mohon ulasan para senior donk tentang varian ini..
1. Perawatan
2. ketersedian n harga Sparepart
3. Premium/pertamax (dikota gw cm ada premium)

4. Hal" yg harus diperhatikan sebelum membeli mobil ini..
Thank's untuk masukannya...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
boleh saya tahu anda dapat info darimana kalau overhaul bmw itu 100 juta?solar_kerosen wrote:siap siap aja 100 juta kalau mau OVERHAUL , yah kemana mana kalau nanya KEIRITAN,SPARE PART MURAH DAN TERJANGKAU SEMUA ORANG JUGA TAHU AVANZA ma XENIA itu kelasnya bro kalau BMW ma AUDI nanya keiritan dan spare part salah bikin judul loe
ga cuman shock bro, untuk komponen kaki-kaki banyak kwnya jg dan itu masih bikinan jerman, dengan harga jauh lebih murah dan ketahanannya masih diatas spare part ori mobil jepang....asudarsono wrote:Iya bro, setahu saya kalau bengkel yg pasang harga segitu krn banting harga atau nantinya ada hidden cost. Syukur2 dapat yg pertama, tapi kalau dapat yg kedua mah total - total 20 juta juga keluar buat turun mesin.
Untuk jasa servis ringan kalau BMW itu sekitar 150 ribu, dibanding Toyota 75 ribu. Suzuki katanya lebih murah. Ini pengalaman aku lho ya, di luar beres. Kalau bro ada pengalaman lain mohon dikabarin.
Kalau shock emang mobil eropa rata2 lebih murah daripada Jepang.
323i pasti kena soalnya kluar awal thn 96 kl ga salah...tagurajai wrote:untuk 320i/323i, yg bebas nikasil itu tahun 1995 kebawah, tp klo yg 318i g ada problem nikasil, begitu ya bos?
tambahan yg ada di 323i tp ga ada di 320itagurajai wrote:selain bntuk mesin, ada ciri laen gak? misalnya ada tertulis gitu?
kmrn aq jalan" ke show room, ada 323i, katanya th 1995. coba minggu depan aq liat" lagi mesin nya...
![]()
![]()
eh omong2, nikasil itu apa sih?tarranova wrote:323i pasti kena soalnya kluar awal thn 96 kl ga salah...tagurajai wrote:untuk 320i/323i, yg bebas nikasil itu tahun 1995 kebawah, tp klo yg 318i g ada problem nikasil, begitu ya bos?tarranova wrote:untuk yg tahun 1996 mesin sudah m52 ( yg kena problem nikasil ) jadi kalau mau aman cari yg <1995
kl 318i ga ada problem nikasil..
tagurajai wrote:Thank's Sob,
ne dah ngambil BMW 320i, E36 M50.. masih orisinal semua n kelistrikan masih bagus, minus kmrn hrs ganti sensor rem, (160rb d sini).
KM 95.000.
Untuk d riau, harga partnya lbh mahal, mungkin ongkos kirim dari sana. kmrn beli Oli Repsol Elite Injection disini 73rb/ltr, smntara di jkt dpt 150rb/gln(4 ltr).sekali ganti oli butuh 8 Literjadi besok mo beli part dari jkt aja n kirim k sini.
PR skrng,
1. Socket foglamp rusak, jd lampunya mati sebelah,
2. Shock absorber untu engine hood dah g berfungsi.
3. Ganti karet Wiper.
Secara General, Puas banget makenya, nyaman n stabil. berhubung di daerah gw g ada pertamax, masih gw isi premium, rencana mo cari beli alat untuk memperbaiki kualitas premium, breaquet ato apa namanya?(Mohon infonya untuk alat ini
)
Dengan premium aja, persneling 2 aja dpt 80 Km/jam.. dah bikin tubuh tersandar ke jok, hehehe.. Pa lagi make pertamax ya?
andy1800 wrote: eh omong2, nikasil itu apa sih?
![]()
.
master bimer???andyw5453 wrote:klo BMW 320i thn 95/96 itu type mesinnya apa dan mohon info bengkel resmi yg bgs di Jkt barat danbiaya perawatan tiap bulan kr2 brp? thanks utk info2nya yah...
Gak stuju....ismawan wrote:- CUT -
Harganya semua wajar kan...? Menurut saya, dibanding kenikmatan pengendaraan, kecepatan, dan prestise yang didapat, BMW berikut perawatannya adalah sangat value for money... lebih keren daripada Mercy sih (wah siap2 gue dihajar ma para pencinta Merc) heheheee.... piss piss...
Well, BMW emang harus dicintai, dan dirawat, nanti dia akan memanjakan Anda
Mantaff sharingnya bro....ismawan wrote:kenapa di sini tidak ada yang menyarankan untuk diagnosa mesin BMW dengan komputer? Menurut saya ini hal yang harus dicek kalau mau beli BMW :
1. begitu mesin di-kontak, semua lampu elektrik harus normal, jangan sampai lampu-lampu ABS, indikator
radiator, dan yang lain-lain ga normal, artinya elektriknya udah kena.
2. harus test drive di jalan, harusnya torsinya galak, gimana sih, BMW tuh akselerasinya jempolan, dari 0-80
km/jam harusnya enteng banget, dan Anda sampai merasakan sedikit gaya G, alias duduk jadi kena gaya ke
belakang (agak susah jelasinnya). kalau BMW nya loyo, jangan dibeli.
3. tanya kelengkapan kunci, harusnya dapat kunci original dengan remote, dan kunci original cadangan tanpa
remote minimal satu. kalau ga ada, jangan dibeli deh. Ini untuk model 318i E46 atau yg lebih baru yah.
4. bilang sama dealernya "boleh ga saya bawa ke bengkel bmw resmi untuk di-scan, jika memang bagus dan
problem free, saya akan ambil". Bilang juga, "saya juga ingin cek kaki-kakinya di bengkel bmw itu" --> kalo
dealernya banyak bertingkah dan berkilah ngga mengijinkan, lupakan aja, secantik atau semulus apapun mobil
itu, karena pasti bermasalah mesinnya.
5. Jangan percaya ma kilometer, karena kemungkinan udah diputer balik. Daripada pusing ma berapa kilometer,
scan scan scan. I mean, dan saya maksud, scan lah BMW Anda itu dengan scanner GT-1 di bengkel BMW
resmi atau alternatif yang terpercaya. Di situ akan ketauan apa aja penyakitnya jika ada.
Menurut saya, sebagai ilustrasi saja, lebih baik beli BMW kilometer 200,000 tapi terawat dengan baik, beli dari pencinta BMW
kalau bisa yang bener2 tau luar dalam track record mobil itu, daripada beli BMW kilometer 30,000 tapi ga pernah dirawat,
karena itu mobil 'sampah', walau body mulus dan mengkilat, karena sama aja Anda harus menyiapkan biaya banyak untuk
rekondisi.
Lalu tentang premium dan pertamax... hmm saya ga recommend pakai premium.. please pakai pertamax. Mobil seperti BMW, Mercedes, dan mobil Europe lainnya memang 'manja', jadi kalau mau awet, Pertamax aja
Tentang biaya servis, ah ga segitu mahalnya. Asal kalo dah tahu ada lubang di jalan, jangan main hajar, atau siap siap shock ganti setahun sekali hehe. Atau jangan coba coba 'ngakalin'. Begitu suruh ganti spare parts, ganti secepatnya. Ga perlu yang original, yang after market buatan Jerman banyak. Sebagai ilustrasi, saya udah pernah ganti untuk BMW 318i E46 saya :
1. kampas rem aftermarket: 450 rb untuk kanan kiri (depan saja , atau belakang saja). Jadi kalau mau ganti semua, 900 rb.
2. sensor rem aftermarket: 90 rb untuk kanan kiri. --> biasanya harus ganti jika rem ganti, krna sensor otomatis kemakan.
3. sensor crankshaft original BMW: 2 juta (ini sangat slow moving, mungkin 7-8 tahun sekali baru perlu diganti).
4. connector radiator original BMW (saat itu radiator sempat bocor tipis dan netes, harus ganti connector ini) : 800 rb
5. Oli mesin merek Aral, atau pakai merek Mobil yang bagus, itu seliter berkisar 100 rb, kebutuhan 4,5 liter kalo ga salah.
6. Radiator coolant buatan Jerman juga : 300 rb.
Harganya semua wajar kan...? Menurut saya, dibanding kenikmatan pengendaraan, kecepatan, dan prestise yang didapat, BMW berikut perawatannya adalah sangat value for money... lebih keren daripada Mercy sih (wah siap2 gue dihajar ma para pencinta Merc) heheheee.... piss piss...
Well, BMW emang harus dicintai, dan dirawat, nanti dia akan memanjakan Anda