demikianlah yg bisa saya simpulkan dr diskusi ini,
monggo kalo ada yang ingin nambahkan atau mungkin sanggahan....tetap ditunggu opini teman2 disini....

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
jalu wrote:thanks opininya oom....the-mantal wrote:om jalu,
mnurut saya berapa pun jumlah gigi yang dimiliki, selama dia berfungsi baik dan awet, maka transmisi itu masih tetap up to date.
saya tidak mementingkan akselerasi dan deselerasi karena saya bukan tipe pengemudi yang agresif.
pada kenyataannya perjalanan di dalam kota, overdrive (gigi 4) jarang sekali dipakai...
jadi punya gigi 5, gigi 6, gigi 7, gigi 8 juga percuma aja kalo situasinya ngga memungkinkan utk digunakan...
IMO, masih tetap akan bertahan lama,jalu wrote:jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....??
masih kutunggu info & opini dari pakar lainnya........DOHC wrote:bro GTR uda menjelaskann... masalah terjawab...![]()
![]()
itu karena apa ya om masih tetap akan bertahan lama? faktor biaya? kehandalan dan ketangguhan? atau?GTR wrote:IMO, masih tetap akan bertahan lama,jalu wrote:jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....??
karena di sisi lain, transmisi seperti ini cocok untuk mobil2 yang tidak dituntut modern / efisiensi tinggi, misal kebanyakan pick-up atau truk karena biasanya kategori kendaraan seperti ini umumnya termasuk terakhir aplikasi tuntutan efisiensi nya.
bahkan Lexus IS-F dilengkapi 8 speed Sport Direct Shift Transmissionaldy wrote:Ikutan menyimak he2![]()
Mercedes tuh 7G-Tronic..
asudarsono wrote:12 speed mah copotan dari trailer head yg buat narik kontainer .... tapi yg dicopot emblemnya aja kali
ane gak setuju...DOHC wrote:stuju ama bro risol(es)...
ikutan ah.....ikut penasaran maksudnya.......hehehehe....maskopat wrote:ane gak setuju...DOHC wrote:stuju ama bro risol(es)...![]()
.......
terutama terbentur cost.zweifellos wrote:itu karena apa ya om masih tetap akan bertahan lama? faktor biaya? kehandalan dan ketangguhan? atau?GTR wrote:IMO, masih tetap akan bertahan lama,jalu wrote:jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....??
karena di sisi lain, transmisi seperti ini cocok untuk mobil2 yang tidak dituntut modern / efisiensi tinggi, misal kebanyakan pick-up atau truk karena biasanya kategori kendaraan seperti ini umumnya termasuk terakhir aplikasi tuntutan efisiensi nya.
Perbandingan real seperti ilustrasi di atas, kali ini Jazz mewakili 5AT dan Yaris mewakili 4AT:GTR wrote: Advantages pada matic dgn ratio lebih banyak, 4 speed vs 5 speed:
Ratio terbesar sebut saja gigi-1 di 5 speed bisa dibikin sedikit lebih besar daripada gigi-1 pada 4 speed, dengan ekspektasi pick-up/start power lebih kuat.
Sebaliknya,
Ratio terkecil sebut saja topgear, di 5 speed bisa sedikit lebih kecil daripada topgear 4 speed, dengan ekspektasi putaran mesin di kecepatan tinggi bisa lebih rendah => relatif lebih hemat bbm.
Ratio gigi pertama sedikit lebih besar dan topgear sedikit lebih kecil.
Ini hanya bisa dimungkinkan apabila sudah ada jarak antar ratio yg cukup rapat. kalo ngga, akan terjadi kurva torsi yg anjlok2 berlebihan setiap perpindahan antar ratio => pemborosan bahan bakar dan mengorbankan torsi/power.
Disamping itu,
Ratio lebih rapat memungkinkan perpindahan gigi lebih sigap/tangkas dan menggunakan ratio yg lebih ideal;
& reduce hunting gear atau "posisi gigi tanggung", gigi terkesan "nyangkut" di posisi gigi tertentu biasanya posisi gigi tinggi.
Biasanya karena ECT/governor enggan memerintahkan (bolot) utk pindah/turun gigi untuk mengurangi hentakan lonjakan putaran mesin berlebihan karena renggangnya ratio gigi.