[Tanya] Cara import mobil dari luar ke Indo (uda bekas pake)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

[Tanya] Cara import mobil dari luar ke Indo (uda bekas pake)

Post by ahbeng »

para warga SM yg baek2 :e-dance: mau nanya dong kita harus ngurus kemana aja buat bawa mobil dari luar negri masuk kesini?

mobilnya bukan mobil baru tapi mobil bekas pake ama ownernya gitu :wink:

moga2 bisa bantu gue buat ngejawab, krn bt sih gara2 ga tau caranya alhasil gue jual mobil gue di amrik (mazda 6) :(
tapi klo ada kemungkinan buat bawa pulang mungkin gue beli balik mobil gue lagi dari temen gue disono :P

pertanyaan2 gue :
1. ngurus shippingnya gimana ( dari Luar - Indo )
2. ngurus surat2 dan pajak gimana dan dimana
3. problem setir kiri?
4. kena pajak brp % buat mobil used ( maksud used sini, mobil baru yg uda di pake bbrp taon. bukan second )
5. rata2 brp lama urusnya
6. cara ngitung pajaknya itu dari harga awal mobilnya ato current value

semoga pertanyaan2 ini bisa dibantu dan semoga berguna buat semua org yg mempunyai pertanyaan yg sama :e-clap:
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

bisa lewat kayak perusahaan jasa import dan export gitu pak.ntar tergantung nego ama mereka nya aja
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

mpoezz wrote:bisa lewat kayak perusahaan jasa import dan export gitu pak.ntar tergantung nego ama mereka nya aja

Kalo nego itu jalur legal? Kira2 berapa totalnya?

Thanks bro
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

yup jalur nya legal,kalo jalur yang ilegal sekarang susah soalnya kemarin kan tanjung perak baru di obok2 jadi pada tiarap semua.

yang pasti sih biasanya pajak nya yang mahal.
kalo biaya kurang tau tuh hehehehehehe.

kalo stir kiri ngak boleh dipakai lo di indo.
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

Dari sumber gw yg dapat dipercaya, kebetulan dia itu punya perusahaan yg melayani jasa pengiriman barang dalam large scale, nah, menurut dia utk soal beginian, sediain dana sekitar Rp. 200 jutaan (buat uang pelicin beberapa oknum). Jadi suratnya ntar diurusin ama mereka, legal, engga kena bea masuk, 200 juta itu hanya utk mengabulkan "pemerasan" beberapa oknum kotor yg bertugas di pelabuhan.

Tergantung jenis mobilnya dan kedudukan oknumnya, biasanya eloe bakal diperas oleh beberapa oknum (tiap oknum itu bisa memeras eloe mulai dari Rp. 20 juta-an sampai 100 jutaan), paling tidak eloe harus berani siapin sekitar 200 jutaan utk diperas.

Mobil bekas luar yg masuk kesini lewat container, kapalnya biasanya engga lewat jalur depan, melainkan memutar dan melalui "jalan belakang" biar tidak terkena scan di pelabuhan, nah biasanya begitu "lolos" dari pelabuhan, mobilnya diumpetin dulu di salah satu warehouse (biasanya warehouse milik IU kenalan sang pemilik/pemesan mobil bekas luar tsb.), sambil menunggu sampai surat-surat resminya keluar, baru kemudian diantar ke garasi sang pemiliknya tsb.

Suggestion gw, sebaiknya sebelum loe masukin mobil bekas luar ke Indo, hitung dulu apa worth it? Compare dulu dengan harga jualnya di Indonesia. Unless mobilnya benar-benar langka dan bernilai tinggi, sebaiknya tidak usah di-import masuk, karena biayanya sangat ridiculous (terutama utk non-IU spt kita-kita yg berupa end users begini yg paling cenderung kalo masukin juga cuma satu mobil). Mengapa tidak worth it? Yah bayangkan saja kalau misalnya harga mobil tsb yg misalnya di Amerika cuma ber-market value US$10,000 or less, kemudian harus membayar uang pelicin sekitar Rp. 200 jutaan di pelabuhan (itu pun masih belum termasuk biaya pengiriman dari US ke Indonesia), apa gak sayang? Wong uang yg diperas oknum-oknum tsb. saja sudah double harga mobil and ongkos kirimnya.
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

hm 200 jt itu buat bangsa mobil biasa to kelasnya bentley, lambo gitu?
mobil gue sendiri sih mazda 6 S ^^ gue cinta banget ama mobil gue, klo liat dari segi value sih ga gede (under $30000 pas beli new) tapi berhubung di indo ga ada aja ><
waduh stir kiri ga boleh??? mati eke ><
masa harus beli mobilnya baru dari aussie :S?

um klo beli mobil baru gitu (anggep aja harganya 200jt) apakah klo di import kenanya 200jtan jg buat suap sana sini? ato lebih'
thanks ya buat jawaban2nya :D
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

gimana kalo dari singapur?

biasanya kan di sana mobil lama di recycle?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

pak ahbeng saya ada kirim PV msg tolong di cek yah
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah biasanya sih prosedur ngurus2 gitu rumit.seperti kata pak cha,kalo dari singapu itu biasanya masuk nya ilegal hehehehehe,di batam kan banyak yang ditangkap tuh.kalo mau mobil bagus murah si kebatam aja disana harga nya murah habis ngak ada pajak .mobil nya rata2 dari singapura.

pak adi santosa mau masukin juga yah hehehehehe
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

salah2 bos mpoezz ini orang bea cukai nih.....hahaahahaaaaaaa
Image
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

mpoezz wrote:wah biasanya sih prosedur ngurus2 gitu rumit.seperti kata pak cha,kalo dari singapu itu biasanya masuk nya ilegal hehehehehe,di batam kan banyak yang ditangkap tuh.kalo mau mobil bagus murah si kebatam aja disana harga nya murah habis ngak ada pajak .mobil nya rata2 dari singapura.

pak adi santosa mau masukin juga yah hehehehehe


Rasae pake yang lokal aja...

Sulit apalagi polisi sekarang sudah galak2 hehehehe :D
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

uhauhauhuhauha jangan gitu bos handling,saya pernah ketemu ama perusahaan yang biasa urus2 export import aja.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

polisi sih ngak galak2 malah diem lagi kalo ada duit nya.ngomong nya aja yang galak hehehehehe.

yang galak itu koran sebenar nya wartawan2,kemarin kan yang di tanjung perak pada tiarap semua gara2 disorot jawapos.sampe kepala beacukai nya diganti langsung.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

ha.ha.h.aha.aha....wartawannya gak kebagian juga sih....
Image
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

iya gue salut juga ama para wartawan yang kritis.

Dengan itu negara bisa lebih maju.

Soalnya gak ada yang ngawasi pemerintah.
Polisi juga gak isa apa2 kan mereka cs.

Majulah Terus....

:e-clap:
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo kritis nya bener sih ngak papa.

cuman kadang2 yang jengkelin itu wartawan bodrex itu lo.wartawan yang ngak jelas asal usul nya.

koran nya di jawa tengah tapi operasi nya di kalimantan udah gitu minta duit buat operasi ada aja alasanya mau buat pulang lah,ngak ada uang saku lah,ntar dimasuk in koran nya lah.


.
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

mpoezz wrote:kalo kritis nya bener sih ngak papa.

cuman kadang2 yang jengkelin itu wartawan bodrex itu lo.wartawan yang ngak jelas asal usul nya.

koran nya di jawa tengah tapi operasi nya di kalimantan udah gitu minta duit buat operasi ada aja alasanya mau buat pulang lah,ngak ada uang saku lah,ntar dimasuk in koran nya lah.


.

Bung mpoezz dari kalimantan?
Nah kalo gitu kan yang gak bener wartawannya.
Minta aja kartu ID nya, tiap wartawan harusnya punya. Kalo gak punya patut di cek tuh orang. Itu namanya pemerasan...

Lagipula kalo kita gak salah ngapain takut dimasukin koran?
Kan sekalian bisa promosi hehehehhe


8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

hahahahaha wah susah tuh pak,kalo wartawan itu,disana waktu tahun 2000 an waktu baru di buka nya kebebas an pers,wah koran di daerah itu buanyak banget masa 1 kota kecil koran nya ngak kalah ama surabaya bisa 5-6 koran.

nah waktu itu tuh mereka bisa menulis sesuka nya.ngak ada duit udah deh habis lu di tulis yang aneh aneh.udah gitu tiap hari ada aja wartawan yang datang hahahahha.
tapi itu dulu kok sekarang udah sepi,mungkin sekarang udah ada tobat.
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

saya pernah hidup di batam 3 tahun.....

just sharing sedikit pengalaman nih, walaupun OOT.
Waktu di jakarta, ya memang saya juga punya angan2 punya mobil mewah, semacam bmw, mercedez, dan lainnya.... kayaknya woow.. pasti semua orang yang melihat mobil itu akan menyangka bahwa pengemudinya (atau penumpangnya) adalah orang kaya. Sugesti umum akibat dunia konsumtif.

Tapi setelah saya pindah ke batam, terus terang, pada awal2 tahun, saya juga punya keinginan punya mobil2 mewah itu. Bagaimana tidak, BMW seri 5 tahun 97 cuma dijual 50 juta aja!!! Mercedez new eyes tahun 97, Lexus ES300, Infinity harganya ngga beda jauh!!! N masih banyak mobil2 mewah lain, dengan cc 3000 ke atas dijual di bawah harga 100 juta aja! Krena saya masih sekolah, jadi saya pun merengek2 sama bokap. N kebetulan bokap juga punya pandangan yang sama, kepengen juga sekali2 naek mobil mewah.
Akhirnya setelah dicari2, kita pun membeli mitsu diamante tahun 97 dengan harga 37 juta saja!!! KOndisinya masih sangat bagus!!

Awal2 naik mobil ini enak juga, terasa bangga, tapi setelah giliran servis tiba, hmm... rupanya servis mahal banget deh. Lalu setelah kira2 1 bulan gitu, rasa bangga punya mobil mewah juga seolah pudar begitu saja. Karena di tempat ini mobil2 mewah jadi tidak terasa apa2...
anda kemana2 cuma butuh waktu 5-15 menit saja. Semua terasa serba dekat, mobil mewah tuh kayak ngga terasa mewahnya!

Kalau mau dipikir malah, yg namanya mewah tuh harusnya mobil2 jenis unser (kijang), corolla, dan mid class lainnya, soalnya harganya diatas mobil mewah yg saya sebut di atas.

N yah, setelah 3 bulan punya mitsu diamante, dilego lah mitsu itu dengan harga 37 juta juga! tapi alamak, butuh another 2 bulan untuk bisa melego mobil itu!!! selama 2 bulan itu, hampir tidak ada yg menelpon, tanya2.... apalgi yg datang melihat mobil!! itu pun dengan harga lebih murah, jadi 30 juta saja! bayangkan!!! saya juga pernah lihat iklan orang yg jual lexus ES300 seharga 50 juta aja, hampir 6 bulan saya lihat tiap hari iklan itu selalu ada di koran!!! susahnya punya mobil mewah di batam!!!

gak heran, karena ngga ada peminatnya di batam, akhirnya ya diselundupin aja deh ke luar kota!! pasarnya lebih bagus!!
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah orang batam udah ngak ngiler liat mobil mewah.orang indo yang diluar batam masih ngiler liat mobil mewah.

terimakasih atas ceritanya pak mantal
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

mitsubishi diamante tahun 97
ini gambarnya...

8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

ahbeng wrote:hm 200 jt itu buat bangsa mobil biasa to kelasnya bentley, lambo gitu?
Nein, bukan Bentley.
200 jutaan yg kemaren itu hanya utk Toyota Harrier bekas yg dimasukin dari luar.

Tadinya pemiliknya pikir dianya bisa hemat uang kalo beli bekas dari luar, terus dimasukin kesini daripada beli di IU. Tho buntut-buntutnya dia gak hemat banyak, cuma beda dikit doang (yah itu, gara-gara diperas oleh oknum-oknum itu). Jadi yah suggestion gue, kalo setelah loe itung, biaya akhirnya tidak berbeda jauh banget dari harga unitnya yg dijual IU di Indonesia, yah udah lah, mendingan beli aja dari IU, lagian kan unitnya yg dijual IU juga relatif lebih baru, anggap aja loe itu berbuat amal, bayar lebih sedikit ke IU, daripada loe diperas oleh oknum-oknum bejat bin munafik.
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah bejat bin munafik hahahahaha.
tapi kalo mau jujur manusia mana yang ngak mau duit hahahahaha.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Gile mahal bgt mau masukin mobil dr luar? :shock: :shock:

Tapi ada kenalan bisa juga sih masukin lewat jalur diplomatik(nitip ama orang embassy)!

Nah yg tinggal di nego:orang embassy nya minta berapa? :wink: :wink:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

edward wrote:Gile mahal bgt mau masukin mobil dr luar? :shock: :shock:

Tapi ada kenalan bisa juga sih masukin lewat jalur diplomatik(nitip ama orang embassy)!

Nah yg tinggal di nego:orang embassy nya minta berapa? :wink: :wink:
Bener, cara masukin mobil itu ada dua jalur resmi, lewat deperindag dan deplu.
Kalau lewat deperindag prosedurnya daftar dulu di departemen perdagangan (ILMEA), lalu uji type di departemen perhubungan, bayar bea. Mobil yg dimasukin gak bisa aneh-aneh, harus baru, lolos emisi dan setir kanan, dijual pakai form A.

Kalau mau yang aneh-aneh harus lewat jalur deplu, caranya biasanya dengan kongkalikong dengan staff kedutaan yg biasanya dari negara miskin. Mobil keluar begitu saja tanpa bayar bea dengan modal surat kedutaan, lalu dipakai pakai nomer CD atau yang biasa pakai surat tilang, di mana ada orang kuat yg ngurusin kalau ketangkep di polisi. Kalau di Jakarta ini jalur cuma dipegang oleh satu orang saja, yg berani masuk akan disikat oleh dia
Terus kalau bosen, bisa saja mobil itu bayar bea yg nilainya ditetapkan, disebut mobil form B

Form B itu bisa juga lewat departemen di pemerintahan seperti hankam misalnya, plat nomer pakai gambar instansi, waktu mobil dijual ke sipil beanya juga harus dibayar dan jadi nomer biasa

Banyak jalan menuju ke Roma, salah satunya mobil bodong ex Singapura. Selain mobil bekas, banyak juga hasil kejahatan/ mobil curian dari Singapura yg dikirim ke Batam untuk kemudian dijual di Indo dengan mengaku mobil baru.
Banyak kasus di Indo, mobil mewah service di bengkel resmi dan ternyata itu mobil eks curian atau kriminal lainnya (dari VIN No ketahuan). Bengkel resminya tahu, tapi biasanya mereka gak peduli, mungkin interpol yg harus ngurus.