Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

benzz89 wrote:1. Saat ini mobil sy Fort D4D A/T (km baru 1.600-an) baru ganti oli pake FK GT Diesel Synth Oil 10W-40, apakah masih oke apabila menggunakan oli tersebut untuk periode break-in? :e-think:

2. Sy jg ingin mengganti DP & sdh tlp ke SAKI, tapi kok tidak bisa untuk menggantikan DP-nya saja yach? Katanya harus satu paket dengan pipa di bawahnya DP tersebut (lupa apa tuch namanya) dan harganya jg lumayan mahal untuk 1 set-nya yaitu 3,4 jt, memang full stainless. Apakah memang lebih baik apabila kita ganti DP berikut pipa yang di bawahnya lagi atau cukup DP saja?

3. Rencananya setelah ganti DP ini baru mau ke Phoenix - Serpong untuk light tuning dengan Om Andreas :mrgreen:
1. Gak pa pa

2. sebetulnya DP aja udah kerasa efeknya, kalo mau sekalian collector pipe-nya pilih yg galvanize aja, lebih murah harganya

Kalo mau beli Down Pipe-nya aja coba pesen ke Kansai knalpot-nya langsung (cari di Google) atau bisa juga pasang Down Pipe buatan Budi knalpot, pilih yg 3" & flange-nya ada coakan segi 3.

3. Oke, hanya saja utk Light Tune ala Ponix, pastikan :
- AAI pake yg type biasa aja (jangan yg digabung)
- Selang wesget tpe PU, jangan yg pake keran, karena keran bisa berubah jika terkena getaran.
- MAF jangan diganti ganti.
- Jangan ditambah keran di saluran balik solar.

Yg lain2 nya semua oke, spt tuning TPS / tuning posisi TB / poles pipa Turbo / AAI type terpisah / konvensional dgn one way valve type kecil.
* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D-4D

Post by benzz89 »

2. sebetulnya DP aja udah kerasa efeknya, kalo mau sekalian collector pipe-nya pilih yg galvanize aja, lebih murah harganya

Trims Om Tuboman untuk quick respons-nya :frm_tumbleft: iya mungkin collector pipe namanya. Memang lebih murah sih sekitar 2,9 jt katanya kalo yg galvanize.

Apakah ada perbedaan yg signifikan dr penggantian collector pipe ini? maksud sy apakah ada peningkatan pada torsi atau pada tenaganya? jadi sy bs putuskan apakah "worth" utk mengganti collector pipe ini.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D-4D

Post by benzz89 »

Turboman wrote: 3. Oke, hanya saja utk Light Tune ala Ponix, pastikan :
- AAI pake yg type biasa aja (jangan yg digabung)
- Selang wesget tpe PU, jangan yg pake keran, karena keran bisa berubah jika terkena getaran.
- MAF jangan diganti ganti.
- Jangan ditambah keran di saluran balik solar.

Yg lain2 nya semua oke, spt tuning TPS / tuning posisi TB / poles pipa Turbo / AAI type terpisah / konvensional dgn one way valve type kecil.
Trims Om untuk tips light tuning di Phoenix - Serpong...Sy pikir semuanya tinggal "plug & play" aja alias sdh standard pekerjaannya untuk D4D :e-think: . Oke nanti sy akan inform hal ini ke Om Andreas :frm_salut:
User avatar
endi1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
Location: DKI Jakarta, 13460

Re: Kijang Innova D-4D

Post by endi1999 »

Turboman wrote: Kalo mau yg value 4 money yg jelas :
Unil Opal 5W40, BMW LL-98 (90 rb. / L.)
Esso 5W40 Full Synth Botol merah, BMW LL-98 (90 - 100 rb. / L.)
Mohon Review + testimoninya dong oom turbo,,,
bisa di dapatkan dimana ya om? T##A Racing ada?

Skalian Oli gardan yg Value for money untuk 2KD om,,,

:thanks: Oom!
Excuses doesn't change the Outcome
Image
User avatar
endi1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
Location: DKI Jakarta, 13460

Re: Kijang Innova D-4D

Post by endi1999 »

benzz89 wrote: Sy jg ingin mengganti DP & sdh tlp ke SAKI, tapi kok tidak bisa untuk menggantikan DP-nya saja yach? Katanya harus satu paket dengan pipa di bawahnya DP tersebut (lupa apa tuch namanya) dan harganya jg lumayan mahal untuk 1 set-nya yaitu 3,4 jt, memang full stainless. Apakah memang lebih baik apabila kita ganti DP berikut pipa yang di bawahnya lagi atau cukup DP saja?
:e-doh: 3,4jt om?
:frm_bang_head: harus puasa 3 bulan gaji nih,,,
kalo dah pasang mohon review nya ya om,,, :thanks:
sementara itu, aku menghayal dulu kekumpul duit beli DP,,, :roll: :e-whistle:
benzz89 wrote: Sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih karena sy banyak mendapat masukan dari ulasan2 Om Turboman mengenai mesin D4D ini. :thanks:
saya juga om!
nice info dan share ing! :frm_tumbleft:
Excuses doesn't change the Outcome
Image
User avatar
endi1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
Location: DKI Jakarta, 13460

Re: Kijang Innova D-4D

Post by endi1999 »

Turboman wrote: 2. sebetulnya DP aja udah kerasa efeknya, kalo mau sekalian collector pipe-nya pilih yg galvanize aja, lebih murah harganya

Kalo mau beli Down Pipe-nya aja coba pesen ke Kansai knalpot-nya langsung (cari di Google) atau bisa juga pasang Down Pipe buatan Budi knalpot, pilih yg 3" & flange-nya ada coakan segi 3.

Yg lain2 nya semua oke, spt tuning TPS / tuning posisi TB / poles pipa Turbo / AAI type terpisah / konvensional dgn one way valve type kecil.
Om turbo, kalau boleh, sharing DC untuk masing2 rubahan tersebut dong,,,
per item ya om,,, untuk ancang2 memotong biaya bulanan rumah tangga,,,,, :big_slap:
:ungg: kalo ga enak boleh dibisikin dong,,, :mrgreen:
dan alamat budi knalpot dimana ya om?

:thanks:
Excuses doesn't change the Outcome
Image
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D-4D

Post by benzz89 »

endi1999 wrote:
benzz89 wrote: Sy jg ingin mengganti DP & sdh tlp ke SAKI, tapi kok tidak bisa untuk menggantikan DP-nya saja yach? Katanya harus satu paket dengan pipa di bawahnya DP tersebut (lupa apa tuch namanya) dan harganya jg lumayan mahal untuk 1 set-nya yaitu 3,4 jt, memang full stainless. Apakah memang lebih baik apabila kita ganti DP berikut pipa yang di bawahnya lagi atau cukup DP saja?
:e-doh: 3,4jt om?
:frm_bang_head: harus puasa 3 bulan gaji nih,,,
kalo dah pasang mohon review nya ya om,,, :thanks:
sementara itu, aku menghayal dulu kekumpul duit beli DP,,, :roll: :e-whistle:
benzz89 wrote: Sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih karena sy banyak mendapat masukan dari ulasan2 Om Turboman mengenai mesin D4D ini. :thanks:
saya juga om!
nice info dan share ing! :frm_tumbleft:
Iya nih Om 3,4 jt...DP + Colletcor Pipe...engga tau kalau DP-nya doang berapa tuch harganya? Sebab kata Om Turbo SAKI so far is still the best for Down Pipe D4D :drinking: ....engga tau kalau Collecor Pipenya :e-think:

Justru lagi nunggu wejangan dari Om Tuboman bro mengenai DP+CL... bagaimana "efek samping"-nya :mrgreen:

Kayanya banyak juga nih jajanannya buat si D4D :e-doh:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D-4D

Post by benzz89 »

endi1999 wrote:
Turboman wrote: 2. sebetulnya DP aja udah kerasa efeknya, kalo mau sekalian collector pipe-nya pilih yg galvanize aja, lebih murah harganya

Kalo mau beli Down Pipe-nya aja coba pesen ke Kansai knalpot-nya langsung (cari di Google) atau bisa juga pasang Down Pipe buatan Budi knalpot, pilih yg 3" & flange-nya ada coakan segi 3.

Yg lain2 nya semua oke, spt tuning TPS / tuning posisi TB / poles pipa Turbo / AAI type terpisah / konvensional dgn one way valve type kecil.
Om turbo, kalau boleh, sharing DC untuk masing2 rubahan tersebut dong,,,
per item ya om,,, untuk ancang2 memotong biaya bulanan rumah tangga,,,,, :big_slap:
:ungg: kalo ga enak boleh dibisikin dong,,, :mrgreen:
dan alamat budi knalpot dimana ya om?

:thanks:
Minta ijin jawab ya Om Turbo...

Budi Knalpot di Jl. Kebayoran Lama No. 6, bro Endi. Telp (021) 5308807. Harga DP (aja) di Budi 950rb bro kalau engga salah dengar yach? karena waktu telp suaranya agak berisik jd kurang jelas, nanti bro Endi coba telp lagi aja ke sana...sapa tau dpt hrg lebih murah :e-pray:

Semoga membantu
User avatar
endi1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
Location: DKI Jakarta, 13460

Re: Kijang Innova D-4D

Post by endi1999 »

benzz89 wrote: Iya nih Om 3,4 jt...DP + Colletcor Pipe...engga tau kalau DP-nya doang berapa tuch harganya? Sebab kata Om Turbo SAKI so far is still the best for Down Pipe D4D :drinking: ....engga tau kalau Collecor Pipenya :e-think:

Justru lagi nunggu wejangan dari Om Tuboman bro mengenai DP+CL... bagaimana "efek samping"-nya :mrgreen:

Kayanya banyak juga nih jajanannya buat si D4D :e-doh:
sy pernah nanya produk kansai DP only sekitar 1jt, di forum sebelah...
mungkin dari produk budi knalpot/om andreas phonix serpong agak miring? ini hanya asumpsi ya om...

jajanan 2KD yg paling value for money : Ground Cable DIY :frm_tumbleft: (Do it Yourself)
Excuses doesn't change the Outcome
Image
User avatar
endi1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
Location: DKI Jakarta, 13460

Re: Kijang Innova D-4D

Post by endi1999 »

benzz89 wrote: Minta ijin jawab ya Om Turbo...

Budi Knalpot di Jl. Kebayoran Lama No. 6, bro Endi. Telp (021) 5308807. Harga DP (aja) di Budi 950rb bro kalau engga salah dengar yach? karena waktu telp suaranya agak berisik jd kurang jelas, nanti bro Endi coba telp lagi aja ke sana...sapa tau dpt hrg lebih murah :e-pray:

Semoga membantu
Siap Om Benz! :frm_salut:
Nanti ane coba kesitu, bawa temen ane yg langganan Budi knalpot,,, :mrgreen:
mudah2an harga bisa lebih miring,,, asal jangan ane nya yg jadi lebih miring,,, :upss:
Excuses doesn't change the Outcome
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

endi1999 wrote:
Turboman wrote: Kalo mau yg value 4 money yg jelas :
Unil Opal 5W40, BMW LL-98 (90 rb. / L.)
Esso 5W40 Full Synth Botol merah, BMW LL-98 (90 - 100 rb. / L.)
Mohon Review + testimoninya dong oom turbo,,,
bisa di dapatkan dimana ya om? T##A Racing ada?

Skalian Oli gardan yg Value for money untuk 2KD om,,,
Unil Opal & Esso adanya di Toda
Yacco VX 1000 (5W40 / BMW LL-98) adanya di Siaga Motor Cikini - sebrang ibu Dibyo tiket

Yacco VX 1000 juga Rp. 90 rb / L.

Oli Gardan yg value for money = apa saja either 90 / 85W-90 / 80W-90 yg penting API GL-5 en sukur2 comply ke MT-1

Mengenai standard2 pada oli Gardan :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

benzz89 wrote: Iya nih Om 3,4 jt...DP + Colletcor Pipe...engga tau kalau DP-nya doang berapa tuch harganya? Sebab kata Om Turbo SAKI so far is still the best for Down Pipe D4D :drinking: ....engga tau kalau Collecor Pipenya :e-think:

Justru lagi nunggu wejangan dari Om Tuboman bro mengenai DP+CL... bagaimana "efek samping"-nya :mrgreen:
Ganti DP aja sebetulnya udah cukup

Pilih DP yg diameter pipa 3" & lekukannya mulus.

Hint : sebisa mungkin pilih yg disainnya = pipa yg konek ke Turbo jgn yg. lgs nekuk ke bawah, tapi ada sedikit lurusnya scr horizontal...baru nekuk.....atau yg nekuk landai......

Pilih juga yg ada bracket-nya, krn itu utk dudukan si DP.....atau kalau gak ada bracket minta si bengkel bikinkan bracket-nya

Pilih lubang-nya yg sesuai kontur lubang si Turbo

For details :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
* Bukan ajakan Beli *
Gamawijaya
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri May 14, 2010 12:20

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Gamawijaya »

lapor agan2 & suhu2, setelah sekian lama nabung akhirnya kesampaian jg. :) rencana mw utak atik pas libur lusa.... (berhubung belum tau cara spoiler, sementara dikasih link dl. takutnya klo ga di spoiler ntar BW_killer)

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=218 ... count=3771

mohon bimbingan dan saran dr suhu2 Innova. thanks before. oh ya, sekalian tanya. caranya bikin spoiler gimana yah?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

Gamawijaya wrote:lapor agan2 & suhu2, setelah sekian lama nabung akhirnya kesampaian jg. :) rencana mw utak atik pas libur lusa.... (berhubung belum tau cara spoiler, sementara dikasih link dl. takutnya klo ga di spoiler ntar BW_killer)

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=218 ... count=3771

mohon bimbingan dan saran dr suhu2 Innova. thanks before. oh ya, sekalian tanya. caranya bikin spoiler gimana yah?
Wah mantep tuh bro.....:frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:

Btw di sini ga ada fitur spoiler, bisa langsung pake IMG code saja atau kasih URL utk setiap gambarnya.... :D :D
Image
Ecrush
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Fri Jan 01, 2010 1:40

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Ecrush »

Gamawijaya wrote:lapor agan2 & suhu2, setelah sekian lama nabung akhirnya kesampaian jg. :) rencana mw utak atik pas libur lusa.... (berhubung belum tau cara spoiler, sementara dikasih link dl. takutnya klo ga di spoiler ntar BW_killer)

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=218 ... count=3771

mohon bimbingan dan saran dr suhu2 Innova. thanks before. oh ya, sekalian tanya. caranya bikin spoiler gimana yah?
:frm_salut: :frm_salut:
akhirnya asisten dari dosen turboman beraksi :off_good_job:
User avatar
powerplug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Wed May 19, 2010 7:52

Re: Kijang Innova D-4D

Post by powerplug »

Your POWERPLUG Crew
stanleyw808
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Jun 08, 2010 9:18

Electric Fan buat Innova D4D

Post by stanleyw808 »

Teman2,

Apa ada yg pernah coba mengganti original Fan dengan Electric Fan di Innova D4D?

Thanks
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Kijang Innova D-4D

Post by mr_mytplx »

Innova diesel gw di bawa semarang purwokerto PP konsumsi bbm nya 14,5km/l...
kl gaya nyupir pembalap mode on masih 12,7km/l...

irit bngt...soal FC puas deh... :big_peace:
stanleyw808
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Jun 08, 2010 9:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by stanleyw808 »

Bro2..

Kalu ada waktu silaken mampir ke thread berikut ini,

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 71#p407271

Thx..
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Kijang Innova D-4D

Post by aldy »

Agan2 disini mohon jawabannya buat yg udah punya TOKIDIS berapa kecepatan maksimum tiap gigi (gigi 1,2,3,4)??Kalo ga pernah nyoba real berdasar buku panduannya juga ga apa2 :thanks:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
stanleyw808
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Jun 08, 2010 9:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by stanleyw808 »

aldy wrote:Agan2 disini mohon jawabannya buat yg udah punya TOKIDIS berapa kecepatan maksimum tiap gigi (gigi 1,2,3,4)??Kalo ga pernah nyoba real berdasar buku panduannya juga ga apa2 :thanks:
Bro aldy,

Kecepatan maksimum untuk INNOVA Diesel, per gigi pada RPM 4.000 sbb,

M/T
Gigi 1 - 33.33 Km/h
Gigi 2 - 61.12 Km/h
Gigi 3 - 93.71 Km/h
Gigi 4 - 130.92 Km/h
Gigi 5 - 153.84 Km/h

A/T
Gigi 1 - 44.52 Km/h
Gigi 2 - 81.53 Km/h
Gigi 3 - 124.83 Km/h
Gigi 4 - 177.06 Km/h

Perhitungan diatas hanya teoritis. Realitasnya mungkin saja berbeda.

Semoga bermanfaat.. :)

Thx..
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Kijang Innova D-4D

Post by aldy »

Waduh yang manual pendek bgt ya akselerasinya..Itu ga salah bro gigi satu maksimal 33,3 km/h..?? Busyeet dah kirain kijang LGX bensin ane dulu udah lemot bgt rasio giginya ternyata masih lebih lemot TOKIDIS ini.. :mrgreen:
Harusnya jago nanjak ya tokidis kan kasar bgt tuh rasio giginya tapi bnyak yang bilang masih jago ISPAN ya ditanjakkan?? :e-think: :e-think:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

Mungkin gak ini ada hubungannya dengan output torsi ipah diesel M/T yg lebih kecil dari yg A/T....?? :e-think:
Image
stanleyw808
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Jun 08, 2010 9:18

Re: Kijang Innova D-4D

Post by stanleyw808 »

aldy wrote:Waduh yang manual pendek bgt ya akselerasinya..Itu ga salah bro gigi satu maksimal 33,3 km/h..?? Busyeet dah kirain kijang LGX bensin ane dulu udah lemot bgt rasio giginya ternyata masih lebih lemot TOKIDIS ini.. :mrgreen:
Harusnya jago nanjak ya tokidis kan kasar bgt tuh rasio giginya tapi bnyak yang bilang masih jago ISPAN ya ditanjakkan?? :e-think: :e-think:
Bro aldy,

Kalu menurut perhitungan gw, bisa sampe 37.49 Km/h. Ini kalu digeber ampe 4.500 RPM, kalu tega.. :cry:

Btw, kl INNOVA model E bakal lebih rendah lagi speed pada gigi 1nya, soalnya diameter bannya lebih kecil dari yg versi G dan V,
4,000 RPM - 32.36 Km/h
4,500 RPM - 36.40 Km/h

Kalu perbandingan ama ISPAN gw ga jelas uii..
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ilhami »

Innova Diesel 4 Dummies...bagus ya ? :big_peace: