
Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
btw ane lagi nyari referensi doank sehh... jadi biar ada gambaran gt mo beli yg merek dan type apa... takutnya kalo maen lgs ke toko nanti dikibulin...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
tau sih........... cuma nampaknya ga perlu deh air aki ampe dikuras......... klo akinya dah rusak, percuma, cuma buang2 duit aja..... tp klo akinya msh bagus n kehabisan stroom aja (krn lupa matiin lampu besar)... mk cuma perlu disetroom aja lagi.... ga usah ampe kuras aki....BADAK wrote:Pernah tau gak om, ada org yg air akinya dikuras, trz diisi air zuur lg, kemudian di stroom biar idup lagi. Emang nya bisa yg kyk gini??
ma kasih yeeeeeeeeeeeeee...................



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
klo ga mau air aki ampe rembes n merusak bagian di bawah akinya... ada beberapa hal yg mesti diperhatikan.....DOHC wrote:scara ntuh nissan geblek rancang saluran hidrolik kopling dibawah aki yg rentan kena rembesan aer aki....
1. beli tatakan aki (klo aslinya ga ada tatakan akinya)....
gunanya adalah klo ada luapan air aki, mk ga akan langsung kena bagian bawah aki, tp ditampung di tatakan aki tsb.....
2. lapisi bagian bawah aki dg flintkote..... maksudnya di dudukan akinya ya, bukan di aki nya.....spy klo ada tumpahan air aki, mk ga akan gampang rusak catnya......
3. buruan beli tatakan akinya.... jangan kebanyakan nanya melulu..................

4. ma kasih yeeeeeeeeeeee...................



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
klo nt berminat beli aki kering, ane ga berani kasih komen.......DOHC wrote:btw ane lagi nyari referensi doank sehh... jadi biar ada gambaran gt mo beli yg merek dan type apa... takutnya kalo maen lgs ke toko nanti dikibulin...
tp klo mau beli aki basah, ane sarankan merk 'GS'..... yg keluaran astro aotopart (bukan promosi ya)..... atau merk YUASA atau INCOE....
yg ane dah pernah pake ketiganya bagus..... tergantung dari perawatan...... krn sebagus2nya aki (termasuk aki yg katanya 'kering')... klo ga dirawat akan cepat koit.......
smoga bermanfaat.............. n sekali lagi.............. ma kasih yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.........................wakakakakaka....





-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
tatakan aki uda ada dari baru nya prop... cuman uda beberapa kali ane temuin di selang hidrolik kopling nya itu ada bekas bercak2 putih gt... persis sperti bercak2 di kepala aki dan di tatakan tsb... (bukan bekas bercak muncratannya bro andi)... makanya ane takutnya ntuh satu hari bisa ngeropos tuh selang hidrolik...sjamsul wrote:klo ga mau air aki ampe rembes n merusak bagian di bawah akinya... ada beberapa hal yg mesti diperhatikan.....DOHC wrote:scara ntuh nissan geblek rancang saluran hidrolik kopling dibawah aki yg rentan kena rembesan aer aki....
1. beli tatakan aki (klo aslinya ga ada tatakan akinya)....
gunanya adalah klo ada luapan air aki, mk ga akan langsung kena bagian bawah aki, tp ditampung di tatakan aki tsb.....
2. lapisi bagian bawah aki dg flintkote..... maksudnya di dudukan akinya ya, bukan di aki nya.....spy klo ada tumpahan air aki, mk ga akan gampang rusak catnya......
3. buruan beli tatakan akinya.... jangan kebanyakan nanya melulu..................![]()
4. ma kasih yeeeeeeeeeeee...................![]()
![]()
............
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
maksudnya, dia minta tatakan akinya dikirim...koh... atau nunggu diundang sama koh sjam buat pasangin. gitu lho... 


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hoo ane minta nya mahh bukan tatakan aki lagi om... tapi aki 10000 watt nya propesor... biar bisa skalian buat dangdutan tuh mobil...poeticmind wrote:maksudnya, dia minta tatakan akinya dikirim...koh... atau nunggu diundang sama koh sjam buat pasangin. gitu lho...



numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hehehe..... emang aki nt dah brp lama dohc......apa ga sebaiknya diperiksa dulu, apa akinya msh bagus atau dah tewas gitu.....DOHC wrote:hoo ane minta nya mahh bukan tatakan aki lagi om... tapi aki 10000 watt nya propesor... biar bisa skalian buat dangdutan tuh mobil...poeticmind wrote:maksudnya, dia minta tatakan akinya dikirim...koh... atau nunggu diundang sama koh sjam buat pasangin. gitu lho...![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hmmm.... mungkin sebaiknya itu selang dibersihkan secara berkala, misalnya saat cuci mbl, mk selang tsb dibersihkan juga, biar ga ngeropos spt yg nt khawatirkan......DOHC wrote:tatakan aki uda ada dari baru nya prop... cuman uda beberapa kali ane temuin di selang hidrolik kopling nya itu ada bekas bercak2 putih gt... persis sperti bercak2 di kepala aki dan di tatakan tsb... (bukan bekas bercak muncratannya bro andi)... makanya ane takutnya ntuh satu hari bisa ngeropos tuh selang hidrolik...sjamsul wrote:klo ga mau air aki ampe rembes n merusak bagian di bawah akinya... ada beberapa hal yg mesti diperhatikan.....DOHC wrote:scara ntuh nissan geblek rancang saluran hidrolik kopling dibawah aki yg rentan kena rembesan aer aki....
1. beli tatakan aki (klo aslinya ga ada tatakan akinya)....
gunanya adalah klo ada luapan air aki, mk ga akan langsung kena bagian bawah aki, tp ditampung di tatakan aki tsb.....
2. lapisi bagian bawah aki dg flintkote..... maksudnya di dudukan akinya ya, bukan di aki nya.....spy klo ada tumpahan air aki, mk ga akan gampang rusak catnya......
3. buruan beli tatakan akinya.... jangan kebanyakan nanya melulu..................![]()
4. ma kasih yeeeeeeeeeeee...................![]()
![]()
............
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
masalah liniva itu, kenapa nggak beli aki MF, aki basah tetapi tertutup rapet, jadi nggak perlu ditambah air aki. Gak kawatir tumpah kan?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
udah 2 tahun lebih om.... kalo start pagi2 uda mulai berat... malah uda beberapa kali kaya tekor gt.... waktu 2 minggu lalu ane ke beres minta tolong dicek in... kata mereka sistem pengisian masi bagus... katanya sehh mungkin uda kurang bagus aki nya.... ini aki nya uda perna ane stroom jg kira2 stengah taon yg lalu yah...sjamsul wrote:hehehe..... emang aki nt dah brp lama dohc......apa ga sebaiknya diperiksa dulu, apa akinya msh bagus atau dah tewas gitu.....DOHC wrote:hoo ane minta nya mahh bukan tatakan aki lagi om... tapi aki 10000 watt nya propesor... biar bisa skalian buat dangdutan tuh mobil...poeticmind wrote:maksudnya, dia minta tatakan akinya dikirim...koh... atau nunggu diundang sama koh sjam buat pasangin. gitu lho...![]()
![]()
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
uda prop... tiap kali nyuci mobil, itu ruang mesin pasti ane lap skalian.. termausk tuh bercak2 yg tidak diinginkan...sjamsul wrote:hmmm.... mungkin sebaiknya itu selang dibersihkan secara berkala, misalnya saat cuci mbl, mk selang tsb dibersihkan juga, biar ga ngeropos spt yg nt khawatirkan......DOHC wrote:
tatakan aki uda ada dari baru nya prop... cuman uda beberapa kali ane temuin di selang hidrolik kopling nya itu ada bekas bercak2 putih gt... persis sperti bercak2 di kepala aki dan di tatakan tsb... (bukan bekas bercak muncratannya bro andi)... makanya ane takutnya ntuh satu hari bisa ngeropos tuh selang hidrolik...



numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
bercak2 bekas siapa chiong.....




"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
selangnya dohc kebanyakan dipake tp jarang dicuci tuh makanya smp keluar bercak2 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kok mereka bilang mungkin sih..... apa disana ga ada alat buat ngetest akinya ?. Jadi nt bisa tau kondisi aki yg sebetulnya.......DOHC wrote:
udah 2 tahun lebih om.... kalo start pagi2 uda mulai berat... malah uda beberapa kali kaya tekor gt.... waktu 2 minggu lalu ane ke beres minta tolong dicek in... kata mereka sistem pengisian masi bagus... katanya sehh mungkin uda kurang bagus aki nya.... ini aki nya uda perna ane stroom jg kira2 stengah taon yg lalu yah...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
mungkin ga ya..... setelah nt lap, trus saat mesin dihidupkan, mk sisa2 air yg dari fan muncrat ke selang tsb, jadi meninggalkan bekas air deh......DOHC wrote:
uda prop... tiap kali nyuci mobil, itu ruang mesin pasti ane lap skalian.. termausk tuh bercak2 yg tidak diinginkan...![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
wah...ada kata2 muncrat juga nih............




"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
nah mirip kasus boil saya nih.. belakangan start pagi2 berat euyy, ga sampe 2x start sih. tapi tetep kerasa lebih lama cekekekek nya baru broomm..DOHC wrote:udah 2 tahun lebih om.... kalo start pagi2 uda mulai berat... malah uda beberapa kali kaya tekor gt.... waktu 2 minggu lalu ane ke beres minta tolong dicek in... kata mereka sistem pengisian masi bagus... katanya sehh mungkin uda kurang bagus aki nya.... ini aki nya uda perna ane stroom jg kira2 stengah taon yg lalu yah...



-------#BIC-701#--------
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
pada kondisi perlakuan aki spt itu, sebaiknya aki disetroom secara berkala, misalkan tiap 3 atau 4 bulan sekali, buat mengimbangi pemasukan stroom yg diperlukan ama si aki.....krn lama kelamaan kekuatan stroom di aki akan berkurang dg sendirinya krn jarang dipake.... coba deh perhatikan.... begitu mbl habis dipake jalan, mk saat distarter akan jadi lbh galak...... hal ini krn aki mendapatkan tenaga saat mbl dipake....frandika wrote:nah mirip kasus boil saya nih.. belakangan start pagi2 berat euyy, ga sampe 2x start sih. tapi tetep kerasa lebih lama cekekekek nya baru broomm..DOHC wrote:udah 2 tahun lebih om.... kalo start pagi2 uda mulai berat... malah uda beberapa kali kaya tekor gt.... waktu 2 minggu lalu ane ke beres minta tolong dicek in... kata mereka sistem pengisian masi bagus... katanya sehh mungkin uda kurang bagus aki nya.... ini aki nya uda perna ane stroom jg kira2 stengah taon yg lalu yah..... kondisi accu hampir 2 thn, merk GS yg astro autopart, gak pernah telat nambah air accu, kutub accu bersih. kondisi boil pengapian ok, pengisian setrum ok, tp jarang dipake lama (senin-jumat pake nya pagi 10 menit sore 10 menit, weekend kadang dipake kadang nganggur). nah yg jadi pertanyaan apakah perlu stroom lg ya itu accu? emang sih ga pernah diturunin buat setroom ke tukang setrum
.. perlukah periodik accu disetroom? mohon propesor accu dan rekan2 yg berpengalaman berikanlah petunjuk
smoga bermanfaat.........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
@frandika:
sdikit tambahan bro.....
sistim pengisian dari alternator itu otomatis....klo stroom di aki berkurang cukup banyak, mk secara otomatis alternator akan meningkatkan daya pengisiannya...... guna mengejar kekurangan stroom di aki.....pada kondisi aki yg msh baik, setelah stroom di aki cukup, mk pengisian dari alternator akan berkurang dg sendirinya.....tp klo akinya dah kaga bagus ato dah mau tewas, mk aki ga bisa menampung stroom dg baik, shg alternator akan mengeluarkan daya pengisian yg cukup besar secara terus menerus... hal ini bisa dilihat dari air akinya...... pada aki yg dah soak, mk penambahan air aki menjadi lbh banyak dibandingkan dg aki yg masih baik dlm jangka waktu yg sama..... misalkan pada kondisi normal, penambahan air aki cuma setengah botol per 3 bulan.... mk pada kondisi aki yg dah soak, akan membutuhkan penambahan air aki yg lbh banyak dlm kurun waktu yg sama atau lbh sedikit, misalkan menjadi 3 botol dlm 3 bulan atau 1 botol dlm sebulan bahkan lbh tergantung tingkat soaknya aki..............
nah, pd kasus di mbl nt, krn jarang dipake, mk alternator akan mengisi dg daya yg lbh besar, krn stroom di aki dah berkurang.... klo dibiarkan terus, mk umur aki akan menjadi berkurang (biasanya begitu).......
smoga bermanfaat..........
sdikit tambahan bro.....
sistim pengisian dari alternator itu otomatis....klo stroom di aki berkurang cukup banyak, mk secara otomatis alternator akan meningkatkan daya pengisiannya...... guna mengejar kekurangan stroom di aki.....pada kondisi aki yg msh baik, setelah stroom di aki cukup, mk pengisian dari alternator akan berkurang dg sendirinya.....tp klo akinya dah kaga bagus ato dah mau tewas, mk aki ga bisa menampung stroom dg baik, shg alternator akan mengeluarkan daya pengisian yg cukup besar secara terus menerus... hal ini bisa dilihat dari air akinya...... pada aki yg dah soak, mk penambahan air aki menjadi lbh banyak dibandingkan dg aki yg masih baik dlm jangka waktu yg sama..... misalkan pada kondisi normal, penambahan air aki cuma setengah botol per 3 bulan.... mk pada kondisi aki yg dah soak, akan membutuhkan penambahan air aki yg lbh banyak dlm kurun waktu yg sama atau lbh sedikit, misalkan menjadi 3 botol dlm 3 bulan atau 1 botol dlm sebulan bahkan lbh tergantung tingkat soaknya aki..............
nah, pd kasus di mbl nt, krn jarang dipake, mk alternator akan mengisi dg daya yg lbh besar, krn stroom di aki dah berkurang.... klo dibiarkan terus, mk umur aki akan menjadi berkurang (biasanya begitu).......
smoga bermanfaat..........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sjamsul wrote:pada kondisi perlakuan aki spt itu, sebaiknya aki disetroom secara berkala, misalkan tiap 3 atau 4 bulan sekali, buat mengimbangi pemasukan stroom yg diperlukan ama si aki.....krn lama kelamaan kekuatan stroom di aki akan berkurang dg sendirinya krn jarang dipake.... coba deh perhatikan.... begitu mbl habis dipake jalan, mk saat distarter akan jadi lbh galak...... hal ini krn aki mendapatkan tenaga saat mbl dipake....
smoga bermanfaat.........
seppp..manteps bener petunjuknya om propesorsjamsul wrote:@frandika:
sdikit tambahan bro.....
sistim pengisian dari alternator itu otomatis....klo stroom di aki berkurang cukup banyak, mk secara otomatis alternator akan meningkatkan daya pengisiannya...... guna mengejar kekurangan stroom di aki.....pada kondisi aki yg msh baik, setelah stroom di aki cukup, mk pengisian dari alternator akan berkurang dg sendirinya.....tp klo akinya dah kaga bagus ato dah mau tewas, mk aki ga bisa menampung stroom dg baik, shg alternator akan mengeluarkan daya pengisian yg cukup besar secara terus menerus... hal ini bisa dilihat dari air akinya...... pada aki yg dah soak, mk penambahan air aki menjadi lbh banyak dibandingkan dg aki yg masih baik dlm jangka waktu yg sama..... misalkan pada kondisi normal, penambahan air aki cuma setengah botol per 3 bulan.... mk pada kondisi aki yg dah soak, akan membutuhkan penambahan air aki yg lbh banyak dlm kurun waktu yg sama atau lbh sedikit, misalkan menjadi 3 botol dlm 3 bulan atau 1 botol dlm sebulan bahkan lbh tergantung tingkat soaknya aki..............
nah, pd kasus di mbl nt, krn jarang dipake, mk alternator akan mengisi dg daya yg lbh besar, krn stroom di aki dah berkurang.... klo dibiarkan terus, mk umur aki akan menjadi berkurang (biasanya begitu).......
smoga bermanfaat..........



-------#BIC-701#--------
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
^^
bro frandika...... accu nt bermasalah atau tidaknya ane belon tau ya, krn ane belon ngetest secara langsung.... jadi tulisan ane cuma berdasarkan perkiraan ajah.......nah, untuk memastikannya.... ga ada salahnya saat aki mau disetroom, diperiksa dulu keadaannya....... hehehe....
sama2 bro frandika..... senang sekali tulisan ane bisa bermanfaat............
.....
bro frandika...... accu nt bermasalah atau tidaknya ane belon tau ya, krn ane belon ngetest secara langsung.... jadi tulisan ane cuma berdasarkan perkiraan ajah.......nah, untuk memastikannya.... ga ada salahnya saat aki mau disetroom, diperiksa dulu keadaannya....... hehehe....
sama2 bro frandika..... senang sekali tulisan ane bisa bermanfaat............

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
caranya gimana prop?? seperti ini kah? pegang kutub aki positif pake tangan kanan, trus kutub negatif pake tangan kiri...sjamsul wrote:^^
bro frandika...... accu nt bermasalah atau tidaknya ane belon tau ya, krn ane belon ngetest secara langsung.... jadi tulisan ane cuma berdasarkan perkiraan ajah.......nah, untuk memastikannya.... ga ada salahnya saat aki mau disetroom, diperiksa dulu keadaannya....... hehehe....
sama2 bro frandika..... senang sekali tulisan ane bisa bermanfaat.................
thanks* ya prop...

*kalo gak pake makasih/thanks/trims nanti diomelin...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green