Proton Exora - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

@ Hasan,

Ini ada 2 file yg saya ambil dari file-file sales tool kits Exora, mudah2an berguna utk semua, terutama buat yg ingin membeli Exora. Harapannya file ini bisa jadi bahan pertimbangan dan bahan diskusi yg lebih luas.
T.kasih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

jeifung wrote:@Bursnet,

Setuju dg cara tradisionil tsb, namun sebaiknya sebelum isi bensin di POM, ada baiknya melalui tabung ukur (tera), karena POM bensin sendiri akurasinya kalau tidak salah sekitar +/- 10% (info dari milis2 di NET). Seperti yg dilakukan ATM ketika mengundang wartawan utk test drive mobil, biasanya mereka menggunakan tabung (lab) ukur sendiri, supaya akurat.

Utk exora konsumsi BBM : 1:9km (utk dalam kota), 1:20km utk konstan 80km di tol, itu juga saya beri tanda "?", karena saya hanya baca MID di dashboard.
Kalau si pemilik SPBUnya jujur dan mesin SPBU dikaliberasi dengan baik, maka mestinya toleransi kesalahan max adalah +/- 2%.
Karena kecepatan aliran bensin sudah tertentu (berbeda dengan aliran air ledeng yang bervariasi tergantung pemakaian si pelanggan), maka mestinya kalibrasi SPBU bisa disesuaikan dengan kecepatan aliran yang sudah tertentu tersebut sehingga kesalahan pengukuran bisa ditekan hingga +/- 1%

Dengan perkataan lain, secara teknis, kesalahan pengukuran SPBU dapat ditekan menjadi +/- 1% dan hal itu bukan hal yang sulit bagi teknisi yang melayani mesin SPBU.

Tapi, yang jadi masalah adalah si pemilik SPBU yang kadang "mengkilik" mesin SPBU tersebut sehingga menjadi "argo kuda"; Kalau "ditembak", maka si pemilik berkilah bahwa dia hanya menutupi kerugian akibat "kecurangan" Pertamina.
Wah, enggak ada habisnya.

Intinya, carilah SPBU yang pemiliknya tidak nakal dan gelas ukur tersebut tidak diperlukan lagi ;)
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

Sorry, kebanyakan ngemeng malah lupa kasih inti komentar :frm_bang_head:

Kalau ada waktu dan kesempatan, tolong dong diukur secara klasik tersebut.
Sejak ada SPBU asing, tampaknya Pertamina sudah mulai berbenah; Makin banyak SPBU milik Pertamina yang tampil professional, saya perkirakan bahwa meter pengukur bensinnya pun sudah terkalibrasi dengan baik.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

Bursnet wrote:
HasanFenny wrote:
aldy wrote: Wah masak sih bro cuma 1:12 livina style drivingnya bejek gas terus kali..he2 kalo liat temen2 bisa kok minimal 1:15 apalagi kalo rata2 jalan 100km/h jauh lebih irit lagi FCnya..Kalo ane sih 1:12 itu dalkot campur lukot + tanjakan2 itu udah boros termasuknya style driving juga lumayan bejek2 gas..
note : ane pake grand livina 1.5 M/T
bner boros bro.
gue jg deh coba sehalus mgkn bawanya, ga bejek2, ttp aje segitu.
gue pake AT, tipe 1,5 juga, grand livina.
gue pake velg 18in sih, tp masa sih beda jauh gitu ?
tp ga peduli lah gua, .... pasti ganti gue ke proton......lebih lega dan feature mantab
Pengalaman saya sih, AT biasanya emang lebih boros dibandingkan MT, enggak tau deh kalau teknologi sekarang.
@Hasan, ayo dong beli, jangan ngemeng doang :big_weee: lalu sharing di sini pengalamannya.
beli sih pasti beli bro tp tunggu nanti pameran gaikindo, biar ada promo2, dan bonus2
dulu prnh pengalaman nyesel beli innova ga tungguin gaikindo. bunga cuma 3%. pdhl gue beli innovanya sebulan sblom gaikindo......
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

jeifung wrote:@ Hasan,

Ini ada 2 file yg saya ambil dari file-file sales tool kits Exora, mudah2an berguna utk semua, terutama buat yg ingin membeli Exora. Harapannya file ini bisa jadi bahan pertimbangan dan bahan diskusi yg lebih luas.
T.kasih.
bos, weight/ratio makin rendah makin baik ato sebaliknya ?
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

power to weight ratio makin rendah makin jelek om. jadi makin tinggi power to weigh ratio, makin bagus rasionya (tiap kilogram bagian mobil mendapat power yang lebih besar).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Proton Exora

Post by Dino_lowrider »

FortunerMan wrote:
teketak wrote:Fortunerman + Dino_lowrider + Risol = Trollers , Rubbish

salesman ???
:mrgreen: ente kali yg sales. eh gak deng, kasian yg kerja di sales. Ente mungkin amatiran aja kali, jarang2 beli mobil - sekali beli mobil semua yg lain = jelek :mrgreen:
Hahaha ini gue setuju banget...dari semua pernyataan bung Hasan emang amatiran....wkwkwk namanya juga PAHLAWAN PROTON. wkwkwk lucunya....
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

Dino_lowrider wrote:
FortunerMan wrote:
teketak wrote:Fortunerman + Dino_lowrider + Risol = Trollers , Rubbish

salesman ???
:mrgreen: ente kali yg sales. eh gak deng, kasian yg kerja di sales. Ente mungkin amatiran aja kali, jarang2 beli mobil - sekali beli mobil semua yg lain = jelek :mrgreen:
Hahaha ini gue setuju banget...dari semua pernyataan bung Hasan emang amatiran....wkwkwk namanya juga PAHLAWAN PROTON. wkwkwk lucunya....
halah ini orang. masih aja ngelanjut. padahal udah pada bahas exora. :big_slap:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Proton Exora

Post by Dino_lowrider »

HasanFenny wrote:
jeifung wrote:@Hasan,

Memang Exora suara mesin lebih keras dibanding mobil lain, apalagi suara kipas AC nya, ini se-type spt mobil Eropa. Tapi di dalam kabin suara tsb ga kedengaran, mungkin karena exora pakai teknologi kedap-suara, lupa nama teknologynya. Saya tidak memberi tambahan kedap suara pada mobil saya.

Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
seingat saya fung, justru di dlm kabin yg suaranya ngaung banget....bukan suara di luarnya.
tp mgkn definisi suara kenceng kita berbeda yah hehehehe

wah irit yah bisa 1:16, sedangkan saya livina ga prnh segitu tuh di tol jkt bandung. paling bagus cuma 1:12
kalo bener irit bgini, makin manteb nih niat beli exora



wkwkwk kelihatan banget HASAN nih mau promosi. :big_weee:
Jelek2in LIVINA. Katanya EXORA 1: 16 lebih irit daripada LIVINA 1: 12
waduh...lagi mabuk tuh Hasan. dasar sales....Jadi sm affiliate aja , jangan gratisan kalau mau promosi....wkwkwkwkkw :big_weee: :big_weee:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

Dino_lowrider wrote:
HasanFenny wrote:
jeifung wrote:@Hasan,

Memang Exora suara mesin lebih keras dibanding mobil lain, apalagi suara kipas AC nya, ini se-type spt mobil Eropa. Tapi di dalam kabin suara tsb ga kedengaran, mungkin karena exora pakai teknologi kedap-suara, lupa nama teknologynya. Saya tidak memberi tambahan kedap suara pada mobil saya.

Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
seingat saya fung, justru di dlm kabin yg suaranya ngaung banget....bukan suara di luarnya.
tp mgkn definisi suara kenceng kita berbeda yah hehehehe

wah irit yah bisa 1:16, sedangkan saya livina ga prnh segitu tuh di tol jkt bandung. paling bagus cuma 1:12
kalo bener irit bgini, makin manteb nih niat beli exora



wkwkwk kelihatan banget HASAN nih mau promosi. :big_weee:
Jelek2in LIVINA. Katanya EXORA 1: 16 lebih irit daripada LIVINA 1: 12
waduh...lagi mabuk tuh Hasan. dasar sales....Jadi sm affiliate aja , jangan gratisan kalau mau promosi....wkwkwkwkkw :big_weee: :big_weee:
ini orang masih aja ngeflame. :big_slap:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

Dino_lowrider wrote:
HasanFenny wrote:
jeifung wrote:@Hasan,

Memang Exora suara mesin lebih keras dibanding mobil lain, apalagi suara kipas AC nya, ini se-type spt mobil Eropa. Tapi di dalam kabin suara tsb ga kedengaran, mungkin karena exora pakai teknologi kedap-suara, lupa nama teknologynya. Saya tidak memberi tambahan kedap suara pada mobil saya.

Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
seingat saya fung, justru di dlm kabin yg suaranya ngaung banget....bukan suara di luarnya.
tp mgkn definisi suara kenceng kita berbeda yah hehehehe

wah irit yah bisa 1:16, sedangkan saya livina ga prnh segitu tuh di tol jkt bandung. paling bagus cuma 1:12
kalo bener irit bgini, makin manteb nih niat beli exora



wkwkwk kelihatan banget HASAN nih mau promosi. :big_weee:
Jelek2in LIVINA. Katanya EXORA 1: 16 lebih irit daripada LIVINA 1: 12
waduh...lagi mabuk tuh Hasan. dasar sales....Jadi sm affiliate aja , jangan gratisan kalau mau promosi....wkwkwkwkkw :big_weee: :big_weee:
aduh apaan sih.....bawel amat sih lu lu pade ?
gue mo jadi sales kek, ape kek, affiliate kek, gratisan kek.....yg bacot kok elo elo pade ???
lagian emang livina gue 1:12 doang....kok elo elo yg sewot ??
bawel deh lu pade.....
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

zweifellos wrote:power to weight ratio makin rendah makin jelek om. jadi makin tinggi power to weigh ratio, makin bagus rasionya (tiap kilogram bagian mobil mendapat power yang lebih besar).
tenkiu bos penjelasannya

anehnya toyota A kok tinggi yah ration weightnya dibanding yg toyota B ??
apa gue salah liat yah /
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

maksud om toyota A dan toyota I ya?

toyota A berat nya jauh lebih kecil dari toyota I om. rasa²nya toyota A itu avanza, toyota I itu innova. jadi wajar mobil kecil punya power to weight ratio yang besar.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

zweifellos wrote:maksud om toyota A dan toyota I ya?

toyota A berat nya jauh lebih kecil dari toyota I om. rasa²nya toyota A itu avanza, toyota I itu innova. jadi wajar mobil kecil punya power to weight ratio yang besar.
oh iya ya.......ga perhatiin gue A itu avanza dan I itu innova.
sep deh, ngerti gue skrg, tenkiu bro

tp batas minimum brp sih yahh utk ngerasain enak weight rationya ? pkknya ga boyo di tanjakan + penumpang FULL
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

batas minimum secara umum keknya relatif kali ya om. ada yg bilang angka X hp kurang, ada yang bilang cukup. tapi kalo batas minimum secara teknis mestinya udah mencukupi.

kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

zweifellos wrote:batas minimum secara umum keknya relatif kali ya om. ada yg bilang angka X hp kurang, ada yang bilang cukup. tapi kalo batas minimum secara teknis mestinya udah mencukupi.

kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW

setuju bro... pengalaman make ispan tenaga cuma 85hp tapi nanjak dibanding ipah bensin yg 138hp masih enakan ispan... bukan menjelekan ipah lho ya... jangan salah paham... dan memang karakter diesel sama bensin beda, tapi di situ membuktikan bahwa buat nanjak dan full beban yg penting adalah torsi, sama yg nggak kalah penting final gear juga berperan penting, biasanya mobil2 yg dah ngegerung di kecepatan 80km/j akan lebih kuat nanjak karena final gear merea besar.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Proton Exora

Post by Hansen »

Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........:big_peace: :thanks:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Proton Exora

Post by maskopat »

Hansen wrote:Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........:big_peace: :thanks:
kalo dengan hati yang damai, gak seru om... yang seru dengan kepala dingin, kritis dan membangun...
........... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Proton Exora

Post by Hansen »

maskopat wrote:
Hansen wrote:Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........:big_peace: :thanks:
kalo dengan hati yang damai, gak seru om... yang seru dengan kepala dingin, kritis dan membangun...
........... :ngacir:
Kritis dan membangun tidak harus dengan cara kekerasan om.....:big_peace:
Image
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

Hansen wrote:Yuk mari membahas Exora dengan hati yg damai.........:big_peace: :thanks:
Setujuuuuu banget

Friends may come and go, but enemies accumulate.
Thomas Jones
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

inuendo wrote:
zweifellos wrote:batas minimum secara umum keknya relatif kali ya om. ada yg bilang angka X hp kurang, ada yang bilang cukup. tapi kalo batas minimum secara teknis mestinya udah mencukupi.

kalo masalah tanjakan, penumpang banyak keknya lebih ke masalah torsi (Nm) dibanding power (hp). CMIIW

setuju bro... pengalaman make ispan tenaga cuma 85hp tapi nanjak dibanding ipah bensin yg 138hp masih enakan ispan... bukan menjelekan ipah lho ya... jangan salah paham... dan memang karakter diesel sama bensin beda, tapi di situ membuktikan bahwa buat nanjak dan full beban yg penting adalah torsi, sama yg nggak kalah penting final gear juga berperan penting, biasanya mobil2 yg dah ngegerung di kecepatan 80km/j akan lebih kuat nanjak karena final gear merea besar.
panther gt logh.... :big_smoking: :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

Karena itu, sekarang banyak mobil-mobil pada "goes to" diesel, karena torsi maxnya pada rpm 2000.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

jeifung wrote:Karena itu, sekarang banyak mobil-mobil pada "goes to" diesel, karena torsi maxnya pada rpm 2000.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
btw exora diesel (udah) ada ga ya (di indonesia dan malaysia)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

jeifung wrote:Karena itu, sekarang banyak mobil-mobil pada "goes to" diesel, karena torsi maxnya pada rpm 2000.
Saya belum nemu ada mesin bensin yg torsi maxnya ada di rpm 2000, kalau ada sangat ideal. Mengingat pada rpm 2000, adalah putaran awal saat mulai menginjak gas, apalagi bila ada yg torsi max di 1500, wah .... kapan ya ada teknologi yg begitu.
mesin ids-i nya honda kayanya karakter itu bro... tarikan bawah nya berasa cukup ganas koq... cuman sayang nya tenaga nya tergolong kecil dan putaran atas nya memble utk ukuran mesin 1500cc...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: Proton Exora

Post by FortunerMan »

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=25
Riff wrote:Review Exora setelah pakai 9 bln...(sebagian sdh disampaikan di thread exora)...

1. Bulan pertama AC rusak (tidak dingin)...dikutak kutik sampai nginap segala...mendingan...eee...bulan kedua tidak dingin lagi...kutak kutik sama dealer nya lagi... mendingan lg...bulan ketiga tidak dingin lagi ...akhirnya mau juga diganti spare part nya dan akhirnya dingin lagi...stlh itu tidak komplain lagi krn masih bisa ditoleransi dinginnya walaupun sdh mulai berkurang dinginnya...

2. Sebulan yg lalu salah baut dibagian kakinya (lupa namanya) hilang/jatuh shg mobil nginap lagi di bengkel (krn resiko jk dipakai)

3. Manuver di tanjakan berat...sebel banget kalo lg ke Puncak...dilewatin mobil lain mulu...
4. FC rata2 1:8 atau 1:9
5. Doortrim pintu2 sdh mulai ada getaran

Anak2 di kantor yg sdh pada nyobain...umumnya tdk merekomendasikan mobil ini...saat ini sedang dipertimbangkan untuk dijual...cuma resale value nya lumayan nganjlok jadi pikir2 lagi...

Masih dalam konteks isi thread ini (mobil seken MPV kisaran 150-200jt)...saya barusan minggu lalu beli Toyota Previa matic th 2001 (ex Menteri) 180jt...mungkin pekan depan saya coba kasih preview nya...
hmmm...bukannya Exora 1:16 (katanya) ya bensinnya?