Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ini mah kayaknya cuman jabodetabek dan toll doang deh...
kalo lagi jalan ke daerah2 yang gak ada pertamax/+, pake jerigen aja lah.... asal jangan dicampur detergen.. nanti bisa konser kayak jirigen...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
gw juga kena masalah ini, mobil gw Honda Freed yg baru berumur 2 bulan, kemarin sempat mati di jalanan, trus di starter hidup kembali, gejala2nya seperti kehabisan bensin.
tadi pagi sulit sekali starter.
Pemakaian bensin: Pertamax.
Ada tambahan info dari dedengkot milis Baleno dna pemilik bengkel TG
Hampir 2 jam lamanya wartawan dari Detik melakukan investigasi di TG. Kebetulan
mobil Om Agus salah satu member BCI mengalami masalah fuel pump dan lagi
dibongkar di TG. Padahal belum satu bulan fuel pump nya diganti baru. Dari hasil
pengecekan dan pengujian bisa diliat kalau tangki bensin bersih (Karena baru
kuras 1 bln lalu) begitupun dengan teh celup/filter fuel pump yg bersih tanpa
kotoran sedikitpun.
Dari hasil pengujian fuel pump bisa diliat kalau fuel pump yg bermasalah karena
semburan bensin begitu lemah, hal ini berbanding terbalik dengan fuel pump baru
yg semburannya kencang. Dan ketika fuel pump nya dibongkar, terlihan kumparan
tembaga yg gosong dan bagian dalam fuel pump juga gosong seperti terbakar.
Kebetulan kemarin di TG ada mobil anak Karimun Club yg kuras tangki dan hasilnya
bensin kotor berlumpur tapi anehnya fuel pump tidak masalah dan ketika tangki
sudah bersih mobil bisa dipake normal.
Semua didokumentasikan lewat video dan foto. Nah dari hasil pengujian ini bisa
disimpulkan patut diduga kalau faktor rusaknya fuel pump dari pemakaian premium
yg bermasalah. Seharusnya ada lembaga independen yg menguji kualitas premium
neh, tapi pengujian harus ngambil sampel dari premium yg mobilnya bermasalah
bukan diambil dari SPBU.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
afatchur wrote:Ada tambahan info dari dedengkot milis Baleno dna pemilik bengkel TG
Hampir 2 jam lamanya wartawan dari Detik melakukan investigasi di TG. Kebetulan
mobil Om Agus salah satu member BCI mengalami masalah fuel pump dan lagi
dibongkar di TG. Padahal belum satu bulan fuel pump nya diganti baru. Dari hasil
pengecekan dan pengujian bisa diliat kalau tangki bensin bersih (Karena baru
kuras 1 bln lalu) begitupun dengan teh celup/filter fuel pump yg bersih tanpa
kotoran sedikitpun.
Dari hasil pengujian fuel pump bisa diliat kalau fuel pump yg bermasalah karena
semburan bensin begitu lemah, hal ini berbanding terbalik dengan fuel pump baru
yg semburannya kencang. Dan ketika fuel pump nya dibongkar, terlihan kumparan
tembaga yg gosong dan bagian dalam fuel pump juga gosong seperti terbakar.
Kebetulan kemarin di TG ada mobil anak Karimun Club yg kuras tangki dan hasilnya
bensin kotor berlumpur tapi anehnya fuel pump tidak masalah dan ketika tangki
sudah bersih mobil bisa dipake normal.
Semua didokumentasikan lewat video dan foto. Nah dari hasil pengujian ini bisa
disimpulkan patut diduga kalau faktor rusaknya fuel pump dari pemakaian premium
yg bermasalah. Seharusnya ada lembaga independen yg menguji kualitas premium
neh, tapi pengujian harus ngambil sampel dari premium yg mobilnya bermasalah
bukan diambil dari SPBU.
kalo pengujian2 seperti ini (alatnya yg diuji, bukan materialnya) cuman bisa menghasilkan dugaan2 tanpa bisa menghasilkan kepastian. mending sekalian itu bbm diambil samplenya dari berbagai titik lokasi SPBU. bener ga bbmnya yg bermasalah. kalo iya dimana letak permasalahan yang bikin bbmnya kok ga benar kualitasnya seperti yang disampaikan oleh pertamina.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
DOHC wrote:bensin ga cocok kan musti nya rusak di mesin, bukan di fuel pump... tugas fuel pump kan cuman nyedot bensin doank dan salurin ke ruang bakar... nah kalo fuel pump ampe rusak bearti bensin tsb yg "ga bersih donk"..... urusan bensin cocok atau kaga mahh urusan si mesin donk... ampun deh, mentri esdm koq kaga ngerti ginian, milih mentri kaya milih togel sehh.. ntar jgn2 abis ini blg pake bensin premium seh makanya cat nya jadi kusam, atau ac nya jadi bau....
Lha ya iya toh...pake premium berarti tidak merawat mobil. Mesin aja gak dirawat...apalagi catnya
Yah mungkin maksudnya pake premium tapi mesin knocking kenceng ga kedengeran owner,, soalnya owner suka nyetel musik ajeb2 tingkat tinggi he2..Akibatnya mesin rusak deh alias piston bolong..
Jakarta - Kerusakan fuel pump pada mobil armada taksi menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Soalnya dana yang dikeluarkan untuk ongkos perbaikan fuel pump cukup membengkak dalam sebulan terakhir ini.
"(Angka kerugian) sekitar ratusan juta," ujar Humas Blue Bird Teguh Wijayanto ketika dihubungi detikOto, Selasa (19/7/2010).
Armada Blue Bird yang fuel pump mobilnya jebol mencapai 1.200 unit. Itu sekitar 10 persen dari total armada Blue Bird di Jabodetabek yang mencapai 11.000 unit.
"Fuel pump yang rusak itu seperti ada kotoran yang mampet. Hal ini tidak pernah terjadi pada tahun sebelumnya," ujarnya.
Namun untuk mengatasi fuel pump yang terus rusak ini, Blue Bird menyerahkan hal ini kepada ATPM dan diler Limo. "Kita ke ATPM dulu, kalau ada mobil baru kan bisa pakai garansi," ujarnya.
Pihaknya pun mendesak kalau perlu ada tim independen untuk memeriksa fenomena ini. "Tapi kita kan tidak berwenang," ujarnya.
Sementara Manajer Teknik PT Sumatra Raya Sudiarman Manalu menuturkan untuk setiap penggantian fuel pump armada taksi Indah Family mengeluarkan dana sekitar Rp 435.000.
"Itu kalau dirata-ratakan. Sebagai perusahaan taksi, kita sudah babak belur," ujarnya.
Taksi milik Indah Family yang rusak fuel pumpnya mencapai 120 unit dari total 600 unit. Mobil armada baru pun tak luput dari masalah.
Gila, 10% bluebird fuel pump, kalau diekstrapolasi, dg asumsi pengguna mobil umum berjalan 20% dari km perjalanan bluebird, maka kira2 2% mobil masyarakat non angkutan fuel pump akan rusak
Punten ane newbie. Tadi malam terima sms dari orang Nissan Depok kalo udah ada 5 mobil Nissan (dia tidak merinci variant apa aja) yg sudah masuk bengkel untuk mengganti FP berkaitan dg pemakaian bensin jenis Premium. Mereka menyarankan utk memakai Pertamax sampai ada klarifikasi dari pihak terkait (Pertamina? Beres?)
Ane sendiri biasa pake Premium/Pertamax dg perbandingan 1:1 masih belum ada masalah (mudah2an tidak ada).
kalau gitu kita uji partikel aja di lab. Diambil dari SPBU yang acak+diduga bermasalah. Kalau kita endapkan dan saring ternyata byk kotoran, berarti emang premium nya Culun. Tapi sampelnya harus 30 liter karena kalau cuma seliter mungkin gak keliatan.
ciput wrote:Sehubungan dengan merebaknya kasus banyaknya Fuel Pump mobil yg jebol/rusak, maka FK3O selaku forum klub dan komunitas otomotif mengajak teman2 untuk bersama2 menginvestigasi kebenaran kasus ini. Caranya mudah, cukup dengan mengisi form terlampir (word) dan kirimkan via japri ke [email protected] selambat2nya 30 hari dari hari ini (20/08/2010).
Terima kasih atas kerjasamanya.
-------------------------------------------------------
Himbauan Resmi FK3O:
Dear all,
Terlampir adalah form isian dalam rangka investigasi mutu BBM.
Saya berharap setiap klub bisa menyumbang datanya. Semoga hasil investigasi ini bisa berguna bagi kita semua.
Marilah kita agak sedikit fokus dengan masalah ini, karena ini masalah kita bersama.
FYI, saya baru saja dapat info dari member saya yang bekerja di sebuah perusahaan angkutan umum di Jakarta (maaf tidak bisa saya disclose detail perusahaannya), dimana dalam satu minggu terakhir terdapat 800 kendaraan di armadanya yang mengalami kerusakan Fuel Pump akibat kualitas BBM yang buruk.
Terima kasih.
Wah, gw kenal nih Ciput NCL, anak Newcastle Uni waktu gw di Nottingham.
Gw mau ikut lapor ah ke FK3)
TUFF Stough wrote:Dari forum sebelah.
ciput wrote:Sehubungan dengan merebaknya kasus banyaknya Fuel Pump mobil yg jebol/rusak, maka FK3O selaku forum klub dan komunitas otomotif mengajak teman2 untuk bersama2 menginvestigasi kebenaran kasus ini. Caranya mudah, cukup dengan mengisi form terlampir (word) dan kirimkan via japri ke [email protected] selambat2nya 30 hari dari hari ini (20/08/2010).
Terima kasih atas kerjasamanya.
-------------------------------------------------------
Himbauan Resmi FK3O:
Dear all,
Terlampir adalah form isian dalam rangka investigasi mutu BBM.
Saya berharap setiap klub bisa menyumbang datanya. Semoga hasil investigasi ini bisa berguna bagi kita semua.
Marilah kita agak sedikit fokus dengan masalah ini, karena ini masalah kita bersama.
FYI, saya baru saja dapat info dari member saya yang bekerja di sebuah perusahaan angkutan umum di Jakarta (maaf tidak bisa saya disclose detail perusahaannya), dimana dalam satu minggu terakhir terdapat 800 kendaraan di armadanya yang mengalami kerusakan Fuel Pump akibat kualitas BBM yang buruk.
Terima kasih.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
maskopat wrote:SL ane rasanya belum pernah ganti fuel pump deh...
I love carburetor...
kalo misalkan mbl karbu ndak ada masalah dengan FP....saatnya hunting terrano......
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
ane baca di komentar detikcom, ngeri juga nih. nggak tau bener atau tidak
warga jogja, seketat apapun aturan di negeri ini, interaksi manusia dengan manusi pasti tst.... tau sama tau. bicara pertamina, sopir truk tanki aja kaya raya. pengen bukti? perkampungan kadipiro jl wates km 3 jogja, adalah perkampungan sopir tanki pertamina. dulu pada zaman soeharto, ketika minyak tanah murah, setiap 1 truk tangki ukuran 6000 liter premium dijamin dioplos 100 liter minyak tanah. nah pada jaman revormasi bisa mencapai 200 liter minyak tanahnya. sekarang di saat pemerintah memberlakukan harga minah setara dengan premium... mari silahkan para ahli, ada apa dengan premium di pom-pom bensin. http://oto.detik.com/comment/2010/07/21 ... am-premium
yang pasti premium yg menghancurkan fuel pump mobil ane pasti mengandung anasir-anasir pengacau
klo di luar negri, hal2 yg merugikan rakyat(apalagi sampai menimbulkan korban).....maka fasilitator(dalam hal ini pemerintah) bisa digugat dan di tuntut....
klo di dalam negri gimana prosedurnya? apa memungkinkan?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Memang konsumen posisinya serba salah. Di satu sisi karena menyadari kualitas premium yang kurang baik atau tuntutan mesin akan oktan yang lebih tinggi maka mau tidak mau harus pakai oktan booster. Tapi bila sampai terjadi kerusakan yang paling disalahkan ya oktan boosternya.
jadi, yg terdampak adalah Fuel Pump (saja) kan? ....kok pada jd berjauh2 nyambung2in sampai ke mesin sih?
jd gmana, tangki gw penuh dg premium niiih... baikan dikuras aja ya, daripada resiko....
anyway, hadooooh, lagi2, ada2 aja siiiih "kerusuhan2" dlm hal public service kayak gini...