gini om, kalo gak salah, mesin2 sekarang rata2 sudah computerized. kalo pake manual, ketika lepas gas, putaran mesin tetap tinggi. tapi tidak ada bensin yang dialirkan ke ruang bakar. soalnya kata ecu, untuk apa, wong putaran mesin tetap terjaga koq. lain cerita kalo kita pindah gear ke N. ecu akan memerintahkan bensin mengalir untuk mempertahankan mesin tetap hidup di stasioner. cmiiw.DOHC wrote:bukanya cara ini lebi berlaku buat mobil matic om... kcuali om tiap kali abis tarik gas, ntuh gigi di netralin... liat rpm aja, kalo di mobil matic kan walaupun posisi transmisi di D, tapi tiap kali kita lepas gas, ntuh rpm lgs turun ke posisi idle... beda ama mobil manual, kalo uda jalan dan masuk gigi, biar kata lepas gas tapi rpm kaga lgs drop.... cmiww....maskopat wrote: ane pernah baca, katanya model bawa bejeg dalem, lepas gas akan memperirit konsumsi BBM. apalagi untuk mesin yang sudah menggunakan variable katup.
jadi bensin hanya mengalir ketika bejeg gas aja. ketika lepas gas, bensin gak ngalir. tapi ini berlaku untuk mobil manual.
ini bener gak ya?
kalo di matik, ane kurang paham juga. soalnya kalo lepas gas, RPM turun. jadi dugaan ane, ecu tetap menjaga mesin menyala.. cmiiw..
kalo mobil yang masih pake karbu, emang paling bagus gigi diposisi netral. sekali lagi, cmiiw...