[SM Modification] Exhaust Upgrade
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Header 4-4 Exhaust System
mobil2 bensin dan diesel ane jg smuanya header 4-1 koq om kopat... kayanya smua mobil atpm2 sini bikin nya 4-1 sehh
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
Dapet jawaban dr teman saya..
Ternyata, penggunaan perbandingan header ada maksudnya..
Header 4:1 biasa di gunakan pada mobil yang memiliki output cukup besar..tapi kenapa mobil lain seperti AX, swift dkk bisa menggunakan 4:1?jawabannya header yang di pasang merupakan sebuah header yang sudah di perhitungkan untuk harian..jadi header 4:1 untuk race dan harian sebenarnya berbeda..mulai dari diameter sampai ketebalannya..kalau untuk harian, diameter pipa dan ketebalan pipa disamakan dengan aslinya..hanya saja dibuat sedikit lebih plong supaya tarikan lebih mantap..kalau dilihat, jika 4 silinder inline, header 1dan 4 pasti akan menyilang untuk menghasilkan back preasure..
Untuk mobil balap biasanya hanya melengkung sedikit lalu menyambung jadi 1..pipa yg digunakan dalamnya di buat sehalus mungkin supaya plong...lalu dibantu oleh muffler untuk backpreasure..
Klo drag race backpreasure di dapat dari belokan pipa muffler yg cukup ekstrim..setelah di ujung jadi 1 langsung membelok..
Klo pak kopat sendiri headerny seperti apa?
@dohc
Untuk mobil atpm yg menggunakan header 4:1 biasanya headernya pendek dan masuk ke catalic converter dulu..baru setelah itu muffler..jadi intiny sama saja dengan 4:2:1..4:1 nya tidak seplong buatan sendiri..
Cimw..
Ternyata, penggunaan perbandingan header ada maksudnya..
Header 4:1 biasa di gunakan pada mobil yang memiliki output cukup besar..tapi kenapa mobil lain seperti AX, swift dkk bisa menggunakan 4:1?jawabannya header yang di pasang merupakan sebuah header yang sudah di perhitungkan untuk harian..jadi header 4:1 untuk race dan harian sebenarnya berbeda..mulai dari diameter sampai ketebalannya..kalau untuk harian, diameter pipa dan ketebalan pipa disamakan dengan aslinya..hanya saja dibuat sedikit lebih plong supaya tarikan lebih mantap..kalau dilihat, jika 4 silinder inline, header 1dan 4 pasti akan menyilang untuk menghasilkan back preasure..
Untuk mobil balap biasanya hanya melengkung sedikit lalu menyambung jadi 1..pipa yg digunakan dalamnya di buat sehalus mungkin supaya plong...lalu dibantu oleh muffler untuk backpreasure..
Klo drag race backpreasure di dapat dari belokan pipa muffler yg cukup ekstrim..setelah di ujung jadi 1 langsung membelok..
Klo pak kopat sendiri headerny seperti apa?
@dohc
Untuk mobil atpm yg menggunakan header 4:1 biasanya headernya pendek dan masuk ke catalic converter dulu..baru setelah itu muffler..jadi intiny sama saja dengan 4:2:1..4:1 nya tidak seplong buatan sendiri..
Cimw..

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Header 4-4 Exhaust System
hmmm mesin emangnya butuh back pressure buat apa bro??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Header 4-4 Exhaust System
Biar gas buang nggak meledak2 keluarnya. Kalau tekanan tiba2, ntar katup buang bisa panas dan rontok.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
setuju dengan bro asudarsono..
biar gasnya tidak meledak-ledak..karena kemungkinan pembakaran keluar hingga ke manipol sangat besar..
semakin plong seperti itu, justru akan merusak piston dan katup-katupnya..
biar gasnya tidak meledak-ledak..karena kemungkinan pembakaran keluar hingga ke manipol sangat besar..
semakin plong seperti itu, justru akan merusak piston dan katup-katupnya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Header 4-4 Exhaust System
hmmm gw masih ga ngerti bro... bukannya kalau free flow berarti gas buang lebih lega??
atau mungkin backpressure itu biar tekanan di blok ga berubah pas katup buka dibuang??bener ga??
atau mungkin backpressure itu biar tekanan di blok ga berubah pas katup buka dibuang??bener ga??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Header 4-4 Exhaust System
setau gw, kalo free flow yg biasa ada ditulisin di type2 muffler, itu dlm muffler lsg bablas, ga ada saringan lain lagi. yg gw liat di remus free flow spt itu. klo muffler std isinya bs ada lebih dari 1 pipa saringan lalu jalan masuk pipa nya di sisi kanan (misalnya), keluar nya dari sisi kiri. cmiiw.maskopat wrote:emang perlu backpressure ya? gimana dengan knalpot model free-flow? apakah ini ada back pressure juga? mohon pencerahan..
kalo manifold system nya tetep 4-2-1(misalnya) tetep ada pressure.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Header 4-4 Exhaust System
nubie coba jawab nih pak...herbid wrote:Pingin bertanya pada suhu2x semua,
kenapa header dan system exhaust harus disatukan pada ujungnya ?
Jika melihat pada mesin motor yg bersilinder satu,
mesin tsb mempunyai 1 knalpot.
Bagaimana jika mesin mobil yang punya 4 silinder,
meniru model kenalpot motor,
di mana mesin juga punya 4 knalpot,
alias satu silinder dengan satu kenalpot ...... :![]()
edited:
Contoh seperti pada mesin motor 2 silinder berikut:
kalo mobil biasa, dari 4-2-1 dijadiin 4-4, spt nya nanti torque nya bisa turun drastis. mungkin bs spt, niup dengan satu sedotan pasti beda dengan 10sedotan.
dulu pernah nih, minta modif exhaust system, ingin perbesar pipa dari setelah manifold. cuma si muffler man nya saranin jgn terlalu besar inchi nya, krn nanti mobil bisa kekurangan torque walaupun utk top speed nya agak bagus.
kalo motor (spt diagram vtwin), bobot nya motor / mobil funny drag race itu gak seberat mobil biasa. lalu jarak dari mesin sampe ujung pipa gak sejauh mobil std.
ada lg exhaust yg agak lain di motor vtwin, 2-1,5. ada 2 pipa, x & y. yg x lsg bercabang dua, yg satu lsg sampe ke ujung kiri, dan yg cabang satu nya lagi akan menyatu dgn pipa y. ini di system thunder header, biasanya utk motor touring (mungkin ada yg familiar?). ujung cabang x yg lsg itu hawa nya lebih adem ketimbang yg satu nya.
gw jg kurang jelas adv/disadv utk ke power.
imo lho..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Header 4-4 Exhaust System
roadtrain99 wrote:
ada lg exhaust yg agak lain di motor vtwin, 2-1,5. ada 2 pipa, x & y. yg x lsg bercabang dua, yg satu lsg sampe ke ujung kiri, dan yg cabang satu nya lagi akan menyatu dgn pipa y. ini di system thunder header, biasanya utk motor touring (mungkin ada yg familiar?). ujung cabang x yg lsg itu hawa nya lebih adem ketimbang yg satu nya.
gw jg kurang jelas adv/disadv utk ke power.
imo lho..
wah gak kebayang sambungan atau bentukna bro,
ada gambar bwt referensi ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
klo masalah backpreasure kita ibaratkan seperti ini..
ambil nafas dalam,
coba anda tiup 4 sedotan yang sama dalam mulut..(sedotan yang bisa dibengkokin)
pertama* empat sedotan tadi anda tiup tanpa dibelokkan..
percobaan yang kedua tiup saat sedotan di belokkan(terserah mau dibelokkan kemana)..terasakah bedanya?
saat meniup sedotan tanpa belokan tadi rasanya seperti plong dan nafas kita cepat habis..lain lagi bila kita meniupnya saat dia dibengkokkan..mungkin itulah kira-kira yang terjadi di mesin..
cmiw..
ambil nafas dalam,
coba anda tiup 4 sedotan yang sama dalam mulut..(sedotan yang bisa dibengkokin)
pertama* empat sedotan tadi anda tiup tanpa dibelokkan..
percobaan yang kedua tiup saat sedotan di belokkan(terserah mau dibelokkan kemana)..terasakah bedanya?
saat meniup sedotan tanpa belokan tadi rasanya seperti plong dan nafas kita cepat habis..lain lagi bila kita meniupnya saat dia dibengkokkan..mungkin itulah kira-kira yang terjadi di mesin..
cmiw..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
thunder header itu sistem headernya milik HD bukan?roadtrain99 wrote:nubie coba jawab nih pak...herbid wrote:Pingin bertanya pada suhu2x semua,
kenapa header dan system exhaust harus disatukan pada ujungnya ?
Jika melihat pada mesin motor yg bersilinder satu,
mesin tsb mempunyai 1 knalpot.
Bagaimana jika mesin mobil yang punya 4 silinder,
meniru model kenalpot motor,
di mana mesin juga punya 4 knalpot,
alias satu silinder dengan satu kenalpot ...... :![]()
edited:
kalo mobil biasa, dari 4-2-1 dijadiin 4-4, spt nya nanti torque nya bisa turun drastis. mungkin bs spt, niup dengan satu sedotan pasti beda dengan 10sedotan.
dulu pernah nih, minta modif exhaust system, ingin perbesar pipa dari setelah manifold. cuma si muffler man nya saranin jgn terlalu besar inchi nya, krn nanti mobil bisa kekurangan torque walaupun utk top speed nya agak bagus.
kalo motor (spt diagram vtwin), bobot nya motor / mobil funny drag race itu gak seberat mobil biasa. lalu jarak dari mesin sampe ujung pipa gak sejauh mobil std.
ada lg exhaust yg agak lain di motor vtwin, 2-1,5. ada 2 pipa, x & y. yg x lsg bercabang dua, yg satu lsg sampe ke ujung kiri, dan yg cabang satu nya lagi akan menyatu dgn pipa y. ini di system thunder header, biasanya utk motor touring (mungkin ada yg familiar?). ujung cabang x yg lsg itu hawa nya lebih adem ketimbang yg satu nya.
gw jg kurang jelas adv/disadv utk ke power.
imo lho..
tapi klo dilihat-lihat, pipa headernya tetap memiliki belokan untuk preasure lagi ke mesin..
seingat saya ini sistem 2:1 ya headernya..jadi 2 piston kiri satu header 2 piston kanan satu header...tapi motor-motor begini malah berisik suara mesinnya karena mufflernya tidak sepanjang mobil notabene cc nya sama..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Header 4-4 Exhaust System
masalah backpressure bisa jg kita ambil contoh swaktu kita lagi berlari dgn melakukan 2 macam pernapasan... kalo kita sambil lari dan bernapas dgn menggunakan pernapasan hidung maka kita bisa lebi lambat cape nya ketimbang kita lari sambil melakukan pernapasan mulut yg dmana walaupun berasa jauhh lebi bertenaga tapi jg jauhh lebi cepet cape nya...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Header 4-4 Exhaust System
yang ane bayangin sih,
1. piston ke bawah menyedot udara dan bahan bakar, katup masuk dibuka.
2. piston ke atas, katup masuk ditutup. terjadi kompresi.
3. pada saat kompresi penuh, busi dipijarkan sehingga terjadi pembakaran di silinder yang mengakibatkan piston ke bawah menggerakkan kruk as.
4. piston kembali ke atas untuk membuang sisa pembakaran yang larinya ke knalpot, katup buang dibuka.
nah, menurut ane, kalo terjadi back pressure, pada saat langkah ke-4, jadi lambat, sehingga piston yang lain kerjanya gak maksimal. jadi malah menghambat tenaga dari piston lain.
selama ini yang ane pahamin, semakin bagus keluaran gas buang, semakin bagus tenaga yang dihasilkan.
kalau emang mau dibikin backpressure, kenapa gak dari katup buang aja bukaannya jangan terlalu besar.
mohon pencerahan.
1. piston ke bawah menyedot udara dan bahan bakar, katup masuk dibuka.
2. piston ke atas, katup masuk ditutup. terjadi kompresi.
3. pada saat kompresi penuh, busi dipijarkan sehingga terjadi pembakaran di silinder yang mengakibatkan piston ke bawah menggerakkan kruk as.
4. piston kembali ke atas untuk membuang sisa pembakaran yang larinya ke knalpot, katup buang dibuka.
nah, menurut ane, kalo terjadi back pressure, pada saat langkah ke-4, jadi lambat, sehingga piston yang lain kerjanya gak maksimal. jadi malah menghambat tenaga dari piston lain.
selama ini yang ane pahamin, semakin bagus keluaran gas buang, semakin bagus tenaga yang dihasilkan.
kalau emang mau dibikin backpressure, kenapa gak dari katup buang aja bukaannya jangan terlalu besar.
mohon pencerahan.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
^
nah itu dia bro, semakin plong semakin baik tenaga yang dihasil kan..tapi kata plong ini perlu di beri tanda kutip..
kalau terlalu plong pun tidak baik karena sisa pembakaran tadi tidak boleh semuanya keluar langsung plong, harus ada hambatan walaupun sedikit..(menurut buku tentang teknik mesin yang saya baca)..maka dari itu plongnya ini pun di perhitungkan dari besar pipa header, lekukan header sampai ke muffler...ini menjaga supaya nafas mesin tidak cepat habis, coba klo tidak ada backpreasure sama sekali pasti nafasnya cepat sekali habis...
maka dari itu bila mengganti header dari std ke 4:1 harus dibikin lebih plong dari header aslinya namun tetap ada perhitungan untuk backpreasure..
cimw..
nah itu dia bro, semakin plong semakin baik tenaga yang dihasil kan..tapi kata plong ini perlu di beri tanda kutip..
kalau terlalu plong pun tidak baik karena sisa pembakaran tadi tidak boleh semuanya keluar langsung plong, harus ada hambatan walaupun sedikit..(menurut buku tentang teknik mesin yang saya baca)..maka dari itu plongnya ini pun di perhitungkan dari besar pipa header, lekukan header sampai ke muffler...ini menjaga supaya nafas mesin tidak cepat habis, coba klo tidak ada backpreasure sama sekali pasti nafasnya cepat sekali habis...
maka dari itu bila mengganti header dari std ke 4:1 harus dibikin lebih plong dari header aslinya namun tetap ada perhitungan untuk backpreasure..
cimw..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Header 4-4 Exhaust System
berarti ada nilai optimal di antara plong dan ditahan.. gitu ya om?NYoman wrote:^
nah itu dia bro, semakin plong semakin baik tenaga yang dihasil kan..tapi kata plong ini perlu di beri tanda kutip..
kalau terlalu plong pun tidak baik karena sisa pembakaran tadi tidak boleh semuanya keluar langsung plong, harus ada hambatan walaupun sedikit..(menurut buku tentang teknik mesin yang saya baca)..maka dari itu plongnya ini pun di perhitungkan dari besar pipa header, lekukan header sampai ke muffler...ini menjaga supaya nafas mesin tidak cepat habis, coba klo tidak ada backpreasure sama sekali pasti nafasnya cepat sekali habis...
maka dari itu bila mengganti header dari std ke 4:1 harus dibikin lebih plong dari header aslinya namun tetap ada perhitungan untuk backpreasure..
cimw..
berarti pemahaman ane selama ini salah ya.. thank om udah sharing...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
betul bro, ada tekanan optimal yang harus dicapai oleh mesin..nilai ini tidak didapat oleh header bawaan pabrik..maka dari itu bila ingin menaikkan performance mesin (kecil-kecilan lah) ganti header yang sesuai..knalpot sepertinya tidak perlu..maskopat wrote:berarti ada nilai optimal di antara plong dan ditahan.. gitu ya om?NYoman wrote:^
nah itu dia bro, semakin plong semakin baik tenaga yang dihasil kan..tapi kata plong ini perlu di beri tanda kutip..
kalau terlalu plong pun tidak baik karena sisa pembakaran tadi tidak boleh semuanya keluar langsung plong, harus ada hambatan walaupun sedikit..(menurut buku tentang teknik mesin yang saya baca)..maka dari itu plongnya ini pun di perhitungkan dari besar pipa header, lekukan header sampai ke muffler...ini menjaga supaya nafas mesin tidak cepat habis, coba klo tidak ada backpreasure sama sekali pasti nafasnya cepat sekali habis...
maka dari itu bila mengganti header dari std ke 4:1 harus dibikin lebih plong dari header aslinya namun tetap ada perhitungan untuk backpreasure..
cimw..
berarti pemahaman ane selama ini salah ya.. thank om udah sharing...
sama-sama bro..
pada dasarnya saya juga sebelumnya sempat salah tentang knalpot..saya kira, free flow itu ya loss gitu, ternyata ada hitungannya..
salam..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Header 4-4 Exhaust System
Dapet bro jawabanna:
(tapi inggris ya)
http://www.kengineering.info/header%20d ... rticle.htm
"The second is by taking advantage of a pressure wave phenomenon that occurs inside the header tube and utilizing it to create a low pressure area in the exhaust port during the overlap period of the valve timing events."
Terjemahan bebas:
Header (manifold) dibutuhkan untuk menghasilkan Gelombang Tekanan yang akan membentuk Area Kevakuman,
di mana Low Pressure tsb berguna untuk menghisap sisa gas buang keluar sekaligus (membantu) menyedot campuran bensin dan udara dari/ke ruang bakar (yang dikenal dengan istilah Scavenging),
pada saat Overlap atau klep masuk dan klep buang terbuka bersamaan.
Smoga bermanfaat.
(tapi inggris ya)
http://www.kengineering.info/header%20d ... rticle.htm
"The second is by taking advantage of a pressure wave phenomenon that occurs inside the header tube and utilizing it to create a low pressure area in the exhaust port during the overlap period of the valve timing events."
Terjemahan bebas:
Header (manifold) dibutuhkan untuk menghasilkan Gelombang Tekanan yang akan membentuk Area Kevakuman,
di mana Low Pressure tsb berguna untuk menghisap sisa gas buang keluar sekaligus (membantu) menyedot campuran bensin dan udara dari/ke ruang bakar (yang dikenal dengan istilah Scavenging),
pada saat Overlap atau klep masuk dan klep buang terbuka bersamaan.
Smoga bermanfaat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Header 4-4 Exhaust System
Wah dapet jawaban yg lebih lengkap..
Thk's bro herbid..
Thk's bro herbid..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
[ASK] Kolektor Header 4-1
[LEFT]
Gambar di atas terlihat jika Outlet Kolektor lebih besar dari Inletnya.

Sedangkan gambar ke 2 menunjukkan Outlet Kolektor lebih kecil dibanding Inletnya.
Apa perbedaan signifikan antara ke 2 tipe kolektor tsb ??[/LEFT]

Gambar di atas terlihat jika Outlet Kolektor lebih besar dari Inletnya.

Sedangkan gambar ke 2 menunjukkan Outlet Kolektor lebih kecil dibanding Inletnya.
Apa perbedaan signifikan antara ke 2 tipe kolektor tsb ??[/LEFT]
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ASK] Kolektor Header 4-1
SL ane seperti gambar yang pertama. tapi sedikit beda. nanti deh ane jepret...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [ASK] Kolektor Header 4-1
perbedaan nya, tergantung setingan engine... efek yg dihasilkan memang beda. saya sendiri belum pernah mencoba seperti gambar pertama, rata2 ukuran dari header ke belakang sama size nya. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: [ASK] Kolektor Header 4-1
IMO tergantung seberapa besar backpressure yang dibutuhkan, kalo yang punya gw sih outlet skr sama dengan inletnya, kalo dulu pas masi standar outlet lebi kecil dari inlet.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: [ASK] Kolektor Header 4-1
memang ada banyak teori tentang design header,
salah satunya:
http://www.kengineering.info/header%20d ... rticle.htm
"The rule of thumb for merged venturi collectors used on 4 cylinder engines is the outlet should be two tubing sizes larger than the primary tubes then transition up to the normal size of a straight collector..................
..........The transition should have about a 14 degree taper."
Terjemahan:
Ukuran Outlet Kolektor harus 2 kali lebih besar dari Pipa Primer,
lalu Pipa amengecil menjadi ukuran normal pada "Straight Collector".
Misal tabung primer menggunakan OD 1,5 Inchi, makak Outlet Kolektor adalah 3 Inchi dan secara gradual mengecil menjadi 2,5 Inchi.
Sudut kemiringan "Taper" pada Kolektor adalah sekitar 14 derajat.
BTW. Definisi Taper ada pada gambar di bawah:

Smoga bermanfaat.
salah satunya:
http://www.kengineering.info/header%20d ... rticle.htm
"The rule of thumb for merged venturi collectors used on 4 cylinder engines is the outlet should be two tubing sizes larger than the primary tubes then transition up to the normal size of a straight collector..................
..........The transition should have about a 14 degree taper."
Terjemahan:
Ukuran Outlet Kolektor harus 2 kali lebih besar dari Pipa Primer,
lalu Pipa amengecil menjadi ukuran normal pada "Straight Collector".
Misal tabung primer menggunakan OD 1,5 Inchi, makak Outlet Kolektor adalah 3 Inchi dan secara gradual mengecil menjadi 2,5 Inchi.
Sudut kemiringan "Taper" pada Kolektor adalah sekitar 14 derajat.
BTW. Definisi Taper ada pada gambar di bawah:

Smoga bermanfaat.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [ASK] Kolektor Header 4-1
kalo di livina malah laen lagi... lebih plonggg kluarnya kaga pake tekuk2 pipa nya soalnya posisi intake dan outake nya dibikin tebalik....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: [ASK] Kolektor Header 4-1
gak kebayang,
gambarnya dong bro .....
gambarnya dong bro .....