Tips berkendara aman

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Tips berkendara aman

Post by ibar78 »

Ini adalah sebagian kecil dari tips berkendara aman yang beredar selama ini, tapi tidak ada salahnya untuk dibaca.

Berkendara di jalan Tol

- Masuk gerbang Tol, perhatikan marka garis utuh yang ada sebelum gerbang tol, diusahakan tidak melampaui garis tersebut, karena garis itu bukan hasil sebuah vandalisme, tapi peringatan untuk kendaraan yang melintas. Dasar Hukum : Pasal 106 (4) UU No. 22/2009

- Sebisa mungkin tidak membuang tiket tol keluar dari kendaraan anda, karena anda akan menyumbang sampah yang beredar di sekitar gerbang tol.
Dasar hukum : Pasal 42, PP No.15/2005

- Berhati-hati ketika berpindah lajur untuk mendahului, gunakan lampu sign 2 detik sebelum mulai berpindah lajur, hal ini dilakukan untuk memberikan waktu antisipasi kepada pengemudi di belakang kita.
Sewaktu berpindah lajur, pastikan lajur yang anda tuju dalam keadaan aman.
Dasar Hukum : Pasal 52, PP No. 43/1993, diperbaharui di Pasal 109, UU No.22/2009

- Ketika melihat orang lain telah menghidupkan sign di depan anda, tanda akan berpindah lajur, perlambat kendaraan anda, bukan menambah kecepatan, karena hal ini sangat membahayakan diri anda juga orang lain.
Dasar Hukum : Pasal 52 (5) dan Pasal 56, PP. No. 43/1993, diperbaharui di Pasal 109 (3), UU No.22/2009

- Bila anda berniat untuk berkendara sewajarnya, gunakan lajur tengah (bila ada lebih dari 2 lajur), atau gunakan lajur paling kiri bila anda ingin berjalan pada kecepatan minimal yang telah ditetapkan, gunakan lajur kanan atau paling kanan hanya bila anda ingin mendahului. Atau bila anda berada di jalan dengan dua lajur, usahakan berada di kecepatan diatas minimal dari yang ditentukan.
Dasar Hukum : Pasal 41 (1) PP. No.15/2005, Pasal 51 PP No. 43/1993 (diperbaharui di Pasal 108 UU No.22/2009)

- Tetap melihat spion anda secara periodik, bila anda di lajur paling kanan (pada kondisi jalan dengan dua lajur) hal ini dilakukan bila ada kendaraan yang akan mendahului anda dengan memberikan tanda high beam lamp ke arah anda, juga mengantisipasi pengendara ugal-ugalan yang melakukan tail gating di belakang anda, bila kondisi-kondisi ini terjadi, tetap tenang, hidupkan lampu sign kiri, dan tetap melakukan gerakan pada point nomor 2 untuk berpindah lajur.
Dasar Hukum : Pasal 51 PP No. 43/1993 (diperbaharui di Pasal 108 UU No.22/2009)

- Tetap melakukan menjaga jarak minimal 3,5 detik dari kendaraan di depan anda, dengan penjabaran, 1 detik adalah waktu reflek ketika mata mengirimkan sinyal ke otak, lalu 1 detik adalah waktu otak memberikan perintah kepada organ tubuh, 1 detik adalah perkiraan teknis kendaraan (traksi ban, rem, dlsb), 0,5 detik adalah spare waktu dari semuanya.
Dasar Hukum (menjaga jarak, bukan durasi jarak): Pasal 62, PP No.43/1993

- Selain menjaga jarak di depan anda, juga menjaga jarak dengan kendaraan di belakang anda lakukan point nomor 5, usahakan untuk melakukan antisipasi, dengan cara berpindah lajur, jangan melakukan sudden break ini akan membahayakan anda.
Dasar Hukum (posisi kendaraan bukan durasi jarak): Pasal 61, PP No.43/1993

- Ketika anda hendak mendahului kendaraan di depan anda, berikan tanda dengan high beam walau siang hari, lakukan dengan cara yang elegan, bila membandel, tetap pada lajur anda (kondisi ruang di depan
kendaraan depan diprediksi lebih dari 5 detik dengan kendaraan di depannya), sebisa mungkin tidak membuat diri anda di dalam posisi orang yang salah prosedur. Anggap saja mereka yang pelan di lajur yang paling kanan sebagai speed limitter perjalanan anda dan melatih kesabaran ketika berkendara di jalan tol.
Dasar Hukum : Pasal 51 PP No. 43/1993 (diperbaharui di Pasal 108 UU No.22/2009)

- Tidak menggunakan bahu jalan untuk mendahului kendaraan lain.
Dasar Hukum : Pasal 41 (1) UU. No.15/2005

- Tetap waspada dan memperhatikan semua rambu dan marka yang ada sepanjang jalan tol, karena itu adalah guide dasar keselamatan dan etika anda di jalan tol. Salah satu contohnya adalah, perintah untuk menggunakan lampu utama ketika melewati terowongan di salah satu ruas jalan tol, bukan menghidupkan lampu tanda bahaya (hazzard sign).
Dasar Hukum : Pasal 106 (4) UU. No.22/2009

- Diusahakan untuk tidak menggunakan lampu hazard ketika hujan lebat, karena kendaraan lain akan kesulitan untuk mendeteksi gerak kendaraan anda.
Dasar Hukum : tidak ada, hanya etika berkendara.

sumber: http://ac49a53a. thesefiles. com
:popcorn:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tips berkendara aman

Post by asudarsono »

Good post pak...... thx
Ready to Race
Scal3
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Jul 08, 2008 8:56

Re: Tips berkendara aman

Post by Scal3 »

wah jgn nyalain hazard...malah sering liadnya yg nyalain klo hujan gede hahahaha itu tuh yg sering gw liad...jd bingung maw ke kanan ato kirinya hahaha
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Tips berkendara aman

Post by grandscenic »

TWO THUMBS UP :frm_tumbright: :frm_tumbleft: , ada dasar hukumya lagi..
mngkin kesimpulannya : UTAMAKAN KESELAMATAN BUKAN KECEPATAN

sering2 posting ttg Tips semacam ini.. biar para pengemudi SMers bs jd teladan yg baik buat yg laen. :big_peace:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: Tips berkendara aman

Post by afatchur »

Mantabs bro.
Berbagi pengalaman saja.
Gw pernah 2 tahun kerja di perusahaan tambang nikel di Sulawesi. Perusahaan mencoba untuk menurunkan tingkat incidents/kejadian yang membahayakan, accidents/kecelakaan tapi masih bisa bekerja dan disabling injury/kecelakaan yang menyebabkan tidak bisa bekerja lagi besoknya.
Ketiga jenis kecelakaan (nama umumnya) menyebabkan biaya. Mulai dari kesehatan, down time, anxiety, sampai menurunkan kinerja perusahaan dan manajemen, diperingatkan pemerintah, dsb.

Salah satu cara menurunkan ya dengan menyekolahkan semua pemegang SIM Perusahaan di pelatihan safet driving dari Sentul. Di perusahaan kami, yang menyetir kendaraan perusahaan harus lulus ujian SIM Perusahaan. Jadi safety driving ini adalah tambahan yang diwajibkan.

Memang mahal, tapi setelah itu kecelakaan yang melibatkan kendaraan perusahaan turun banyak.

Safety driving ini yang seharusnya diujikan ke seluruh pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. Ditambah penegakan hukum yang tanpa pandang bulu, tak mustahil tingkat kecelakaan bisa turun drastis dan kemacetan berkurang.

Kompas pernah menulis tahun lalu kalau kecelakaan melibatkan sepeda motor di Jakarta sekitar 80 kejadian per hari, dengan tingkat kematian 3 orang per hari. Mengerikan sekali
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tips berkendara aman

Post by asudarsono »

Mengerikan sekali. Orang naik sepeda motor di Jakarta emang bagaikan udah bosen hidup pak. Apalagi kalau boncengin istri sama anak2 sekaligus. Kalau ada data usia korban fatalitas pemakai sepeda motor, kita bisa lihat berapa banyak bunga bangsa yang hilang tiap tahun.

Di Jakarta, penduduknya 8,5 juta, sepeda motor sekitar 2,5 juta

3 x 365 = 1.095 orang mati setiap tahun (0,01% penduduk Jakarta).
80 x 365 = 29.200 kejadian tiap tahun (lebih dari 1% jumlah sepeda motor).

Sebagai perbandingan angka kematian kasar nasional adalah 0,35% artinya dari 1000 penduduk ada 3-4 orang yang meninggal.

Saya pernah baca selama 2 minggu masa angkutan lebaran 2007 terjadi 1.982 kecelakaan sepeda motor, naik dari 96 kejadian pada tahun sebelumnya.
Ready to Race
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips berkendara aman

Post by doq »

bravo!!
dua poin terakhir sdh berkali2 d sebutkan d SM oleh rekan2 lain........tapi memang msh sangat perlu utk d tekankan lagi berkali2 juga.
masih sering melihat d jalan pada saat ujan lebat, kendaraan2 menyalakan lampu hazard..........bikin bingung pada saat mrk mo pindah jalur, solusinya? cuekin aja dan klakson keras2 pd saat mrk mo ambil lajur kta.................klo sampe ngotot2an tinggal bilang aja ga ketauan mo kmana gara2 itu lampu hazard :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips berkendara aman

Post by doq »

oiya...........utk tips berkendara aman, apa masih perlu d sebutkan lg mengenai penggunaan seatbelt??rasanya d jalan sdh smua pengemudi mengenakan seatbelt........ :frm_tumbleft:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tips berkendara aman

Post by poeticmind »

fer... tips berkendara di tol ga berlaku buat elo... wkwkwkwkwk!
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips berkendara aman

Post by doq »

aah.....ga gitu oom.... :ungg:
satu2nya rambu yg g pernah sy turuti d tol cm batas kecepatan maksimum aja kooooo..... :upss: :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tips berkendara aman

Post by poeticmind »

doq wrote:aah.....ga gitu oom.... :ungg:
satu2nya rambu yg g pernah sy turuti d tol cm batas kecepatan maksimum aja kooooo..... :upss: :upss:
bwakakakakaka! itu rambu 100km/j dibaca "minimum 100km/j". :big_peace:
Image
User avatar
Fefe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
Location: Bintaro Sektor 9

Re: Tips berkendara aman

Post by Fefe »

Ikutan ya Om, kalo dulu pernah diajarin pake waktu aman, biasanya 5 second rule, tapi ini sebenarnya sgt tergantung dr speed kita berapa, intinya usahain jangan kurang dari 5 detik dari pengemudi depan kita kalo kita lagi kenceng (>120 kph), supaya kalo ada apa2 masih ada space waktu utk mengamankan diri. Sama satu lagi katanya kalo lagi berhenti (ngantri ato macet),jaraknya supaya kita bisa lihat ban belakang mobil depan kita (tapi kalo di Jakarta begini mah yang ada diklaksonin ama belakang, :shrug: ), and jangan lupa perhatiin blindpot, terutama waktu mau nyalip, ini sering kejadian ternyata ada motor di posisi blindspot kita...emang nyrtir di Jakarta mesti either sangat cerdas atau sangat berengsek :e-doh: , can't be i between
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips berkendara aman

Post by doq »

poeticmind wrote:
doq wrote:aah.....ga gitu oom.... :ungg:
satu2nya rambu yg g pernah sy turuti d tol cm batas kecepatan maksimum aja kooooo..... :upss: :upss:
bwakakakakaka! itu rambu 100km/j dibaca "minimum 100km/j". :big_peace:
yaaa gpp laaa.....
dr pada tikungan pekgo d tol..... :upss: :upss:

......................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tips berkendara aman

Post by Abu2 »

kalo di perempatan, mau terus/lurus, gak boleh idupin lampu hazard khan? :roll:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tips berkendara aman

Post by y_anjasrana »

Kalu ada mobil dari kiri mau pindah ke kanan, udah ngasih "sign", tp posisinya sejajar atau hanya lebih dikit dgn mobil saya, harus kasih jalan nggak?

Biasanya sih rapatin jarak dgn mobil depan biar ga bisa nyelip. Hehehe...

:big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: Tips berkendara aman

Post by gioprivatemove »

Abu2 wrote:kalo di perempatan, mau terus/lurus, gak boleh idupin lampu hazard khan? :roll:
ane kadang pake kadang enggak, tergantung sikon.
y_anjasrana wrote:Kalu ada mobil dari kiri mau pindah ke kanan, udah ngasih "sign", tp posisinya sejajar atau hanya lebih dikit dgn mobil saya, harus kasih jalan nggak?

Biasanya sih rapatin jarak dgn mobil depan biar ga bisa nyelip. Hehehe...

:big_peace:
ya itu tergantung mood anda. wekekekek. kalau mintanya gak nyolot sih monggo-2 aja.
Failure is just another stepping stone to success.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tips berkendara aman

Post by nescafe »

Abu2 wrote:kalo di perempatan, mau terus/lurus, gak boleh idupin lampu hazard khan? :roll:
kalau saya sih, selalu tak nyalakan,, ketika di perempatan mau lurus atau terus... :roll:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Tips berkendara aman

Post by zweifellos »

itulah parahnya di kita (indonesia), orang2 mesti dikasih tanda berlebih biar 'ngeh'. padahal udah jelas, ga ada sign kiri/kanan berarti lurus atau mengikuti jalan utama.

kalo di luar kota, lampu hazard biasanya dipake mobil2 truk ketika bakal bertemu dengan penyetopan (yang bisa bikin orang rem mendadak) seperti perbaikan jalan, jembatan rusak berat, jalan kepake kawinan, dll.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Tips berkendara aman

Post by aburaza »

Abu2 wrote:kalo di perempatan, mau terus/lurus, gak boleh idupin lampu hazard khan? :roll:
ketauan pakcik dr riau...
emg di riau agak aneh. Kata yg ngajarin saya nyetir, dia cr2 di bnyak pedoman mengemudi gak ada tuh lampu hazard buat lurus di perempatan.
Logikanya gini :
Kalo kita nyalakan lampu hazard, org lain di arah kiri liatnya kita mo belok kmn? Trs yg dikanan liatnya kita mo belok mana? Mereka gak bakal duga kita lurus, akhirnya...........BRAKKKK!!!!!
Tul gak? :-)
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tips berkendara aman

Post by Abu2 »

tulllll Da Abu....

driver lulusan TRAC pun, ngidupin hazard kalo lurus di perempatan... :e-doh:

ane aja ampe sekarang suka binun kalo ngeliat kek gitu, kirain mau belok , eh ternyata di lurus..
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Tips berkendara aman

Post by grandscenic »

Abu2 wrote:tulllll Da Abu....

driver lulusan TRAC pun, ngidupin hazard kalo lurus di perempatan... :e-doh:

ane aja ampe sekarang suka binun kalo ngeliat kek gitu, kirain mau belok , eh ternyata di lurus..

Kalo lampu hazard pertanda mo lurus, ini sih budaya / kebiasaan yg terbentuk sendiri oleh para pengemudi, trus disebarin deh ama tmen2 yg baru belajar nyetir.. "Klo mo lurus, nyalain lampu hazard!!" :off_good:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tips berkendara aman

Post by nescafe »

grandscenic wrote:
Abu2 wrote:tulllll Da Abu....

driver lulusan TRAC pun, ngidupin hazard kalo lurus di perempatan... :e-doh:

ane aja ampe sekarang suka binun kalo ngeliat kek gitu, kirain mau belok , eh ternyata di lurus..

Kalo lampu hazard pertanda mo lurus, ini sih budaya / kebiasaan yg terbentuk sendiri oleh para pengemudi, trus disebarin deh ama tmen2 yg baru belajar nyetir.. "Klo mo lurus, nyalain lampu hazard!!" :off_good:
hmm,, okay,,, berarti gw salah selama ini.. :frm_salut:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Tips berkendara aman

Post by zweifellos »

mungkin bisa dibahas di sini peraturan2 lalu lintas yang kita sering salah kaprah atau juga peraturan2 standar. kaya misalnya kalo mo belok kanan kita ngambil jalur yang kanan atau yang kiri (pas di tengah2 perempatannya itu), ketika terjadi kemacetan di pertigaan hak buat jalan ada pada yang lagi ngantri macet atau buat yang belok, trus pas di perempatan dengan kondisi lampu masih hijau tapi depan terlihat antrian apakah aturannya membolehkan kita langsung maju ke depan (sehingga kita berhenti di tengah2 perempatan) atau malah mesti menunggu sampai kita ntarnya bisa benar2 ngelewatin tengah2 perempatan, dll.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Tips berkendara aman

Post by aburaza »

Abu2 wrote:tulllll Da Abu....

driver lulusan TRAC pun, ngidupin hazard kalo lurus di perempatan... :e-doh:

ane aja ampe sekarang suka binun kalo ngeliat kek gitu, kirain mau belok , eh ternyata di lurus..
Ditempat ane ( di sebuah kota kecil di pulau kecil di tepi selat Malaka) mobil-mobil plat merah yang pakai hazard (padahal mobilnya Rush, Terios, Cevro Estate, New X-Trail lho...gak nyambung ya?). Parahnya....polisi ada yang kayak gitu juga... :e-snooty:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan