Proton Exora - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
- Location: tangerang
Re: Proton Exora
@ Hasan,
Ini ada 2 file yg saya ambil dari file-file sales tool kits Exora, mudah2an berguna utk semua, terutama buat yg ingin membeli Exora. Harapannya file ini bisa jadi bahan pertimbangan dan bahan diskusi yg lebih luas.
T.kasih.
Ini ada 2 file yg saya ambil dari file-file sales tool kits Exora, mudah2an berguna utk semua, terutama buat yg ingin membeli Exora. Harapannya file ini bisa jadi bahan pertimbangan dan bahan diskusi yg lebih luas.
T.kasih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun May 16, 2010 13:38
Re: Proton Exora
Kalau si pemilik SPBUnya jujur dan mesin SPBU dikaliberasi dengan baik, maka mestinya toleransi kesalahan max adalah +/- 2%.jeifung wrote:@Bursnet,
Setuju dg cara tradisionil tsb, namun sebaiknya sebelum isi bensin di POM, ada baiknya melalui tabung ukur (tera), karena POM bensin sendiri akurasinya kalau tidak salah sekitar +/- 10% (info dari milis2 di NET). Seperti yg dilakukan ATM ketika mengundang wartawan utk test drive mobil, biasanya mereka menggunakan tabung (lab) ukur sendiri, supaya akurat.
Utk exora konsumsi BBM : 1:9km (utk dalam kota), 1:20km utk konstan 80km di tol, itu juga saya beri tanda "?", karena saya hanya baca MID di dashboard.
Karena kecepatan aliran bensin sudah tertentu (berbeda dengan aliran air ledeng yang bervariasi tergantung pemakaian si pelanggan), maka mestinya kalibrasi SPBU bisa disesuaikan dengan kecepatan aliran yang sudah tertentu tersebut sehingga kesalahan pengukuran bisa ditekan hingga +/- 1%
Dengan perkataan lain, secara teknis, kesalahan pengukuran SPBU dapat ditekan menjadi +/- 1% dan hal itu bukan hal yang sulit bagi teknisi yang melayani mesin SPBU.
Tapi, yang jadi masalah adalah si pemilik SPBU yang kadang "mengkilik" mesin SPBU tersebut sehingga menjadi "argo kuda"; Kalau "ditembak", maka si pemilik berkilah bahwa dia hanya menutupi kerugian akibat "kecurangan" Pertamina.
Wah, enggak ada habisnya.
Intinya, carilah SPBU yang pemiliknya tidak nakal dan gelas ukur tersebut tidak diperlukan lagi

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun May 16, 2010 13:38
Re: Proton Exora
Sorry, kebanyakan ngemeng malah lupa kasih inti komentar 
Kalau ada waktu dan kesempatan, tolong dong diukur secara klasik tersebut.
Sejak ada SPBU asing, tampaknya Pertamina sudah mulai berbenah; Makin banyak SPBU milik Pertamina yang tampil professional, saya perkirakan bahwa meter pengukur bensinnya pun sudah terkalibrasi dengan baik.

Kalau ada waktu dan kesempatan, tolong dong diukur secara klasik tersebut.
Sejak ada SPBU asing, tampaknya Pertamina sudah mulai berbenah; Makin banyak SPBU milik Pertamina yang tampil professional, saya perkirakan bahwa meter pengukur bensinnya pun sudah terkalibrasi dengan baik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Re: Proton Exora
beli sih pasti beli bro tp tunggu nanti pameran gaikindo, biar ada promo2, dan bonus2Bursnet wrote:Pengalaman saya sih, AT biasanya emang lebih boros dibandingkan MT, enggak tau deh kalau teknologi sekarang.HasanFenny wrote:bner boros bro.aldy wrote: Wah masak sih bro cuma 1:12 livina style drivingnya bejek gas terus kali..he2 kalo liat temen2 bisa kok minimal 1:15 apalagi kalo rata2 jalan 100km/h jauh lebih irit lagi FCnya..Kalo ane sih 1:12 itu dalkot campur lukot + tanjakan2 itu udah boros termasuknya style driving juga lumayan bejek2 gas..
note : ane pake grand livina 1.5 M/T
gue jg deh coba sehalus mgkn bawanya, ga bejek2, ttp aje segitu.
gue pake AT, tipe 1,5 juga, grand livina.
gue pake velg 18in sih, tp masa sih beda jauh gitu ?
tp ga peduli lah gua, .... pasti ganti gue ke proton......lebih lega dan feature mantab
@Hasan, ayo dong beli, jangan ngemeng doanglalu sharing di sini pengalamannya.
dulu prnh pengalaman nyesel beli innova ga tungguin gaikindo. bunga cuma 3%. pdhl gue beli innovanya sebulan sblom gaikindo......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Re: Proton Exora
bos, weight/ratio makin rendah makin baik ato sebaliknya ?jeifung wrote:@ Hasan,
Ini ada 2 file yg saya ambil dari file-file sales tool kits Exora, mudah2an berguna utk semua, terutama buat yg ingin membeli Exora. Harapannya file ini bisa jadi bahan pertimbangan dan bahan diskusi yg lebih luas.
T.kasih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
power to weight ratio makin rendah makin jelek om. jadi makin tinggi power to weigh ratio, makin bagus rasionya (tiap kilogram bagian mobil mendapat power yang lebih besar).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Proton Exora
Hahaha ini gue setuju banget...dari semua pernyataan bung Hasan emang amatiran....wkwkwk namanya juga PAHLAWAN PROTON. wkwkwk lucunya....FortunerMan wrote:teketak wrote:Fortunerman + Dino_lowrider + Risol = Trollers , Rubbish
salesman ???ente kali yg sales. eh gak deng, kasian yg kerja di sales. Ente mungkin amatiran aja kali, jarang2 beli mobil - sekali beli mobil semua yg lain = jelek
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
halah ini orang. masih aja ngelanjut. padahal udah pada bahas exora.Dino_lowrider wrote:Hahaha ini gue setuju banget...dari semua pernyataan bung Hasan emang amatiran....wkwkwk namanya juga PAHLAWAN PROTON. wkwkwk lucunya....FortunerMan wrote:teketak wrote:Fortunerman + Dino_lowrider + Risol = Trollers , Rubbish
salesman ???ente kali yg sales. eh gak deng, kasian yg kerja di sales. Ente mungkin amatiran aja kali, jarang2 beli mobil - sekali beli mobil semua yg lain = jelek

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Proton Exora
HasanFenny wrote:seingat saya fung, justru di dlm kabin yg suaranya ngaung banget....bukan suara di luarnya.jeifung wrote:@Hasan,
Memang Exora suara mesin lebih keras dibanding mobil lain, apalagi suara kipas AC nya, ini se-type spt mobil Eropa. Tapi di dalam kabin suara tsb ga kedengaran, mungkin karena exora pakai teknologi kedap-suara, lupa nama teknologynya. Saya tidak memberi tambahan kedap suara pada mobil saya.
Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
tp mgkn definisi suara kenceng kita berbeda yah hehehehe
wah irit yah bisa 1:16, sedangkan saya livina ga prnh segitu tuh di tol jkt bandung. paling bagus cuma 1:12
kalo bener irit bgini, makin manteb nih niat beli exora
wkwkwk kelihatan banget HASAN nih mau promosi.

Jelek2in LIVINA. Katanya EXORA 1: 16 lebih irit daripada LIVINA 1: 12
waduh...lagi mabuk tuh Hasan. dasar sales....Jadi sm affiliate aja , jangan gratisan kalau mau promosi....wkwkwkwkkw


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
ini orang masih aja ngeflame.Dino_lowrider wrote:HasanFenny wrote:seingat saya fung, justru di dlm kabin yg suaranya ngaung banget....bukan suara di luarnya.jeifung wrote:@Hasan,
Memang Exora suara mesin lebih keras dibanding mobil lain, apalagi suara kipas AC nya, ini se-type spt mobil Eropa. Tapi di dalam kabin suara tsb ga kedengaran, mungkin karena exora pakai teknologi kedap-suara, lupa nama teknologynya. Saya tidak memberi tambahan kedap suara pada mobil saya.
Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
tp mgkn definisi suara kenceng kita berbeda yah hehehehe
wah irit yah bisa 1:16, sedangkan saya livina ga prnh segitu tuh di tol jkt bandung. paling bagus cuma 1:12
kalo bener irit bgini, makin manteb nih niat beli exora
wkwkwk kelihatan banget HASAN nih mau promosi.![]()
Jelek2in LIVINA. Katanya EXORA 1: 16 lebih irit daripada LIVINA 1: 12
waduh...lagi mabuk tuh Hasan. dasar sales....Jadi sm affiliate aja , jangan gratisan kalau mau promosi....wkwkwkwkkw![]()

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Re: Proton Exora
aduh apaan sih.....bawel amat sih lu lu pade ?Dino_lowrider wrote:HasanFenny wrote:seingat saya fung, justru di dlm kabin yg suaranya ngaung banget....bukan suara di luarnya.jeifung wrote:@Hasan,
Memang Exora suara mesin lebih keras dibanding mobil lain, apalagi suara kipas AC nya, ini se-type spt mobil Eropa. Tapi di dalam kabin suara tsb ga kedengaran, mungkin karena exora pakai teknologi kedap-suara, lupa nama teknologynya. Saya tidak memberi tambahan kedap suara pada mobil saya.
Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
tp mgkn definisi suara kenceng kita berbeda yah hehehehe
wah irit yah bisa 1:16, sedangkan saya livina ga prnh segitu tuh di tol jkt bandung. paling bagus cuma 1:12
kalo bener irit bgini, makin manteb nih niat beli exora
wkwkwk kelihatan banget HASAN nih mau promosi.![]()
Jelek2in LIVINA. Katanya EXORA 1: 16 lebih irit daripada LIVINA 1: 12
waduh...lagi mabuk tuh Hasan. dasar sales....Jadi sm affiliate aja , jangan gratisan kalau mau promosi....wkwkwkwkkw![]()
gue mo jadi sales kek, ape kek, affiliate kek, gratisan kek.....yg bacot kok elo elo pade ???
lagian emang livina gue 1:12 doang....kok elo elo yg sewot ??
bawel deh lu pade.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Re: Proton Exora
tenkiu bos penjelasannyazweifellos wrote:power to weight ratio makin rendah makin jelek om. jadi makin tinggi power to weigh ratio, makin bagus rasionya (tiap kilogram bagian mobil mendapat power yang lebih besar).
anehnya toyota A kok tinggi yah ration weightnya dibanding yg toyota B ??
apa gue salah liat yah /
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
maksud om toyota A dan toyota I ya?
toyota A berat nya jauh lebih kecil dari toyota I om. rasa²nya toyota A itu avanza, toyota I itu innova. jadi wajar mobil kecil punya power to weight ratio yang besar.
toyota A berat nya jauh lebih kecil dari toyota I om. rasa²nya toyota A itu avanza, toyota I itu innova. jadi wajar mobil kecil punya power to weight ratio yang besar.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Re: Proton Exora
oh iya ya.......ga perhatiin gue A itu avanza dan I itu innova.zweifellos wrote:maksud om toyota A dan toyota I ya?
toyota A berat nya jauh lebih kecil dari toyota I om. rasa²nya toyota A itu avanza, toyota I itu innova. jadi wajar mobil kecil punya power to weight ratio yang besar.
sep deh, ngerti gue skrg, tenkiu bro
tp batas minimum brp sih yahh utk ngerasain enak weight rationya ? pkknya ga boyo di tanjakan + penumpang FULL
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
batas minimum secara umum keknya relatif kali ya om. ada yg bilang angka X hp kurang, ada yang bilang cukup. tapi kalo batas minimum secara teknis mestinya udah mencukupi.
kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW
kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51
Re: Proton Exora
zweifellos wrote:batas minimum secara umum keknya relatif kali ya om. ada yg bilang angka X hp kurang, ada yang bilang cukup. tapi kalo batas minimum secara teknis mestinya udah mencukupi.
kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW
setuju bro... pengalaman make ispan tenaga cuma 85hp tapi nanjak dibanding ipah bensin yg 138hp masih enakan ispan... bukan menjelekan ipah lho ya... jangan salah paham... dan memang karakter diesel sama bensin beda, tapi di situ membuktikan bahwa buat nanjak dan full beban yg penting adalah torsi, sama yg nggak kalah penting final gear juga berperan penting, biasanya mobil2 yg dah ngegerung di kecepatan 80km/j akan lebih kuat nanjak karena final gear merea besar.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Proton Exora
kalo dengan hati yang damai, gak seru om... yang seru dengan kepala dingin, kritis dan membangun...Hansen wrote:Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........![]()
...........

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Proton Exora
Kritis dan membangun tidak harus dengan cara kekerasan om.....maskopat wrote:kalo dengan hati yang damai, gak seru om... yang seru dengan kepala dingin, kritis dan membangun...Hansen wrote:Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........![]()
...........


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun May 16, 2010 13:38
Re: Proton Exora
Setujuuuuu bangetHansen wrote:Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........![]()
Friends may come and go, but enemies accumulate.
Thomas Jones
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Proton Exora
panther gt logh....inuendo wrote:zweifellos wrote:batas minimum secara umum keknya relatif kali ya om. ada yg bilang angka X hp kurang, ada yang bilang cukup. tapi kalo batas minimum secara teknis mestinya udah mencukupi.
kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW
setuju bro... pengalaman make ispan tenaga cuma 85hp tapi nanjak dibanding ipah bensin yg 138hp masih enakan ispan... bukan menjelekan ipah lho ya... jangan salah paham... dan memang karakter diesel sama bensin beda, tapi di situ membuktikan bahwa buat nanjak dan full beban yg penting adalah torsi, sama yg nggak kalah penting final gear juga berperan penting, biasanya mobil2 yg dah ngegerung di kecepatan 80km/j akan lebih kuat nanjak karena final gear merea besar.


numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
- Location: tangerang
Re: Proton Exora
Karena itu, sekarang banyak mobil-mobil pada "goes to" diesel, karena torsi maxnya pada rpm 2000.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
btw exora diesel (udah) ada ga ya (di indonesia dan malaysia)?jeifung wrote:Karena itu, sekarang banyak mobil-mobil pada "goes to" diesel, karena torsi maxnya pada rpm 2000.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Proton Exora
mesin ids-i nya honda kayanya karakter itu bro... tarikan bawah nya berasa cukup ganas koq... cuman sayang nya tenaga nya tergolong kecil dan putaran atas nya memble utk ukuran mesin 1500cc...jeifung wrote:Karena itu, sekarang banyak mobil-mobil pada "goes to" diesel, karena torsi maxnya pada rpm 2000.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
numpang lewat aja....


Re: Proton Exora
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=25
hmmm...bukannya Exora 1:16 (katanya) ya bensinnya?Riff wrote:Review Exora setelah pakai 9 bln...(sebagian sdh disampaikan di thread exora)...
1. Bulan pertama AC rusak (tidak dingin)...dikutak kutik sampai nginap segala...mendingan...eee...bulan kedua tidak dingin lagi...kutak kutik sama dealer nya lagi... mendingan lg...bulan ketiga tidak dingin lagi ...akhirnya mau juga diganti spare part nya dan akhirnya dingin lagi...stlh itu tidak komplain lagi krn masih bisa ditoleransi dinginnya walaupun sdh mulai berkurang dinginnya...
2. Sebulan yg lalu salah baut dibagian kakinya (lupa namanya) hilang/jatuh shg mobil nginap lagi di bengkel (krn resiko jk dipakai)
3. Manuver di tanjakan berat...sebel banget kalo lg ke Puncak...dilewatin mobil lain mulu...
4. FC rata2 1:8 atau 1:9
5. Doortrim pintu2 sdh mulai ada getaran
Anak2 di kantor yg sdh pada nyobain...umumnya tdk merekomendasikan mobil ini...saat ini sedang dipertimbangkan untuk dijual...cuma resale value nya lumayan nganjlok jadi pikir2 lagi...
Masih dalam konteks isi thread ini (mobil seken MPV kisaran 150-200jt)...saya barusan minggu lalu beli Toyota Previa matic th 2001 (ex Menteri) 180jt...mungkin pekan depan saya coba kasih preview nya...