Toyota sedang mengalami ujian berat - PART 01

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Captivated »

mandala1 wrote: Yaaaa....begitulah kenyataannya om...
Memang kita harus terima hukum dagang yg berlaku...
Tapi jujur ane cukup puas koq sama resale nya si ipah, ane coba2 iseng nanya2 harga jualnya sama sekali ga bikin sakit hati :)
Ane beli taon 2007 sekitar 190jt skr mau jual banyak yg berani 175jt padahal kondisi bodi udah jauh dari mulus (maklum mobil perang) hehehe... Ampir 3 taon puas2in pake cuma rugi 15jt sih ane bilang gak fair kalo dibilang rugi, anggap aja kita sewa setaon cuma 5jt hehehe...
enak toh... manteb toh.... :big_peace:
bener 5jt/thn itu sangat2 bagus, bandingin ama sewa mbl 300rb/hari, setaon musti kluar >100jt :shrug:
tp ada hubungan ga antara harga mbl bekas ama harga barunya yg selalu naik? kalo misalnya harga barunya ttp 190jt, apa harga bekasnya (3thn pake) msh 175jt? :big_peace:
FortunerMan

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by FortunerMan »

Di negeri lain yg naiknya harga tidak sebanyak di Indonesia, resale value Toyota pun bagus. Sebabnya ya sama seperti Indonesia, karena demand barang secondnya tinggi.

Skrg lagi heboh2nya recall pasti akan turun, tapi kalo dihandle dgn baik ke depannya pasti grenggg lagi.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by mandala1 »

Captivated wrote:
bener 5jt/thn itu sangat2 bagus, bandingin ama sewa mbl 300rb/hari, setaon musti kluar >100jt :shrug:
tp ada hubungan ga antara harga mbl bekas ama harga barunya yg selalu naik? kalo misalnya harga barunya ttp 190jt, apa harga bekasnya (3thn pake) msh 175jt? :big_peace:
Justru berhubungan erat banget om....makanya orang banyak yg berbondong2 beli kijang/innova salah satunya yah karena faktor resale yg menggiurkan :P makanya doi laku keras...
Kalo gak laku mah kali gak bakalan naek gila harganya...hehehe....
Yaaah....harus sama2 fair play lah...konsumen mau untung produsen juga pasti mau untung dan yg pasti negara juga ikut untung....iya toh? :e-dance:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Captivated »

ok dah om :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27649
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by DOHC »

inova laku seh emang bener... tapi kalo ampe laku keras banget termasuk seken nya jg laku banget sehh, ane agak ragu yahh... soalnya waktu ane lg bantuin saudara hunting mpv taon kmaren... ane dapatin kalo ipah seken itu cukup banyak stok nya di showroom2, dan harga nya pun jg rata2 lumayan miring gt padahal kluaran taon 2005- 06).... nahhh kalo dari mpv toyota, yg plg laku keras itu apansa seh menurut ane, walaupun inova jg laku sehh tapi tetep masi jauh di bawah apansa... there is no doubt about it, bahkan data2 penjualan aja jg uda membuktikan itu....

nah kalo mo ngomong MPV toyota yg seken nya paling lakuu... nahh... please welcome.. KIJANG KAPSUL LGX 1800cc EFI.... apalagi yg kluaran taon 2000 keatas... gilaa bener, mobil yg umurnya mendekati 10 taon aja harga seken nya masi ada yg tembus 100 jt....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by maskopat »

Captivated wrote:
mandala1 wrote: Grandis mobil kurang laku om...makanya harganya cuma dinaikin dikit doang (mungkin asal gak rugi) :mrgreen: atau bisa jadi cuma ngabisin stok lama mungkin :e-think:
Pake logika ilmu dagang ajah, masa udah gak laku mau dinaekin banyak2? Ya tambah memble donk....hehehe...

Innova laen soal, yg beli juga rebutan...hampir semua orang indonesia kepingin punya innova, makanya produksi unitnya fresh from the oven terus...hehehe...menggiurkan emang jualan innova mau baru atau seken cepet lakunya, harga beli tinggi jual lagi juga cepet n ga rugi2 amat (meskipun ga untung) :mrgreen:
Aneh memang kisah si kijang ini...makin dicela makin laku ajee...gileeee.... :upss: :big_peace:
mmg bener sih, innova jauh lbh laku dr grandis. tp harga 2009 itu adlh grandis NIK 2009, bukan stok lama
keliatannya begitu : makin laku mbl, makin gampang pabrikan naikin harga (banyak2 ?)
laku naik tinggi gak laku gak naik tinggi???
lancer EX, gak laku, harganya naik roket :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by maskopat »

terang aja sekennya tinggi, wong barunya harganya naik roket.. :e-snooty:
udah turun dolar, udah hilang bea masuk asean, naik PPNBM.. harga ikutan naik.. pokoke, ada komponen yang naik, ikut naik.. kalo turun semua, harga teteup.. kalo harga turun, diturunin juga feature2nya.. :big_slap:

ntuh, kayak merk tetangga sebrang, yang dulu lampu rem pake led, sekarang biasa.. yang dulu spion bisa dilipat secara elektrik, yang berikutnya gak bisa... :ngacir:

kalo aja ipah V di jual di harga 330jt, tetap aja laku...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by maskopat »

DOHC wrote:inova laku seh emang bener... tapi kalo ampe laku keras banget termasuk seken nya jg laku banget sehh, ane agak ragu yahh... soalnya waktu ane lg bantuin saudara hunting mpv taon kmaren... ane dapatin kalo ipah seken itu cukup banyak stok nya di showroom2, dan harga nya pun jg rata2 lumayan miring gt padahal kluaran taon 2005- 06).... nahhh kalo dari mpv toyota, yg plg laku keras itu apansa seh menurut ane, walaupun inova jg laku sehh tapi tetep masi jauh di bawah apansa... there is no doubt about it, bahkan data2 penjualan aja jg uda membuktikan itu....

nah kalo mo ngomong MPV toyota yg seken nya paling lakuu... nahh... please welcome.. KIJANG KAPSUL LGX 1800cc EFI.... apalagi yg kluaran taon 2000 keatas... gilaa bener, mobil yg umurnya mendekati 10 taon aja harga seken nya masi ada yg tembus 100 jt....
bukannya lebih om? kapsul LGX kayaknya di atas 100 deh yang facelift terakhir...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by mandala1 »

Captivated wrote:ok dah om :big_peace:
Siiiippp om :frm_tumbleft:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by mandala1 »

maskopat wrote: laku naik tinggi gak laku gak naik tinggi???
lancer EX, gak laku, harganya naik roket :big_weee:
Hihihihi....ngakak ane bacanya.... :upss: :upss:

Kesian juga yah....harga gak naik gak laku...harga naik juga gak laku :upss: :upss:

Ciaaaakakakakakak....... :big_weee:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Captivated »

mnrt kenalan yg dagang mobil bekas :
- avanza masa tunggu sktr 3hr... kadang baru masuk pagi, sore udah laku
- innova masa tunggu bisa sampe 2 mgu
- kapsul masa tunggu bisa sampe 10hr
yg anehnya lgx 1.8 thn 2004 lbh laku dibanding ipah g 2004, pdhl dijual diharga yg relatif sama
pdhl sama2 toyota...... emg jalan pikir konsumen kita susah ditebak
Last edited by Captivated on Thu Feb 18, 2010 11:01, edited 1 time in total.
User avatar
barryaje
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 11, 2008 17:22

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by barryaje »

yup...
pasar di sini memang unik, mayoritas 'value' dikonotasikan dg 'resale value'. produk yang unggul secara teknis belum tentu laku. contohnya ya Tarjet (di majalah AutoBlid Indonesua berturut2 menang kategori best MPV), dan New Bahenol (di majalah yg sama pernah dapat Car of the Year) yg kabar terakhir akan distop penjualannya oleh SIS karena angka sales-nya tidak menggembirakan.
kurang lebih sama seperti festival film, yg bisa dapat 'film terbaik' belum tentu laku di bioskop. Contohnya: 'Pasir Berbisik' tidak pernah jadi box office, break-even pun mungkin tidak, walau jawara di berbagai festival film dalam dan luar negeri.
So, terpulang pada persepsi masing2 terhadap 'value' dari sebuah mobil. I have chosen my path...

:e-dance: :e-dance: :e-dance:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by jalu »

permisi, nubie numpang lewat...

indonesia memang market yang unik, dimana harga mobil semakin mahal dan daya beli masyarakat pd umumnya semakin menurun, dng demikian orang2 lbh banyak yg bermain "aman" dlm membeli kendaraaan mengingat besarnya pengorbanan biaya yg sdh ada, dan tidak heran bahkan ada yg menganggap beli mbl itu investasi.

karena bbrp kondisi diatas sehingga timbul kriteria sederhana khas masyarakat indonesia dlm memilih mbl :
1. layanan purna jual yang tersebar luas (3S)
2. resale value bagus atau merek2 yg diyakini punya resale value bagus

mengenai model/desain, value for money, reliability,fitur dll itu umumnya kategori lanjutan setelah mbl yg jadi kandidat itu memenuhi 2 syarat simpel diatas.

Nah skrg merek mbl2 apakah yg bs memenuhi 2 syarat simpel diatas selain brand2 Jepang yg dah lama bercokol disini....??? :ungg: :ungg: :ungg:

AFAIK....nubie cuma tau hanya merek2 jepang yg bs memenuhi 2 kriteria itu, makanya ya gak heran meski dikritik overprice, less value for money, fitur cupu, safety kurang dll, tetap saja masyarakat lbh memilih merek2 jepang meski kompetitor dr negara lain menawarkan produk yg spek nya lbh unggul.

sedangkan yang nubie tau, untuk brand2 non jepang & berkualitas bagus, pada umumnya orang2 paling hanya bs bilang..."kutunggu jandamu"..... :upss: :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by FortunerMan »

barryaje wrote:So, terpulang pada persepsi masing2 terhadap 'value' dari sebuah mobil. I have chosen my path...
And your path is the SMART way, penilaian org lain tidak SMART :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Risol1 »

DOHC wrote:another nice post from mr risol(es)..... :off_good_job: :off_good_job:

duh pagi2, laper jg blom sarapan... pergi beli risoles dulu ahhh... :upss: :upss:
Walah ane sih cuma cuap2 aja bro DOHC.

Ente tuh yg postingannya mantap2, ane baca terus nih tulisan2 ente :frm_salut:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Risol1 »

mandala1 wrote:Haiii...om risol... long time no see :mrgreen: :cupss:
hehehe....long time no see juga om Dal.....kemana aja neh....sepi SM kalo engga ada om Dal.
Ane juga ngeri nih kalo "bertempur" sama mitsu loper (om kopat) kalo engga ada bekingan om Dal neh hihihihi.....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
mandala1 wrote:Haiii...om risol... long time no see :mrgreen: :cupss:
hehehe....long time no see juga om Dal.....kemana aja neh....sepi SM kalo engga ada om Dal.
Ane juga ngeri nih kalo "bertempur" sama mitsu loper (om kopat) kalo engga ada bekingan om Dal neh hihihihi.....
ane mah manis2 aja di tret ini... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by datsu »

hihihi rasanya pertempuran toyota vs GM ini udah mulai panas kaya toyota vs nissan dulu... :big_peace:
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote: Memang (masih) ada hyundai trajet yg adalah mrpk produk 1 dekade lalu (thn 99) tapi masih dijual sbg mobil baru di sini sehingga harganya bisa sangat bersaing.
Tapi boleh percaya boleh tidak.....ATPM hyundai yg jual mobil tersebut bisa jual produk tsb dengan harga murah BUKAN karena mereka pangkas profit margin mereka untuk "keuntungan" konsumen Indonesia, melainkan (menurut ane) karena memang costnya aja yg lebih kecil untuk memprod mobil2 model lama tsb.
ane cuman ngelempengin yang dibold.. bukan cost produksinya lebih kecil. cost produksi sih sama2 aja. tapi karena biaya riset, planning dan designnya sudah tercover dengan penjualan mobilnya...
Ya maksud ane tuh biaya dari mulai tu mobil masih diangan2 si insinyur sampe bisa ngegelinding....gitu om.
Tapi bukan karena "biaya riset, planning dan designnya sudah tercover dengan penjualan mobilnya" spt yg di bold diatas, melainkan mobil2 model lama cuma perlu sekali aja tahap planning, design, dan riset nya.....sisanya jualan terus.
Kalo mobil yg berinovasi, biaya2 tersebut akan keluar lagi dalam siklus tertentu.
maskopat wrote: lalu timbul pertanyaan, tiap keluar generasi baru, harga akan naik.. benarkah ini? kenapa naik? terlepas dari inflasi, kita asumsi aja di negara yang laju inflasinya rendah, apakah harga sebua toyota corolla makin mahal setiap ada generasi baru? sekarang harga toyota corolla sekitar US$ 15.5k di US. nah, apakah tahun 80-an atau 90-an harganya 10k? mohon pencerahan..
Inflasi itu kita engga bisa kita lawan om Kopat, mobil yg bertahan dengan model lama pun pasti akan naik harganya karena faktor inflasi, cuma karena costnya kecil maka harga bisa di "diskon" lebih gede.
Bedanya negara kita sama negara maju (yg mata uangnya stabil dan inflasi rendah) adalah mereka itu kenaikan harganya gak drastis/engga volatile. Dikit2 tapi pasti naik karena bagaimanapun jauh lebih baik terjadi inflasi daripada deflasi.

Harga corolla di US (sama2 model basic) di tahun 1990 (2 dekade lalu) sekitar 8rb an, di tahun 2000 (1 dekade lalu) sekitar 12rban. Sekarang ini (2010) sekitar 15rban. Naik nya wajar.....
Faktor selain inflasi adalah juga dikarenakan nilai USD yg turun terus 10 tahunan terakhir ini :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by maskopat »

datsu wrote:hihihi rasanya pertempuran toyota vs GM ini udah mulai panas kaya toyota vs nissan dulu... :big_peace:
awalnya sih bukan vs GM... cuman cerita ujian yang sedang dialami oleh toyota... entah kenapa jadi merembet ke GM... :shrug:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
maskopat wrote:
Risol1 wrote: Memang (masih) ada hyundai trajet yg adalah mrpk produk 1 dekade lalu (thn 99) tapi masih dijual sbg mobil baru di sini sehingga harganya bisa sangat bersaing.
Tapi boleh percaya boleh tidak.....ATPM hyundai yg jual mobil tersebut bisa jual produk tsb dengan harga murah BUKAN karena mereka pangkas profit margin mereka untuk "keuntungan" konsumen Indonesia, melainkan (menurut ane) karena memang costnya aja yg lebih kecil untuk memprod mobil2 model lama tsb.
ane cuman ngelempengin yang dibold.. bukan cost produksinya lebih kecil. cost produksi sih sama2 aja. tapi karena biaya riset, planning dan designnya sudah tercover dengan penjualan mobilnya...
Ya maksud ane tuh biaya dari mulai tu mobil masih diangan2 si insinyur sampe bisa ngegelinding....gitu om.
Tapi bukan karena "biaya riset, planning dan designnya sudah tercover dengan penjualan mobilnya" spt yg di bold diatas, melainkan mobil2 model lama cuma perlu sekali aja tahap planning, design, dan riset nya.....sisanya jualan terus.
Kalo mobil yg berinovasi, biaya2 tersebut akan keluar lagi dalam siklus tertentu.
maskopat wrote: lalu timbul pertanyaan, tiap keluar generasi baru, harga akan naik.. benarkah ini? kenapa naik? terlepas dari inflasi, kita asumsi aja di negara yang laju inflasinya rendah, apakah harga sebua toyota corolla makin mahal setiap ada generasi baru? sekarang harga toyota corolla sekitar US$ 15.5k di US. nah, apakah tahun 80-an atau 90-an harganya 10k? mohon pencerahan..
Inflasi itu kita engga bisa kita lawan om Kopat, mobil yg bertahan dengan model lama pun pasti akan naik harganya karena faktor inflasi, cuma karena costnya kecil maka harga bisa di "diskon" lebih gede.
Bedanya negara kita sama negara maju (yg mata uangnya stabil dan inflasi rendah) adalah mereka itu kenaikan harganya gak drastis/engga volatile. Dikit2 tapi pasti naik karena bagaimanapun jauh lebih baik terjadi inflasi daripada deflasi.

Harga corolla di US (sama2 model basic) di tahun 1990 (2 dekade lalu) sekitar 8rb an, di tahun 2000 (1 dekade lalu) sekitar 12rban. Sekarang ini (2010) sekitar 15rban. Naik nya wajar.....
Faktor selain inflasi adalah juga dikarenakan nilai USD yg turun terus 10 tahunan terakhir ini :mrgreen:
yang pertama, jadi emang cost lebih murah karena tidak ada biaya untuk inovasi ya om? ngerti om..

yang ke dua, boleh tahu besarnya inflasi di US selama 2 dekade tersebut? jadi pengen tahu apakah biaya inovasi ini juga mengakibatkan kenaikan harga..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Risol1 »

Captivated wrote:* mitsu grandis gls (2005) : 290jt -> (2009) : 340jt
increase : +/- 17.2%

* innova g/mt bensin (2005) : 170jt -> (2009) : 225jt
increase : +/- 32.4%

cmiiw
Kalo teori ane di nitpick atau dicari satu persatu, ya pasti ada aja "bolongnya". Yg namanya teori gak mungkin bersifat absolut (selalu mutlak benar).
Ibaratnya ada teori yg bilang bahwa "polisi adalah pelindung masyarakat". Teori ini adalah teori yg bener alias gak salah, dan diajarin juga disekolah2 :mrgreen: , TAPI pasti aja akan ada yg bilang bahwa "Engga tuh, kemaren jam 5 sore di perempatan koka kola ada jambret yg didiemin aja sama salah satu anggota polisi"

Atau ada satu teori "orang kaya biasanya ditandai dengan naik mobil mewah", tapi kalo dicari2 ah pasti ada aja orang kaya yg naik mobil biasa hehehe....

Begitu juga kasusnya di teori ane diatas yg bilang kenapa mobil model lama memang sewajarnya harganya juga lebih murah, bukan karena kebaikan produsennya. Juga kenaikan harga mobil2 yg berinovasi memang sewajarnya lebih gede daripada mobil model lama.

Kalo masalah grandis (yg sama2 masih model baru) koq kenaikan harganya bisa lebih rendah.....ya banyak sebab lainnya. mungkin karena:
- Spt kata om mandala, si grandis kurang laku
- Atau juga karena grandis udah mao ganti model (dari thn 03), jadi daripada dinaikkan lalu didiskon, mending gak usah naik list pricenya.
- bisa juga karena adanya discrepancy data (grandis 290 jt pada waktu 05 akhir, karena grandis kalo engga salah keluarnya 05 akhir), sedangkan si innova pake harga 05 awal sehingga kenaikkan terlihat lebih drastis.
- bisa juga karena toyota investasi lebih banyak sehingga produk2 nya harus nanggung "beban" naik harga lebih tinggi dibanding mitsu
ATAU bisa juga toyota patok profit marginnya lebih gede dibanding mitsu

Ya semua itu bisa aja terjadi, kita engga tau alasan yg sebenernya :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:Di negeri lain yg naiknya harga tidak sebanyak di Indonesia, resale value Toyota pun bagus. Sebabnya ya sama seperti Indonesia, karena demand barang secondnya tinggi.

Skrg lagi heboh2nya recall pasti akan turun, tapi kalo dihandle dgn baik ke depannya pasti grenggg lagi.
Sekarang corolla new altis model 09-10 kayaknya mao direcall lagi nih bro, gara2 steering nya bermasalah. Mungkin masalah di sistem power steering.
Jadi manuver mobil gak selalu seperti yg dikehendaki pengemudi....... :mrgreen:
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by datsu »

Risol1 wrote:
FortunerMan wrote:Di negeri lain yg naiknya harga tidak sebanyak di Indonesia, resale value Toyota pun bagus. Sebabnya ya sama seperti Indonesia, karena demand barang secondnya tinggi.

Skrg lagi heboh2nya recall pasti akan turun, tapi kalo dihandle dgn baik ke depannya pasti grenggg lagi.
Sekarang corolla new altis model 09-10 kayaknya mao direcall lagi nih bro, gara2 steering nya bermasalah. Mungkin masalah di sistem power steering.
Jadi manuver mobil gak selalu seperti yg dikehendaki pengemudi....... :mrgreen:
Kalo mobil semakin canggih emang semakin rentan kayanya yaa? hehehe...

hidup mobil konvensional aaah... (gas kabel baja, rem hidrolik, power steering pake oli) :p
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota sedang mengalami ujian berat

Post by Risol1 »

jalu wrote:permisi, nubie numpang lewat...

indonesia memang market yang unik, dimana harga mobil semakin mahal dan daya beli masyarakat pd umumnya semakin menurun, dng demikian orang2 lbh banyak yg bermain "aman" dlm membeli kendaraaan mengingat besarnya pengorbanan biaya yg sdh ada, dan tidak heran bahkan ada yg menganggap beli mbl itu investasi.

karena bbrp kondisi diatas sehingga timbul kriteria sederhana khas masyarakat indonesia dlm memilih mbl :
1. layanan purna jual yang tersebar luas (3S)
2. resale value bagus atau merek2 yg diyakini punya resale value bagus

mengenai model/desain, value for money, reliability,fitur dll itu umumnya kategori lanjutan setelah mbl yg jadi kandidat itu memenuhi 2 syarat simpel diatas.

Nah skrg merek mbl2 apakah yg bs memenuhi 2 syarat simpel diatas selain brand2 Jepang yg dah lama bercokol disini....??? :ungg: :ungg: :ungg:

AFAIK....nubie cuma tau hanya merek2 jepang yg bs memenuhi 2 kriteria itu, makanya ya gak heran meski dikritik overprice, less value for money, fitur cupu, safety kurang dll, tetap saja masyarakat lbh memilih merek2 jepang meski kompetitor dr negara lain menawarkan produk yg spek nya lbh unggul.

sedangkan yang nubie tau, untuk brand2 non jepang & berkualitas bagus, pada umumnya orang2 paling hanya bs bilang..."kutunggu jandamu"..... :upss: :upss:
IMO, resale value itu adalah nilai yg susah dihitung secara ilmiah.
Kalo ane bilang layanan purna jual (3S) itu juga mrpk salah satu faktor pembentuk dari resale value.

resale value itu mungkin lebih cocok diasumsikan dengan residual value, artinya nilai "sisa" dari mobil tsb yg masih dianggap menguntungkan oleh konsumen. Nah karena ini mobil (brg yg nominalnya besar, bukan kaya HP yg kalo rusak bisa langsung dibuang), maka faktor2 resale value bukan hanya diukur dari faktor mobilnya saja, tapi juga faktor2 lain spt faktor support dari produsennya, dll....