Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

salah satu pertimbangannya demikian om mint....artinya dari hasil diskusi yg singkat ini mungkin bisa kita simpulkan bahwa jika ada seseorang yang ingin membeli baru dan mobil pilihannya itu masih jenis 4 A/T hydramatic (konvensional), berarti tidak usah ragu2 dan berasumsi girbok sudah jadul.

demikianlah yg bisa saya simpulkan dr diskusi ini,
monggo kalo ada yang ingin nambahkan atau mungkin sanggahan....tetap ditunggu opini teman2 disini.... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by GTR »

makin banyak ratio = makin efisien, paling efisien = CVT, karena ratio dari tertinggi ke terendah = infinite, pada kurva akselerasi speed vs time; tanpa curaman2 kurva yg biasanya tercipta karena perbedaan jarak antar ratio, misalnya saat ini terburuk adalah 4 speed.


Semua mobil hybrid / modern s/d Lexus RX450h & LS600h 394hp-520Nm, pakai CVT. untuk produksi massal, lebih ke soal cost daripada limit power.
Jarang mobil modern / efisiensi tinggi masih mengunakan 4 speed a/t.
Mirip mobil manual, mobil umumnya minimal punya ratio 5 speed.
kalo kita sudah menggunakan mobil manual 5 speed kemarin siapa yang mau pakai 4 speed yg kurang efisien dan fleksibel.
atau bagi yg sudah pakai 4speed matic, sapa yang mau lagi pakai 3speed matic "super renggang"nya esteem, civic-excellent, lancer glx DanGan & CB?


Advantages pada matic dgn ratio lebih banyak, 4 speed vs 5 speed:
Ratio terbesar sebut saja gigi-1 di 5 speed bisa dibikin sedikit lebih besar daripada gigi-1 pada 4 speed, dengan ekspektasi pick-up/start power lebih kuat.

Sebaliknya,
Ratio terkecil sebut saja topgear, di 5 speed bisa sedikit lebih kecil daripada topgear 4 speed, dengan ekspektasi putaran mesin di kecepatan tinggi bisa lebih rendah => relatif lebih hemat bbm.

Ratio gigi pertama sedikit lebih besar dan topgear sedikit lebih kecil.
Ini hanya bisa dimungkinkan apabila sudah ada jarak antar ratio yg cukup rapat. kalo ngga, akan terjadi kurva torsi yg anjlok2 berlebihan setiap perpindahan antar ratio => pemborosan bahan bakar dan mengorbankan torsi/power.



Disamping itu,
Ratio lebih rapat memungkinkan perpindahan gigi lebih sigap/tangkas dan menggunakan ratio yg lebih ideal;
& reduce hunting gear atau "posisi gigi tanggung", gigi terkesan "nyangkut" di posisi gigi tertentu biasanya posisi gigi tinggi.
Biasanya karena ECT/governor enggan memerintahkan (bolot) utk pindah/turun gigi untuk mengurangi hentakan lonjakan putaran mesin berlebihan karena renggangnya ratio gigi.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....?? :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by GTR »

jalu wrote:
the-mantal wrote:om jalu,

mnurut saya berapa pun jumlah gigi yang dimiliki, selama dia berfungsi baik dan awet, maka transmisi itu masih tetap up to date.

saya tidak mementingkan akselerasi dan deselerasi karena saya bukan tipe pengemudi yang agresif.

pada kenyataannya perjalanan di dalam kota, overdrive (gigi 4) jarang sekali dipakai...

jadi punya gigi 5, gigi 6, gigi 7, gigi 8 juga percuma aja kalo situasinya ngga memungkinkan utk digunakan...
thanks opininya oom.... :thanks:

ratio topgear (& gigi-1) dari yg ber"gigi" 4speed tidak jauh drastis dengan topgear (& gigi-1) yg ber"gigi" lebih banyak.


punya makin banyak "gigi" mungkin lebih tepat adalah:
1. memiliki ratio antar gigi lebih rapat, karena itu memungkinkan;
2. memiliki ratio gigi-1 sedikit lebih besar dan ratio topgear sedikit lebih kecil dari yg "gigi"nya sedikit.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by GTR »

jalu wrote:jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....?? :ungg:
IMO, masih tetap akan bertahan lama,
karena di sisi lain, transmisi seperti ini cocok untuk mobil2 yang tidak dituntut modern / efisiensi tinggi, misal kebanyakan pick-up atau truk karena biasanya kategori kendaraan seperti ini umumnya termasuk terakhir aplikasi tuntutan efisiensi nya.

kecuali ada pada sebagian off-road vehicle yang menggunakan CVT yaitu Jeep compass dan Jeep Patriot,
dan ke depan sebagian SUV di (kalo ada) versi hybridnya, mungkin.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by DOHC »

bro GTR uda menjelaskann... masalah terjawab... :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

DOHC wrote:bro GTR uda menjelaskann... masalah terjawab... :upss: :upss: :upss:
masih kutunggu info & opini dari pakar lainnya........ :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
FortunerMan

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by FortunerMan »

Mobil kecil terbaru pun masih banyak yg pake 4-AT..Ford Fiesta 4-AT..gak tau ini masuk mobil efisien apa tidak :P
http://www.whatgreencar.com/view-car/20 ... _from_2009
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by aldy »

Ikutan menyimak he2 :big_peace:
Mercedes tuh 7G-Tronic..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by zweifellos »

GTR wrote:
jalu wrote:jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....?? :ungg:
IMO, masih tetap akan bertahan lama,
karena di sisi lain, transmisi seperti ini cocok untuk mobil2 yang tidak dituntut modern / efisiensi tinggi, misal kebanyakan pick-up atau truk karena biasanya kategori kendaraan seperti ini umumnya termasuk terakhir aplikasi tuntutan efisiensi nya.
itu karena apa ya om masih tetap akan bertahan lama? faktor biaya? kehandalan dan ketangguhan? atau? :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

aldy wrote:Ikutan menyimak he2 :big_peace:
Mercedes tuh 7G-Tronic..
bahkan Lexus IS-F dilengkapi 8 speed Sport Direct Shift Transmission
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by Abu2 »

pernah liat Bus AKAP besar, di buntutnya tertulis 12 speed,, kekmana pulak itu? :e-think:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by asudarsono »

12 speed mah copotan dari trailer head yg buat narik kontainer .... tapi yg dicopot emblemnya aja kali
Ready to Race
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

12 speed manual, gimana cara ngoper persenelengnya ya??? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by Abu2 »

asudarsono wrote:12 speed mah copotan dari trailer head yg buat narik kontainer .... tapi yg dicopot emblemnya aja kali

berarti memang beneran ada 12 speed ya?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by asudarsono »

Adalah, soalnya mesin diesel khan powerbandnya sempit sekali, jadi dikompensasi dgn gear yg banyak. Makanya kontainer bisa ngebut di jalan tol, tapi juga bisa nanjak gunung. Lebih capek mindah2in gigi daripada nyetirnya, hahahaha. Ini di bawah ada youtubenya :

http://www.youtube.com/watch?v=_zWmKgKRhc8
Ready to Race
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by Risol1 »

Kalo "otak" atau ECU nya mumpuni, enakan bawa yg gearnya banyak lah jadi bisa ngikutin gaya mengemudi di berbagai kondisi jalan. Juga pastinya gear banyak bisa bikin mobil selalu jalan di gear yg tepat sehingga tarikan lebih enak juga bahan bakar lebih efisien.

Teknologi juga semakin lama semakin murah. Jika biaya produksi 5 speed udah sama dengan 4 speed, pasti mobil2 ekonomis pun akan pindah pake 5 speed karena memang pengaplikasian 5 speed lebih bagus (lebih tinggi valuenya) dibanding 4 speed. Begitu pula 6 speed pastinya lebih bagus dari 5 speed dan begitu seterusnya.
Intinya cuma 1 yaitu otaknya atau ECU nya harus mumpuni :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by DOHC »

stuju ama bro risol(es)...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by maskopat »

DOHC wrote:stuju ama bro risol(es)...
ane gak setuju... :e-snooty:
....... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by jalu »

maskopat wrote:
DOHC wrote:stuju ama bro risol(es)...
ane gak setuju... :e-snooty:
....... :ngacir:
ikutan ah.....ikut penasaran maksudnya.......hehehehe.... :mrgreen:
sebab ternyata ada kok girboks 5 A/T tanpa menggunakan ECU,contoh : Allison HT-750
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by GTR »

zweifellos wrote:
GTR wrote:
jalu wrote:jadi menurut om GeTeR.....4 A/T kira2 berapa lama lagi akan bertahan....?? :ungg:
IMO, masih tetap akan bertahan lama,
karena di sisi lain, transmisi seperti ini cocok untuk mobil2 yang tidak dituntut modern / efisiensi tinggi, misal kebanyakan pick-up atau truk karena biasanya kategori kendaraan seperti ini umumnya termasuk terakhir aplikasi tuntutan efisiensi nya.
itu karena apa ya om masih tetap akan bertahan lama? faktor biaya? kehandalan dan ketangguhan? atau? :thanks:
terutama terbentur cost.
biasanya teknologi lebih tinggi/modern artinya tuntutan perilaku konsumen juga.
perilaku & maintenance driver ke truk/pickup biasanya beda dari driver ke "car" (cara maintenance tidak jadi isu bagi "car" driver belum tentu tidak pada truk/pickup driver). & kalo pun mau dibikin modern tapi sekuat jadul, cost lagi.
adopsi seperti direct-injection, turbo(,intercooler), common-rail, catalytic-converter dll pun belakangan lumrah di truk/pickup, dimana ini belakangan daripada kategori kendaraan lainnya.

Jepang kebiasaan menjual varian hi-tech nya cuma di dalam negeri, JDM, konon sebagian bus2 disitu pun sudah hybrid.
Jazz RS (indo) yang pake CVT = JDM Fit.
Yaris yg pake CVT = JDM Vitz.
1gen Stream 2.0 yg CVT (plus direct injection) = JDM stream 2.0.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Girboks 4 A/T.....jadul..atau masih update....???

Post by GTR »

GTR wrote: Advantages pada matic dgn ratio lebih banyak, 4 speed vs 5 speed:
Ratio terbesar sebut saja gigi-1 di 5 speed bisa dibikin sedikit lebih besar daripada gigi-1 pada 4 speed, dengan ekspektasi pick-up/start power lebih kuat.

Sebaliknya,
Ratio terkecil sebut saja topgear, di 5 speed bisa sedikit lebih kecil daripada topgear 4 speed, dengan ekspektasi putaran mesin di kecepatan tinggi bisa lebih rendah => relatif lebih hemat bbm.

Ratio gigi pertama sedikit lebih besar dan topgear sedikit lebih kecil.
Ini hanya bisa dimungkinkan apabila sudah ada jarak antar ratio yg cukup rapat. kalo ngga, akan terjadi kurva torsi yg anjlok2 berlebihan setiap perpindahan antar ratio => pemborosan bahan bakar dan mengorbankan torsi/power.

Disamping itu,
Ratio lebih rapat memungkinkan perpindahan gigi lebih sigap/tangkas dan menggunakan ratio yg lebih ideal;
& reduce hunting gear atau "posisi gigi tanggung", gigi terkesan "nyangkut" di posisi gigi tertentu biasanya posisi gigi tinggi.
Biasanya karena ECT/governor enggan memerintahkan (bolot) utk pindah/turun gigi untuk mengurangi hentakan lonjakan putaran mesin berlebihan karena renggangnya ratio gigi.
Perbandingan real seperti ilustrasi di atas, kali ini Jazz mewakili 5AT dan Yaris mewakili 4AT:

Gigi 1 :
Jazz =13.663 (ratio lebih besar dari Yaris)
Yaris =12.063
Gigi 2 :
Jazz = 7,655
Yaris = 6.576
Gigi 3 :
Jazz = 4.872
Yaris = 4.237
Gigi 4 :
Jazz = 3.467
Yaris = 2.966 (topgear)
TopGear Jazz = 2.541 (ratio topgear lebih kecil dari Yaris)

Ratio di atas setelah dikalkulasi dengan final gear.