Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Honda to abandon clean diesel development, focus on hybrids
Honda drops diesel development dan konsentrasi ke electric hybrid, sedangkan merek Eropa malah getol2nya sama modern diesel. Kemana arah otomotif dunia? Di Amerika diesel nggak main, di Eropa diesel ngetop. Mungkin penentunya emerging markets seperti China...
Kalo untuk Indonesia yg masih banyak pake diesel jadul - mungkin lebih tepat ngikut ke arah Honda...
Honda to abandon clean diesel development, focus on hybrids
Honda drops diesel development dan konsentrasi ke electric hybrid, sedangkan merek Eropa malah getol2nya sama modern diesel. Kemana arah otomotif dunia? Di Amerika diesel nggak main, di Eropa diesel ngetop. Mungkin penentunya emerging markets seperti China...
Kalo untuk Indonesia yg masih banyak pake diesel jadul - mungkin lebih tepat ngikut ke arah Honda...
alasan bisnis aja kayaknya.....
pabrik mah selalu berorientasi menurunkan biaya produksi / mencari celah pasar yg masih "blue ocean" / antisipasi market trend
Di US standard emisi Diesel sgt ketat, membuat development cost mesin2 very clean Diesel jadi mahal....belum lagi issue ULSD di US itu konon kualitasnya gak sebagus di Eropa, ULSD di US konon byk yg HFRR-nya tinggi, bisa bikin pompa injeksi aus prematur. CMIIW
Di Eropa sendiri juga GDI Turbo lagi naik daun, mungkin krn pasar Clean Diesel kompetisi-nya sdh sgt ketat......juga banyak produsen mengarah ke Hybrid, seiring standard penurunan emisi CO2 oleh EU.
Yg saya appreciate dari teknik hybrid oleh produsen2 Eropa, mereka menerapkan teknik hybrid dalam berbagai tingkatan, mulai dr yg sederhana spt sistem alternator 2 arah (jadi dinamo saat ngerem / cut off saat akselerasi) sampai teknik Full hybrid.
gemelli wrote:karena Honda FCX Clarity...
btw Fuel Cell Electric ini termasuk teknologi Hybrid bukan ya?
Yg dimaksud hybrid = sistem penggerak dgn kombinasi 2 Powerplant yg berbeda
Fuel Cell = Sistem pembangkit listrik dengan mekanisme kerja penggabungan 2 atom yg berbeda.
Fuel cell bisa menggunakan bahan baku Hydrogen + Oksigen dgn "limbah" = H2O , juga bisa menggunakan Carbon + Oksigen dgn "limbah" = CO2 atau Hidrokarbon + Oksigen dengan "limbah" H2O + CO2.
Pada mobil Fuel Cell, listrik yg dihasilkan Fuel Cell utk menggerakkan electro motor.
Kalau pada Notebook pernah ada Fuel Cell Methanol, nah itu "limbah"nya CO2 + H2O
Jauh sebelum Fuel Cell heboh utk mobil konsep, kapal selam sudah lama menggunakan teknik ini utk pembangkit daya listrik-nya.
klo pengalaman ane di eropa trutama france waktu skull disana dolo
org prancis lebih senang pake mobil diesel sebab harga BBM nya lebih murah dan lagi teknologi pengilangan yg dimiliki persh minyak dah cukup bagus...
dan disana kualitas BBM dieselnya sdh bagus... jadi produsen ngikutin keinginan dan kamauan ekonomis pemakai mobil...
one day, dijamin semuanya akan memuja diesel. At least buat harian. Ibarat makanan, bbm diesel itu makanan padat bergizi, premium/bensin itu makanan snack yg ringan2. Enak, tapi nggak bergizi... he..he..
Turboman wrote:Di Eropa sendiri juga GDI Turbo lagi naik daun, mungkin krn pasar Clean Diesel kompetisi-nya sdh sgt ketat......juga banyak produsen mengarah ke Hybrid, seiring standard penurunan emisi CO2 oleh EU.
Mungkin juga perkembangan teknologi diesel udah mentok - gak bisa diturunin lagi CO2 nya. Dan di Amerika diesel gak laku/tidak memenuhi standar emisi. Jadi Honda mikir...yg bisa kepake di semua benua ya hybrid...someday ke full electric (zero emissions).
om FM, kalo di amrik standar emisi rendah, tapi kenapa mesin di sana gede2 banget volume silindernya? bukannya makin besar volume silinder, emisi karbon juga makin besar? dan biasanya, FC nya juga lebih boros?
btw, ane coba bandingin mesin lancer (di UK).
diesel 2.0 DID http://www.mitsubishi-cars.co.uk/lancer ... tContainer
bensin 1.8 MIVEC http://www.mitsubishi-cars.co.uk/lancer ... tContainer
semuanya manual. dan maksimum tenaga yang dihasilkan juga mirip2... 138 vs 141 bhp.
ternyata emisi carbonnya tinggi yang bensin lho. FC nya juga lebih irit diesel.
kalo dari data ini, harusnya mesin diesel (tentu saja modern diesel) lebih rendah emisi dan FC daripada bensin.
mohon pencerahan om..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Iya tapi diesel ada emisi lain...namanya soot. Di California, NY, dll banyak mobil diesel gak boleh dijual karena terlalu tinggi emisi yg satu ini. Jadinya yg paling bersih ya hybrid - apalagi kalo sumber listriknya tenaga nuklir.
"The automotive industry is reinventing itself," Winterkorn continued, "and Volkswagen will be the first automaker to mass produce the electric car for everyone." VW believes that electric vehicles are the next great revolution in the automobile, and in order to achieve its goal of becoming the world's top automaker by 2018, it believes it has to dominate the EV segment.
In addition to bringing two EVs to market in the next three years, the Touareg Hybrid (shown above) is being produced, with the hybrid Golf and Jetta due later that year and the hybrid Passat following in 2012. All of which VW considers to be interim products.
saya terbiasa naik angkutan yg bermesin hybrid-diesel dan buatan USA
powerplant-nya:
Diesel
Type 7FDL-8
V8 87.5L Twin-turbocharger
Ouput 2150 HP @1050 rpm
max. speed 120 Kpj
FC 2.5:1
yang penting....diesel-hybrid (diesel/listrik)....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
IMO teknologi hybrid lebih long-term daripada teknologi diesel dilihat dari sumber energinya. Teknologi hybrid mengarah kepada teknologi full electric. CMIIW
Btw, kapan ya pemerintah kita memberi kemudahan bea masuk bagi mobil hybrid?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Turboman wrote:Di Eropa sendiri juga GDI Turbo lagi naik daun, mungkin krn pasar Clean Diesel kompetisi-nya sdh sgt ketat......juga banyak produsen mengarah ke Hybrid, seiring standard penurunan emisi CO2 oleh EU.
Mungkin juga perkembangan teknologi diesel udah mentok - gak bisa diturunin lagi CO2 nya. Dan di Amerika diesel gak laku/tidak memenuhi standar emisi. Jadi Honda mikir...yg bisa kepake di semua benua ya hybrid...someday ke full electric (zero emissions).
IMHO
Kalo ane pribadi lihat sih faktor berkembangnya GDI Turbo murni masalah bisnis aja, krn pasar Diesel sudah menjurus "red ocean" sementara GDI Turbo konsep baru belom semua pabrikan bikin, juga adanya sebagian customer yg senang mobil Gasoline.
Juga di era Euro V & beyond, sistem exhaust aftertreatment Diesel menjadi sangat kompleks & mahal.
esh wrote:IMO teknologi hybrid lebih long-term daripada teknologi diesel dilihat dari sumber energinya. Teknologi hybrid mengarah kepada teknologi full electric. CMIIW
Btw, kapan ya pemerintah kita memberi kemudahan bea masuk bagi mobil hybrid?
The Future is Full Electric vehicle & di Eropa mobil2 kecil listrik dah mulai banyak dijual
Aixam / Reva / Euauto / Smrat fortwo EV / Mitsu i-miev / MINI EV / THINK / Nissan Leaf / TESLA, etc.
Kalau saya sih berharap Pemerintah bisa berbuat lebih jauh utk memberi incentive kepada produsen dalam negeri utk membuat mobil-mobil listrik / investor yang mau membuat mobil2 listrik di Indonesia. (At least berupa Tax Holiday & peringanan pajak-pajak lainnya)
Hal ini akan mentrigger multiplier effect spt pengembangan industri Solar Panel & mini wind Turbine serta battery utk menunjang charging station.