jalu wrote:tetangga saya pake panther 96 jg belum pernah isi premium............doq wrote:hmm......mobil ane walo d bawah thn 2000 ga pernah minum premium tuh....





Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
jalu wrote:tetangga saya pake panther 96 jg belum pernah isi premium............doq wrote:hmm......mobil ane walo d bawah thn 2000 ga pernah minum premium tuh....
itu bener lho Pak.....yang gak bener itu kalo panther 96 diisi premium...........Debiyarto wrote:Kakak Pembina....jalu wrote:tetangga saya pake panther 96 jg belum pernah isi premium............doq wrote:hmm......mobil ane walo d bawah thn 2000 ga pernah minum premium tuh....
Kagak bener Luh...!!!
ya sdh....kalo gt premium difokuskan aja untuk mbl plat kuning & kendaraan niaga (mbl barang)...krn kalo harga bbm mereka naik imbasnya besar secara makro, ongkos angkot/taksi jadi naik, harga komoditas ikut naik krn biaya kirim makin mahal.....sementara untuk mbl pribadi, plat merah ya beralih ker pertamax, termasuk sepeda motor....aburaza wrote:itu sama aj dg penghapusan subsidi BBM. Kn premium msh continue krn utk sodara2 kita yg narik plat kuning n speda motor.
masalahnya kalo "saklek" diberitahu bahwa tidak bisa/boleh pake premium, kemungkinan ndak laku.....apalagi diler yang ada di daerah2 dimana ndak ada SPBU pertamax....mungkin orang2 gak ada yg beli,hehehe....HyundaiTucson wrote:Sedikit menyimpang dari peraturan pemerintah yg sedang dibicarakan disini, menurut saya pihak ATPM juga ada andil nya karena sering nge-'down spec' atau 'mengaburkan' jenis BBM yg harus digunakan oleh tipe mobil kepada calon pembelinya supaya bisa laku. Bagi siapapun disini yang pernah beli mobil baru maupun bekas pasti gak pernah terlewatkan menanyakan 'konsumsi BBM' dan 'jenis BBM' nya, ya kan? gimana tuh menurut SM'ers?
Ya itu dia kendala nya bro ilhami, seberapa banyak dari kita yang sudah membaca buku manual nya setelah membeli, apalagi minta pinjam buku manual sebelum membeli? Saya pernah mampir ke salah satu dealer yang menjual kendaraan tersebut dan menanyakan jenis bbm nya dan di jawab "premiun saja cukup, pak"ilhami wrote:di Manual Kijang Kapsul EFI jelas ditulis
bbm tanpa timbal minimal RON 91.
jadi bukan salah ATPM kok.
dan.. sebagian besar dari kita masih "premium" mindedjalu wrote:masalahnya kalo "saklek" diberitahu bahwa tidak bisa/boleh pake premium, kemungkinan ndak laku.....apalagi diler yang ada di daerah2 dimana ndak ada SPBU pertamax....mungkin orang2 gak ada yg beli,hehehe....
yaa...sebab ngisi premium atau pertamax ternyata sama2 nyampe tujuan pak.........HyundaiTucson wrote:dan.. sebagian besar dari kita masih "premium" mindedjalu wrote:masalahnya kalo "saklek" diberitahu bahwa tidak bisa/boleh pake premium, kemungkinan ndak laku.....apalagi diler yang ada di daerah2 dimana ndak ada SPBU pertamax....mungkin orang2 gak ada yg beli,hehehe....
jalu wrote:yaa...sebab ngisi premium atau pertamax ternyata sama2 nyampe tujuan pak.........HyundaiTucson wrote:dan.. sebagian besar dari kita masih "premium" mindedjalu wrote:masalahnya kalo "saklek" diberitahu bahwa tidak bisa/boleh pake premium, kemungkinan ndak laku.....apalagi diler yang ada di daerah2 dimana ndak ada SPBU pertamax....mungkin orang2 gak ada yg beli,hehehe....![]()
![]()
![]()
ya, saya setuju dg segala pengaturan2 itumaharprahasto wrote:wah saya setuju berat tuh sama bung "jalu"jalu wrote:dengan kondisi banyak fuel pump rusak....secara tidak sadar, tanpa dilarang pemerintah jg kita jadi tidak berani isi premium....aburaza wrote:emang susah mengakomodir bermacam pandangan.
Disatu pihak, berdasarkan taun pembuatan, kasian yg punya mobil seperti carry 2005, bisa kita anggap status ekonomi lebih rendah dari yang punya camry 2004.
Dipihak lain, pengen berdasarkan kapasitas mesin, kasihan juga yang punya corona 2000cc yg harganya sepertiga avanza 1300cc.
Ada juga yg kasih usul sedan gak boleh premium, nah kalo sedan2 jadul kalo diisi pertamax bukannya kegedean oktannya?
Mungkin pertimbangan dari pemerintah berdasarkan taun pembuatan lebih banyak untungnya kali.
Ya kan kalo produksi 2005 keatas gak boleh premium kan jadinya orang pikir2 kalo beli mobil yg gres dari showroom, jadi populasi roda 4 gak membengkak pesat.
Bagi yang punya mobil mewah dibawah 2005 kalo mau pake pertamax kan masih boleh (peraturannya kan bukan "mobil dibawah 2005 harus premium"). Kalo mau pake premium sih gak masalah, tapi tanggung sendiri kalo mesin ngelitik. Disini banyak boil kinclong (crv, captiva, x-trail, dll) masih plat putih udah dibantai pake premium. tiap kali mereka belok....."klethek2"....tuh bunyinya.
Saya aja mau pindah ke pertamax tuh. tapi belum tau apa aja yg dipersiapkan buat pindah ke pertamax, slaen dana lebih utk BBM tentunya...![]()
aturan ini msh sumir, untuk penerapannya jg sulit krn secara teknis agak susah bikin klasifikasi kendaraan yg dilarang isi premium. kalo mau begitu, mendingan premium & pertamax dihapus aja sekalian...lalu diganti dengan 1 jenis bensin dengan ron 90 tanpa subsidi, dengan harga eceran lbh mahal dr premium tapi tidak semahal pertamax skrg ini.....msh oke untuk mesin lawas dan masih mumpuni untuk mesin modern....lha wong kenyataannya user mesin modern jg pada ngisi premium kok,hehehe....
IMHO doang.......kalo memang alasan pemerintah mau mengurangi subsidi sekalian aja dibuat begitu setidaknya walapun masih subsidi tp tdk banyak...
dan rakyat juga tdk dirugikan dengan kualitas premium yg semakin buruk..
dan pertamax terlalu mahal dan terlalu tinggi ron nya utk mobil2 lawas..