketiga sensor itu, airbag tidak akan meledak kalau hanya satu sensor yang membaca benturan. Jadi, kerjanya saling berkaitan. Selain itu, pembacaan benturannya pun harus frontal dari depan.
Jadi, di dalam sensor ada semacam bandul yang menghadap kearah depan mobil. Di belakang bandul, ada penahan. Bandul akan bergerak menyentuh terminal di depannya kalau terkena benturan. Benturan yang diserap, kira-kira benturan frontal dengan kecepatan minimal 50 km/jam.
Benturan frontal maksudnya benar-benar dari depan. Lantas bagaimana kalau dari arah samping? “Range pembacaan sensor 15 derajat dari garis lurus ke depan,†ulas pria asal Bandung ini. Kalau sudutnya lebih besar dari itu, kemungkinan tidak meledak. “Jika benturan dari samping atau justru atas mobil, airbag tak akan mengembang. Karena memang tidak ada sensornya,†jelas Edi Haryadi, kepala bengkel Honda Megatama di Kalimalang, Jaktim.
Biar lebih jelas, coba hitung bersama. Contoh, tabrakan terjadi dengan sudut 45 derajat dari depan. Mobil bergerak 80 km/jam. Apakah bisa memicu ledakan airbag? Jawabannya tidak! Meski kecepatannya di atas kecepatan minimum, gaya yang diterima sensor beda.
Coba lihat skema tabrakan bersudut. Kalau tumbukan dari sudut 45 derajat, gaya frontal yang terjadi bisa diperkirakan. Dengan perhitungan segitiga siku-siku, pada sudut 45 derajat, tangen sudut tersebut adalah 0,5. Artinya, sensor ibarat mendapat tumbukan dengan kecepatan 40 km/jam.
Begitu juga benturan dari bagian lain di mobil. Energi benturan terserap sebelum sampai ke sensor. “Misal menabrak tiang persis di tengah mobil, benturan harus merambat ke samping sebelum mengenai sensor,†kata Iwan.
Khusus buat mobil dengan airbag samping, ada juga sensor pada bodi samping. Biasanya diletakkan di pilar B dan C, masing-masing buat penumpang depan dan belakang. Cara kerjanya pun mirip dengan sensor di depan mobil. Selain sensor, ada ‘syarat’ lain yang harus terpenuhi jika airbag tak meletus. Tak menggunakan safety belt merupakan salah satu pemicu airbag tak mau mengembang.
Di kasus ini, jelas saat terguling tak akan memicu sensor yang ada. Ketika bagian depan menyentuh tanah pun, agaknya tak cukup gaya untuk menggerakkan bandul supaya kantung udara mengembang.
.....
Sumber:
• OTOMOTIF
Mudah2an trainernya expert dan terpercaya..

So jangan berharap 100% sama airbag..Safety belt it's everything (200% penting)
CMIIW just my opinion..
......
Meledaknya airbag pada saat tabrakan harus ditelaah secara mendalam. Karena berkaitan dengan berbagai kemungkinan yang terjadi saat tabrakan itu sendiri. “Prinsipnya, mobil dengan sepasang airbag melindungi tabrakan frontak dari depan,†bilang Iwan Abdurahman, trainer PT Toyota Astra Motor. Begitu juga mobil yang dilengkapi dengan airbag samping, pasti melindungi penumpangnya dari benturan samping. Kira-kira apa pemicunya?
Kantung udara ini kini sudah terintegrasi dengan sistem elektronis mobil. Berarti, cara kerjanya pun secara elektronis. Jadi pemicunya berupa sinyal listrik. Dari mana sinyal itu berasal? Nah, ada beberapa sensor bertugas memantai benturan di beberapa bagian bodi mobil. Misal mobil yang mempunyai sepasang airbag di setir dan penumpang kiri. Umumnya ada tiga sensor. “Dua di bagian dalam bumper kiri dan kanan. Satu lagi di bawah dasbor,†lanjut Iwan.
Dari ketiga sensor itu, airbag tidak akan meledak kalau hanya satu sensor yang membaca benturan. Jadi, kerjanya saling berkaitan. Selain itu, pembacaan benturannya pun harus frontal dari depan.
Jadi, di dalam sensor ada semacam bandul yang menghadap kearah depan mobil. Di belakang bandul, ada penahan. Bandul akan bergerak menyentuh terminal di depannya kalau terkena benturan. Benturan yang diserap, kira-kira benturan frontal dengan kecepatan minimal 50 km/jam.
Benturan frontal maksudnya benar-benar dari depan. Lantas bagaimana kalau dari arah samping? “Range pembacaan sensor 15 derajat dari garis lurus ke depan,†ulas pria asal Bandung ini. Kalau sudutnya lebih besar dari itu, kemungkinan tidak meledak. “Jika benturan dari samping atau justru atas mobil, airbag tak akan mengembang. Karena memang tidak ada sensornya,†jelas Edi Haryadi, kepala bengkel Honda Megatama di Kalimalang, Jaktim.
Biar lebih jelas, coba hitung bersama. Contoh, tabrakan terjadi dengan sudut 45 derajat dari depan. Mobil bergerak 80 km/jam. Apakah bisa memicu ledakan airbag? Jawabannya tidak! Meski kecepatannya di atas kecepatan minimum, gaya yang diterima sensor beda.
Coba lihat skema tabrakan bersudut. Kalau tumbukan dari sudut 45 derajat, gaya frontal yang terjadi bisa diperkirakan. Dengan perhitungan segitiga siku-siku, pada sudut 45 derajat, tangen sudut tersebut adalah 0,5. Artinya, sensor ibarat mendapat tumbukan dengan kecepatan 40 km/jam.
Begitu juga benturan dari bagian lain di mobil. Energi benturan terserap sebelum sampai ke sensor. “Misal menabrak tiang persis di tengah mobil, benturan harus merambat ke samping sebelum mengenai sensor,†kata Iwan.
Khusus buat mobil dengan airbag samping, ada juga sensor pada bodi samping. Biasanya diletakkan di pilar B dan C, masing-masing buat penumpang depan dan belakang. Cara kerjanya pun mirip dengan sensor di depan mobil. Selain sensor, ada ‘syarat’ lain yang harus terpenuhi jika airbag tak meletus. Tak menggunakan safety belt merupakan salah satu pemicu airbag tak mau mengembang.
Di kasus ini, jelas saat terguling tak akan memicu sensor yang ada. Ketika bagian depan menyentuh tanah pun, agaknya tak cukup gaya untuk menggerakkan bandul supaya kantung udara mengembang.
.....
Sumber:
• OTOMOTIF
Mudah2an trainernya expert dan terpercaya..


So jangan berharap 100% sama airbag..Safety belt it's everything (200% penting)

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Ente pake Jazz? hati2 lho pake mobil CKDaldy wrote:Info lumayan bagus nih..
......
Meledaknya airbag pada saat tabrakan harus ditelaah secara mendalam. Karena berkaitan dengan berbagai kemungkinan yang terjadi saat tabrakan itu sendiri. “Prinsipnya, mobil dengan sepasang airbag melindungi tabrakan frontak dari depan,†bilang Iwan Abdurahman, trainer PT Toyota Astra Motor. Begitu juga mobil yang dilengkapi dengan airbag samping, pasti melindungi penumpangnya dari benturan samping. Kira-kira apa pemicunya?
Kantung udara ini kini sudah terintegrasi dengan sistem elektronis mobil. Berarti, cara kerjanya pun secara elektronis. Jadi pemicunya berupa sinyal listrik. Dari mana sinyal itu berasal? Nah, ada beberapa sensor bertugas memantai benturan di beberapa bagian bodi mobil. Misal mobil yang mempunyai sepasang airbag di setir dan penumpang kiri. Umumnya ada tiga sensor. “Dua di bagian dalam bumper kiri dan kanan. Satu lagi di bawah dasbor,†lanjut Iwan.
Dari ketiga sensor itu, airbag tidak akan meledak kalau hanya satu sensor yang membaca benturan. Jadi, kerjanya saling berkaitan. Selain itu, pembacaan benturannya pun harus frontal dari depan.
Jadi, di dalam sensor ada semacam bandul yang menghadap kearah depan mobil. Di belakang bandul, ada penahan. Bandul akan bergerak menyentuh terminal di depannya kalau terkena benturan. Benturan yang diserap, kira-kira benturan frontal dengan kecepatan minimal 50 km/jam.
Benturan frontal maksudnya benar-benar dari depan. Lantas bagaimana kalau dari arah samping? “Range pembacaan sensor 15 derajat dari garis lurus ke depan,†ulas pria asal Bandung ini. Kalau sudutnya lebih besar dari itu, kemungkinan tidak meledak. “Jika benturan dari samping atau justru atas mobil, airbag tak akan mengembang. Karena memang tidak ada sensornya,†jelas Edi Haryadi, kepala bengkel Honda Megatama di Kalimalang, Jaktim.
Biar lebih jelas, coba hitung bersama. Contoh, tabrakan terjadi dengan sudut 45 derajat dari depan. Mobil bergerak 80 km/jam. Apakah bisa memicu ledakan airbag? Jawabannya tidak! Meski kecepatannya di atas kecepatan minimum, gaya yang diterima sensor beda.
Coba lihat skema tabrakan bersudut. Kalau tumbukan dari sudut 45 derajat, gaya frontal yang terjadi bisa diperkirakan. Dengan perhitungan segitiga siku-siku, pada sudut 45 derajat, tangen sudut tersebut adalah 0,5. Artinya, sensor ibarat mendapat tumbukan dengan kecepatan 40 km/jam.
Begitu juga benturan dari bagian lain di mobil. Energi benturan terserap sebelum sampai ke sensor. “Misal menabrak tiang persis di tengah mobil, benturan harus merambat ke samping sebelum mengenai sensor,†kata Iwan.
Khusus buat mobil dengan airbag samping, ada juga sensor pada bodi samping. Biasanya diletakkan di pilar B dan C, masing-masing buat penumpang depan dan belakang. Cara kerjanya pun mirip dengan sensor di depan mobil. Selain sensor, ada ‘syarat’ lain yang harus terpenuhi jika airbag tak meletus. Tak menggunakan safety belt merupakan salah satu pemicu airbag tak mau mengembang.
Di kasus ini, jelas saat terguling tak akan memicu sensor yang ada. Ketika bagian depan menyentuh tanah pun, agaknya tak cukup gaya untuk menggerakkan bandul supaya kantung udara mengembang.
.....
Sumber:
• OTOMOTIF
Mudah2an trainernya expert dan terpercaya..![]()
So jangan berharap 100% sama airbag..Safety belt it's everything (200% penting)CMIIW just my opinion..


Konon...konon lho...
asudarsono wrote:Airbag, ABS mobil CKD emang banyak yg gak nyala. Gak heran deh

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
hmmm gini gini... ada pemikiran yg terbesit, setelah dibaca2 lagi.. jadi airbag sebenernya tidak perlu pop up jika dengan safety body yg ada cukup utk menahan keselamatan penumpang... kira2 begitu ga?
hehehe... mobil saya ga pake airbag, jadi ya cukup puas berkendara dengan doa aja..
hehehe... mobil saya ga pake airbag, jadi ya cukup puas berkendara dengan doa aja..


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
kalo ane sehh yg penting ada ABS ama seatbelt dan skill yg cukup jg uda puas koq...





numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
jgn lupa check kondisi rem dan ban
Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
dan jangan lupa bawa nescafe kotak, kacang sama aqua... biar ga bosen dijalan..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
wah, paling mantap untuk dijalan, makan risol(1) sambil menyeruput nescafe di dalem mobil fortuner(man).... mantap....poeticmind wrote:dan jangan lupa bawa nescafe kotak, kacang sama aqua... biar ga bosen dijalan..

.........

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Tetep lebih bagus ada airbag lah bro.poeticmind wrote:hmmm gini gini... ada pemikiran yg terbesit, setelah dibaca2 lagi.. jadi airbag sebenernya tidak perlu pop up jika dengan safety body yg ada cukup utk menahan keselamatan penumpang... kira2 begitu ga?
hehehe... mobil saya ga pake airbag, jadi ya cukup puas berkendara dengan doa aja..
Apalagi kalo airbagnya jalan seperti mobil CBU.
asudarsono wrote:Airbag, ABS mobil CKD emang banyak yg gak nyala. Gak heran deh



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
nah... pernah kepikir utk nambah air bag, nih oom... tapi denger2 biaya instalasinya lumayan, parts nya aja hampir 10jt lebih... belum fee pemasangan dll.

Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Gile...ribet amat tuh kayanya. Ngetes airbagnya jalan/tidak juga gimana...di akalin biar ngeletup, mesti beli airbag baru lagi
Emang bisa di lipet lagi tuh balon hehe
10 juta ganti pelek aja kekekekeke

10 juta ganti pelek aja kekekekeke
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
nah... velg itu lebih masuk akal, keliatan barang nya..keren lagi. heheFortunerMan wrote:Gile...ribet amat tuh kayanya. Ngetes airbagnya jalan/tidak juga gimana...di akalin biar ngeletup, mesti beli airbag baru lagiEmang bisa di lipet lagi tuh balon hehe
10 juta ganti pelek aja kekekekeke

Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Jadi udah gak ada perlawanan lagi yg ini nih. Ternyata, ngebual doang...gak ada bukti sama sekali. Bentar lagi ngaku2 Peugeot merek bagus...asudarsono wrote:Airbag, ABS mobil CKD emang banyak yg gak nyala.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Iya, mana nih perlawanannya. Padahal itu aku pasang buat mancing kamu. Ayo jangan nyerah, Buktikan ketidakbenarannya.FortunerMan wrote:Jadi udah gak ada perlawanan lagi yg ini nih. Ternyata, ngebual doang...gak ada bukti sama sekali. Bentar lagi ngaku2 Peugeot merek bagus...asudarsono wrote:Airbag, ABS mobil CKD emang banyak yg gak nyala.
Ready to Race
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
OK, jadi udah ngaku ya situ ngebual. Sip!asudarsono wrote:Iya, mana nih perlawanannya. Padahal itu aku pasang buat mancing kamu. Ayo jangan nyerah, Buktikan ketidakbenarannya.FortunerMan wrote:Jadi udah gak ada perlawanan lagi yg ini nih. Ternyata, ngebual doang...gak ada bukti sama sekali. Bentar lagi ngaku2 Peugeot merek bagus...asudarsono wrote:Airbag, ABS mobil CKD emang banyak yg gak nyala.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
Hihhi, jelaslah ..... emangnya TOYOTA CKD ADA AIRBAGNYA?????? Nonsense. Mana mungkin.
Cuma ada lampunya doank. NYALA NGGAK LAMPUNYA? Hahahaha.
Cuma ada lampunya doank. NYALA NGGAK LAMPUNYA? Hahahaha.
Last edited by asudarsono on Fri Aug 27, 2010 4:06, edited 1 time in total.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: H**** ampir 1/2 milyar tabrakan, airbag malfunction ?
kayaknya nggak om....asudarsono wrote:Hihhi, jelaslah ..... emangnya TOYOTA CKD ADA AIRBAGNYA?????? Nonsense. Mana mungkin.
Cuma ada lampunya doank. NYALA NGGAK LAMPUNYA? Hahahaha.
*soalnya saklarnya kagak di-on-in....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green