Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by Turboman »

endi1999 wrote:
Turboman wrote: Drpd pusing kalo suatu hari Cat Conv mampet krn jelaga = ganti aja pake down pipe yg plong
bikin bumi tambah panas dong om? :mrgreen:

sekarang aja ac dikamar saya ga dingin,,,apalagi kalo smua CC mobil dilepas?? :big_peace:
Suhu sekitar kita makin panas memang benar2 merp keprihatinan kita semua......

Tetapi perlu diketahui bahwa Cat Conv tidak akan mengurangi emisi CO2.....which CO2 yg dikenal sbg GHG (Green House Gas).......Cat Conv hanya mengkonversi CO jadi CO2, membakar HC menjadi H2O + CO2 & mengkonversi sebagian kecil NOx jadi Nitrogen..........termasuk mengkonversi SO2 menjadi H2SO4

Juga spt yg Prof. Nasikin katakan dlm risetnya, solar sulphur tinggi akan meracuni Cat Conv....so lama2 Cat Conv jadi gak berarti......belum lagi jelaga yg akan bikin CC mampet scr prematur

Cara pasti utk ngurangin emisi CO2 = Ber-Hypermile-lah.....dan jgn ngebut / bejek2 gas.......hindari warming up scr ber lama2 & hindari menunggu diam dlm mobil dgn mesin nyala.

Semakin sedikit BBM yg kita gunakan maka otomatis kita juga mereduksi emisi CO2 & sebaliknya.

Situasi di kita memang ibarat buah simalakama, Pemerintah mengharuskan mobil keluaran 2007 ke atas comply ke Euro II Full sedang standard BBM solar-nya saja tidak comply ke Euro II (Euro II = sulphur Max 500 ppm, standard ESDM saat ini = 3500 ppm Max.)

Jika sulphur solar kita semua udah 500 ppm Max or lower, maka kita bisa memodifikasi Down Pipe tanpa harus melepas Cat Conv, Down Pipe dibuat lebih proporsional sementara Cat Conv tetap terpasang, daerah di belakang CC (Called CatBack) dibuat lebih free flow lagi........

Btw soal emisi GHG / CO2 thd atmospher, perlu dipertimbangkan pula mengenai emisi CO2 akibat kebakaran hutan / pembakaran lahan & rusaknya hutan sbg sarana penyerap CO2.....belum lagi emisi CO2 dr PLTU batubara & boiler2 batubara dr industri2.............mesin2 pesawat terbang, kapal2 laut, dll.

Rusaknya Terumbu Karang / Coral Reef juga akan mempengaruhi konsentrasi CO2 di atmosphere....scr Coral Reef ibarat "Underwater forest", sarana penyerap CO2 juga.

CMIIW & salam prihatin
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by maskopat »

kalo mau lingkungan sehat, jangan pake mobil... tapi pake sepeda, becak dan andong atau berjalan kaki.
nah, sekarang di jakarta, becak dan andong dilarang... piye toh...? katanya mau go green... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by solar_kerosen »

susah juga kalau di bikin banyak becak dan andong RIBET RIBET susah diatur dan bisa kerusuhan massa kalau diusir sarananya yg paling tepat cuma satu

I LOVE METRO MINI !!!



Image
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by maskopat »

solar_kerosen wrote:susah juga kalau di bikin banyak becak dan andong RIBET RIBET susah diatur dan bisa kerusuhan massa kalau diusir sarananya yg paling tepat cuma satu

I LOVE METRO MINI !!!



Image
yee... kalo becak dan andongnya gak mau diatur, diketok aja kepalanya... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by solar_kerosen »

maskopat wrote:
solar_kerosen wrote:susah juga kalau di bikin banyak becak dan andong RIBET RIBET susah diatur dan bisa kerusuhan massa kalau diusir sarananya yg paling tepat cuma satu

I LOVE METRO MINI !!!



Image
yee... kalo becak dan andongnya gak mau diatur, diketok aja kepalanya... :mrgreen:

om Kopat belum tahu yak enaknya naik Metro mini , enak banget bro pertama yak harganya murah ,terus sering ketemu sama cewek cewek cantik belum lagi bisa di senggol2 coba di tempat lain belum tentu bisa . Metro mini cuma ada di jakarta kalau di kalimantan HOEKS dah asem semua tuh cewek di angkot najong ...........
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by BADAK »

Om hansen jg jangan terlalu banyak tanya2, udah gak pake bayar, gak mau upload poto lagi :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
............................................................................... :ngacir: :ngacir:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
khens
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by khens »

Untuk captiva awd gimana om turbo ?...tau ngga di bandung tempat yang dah pengalaman copot cat conv captiva ?


salam,
khens
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by Hansen »

BADAK wrote:Om hansen jg jangan terlalu banyak tanya2, udah gak pake bayar, gak mau upload poto lagi :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
............................................................................... :ngacir: :ngacir:
Yeeee.....emangnye ini tret buat uplot poto............:big_weee: :big_weee: :ngacir:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by Turboman »

khens wrote:Untuk captiva awd gimana om turbo ?...tau ngga di bandung tempat yang dah pengalaman copot cat conv captiva ?
Wah di Bdg gak tau um

Kalo di Jkt bisa ke SAKI / Budi, tapi mobil diinapkan bbrp hari spy hasilnya benar2 bagus.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kadar sulphur @ solar vs Catalytic Conv mobil Diesel

Post by maskopat »

solar_kerosen wrote:
maskopat wrote:
solar_kerosen wrote:susah juga kalau di bikin banyak becak dan andong RIBET RIBET susah diatur dan bisa kerusuhan massa kalau diusir sarananya yg paling tepat cuma satu

I LOVE METRO MINI !!!



Image
yee... kalo becak dan andongnya gak mau diatur, diketok aja kepalanya... :mrgreen:

om Kopat belum tahu yak enaknya naik Metro mini , enak banget bro pertama yak harganya murah ,terus sering ketemu sama cewek cewek cantik belum lagi bisa di senggol2 coba di tempat lain belum tentu bisa . Metro mini cuma ada di jakarta kalau di kalimantan HOEKS dah asem semua tuh cewek di angkot najong ...........
om solar belum pernah dicopet cewe cantik dan seksi di metro mini ya?? :e-snooty:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green