edward wrote:Gile mahal bgt mau masukin mobil dr luar?
Tapi ada kenalan bisa juga sih masukin lewat jalur diplomatik(nitip ama orang embassy)!
Nah yg tinggal di nego:orang embassy nya minta berapa?

Bener, cara masukin mobil itu ada dua jalur resmi, lewat deperindag dan deplu.
Kalau lewat deperindag prosedurnya daftar dulu di departemen perdagangan (ILMEA), lalu uji type di departemen perhubungan, bayar bea. Mobil yg dimasukin gak bisa aneh-aneh, harus baru, lolos emisi dan setir kanan, dijual pakai form A.
Kalau mau yang aneh-aneh harus lewat jalur deplu, caranya biasanya dengan kongkalikong dengan staff kedutaan yg biasanya dari negara miskin. Mobil keluar begitu saja tanpa bayar bea dengan modal surat kedutaan, lalu dipakai pakai nomer CD atau yang biasa pakai surat tilang, di mana ada orang kuat yg ngurusin kalau ketangkep di polisi. Kalau di Jakarta ini jalur cuma dipegang oleh satu orang saja, yg berani masuk akan disikat oleh dia
Terus kalau bosen, bisa saja mobil itu bayar bea yg nilainya ditetapkan, disebut mobil form B
Form B itu bisa juga lewat departemen di pemerintahan seperti hankam misalnya, plat nomer pakai gambar instansi, waktu mobil dijual ke sipil beanya juga harus dibayar dan jadi nomer biasa
Banyak jalan menuju ke Roma, salah satunya mobil bodong ex Singapura. Selain mobil bekas, banyak juga hasil kejahatan/ mobil curian dari Singapura yg dikirim ke Batam untuk kemudian dijual di Indo dengan mengaku mobil baru.
Banyak kasus di Indo, mobil mewah service di bengkel resmi dan ternyata itu mobil eks curian atau kriminal lainnya (dari VIN No ketahuan). Bengkel resminya tahu, tapi biasanya mereka gak peduli, mungkin interpol yg harus ngurus.