Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

Mesin mobil saya jika berhenti sebentar, 5 sampai 10 menit, atau kemarin pernah hampir 1 jam saat parkir di Kemayoran,
mobil gampang untuk dinyalakan.

Tapi sering apabila berhenti 2 sampai sekitar 4 jam-an,
mobil sangat sulit dinyalakan,
perlu 5 - 6 kali starter dengan waktu kontak yang lama.

Sedangkan apabila mobil berhenti lama sekalian,
misal semalaman atau sharian,
maka mobil kembali mudah untuk distart.

Cukup dengan sekali kontak dalam waktu setengah detikkan (2 - 3 cranking motor),
mesin langsung menyala.

Saya curiga dengan koilnya,
ada yang punya pengalaman serupa ?
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by grandscenic »

Bro, biar lbh memudahkan teman2 memberi masukan, ada baiknya disebut mobil & tipenya apa, thn brp.., skdar saran. :big_peace:
Etme Bulma Dünyası
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

oh ya,
mazda astina 91 bro.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by m4rio »

oh ya broo. ane juga punya pengalaman yg sama tuh. kendaraan kijang kapsul thun 2002. dari baru begitu. pokoknya asal mesin panas, n dimatiin agak lama aja, nyalainnya susah bgt, klo cuman sebentar masih cepet buat nyalainnya. nah kalo semalaman di tinggal paginya langsung grenggggg..........
kata mekanik beres itu setelan campuran HIC ( Hot idle compensator ) klo gk salah nulis ya..
tapi kata dia, kalo mau di setel nti pas dingin gk jamin bisa gampang hidup kyk sebelum di setel.. kan aneh ya broo..

trus kata mekanik lain.. itu disebabkan karena uap bensin yang masih ada di sekitar intake manifold, jadi pada saat di start kembali campurannya terlalu banyak bensin.. beda kalau pas pagi atau ud semalaman di matiin. kan pasti butuh bahan bakar banyak mangkanya nyalanya gampang..

ini ish berdasarkan yang ane tau n yang ane dapet aja ya. kalau salah ya maap.. kalao ada yg mau nambahin sihlakan......
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

thx 4 ur info bro,
sampe sekarang masih sperti itu mobilna ?
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by m4rio »

masih tuh broo. ud malas juga lah mau di perbaiki, yang penting masih bisa idup aja. hehehehehe
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

m4rio wrote:masih tuh broo. ud malas juga lah mau di perbaiki, yang penting masih bisa idup aja. hehehehehe

tapi apa kijang lain model ente punya juga sperti itu semua bro ?

ane pernah baca di buku manual servicenya,
memang ada katup solenoid pengatur Fuel Presure Regulator,
yang harus menutup kalo suhu mesin saat di matiin masih tetap panas,
terutama saat parkir siang.

hal ini untuk mencegah uap bensin yang banyak menguap karena panas,
masuk ke ruang bakar

kalo uap itu masuk,
mesin jadi susah hidup.

pada mobil ane,
memang katup tsb sudah dibypass,
mungkin itu yang menimbulkan gejala susah start sekarang pada kondisi tertentu.

coba cek deh bro mengenai katup solenoid elektrik yang mengatur FPR di mobil kijangnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by DOHC »

numpang curhat jg yahh... kalo di mobil kijang box bokap ane, malah kalo mesin uda panas atau uda jalan agak jauhh, gt dimatiin mesin trus mo dinyalain lagi malah susah tuh, kadang ampe kasian gt liatnya mo nyala mesin aja... aneh nya tiap kali abis bersih2 karburator tuh mesin bener, tapi ga lama yah kambuh lagi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

banjir mungkin karbuna bro.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by jalu »

@dohc & mario...

btw apakah kijang kalian itu mesin 7K ??
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by DOHC »

ane punya bukan tuh, kakak pembina.... ane punya mah masi yg kijang super punya mesin... 1500cc karbu.... yg banyak dipake ama angkot2 itu logh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by jalu »

AFAIK, penyakit umum mesin kijang K series karburator seperti itu, jika mbl sdh dipake trus berhenti, maka distart lg susah, saya coba tanya2 beberapa mekanik beres ternyata jawabannya beda2. Tapi ya salah satu cara untuk mesin kijang supaya start lbh mudah disaat panas yaitu dengan cara menginjak pedal gas secara penuh saat distart.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by DOHC »

nahh bener tuh bro... tapi cara ini jg kaga slalu manjur seh... yg ada malah cara ini yg musti ane pake tiap kali mo nyalain panther ane kalo pagi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by jalu »

saya jg msh blm tau pasti apa sebabnya, sebab saya tanya mekanik beres jawabnya macam2, ada yg bilang krn kompresi udah turun, ada yg bilang krn pengapian msh platina jd kurang stabil (disuruh ganti distirbutor pake 7K-E), ada jg yg menjawab krn karburator banjir.

btw saya pernah ganti platina kijang saya pake cdi aftermarket, dan itu cukup membantu, setidaknya gak harus beberapa kali crank udah hidup.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

jalu wrote:@dohc & mario...

btw apakah kijang kalian itu mesin 7K ??
ya mobil ane kapsul 7K,
waktu baru bermasalah begitu.

akhirnya karbu diganti copotan singapura,
kira2x 5 tahun lalu,
sampe sekarang malah lebih mulus .......
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by DOHC »

kalo ane dulu ganti platina / distributor nya (lupa ane) malah bikin susah start nya tuh bro, agak lama ngik ngek2 nya baru grengg gt... akhirnya balik ke yg bawaan mobil nya malah lebi enak jauhh... stelan karburator pun jg uda di kutak katik, malah jadi ga karuan, perna tiap pagi malah susah nyala mesin nya tapi kalo uda panas malah ga masalah... bahh pusingin dahh untung ini mobil jarang dipake...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by jalu »

cocok deh kalo gt,

menurut montir beres toyota, memang mesin 7K karbu yang paling banyak mengalami susah start kalo dah berhenti agak lama.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

jalu wrote:cocok deh kalo gt,

menurut montir beres toyota, memang mesin 7K karbu yang paling banyak mengalami susah start kalo dah berhenti agak lama.

sepertina begitu,
dari beberapa kali dengar kijang kalo dinyalain (setelah beberapa saat berenti),
kebanyakan emang rada susah bro ....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by sjamsul »

DOHC wrote:numpang curhat jg yahh... kalo di mobil kijang box bokap ane, malah kalo mesin uda panas atau uda jalan agak jauhh, gt dimatiin mesin trus mo dinyalain lagi malah susah tuh, kadang ampe kasian gt liatnya mo nyala mesin aja... aneh nya tiap kali abis bersih2 karburator tuh mesin bener, tapi ga lama yah kambuh lagi...
hmmmmmmm (sambil ngupi n mengisap sebatang rokok kesayangan)........ ada kemungkinan tengki bensinnya dah kotor, jadi mesti dikuras ato dibersihkan itu tengkinya bro..... (nerusin lagi ngupinye)........

ma kasih yeeeeeeee........... :upss: ..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: ......
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by sjamsul »

jalu wrote:AFAIK, penyakit umum mesin kijang K series karburator seperti itu, jika mbl sdh dipake trus berhenti, maka distart lg susah, saya coba tanya2 beberapa mekanik beres ternyata jawabannya beda2. Tapi ya salah satu cara untuk mesin kijang supaya start lbh mudah disaat panas yaitu dengan cara menginjak pedal gas secara penuh saat distart.
sebaiknya jangan dilakukan hal ini, krn kasian mesinnya....... jadi mesti dicari penyebabnya satu persatu... antara lain saat serpis karbu, mk (sebaiknya) jeroan karbunya diganti juga ......
ane pernah pake kijang spt itu... n ampe dijual ga ada masalah spt ini.............. :big_smoking: .....



' kijangggggggggg.............. memang tiada duanya'.................................. :ngacir: :ngacir: :ngacir: ....................
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by Dogies »

tambahin ground kabel dari aki minus (-) ke bodi dinamo starter bro... kabelnya ukuran NYAF 10mm...
mudah2an tokcer...
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by herbid »

sjamsul wrote:
jalu wrote:AFAIK, penyakit umum mesin kijang K series karburator seperti itu, jika mbl sdh dipake trus berhenti, maka distart lg susah, saya coba tanya2 beberapa mekanik beres ternyata jawabannya beda2. Tapi ya salah satu cara untuk mesin kijang supaya start lbh mudah disaat panas yaitu dengan cara menginjak pedal gas secara penuh saat distart.
sebaiknya jangan dilakukan hal ini, krn kasian mesinnya....... jadi mesti dicari penyebabnya satu persatu... antara lain saat serpis karbu, mk (sebaiknya) jeroan karbunya diganti juga ......
ane pernah pake kijang spt itu... n ampe dijual ga ada masalah spt ini.............. :big_smoking: .....



' kijangggggggggg.............. memang tiada duanya'.................................. :ngacir: :ngacir: :ngacir: ....................


Kalo nginjek gas penuh,
memang ditulis di buku servis manualnya.

cuma begitu nyala harus langsung diangkat,
biar rpm gak mendadak tinggi.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by POS VETT »

Ini biasanya problem di fuel pump. Di fuel pump ini ada yg namanya "check valve". Kalo check valve-nya bocor, bensin yg ada di saluran bensin/fuel rail jadi hilang tekananannya setelah waktu yg cukup lama. Kalau sebentar, tekanan saluran bensin masih tinggi dan mobil bisa start dalam waktu yg singkat. Hal ini juga bisa gara2 fuel pressure regulator yg bocor, tapi biasanya check valve.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by y_anjasrana »

Yg nanya pertama mazda astina, koq pada jawabnya kijang sih...

:ungg:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Waktu Kritis Tertentu Untuk Menyalakan Mesin

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Yg nanya pertama mazda astina, koq pada jawabnya kijang sih...

:ungg:
hmm.... udah biasaaaaaaaaa.................. wakakakakakakaka............... :upss: