efek driving di RPM rendah?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Eco Driving

Post by maskopat »

DOHC wrote:
maskopat wrote: ane pernah baca, katanya model bawa bejeg dalem, lepas gas akan memperirit konsumsi BBM. apalagi untuk mesin yang sudah menggunakan variable katup.
jadi bensin hanya mengalir ketika bejeg gas aja. ketika lepas gas, bensin gak ngalir. tapi ini berlaku untuk mobil manual.

ini bener gak ya?
bukanya cara ini lebi berlaku buat mobil matic om... kcuali om tiap kali abis tarik gas, ntuh gigi di netralin... liat rpm aja, kalo di mobil matic kan walaupun posisi transmisi di D, tapi tiap kali kita lepas gas, ntuh rpm lgs turun ke posisi idle... beda ama mobil manual, kalo uda jalan dan masuk gigi, biar kata lepas gas tapi rpm kaga lgs drop.... cmiww....
gini om, kalo gak salah, mesin2 sekarang rata2 sudah computerized. kalo pake manual, ketika lepas gas, putaran mesin tetap tinggi. tapi tidak ada bensin yang dialirkan ke ruang bakar. soalnya kata ecu, untuk apa, wong putaran mesin tetap terjaga koq. lain cerita kalo kita pindah gear ke N. ecu akan memerintahkan bensin mengalir untuk mempertahankan mesin tetap hidup di stasioner. cmiiw.
kalo di matik, ane kurang paham juga. soalnya kalo lepas gas, RPM turun. jadi dugaan ane, ecu tetap menjaga mesin menyala.. cmiiw..

kalo mobil yang masih pake karbu, emang paling bagus gigi diposisi netral. sekali lagi, cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by maskopat »

zweifellos wrote:yang paling penting tetap mengutamakan keamanan, jangan sampe gara2 mo eco-driving jadi kurang sigap ngebawa mobilnya.
tentu itu om. prioritas pertama adalah nyampe tujuan dengan selamat. kedua adalah nyaman. ketiga adalah ecodriving. keempat adalah cepat. kelima, fun to drive... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by maskopat »

gmx wrote:lama2 terbiasa kok om, bisa jadi tetep agresive dengan low rpm.. cuma ya gitu, jadi lebih rajin pindah gigi, olah raga kaki dan tangan.. tapi kalo sering2 pindah gigi gitu, efeknya ke kopling gimana ya..
plat kopling pasti cepat habis. :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Eco Driving

Post by DOHC »

maskopat wrote:
DOHC wrote:
maskopat wrote: ane pernah baca, katanya model bawa bejeg dalem, lepas gas akan memperirit konsumsi BBM. apalagi untuk mesin yang sudah menggunakan variable katup.
jadi bensin hanya mengalir ketika bejeg gas aja. ketika lepas gas, bensin gak ngalir. tapi ini berlaku untuk mobil manual.

ini bener gak ya?
bukanya cara ini lebi berlaku buat mobil matic om... kcuali om tiap kali abis tarik gas, ntuh gigi di netralin... liat rpm aja, kalo di mobil matic kan walaupun posisi transmisi di D, tapi tiap kali kita lepas gas, ntuh rpm lgs turun ke posisi idle... beda ama mobil manual, kalo uda jalan dan masuk gigi, biar kata lepas gas tapi rpm kaga lgs drop.... cmiww....
gini om, kalo gak salah, mesin2 sekarang rata2 sudah computerized. kalo pake manual, ketika lepas gas, putaran mesin tetap tinggi. tapi tidak ada bensin yang dialirkan ke ruang bakar. soalnya kata ecu, untuk apa, wong putaran mesin tetap terjaga koq. lain cerita kalo kita pindah gear ke N. ecu akan memerintahkan bensin mengalir untuk mempertahankan mesin tetap hidup di stasioner. cmiiw.
kalo di matik, ane kurang paham juga. soalnya kalo lepas gas, RPM turun. jadi dugaan ane, ecu tetap menjaga mesin menyala.. cmiiw..

kalo mobil yang masih pake karbu, emang paling bagus gigi diposisi netral. sekali lagi, cmiiw...
nahh kalo yg ane bold itu, bearti apa donk om yg menjaga putaran mesin di rpm tsb... apakah murni dari putaran piston dan crankshaft doank plus udara yg dihisap tanpa ada bensin yg masuk ke ruang bakar.. :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Eco Driving

Post by maskopat »

DOHC wrote:
maskopat wrote: gini om, kalo gak salah, mesin2 sekarang rata2 sudah computerized. kalo pake manual, ketika lepas gas, putaran mesin tetap tinggi. tapi tidak ada bensin yang dialirkan ke ruang bakar. soalnya kata ecu, untuk apa, wong putaran mesin tetap terjaga koq. lain cerita kalo kita pindah gear ke N. ecu akan memerintahkan bensin mengalir untuk mempertahankan mesin tetap hidup di stasioner. cmiiw.
kalo di matik, ane kurang paham juga. soalnya kalo lepas gas, RPM turun. jadi dugaan ane, ecu tetap menjaga mesin menyala.. cmiiw..

kalo mobil yang masih pake karbu, emang paling bagus gigi diposisi netral. sekali lagi, cmiiw...
nahh kalo yg ane bold itu, bearti apa donk om yg menjaga putaran mesin di rpm tsb... apakah murni dari putaran piston dan crankshaft doank plus udara yg dihisap tanpa ada bensin yg masuk ke ruang bakar.. :e-think: :e-think: :e-think:
sebenernya karena putaran roda. putaran roda menggerakkan differential, gigi gearbox, lalu flywheel dan kruk as. jadi terbalik dengan proses perputaran mesin ke roda.... gitu kayaknya om.

ane makin yakin teori ini bener, setelah bawa mobil yang ada mid nya. begitu lepas gas gear masih masuk, mid langsung irit banget.. beda dengan ketika gear dinetralkan.. sekali lagi, cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Eco Driving

Post by maskopat »

Hansen wrote:
maskopat wrote: ane pernah baca, katanya model bawa bejeg dalem, lepas gas akan memperirit konsumsi BBM. apalagi untuk mesin yang sudah menggunakan variable katup.
jadi bensin hanya mengalir ketika bejeg gas aja. ketika lepas gas, bensin gak ngalir. tapi ini berlaku untuk mobil manual.

ini bener gak ya?
Hal spt ini tdk mungkin diaplikasikan dlm sehari2 Pat...cara bawa mobil spt itu akan menciptakan hentakan2 keras yg bikin umur as roda & kaki2 jadi gak awet :ungg:


CMIIW
setuju om siong.. ane juga yakininya seperti itu. lagian dengan teori bejeg gas dalem dan lepas gas ini, harusnya gak beda2 jauh dengan bejeg gas halus. tapi dengan bejeg gas halus, akan mendapatkan keawetan mesin (karena tidak dipaksa ke RPM tinggi), dan yang om siong bilang, kaki2 lebih tahan...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Eco Driving

Post by Hansen »

maskopat wrote:
Hansen wrote:
maskopat wrote: ane pernah baca, katanya model bawa bejeg dalem, lepas gas akan memperirit konsumsi BBM. apalagi untuk mesin yang sudah menggunakan variable katup.
jadi bensin hanya mengalir ketika bejeg gas aja. ketika lepas gas, bensin gak ngalir. tapi ini berlaku untuk mobil manual.

ini bener gak ya?
Hal spt ini tdk mungkin diaplikasikan dlm sehari2 Pat...cara bawa mobil spt itu akan menciptakan hentakan2 keras yg bikin umur as roda & kaki2 jadi gak awet :ungg:


CMIIW
setuju om siong.. ane juga yakininya seperti itu. lagian dengan teori bejeg gas dalem dan lepas gas ini, harusnya gak beda2 jauh dengan bejeg gas halus. tapi dengan bejeg gas halus, akan mendapatkan keawetan mesin (karena tidak dipaksa ke RPM tinggi), dan yang om siong bilang, kaki2 lebih tahan...
Betul Pat....intinya apakah nilai penghematan bbm nya worth it dibanding dengan kerusakan komponen yg kita dapat...? :upss: :ngacir:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by DOHC »

mengenai cara pulse and gliding... koq ane ngerasa ga smua mobil bisa diimplementasi in cara tsb yahh... terutama utk mobil2 penggerak belakang... soalnya kalo mobil2 RWD, gt dilepas gas, rpm lgs drop, trus kecepatan jg lgs menurun kaya ada engine break gt... beda ama mobil2 FWD.. ambil contoh lipina ane, itu kalo ane tarik ampe 40 kph trus lepas gas, mobil bakal meluncur terus... beda ama panther atau ipah ane, gt lepas gas lgs drop speed nya kaya ada engine break...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by Hansen »

Kalo koplingnya dibenam kan meluncur chiong.....:e-think:
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by nescafe »

Hansen wrote:Kalo koplingnya dibenam kan meluncur chiong.....:e-think:
atau dipindahkan ke gear selanjutnya yg lebih tinggi khan bisa juga yah.. :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by Hansen »

nescafe wrote:
Hansen wrote:Kalo koplingnya dibenam kan meluncur chiong.....:e-think:
atau dipindahkan ke gear selanjutnya yg lebih tinggi khan bisa juga yah.. :e-think:
atau dinetralkan jg bisa kan.....:e-think:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by maskopat »

Hansen wrote:
nescafe wrote:
Hansen wrote:Kalo koplingnya dibenam kan meluncur chiong.....:e-think:
atau dipindahkan ke gear selanjutnya yg lebih tinggi khan bisa juga yah.. :e-think:
atau dinetralkan jg bisa kan.....:e-think:
waktu ane belajar dulu sih, menetralkan gigi dapat membahayakan. karena tidak ada engine break dan ketika butuh akselerasi, kita harus ngoper gigi dulu.
tapi emang lebih mengirit bahan bakar.

@DOHC, masa sih om GL gak ada engine break? ane pernah coba yang matik 1.5. kalo gear ane geser ke 2 atau 1, ada engine break koq. lumayan kepake kalo di turunan cipularang.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by DOHC »

bukanya kaga ada om, tapi kaya kaga berasa.... turunan parkir mall aja ane masuk gigi 2 tapi mobil tetep meluncur kenceng koq... kalo matic ane kaga ngerti dahh... tapi kalo yg manual, ini mobil gampang banget ngeglosor nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by maskopat »

DOHC wrote:bukanya kaga ada om, tapi kaya kaga berasa.... turunan parkir mall aja ane masuk gigi 2 tapi mobil tetep meluncur kenceng koq... kalo matic ane kaga ngerti dahh... tapi kalo yg manual, ini mobil gampang banget ngeglosor nya...
kalo turunan parkir mall sih, biasanya ane pake gear 1.
gini om, mungkin karena GL menggunakan gear yang halus. jadi kalo engine breaknya kurang berasa.
kalo ane pake SL terasa banget dibanding APV. SL lebih halus, jadi gear 1 itu di turunan pelan, ane masih perlu injek rem. tapi kalo di APV, gak perlu injek rem..

mungkin karena peruntukan mobil beda. sedan (GL dianggap sedan) menggunakan gear yang halus. sedangkan ipah dan panther, menggunakan gear yang kasar.

cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by DOHC »

bisa jg sehh gt om... atau gara2 terdapat nya gardan yg membantu engine break tsb...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by jalu »

setubuh ah....mobil dengan rasio gear yg kecil/halus maka efek engine brakenya kurang terasa kuat.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by maskopat »

gardan harusnya gak ngaruh om DOHC... dugaan ane sementara ini karena rasio gigi. kedua, bisa jadi ketika lepas gas ECU masih memerintahkan mesin untuk melakukan pembakaran. tapi yang kedua, untuk GL harusnya udah gak ya..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by DOHC »

mungkin jg sehh gara2 ratio gigi kelewat halus... jadi ga ada "tahanan" nya... pantesan mobil2 penggerak roda depan gt umur kampas rem nya lebi cepet abis... beda banget kalo kaya panther atau kijang... panjanggg umurr banget tuh kampas rem...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by imsus2c »

DOHC wrote:mengenai cara pulse and gliding... koq ane ngerasa ga smua mobil bisa diimplementasi in cara tsb yahh... terutama utk mobil2 penggerak belakang... soalnya kalo mobil2 RWD, gt dilepas gas, rpm lgs drop, trus kecepatan jg lgs menurun kaya ada engine break gt... beda ama mobil2 FWD.. ambil contoh lipina ane, itu kalo ane tarik ampe 40 kph trus lepas gas, mobil bakal meluncur terus... beda ama panther atau ipah ane, gt lepas gas lgs drop speed nya kaya ada engine break...
maskopat wrote:gardan harusnya gak ngaruh om DOHC... dugaan ane sementara ini karena rasio gigi. kedua, bisa jadi ketika lepas gas ECU masih memerintahkan mesin untuk melakukan pembakaran. tapi yang kedua, untuk GL harusnya udah gak ya..
DOHC wrote:mungkin jg sehh gara2 ratio gigi kelewat halus... jadi ga ada "tahanan" nya... pantesan mobil2 penggerak roda depan gt umur kampas rem nya lebi cepet abis... beda banget kalo kaya panther atau kijang... panjanggg umurr banget tuh kampas rem...
rasanya....itu lebih ke engine management-nya meneer... bukan drivetrain-nya :e-think:

coba saat giginya disengaged (netral), tekan gas sampai rpm tinggi trus lepas segera...perhatikan apakah jarum rpm-nya langsung drop cepat atau turun pelan-pelan...

saya pernah ngobrol sama mekanik langganan, mobil jaman sekarang memang engine management-nya dibuat seperti itu, salah satunya (katanya) untuk menjaga kondisi mesin supaya lebih awet (entah gimana penjelasan teknisnya) dan untuk eco-driving ginian (pulse+glide)

santi saya juga gitu, kalo gas dilepas, mobilnya meluncur kayak ga ada engine brake-nya, waktu ditest gigi netral, baru ketauan turunnya rpm mesin memang ga sedrastis...katakanlah kijang kapsul.

oya btw, yang bener tu istilahnya engine-brake (rem dgn bantuan putaran mesin) kan? bukan engine-break (mesin istirahat/meledak)? :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by imsus2c »

jalu wrote:setubuh ah....mobil dengan rasio gear yg kecil/halus maka efek engine brakenya kurang terasa kuat.....
enaknya...kalo lagi cruising relatif lebih irit bbm :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by maskopat »

om meneer, mungkin juga ya karena engine management.
kalo lepas gas, masih rada lemot turunnya RPM. jadi engine break tidak maksimal...

om kelep ganda, bisa coba di GL, ipah dan ispan ente. dari 4000RPM turun ke stasioner berapa lama?
:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by imsus2c »

maskopat wrote:om meneer, mungkin juga ya karena engine management.
kalo lepas gas, masih rada lemot turunnya RPM. jadi engine break tidak maksimal...
rasanya seperti itu...
toh mau turun cepat atau pelan, ga ada bedanya di FC (untuk mobil ber-ECU), secara teori, saat gas dilepas, aliran bahan bakar juga diputus.

kalau turunnya rpm pelan, artinya mesin tidak "membebani" putaran roda, dan ini bisa dimaksimalkan untuk "gliding"

deselarsi rpm piston mesin pun tidak kaget karena dibebani putaran roda

cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by jalu »

imsus2c wrote:toh mau turun cepat atau pelan, ga ada bedanya di FC (untuk mobil ber-ECU), secara teori, saat gas dilepas, aliran bahan bakar juga diputus.
numpang tanya meneer...saat gas dilepas, aliran bbm itu diputus atau dikurangi ??? :e-pray:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by Abu2 »

jalu wrote:
imsus2c wrote:toh mau turun cepat atau pelan, ga ada bedanya di FC (untuk mobil ber-ECU), secara teori, saat gas dilepas, aliran bahan bakar juga diputus.
numpang tanya meneer...saat gas dilepas, aliran bbm itu diputus atau dikurangi ??? :e-pray:

kayaknya, aliran BBM nya di sunat Jal :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: efek driving di RPM rendah?

Post by imsus2c »

jalu wrote:
imsus2c wrote:toh mau turun cepat atau pelan, ga ada bedanya di FC (untuk mobil ber-ECU), secara teori, saat gas dilepas, aliran bahan bakar juga diputus.
numpang tanya meneer...saat gas dilepas, aliran bbm itu diputus atau dikurangi ??? :e-pray:
menurut logika dan obrolan, tergantung kondisi meneer....

saat ECU mendapat input mesin masih bisa berputar karena momen inersia, secara teori bahan bakar diputus... begitu moment dorong habis, tanpa perintah injakan gas (posisi gigi engaged/masuk), ECU pun ga perintah bahan bakar masuk...artinya mesin mati :mrgreen:

beda saat gigi disengaged (netral), tanpa perintah injakan gas pun bbm akan tetap disupply tapi dikurangi (dgn dasar mempertahankan mesin tetap hidup)...begitu gas diinjak, bbm pun ditambah

silakan dikoreksi sama yg lebih tau :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking