Kebetulan nih Baru punya Kuda Diesel Super Exceed'00. Kalo Larinya sih Emang Kenceng... Just Info pas baru dapet Semua Oli, Filter dah ganti semua. Tapi Giliran di tanjakan panjang kok Letoy ya tenaganya, mohon sharenya mesti gua apain nih Mesin?
Trus mohon sharenya dong :
1. Dibuat Lari diatas 80km ada suara ngung..ngung... Gak tau mesin atau gardannya... Akibatnya kabin gak bisa senyap n dikuping kurang tenang.
2. Ciri Khas Timing Belt dah waktunya ganti cirinya gimana ya?
3. Cari Sparepart + variasinya susahnya minta ampun di daerah. Handlepintu dalam aja susah carinya, Acecories kisi² di dasbor depan bawah sampai sekarang belum dapet, Spion (EM) Kanan sepertinya kaca dah diganti ma yg punya sebelumnya... Bisa nggak sih ganti kacanya aja? Coz harga seglondong mahal 1,5Juta. ada yang jual nih?
4. Kaca Kiri Depan kalo diturunin mulai pisisi 1/2 kebawah seret banget, diapain ya?
5. Indikator BBM aneh banget... Posisi dari Fuel sampai 3/4 bisa nyampe sekitar 150km, tapi setelah itu geraknya cepet banget nyampe 1/4, trus naik lagi ke 1/2, trus turun sampai di E. Setelah diisi 30Liter udah fuel, kapasitasnya tangki berapa sih aslinya? Trus ngatasinya gimana?
Dah aku tunggu deh share dari Moderator + temen²
Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Mar 01, 2008 16:47
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27674
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
denger2 dulu katanya ada yg blg mitsu kuda bisa ngasepin all new crv tuh.... koq skrg malah ada yg complain letoy yahh....



numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
yee.... yang ngasepin crv mah kudanya temen ane... yang bensinnya 1:5
om budwear tanjakannya letoy gimana nih? ane di cipularang dengan penumpang 7 orang beban penuh di tanjakan panjang itu masih dapet 80-100kpj...
di nagrek, nyalip truk di tanjakan dengan beban penuh juga oke2 aja.
coba cek injectornya. atau bisa jadi filter solarnya sudah mampet. ane kurang tahu kalo kuda diesel filter solarnya di mana, kalo bensin ada di tangkinya.
1. masalah dengung, bisa jadi di cross joint antara gearbox dan kopel atau kopel dan gardan. coba aja diperiksa.
2. timing belt kalo ane sih gak tahu ciri2nya. biasanya 50rb-80rb km ane ganti... karena yang ane tahu, kalo udah masalah timing belt langsung putus atau giginya rontok..
3. om ada di daerah mana? kalo mau nanti ane kasih nomor telepon toko sparepart mitsu langganan ane atau langganan idmoc. tapi di atrium senen jakarta. kemarin sih ane denger atrium kebakaran, tapi kurang tahu apakah sparepartnya kena atau gak..
4. jendela kalo seret biasanya power window atau karet railing kacanya udah kotor dan getas. coba aja bersihin karet railing ini pake cairan silikon untuk karet. pake busa tipis atau kain lap, bersihin karet railing ini. apakah bisa membantu atau tidak. kalo tidak, kemungkinan ada masalah di power window. entah gigi2nya atau motornya. harus ke spesialis power window nih...
5. bisa jadi pelampung meterannya rusak. coba aja periksa. sekalian kuras tangki aja om.
oh ya, ane pakenya kuda super exceed tahun 99 dulu... boleh pinjem punya orang..

om budwear tanjakannya letoy gimana nih? ane di cipularang dengan penumpang 7 orang beban penuh di tanjakan panjang itu masih dapet 80-100kpj...
di nagrek, nyalip truk di tanjakan dengan beban penuh juga oke2 aja.
coba cek injectornya. atau bisa jadi filter solarnya sudah mampet. ane kurang tahu kalo kuda diesel filter solarnya di mana, kalo bensin ada di tangkinya.
1. masalah dengung, bisa jadi di cross joint antara gearbox dan kopel atau kopel dan gardan. coba aja diperiksa.
2. timing belt kalo ane sih gak tahu ciri2nya. biasanya 50rb-80rb km ane ganti... karena yang ane tahu, kalo udah masalah timing belt langsung putus atau giginya rontok..

3. om ada di daerah mana? kalo mau nanti ane kasih nomor telepon toko sparepart mitsu langganan ane atau langganan idmoc. tapi di atrium senen jakarta. kemarin sih ane denger atrium kebakaran, tapi kurang tahu apakah sparepartnya kena atau gak..
4. jendela kalo seret biasanya power window atau karet railing kacanya udah kotor dan getas. coba aja bersihin karet railing ini pake cairan silikon untuk karet. pake busa tipis atau kain lap, bersihin karet railing ini. apakah bisa membantu atau tidak. kalo tidak, kemungkinan ada masalah di power window. entah gigi2nya atau motornya. harus ke spesialis power window nih...
5. bisa jadi pelampung meterannya rusak. coba aja periksa. sekalian kuras tangki aja om.
oh ya, ane pakenya kuda super exceed tahun 99 dulu... boleh pinjem punya orang..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
^ untung ada yg spesialis Mitsu 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27674
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
kayanya kalo ane ga salah inget, filter solar kuda jg sama kaya panther atau kapsul diesel gt, di luar alias bukan yg nyemplung ke tangki.... btw bener tuh, coba aja di purging tuh injector, ama cek kopling nya.... jgn2 ini smua cuman gara2 kopling yg uda aus.... scara diesel gt, torsi kebo dari putaran bawah, kerja kopling jg lebi berat...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22082
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
1. Cek bearing2 rodabudwear wrote:Kebetulan nih Baru punya Kuda Diesel Super Exceed'00. Kalo Larinya sih Emang Kenceng... Just Info pas baru dapet Semua Oli, Filter dah ganti semua. Tapi Giliran di tanjakan panjang kok Letoy ya tenaganya, mohon sharenya mesti gua apain nih Mesin?
Trus mohon sharenya dong :
1. Dibuat Lari diatas 80km ada suara ngung..ngung... Gak tau mesin atau gardannya... Akibatnya kabin gak bisa senyap n dikuping kurang tenang.
2. Ciri Khas Timing Belt dah waktunya ganti cirinya gimana ya?
5. Indikator BBM aneh banget... Posisi dari Fuel sampai 3/4 bisa nyampe sekitar 150km, tapi setelah itu geraknya cepet banget nyampe 1/4, trus naik lagi ke 1/2, trus turun sampai di E. Setelah diisi 30Liter udah fuel, kapasitasnya tangki berapa sih aslinya? Trus ngatasinya gimana?
2. Biasanya mulai ada sedikit tanda retak2 di belt, utk pastinya di cek lagi kapan terakhir ganti Tim Belt & udah jalan brp sejak ganti
5. Cek kondisi fuel sender-nya / pelampungnya.
Btw mobil udah pernah purging ?
Kondisi nozzle / pompa injeksi / timing injeksi oke semua ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Jul 03, 2006 11:31
- Location: Bandar Lampung
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
om turboman,
mau ngecek kondisi injector masih bagus atau perlu kalibrasi apa engga di bengkel mana yg rekomended...?
kisaran biaya nya berapa ya...?
posisi saya di depok.
trims
mau ngecek kondisi injector masih bagus atau perlu kalibrasi apa engga di bengkel mana yg rekomended...?
kisaran biaya nya berapa ya...?
posisi saya di depok.
trims
-
- SM Specialist
- Posts: 22082
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
Boleh coba ke Unggul Jaya Diesel di jatinegara
Detailnya search di Google aja
Kalo belom pernah purging ya purging dulu aja mobilnya.
Detailnya search di Google aja
Kalo belom pernah purging ya purging dulu aja mobilnya.
sandie_m wrote:om turboman,
mau ngecek kondisi injector masih bagus atau perlu kalibrasi apa engga di bengkel mana yg rekomended...?
kisaran biaya nya berapa ya...?
posisi saya di depok.
trims
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Jul 03, 2006 11:31
- Location: Bandar Lampung
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
makasih inpo nya om.
satu lagi dong om turboman,
kuda saya di vonis harus turun mesin setengah krn kemungkinan headnya udah melenting menyebabkan engine overheat terus kalau dalam kondisi idle posisi berhenti.
saya belom lakukan turun mesin karena posisi mobilnya masih di lampung, belom tau bengkel2 yang rekomended disana.
kalo asal tempat takutnya malah ngga bener hasilnya.
gimana sih cara ngeceknya head pasti udah melenting?
sebelumnya radiator sudah saya ganti baru. sempet disaranin jg nambah extra fan.
kalo kisaran biaya ongkos dan spare part totalnya berapa ya buat turun mesin setengah...?
satu lagi dong om turboman,
kuda saya di vonis harus turun mesin setengah krn kemungkinan headnya udah melenting menyebabkan engine overheat terus kalau dalam kondisi idle posisi berhenti.
saya belom lakukan turun mesin karena posisi mobilnya masih di lampung, belom tau bengkel2 yang rekomended disana.
kalo asal tempat takutnya malah ngga bener hasilnya.
gimana sih cara ngeceknya head pasti udah melenting?
sebelumnya radiator sudah saya ganti baru. sempet disaranin jg nambah extra fan.
kalo kisaran biaya ongkos dan spare part totalnya berapa ya buat turun mesin setengah...?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
hm... berarti mesin kuda dieselnya gampang panas nih.
ane kurang tahu melenting ini maksudnya apa. apakah tidak rata antara bagian depan dan belakang.
bisa juga karena karat.
kalo cuman atasnya aja, kemungkinan biaya paling besar adalah ganti cyl head. mungkin partnya aja kalo ori bisa di atas 3jt. mungkin lebih. coba tanyain aja ke tret spare part.
*ane ngejawab sambil nunggu om turbo aja ya....
ane kurang tahu melenting ini maksudnya apa. apakah tidak rata antara bagian depan dan belakang.
bisa juga karena karat.
kalo cuman atasnya aja, kemungkinan biaya paling besar adalah ganti cyl head. mungkin partnya aja kalo ori bisa di atas 3jt. mungkin lebih. coba tanyain aja ke tret spare part.
*ane ngejawab sambil nunggu om turbo aja ya....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kuda Diesel Kok Nanjaknya letoy Kenapa sih
*yak, mari kita2 sama2 menunggu
sambil2..
melenting = (extreme nya) berbentuk busur
krn pernah overheat, bahan logam silinder head itu jd memuai...terutama pd bidang2 yg tidak terbaut... hasilnya, pokoknya permukaan bawah silinder head yg seharusnya sangat2 rata itu akhirnya menjadi melengkung disanasini.
ok, asumsikan diagnosis montir itu benar....
maka, utk memastikannya, ya dilepas silinder headnya, trus di cek ke bengkel bubut...disana akan diobservasi kerataan permukaannya itu...diukur dg semacam dial-gauge, atau entah apalah itu namanya ...setelah itu, lalu bgkel bubut itu akan menjatuhkan vonisnya: rata atau tidak.
kalau tidak rata... ya diratakan lagi...direkondisi...dg cara dipapas sedikiiiit.
kalau cara sotoy2an mengira2 melenting atau tidaknya silinder head itu sblm dilepas, kita cermati saja di perbatasan silinder head dg blok mesin...disitulah terselip suatu packing / gasket silinder head....nah, kalau ada tanda2 kekotoran krn kebocoran oli, maka, ada kemungkinan melentinglah dia....
kan kalau permukaan bawah silinder head itu gak rata, ketika didempetkan dg permukaan atas blok mesin (yg rata), ya tentu saja gak ngepas, ada bocor2nya..ada celah2 (kecil)nya.... dan si gasket yg dlm kondisi normal bisa mem-fill celah2, maka kali ini dia gak cukup mampu lagi (udah nggak ngejar), krn celahnya dah diluar toleransi....
gitu nggak sih?
. .
sambil2..
melenting = (extreme nya) berbentuk busur
krn pernah overheat, bahan logam silinder head itu jd memuai...terutama pd bidang2 yg tidak terbaut... hasilnya, pokoknya permukaan bawah silinder head yg seharusnya sangat2 rata itu akhirnya menjadi melengkung disanasini.
ok, asumsikan diagnosis montir itu benar....
maka, utk memastikannya, ya dilepas silinder headnya, trus di cek ke bengkel bubut...disana akan diobservasi kerataan permukaannya itu...diukur dg semacam dial-gauge, atau entah apalah itu namanya ...setelah itu, lalu bgkel bubut itu akan menjatuhkan vonisnya: rata atau tidak.
kalau tidak rata... ya diratakan lagi...direkondisi...dg cara dipapas sedikiiiit.
kalau cara sotoy2an mengira2 melenting atau tidaknya silinder head itu sblm dilepas, kita cermati saja di perbatasan silinder head dg blok mesin...disitulah terselip suatu packing / gasket silinder head....nah, kalau ada tanda2 kekotoran krn kebocoran oli, maka, ada kemungkinan melentinglah dia....
kan kalau permukaan bawah silinder head itu gak rata, ketika didempetkan dg permukaan atas blok mesin (yg rata), ya tentu saja gak ngepas, ada bocor2nya..ada celah2 (kecil)nya.... dan si gasket yg dlm kondisi normal bisa mem-fill celah2, maka kali ini dia gak cukup mampu lagi (udah nggak ngejar), krn celahnya dah diluar toleransi....
gitu nggak sih?
. .