Secara kijang kapsul 1800 th 97 terkenal boros.
Adakah header yang bisa membantu peningkatan torsi bawah?
Agar cruise dengan rpm rendah diharapakan bisa membuat bensin irit ....
Header Untuk Kijang Kapsul
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
bisa saja... tapi dengan catatan, lihat dulu kondisi engine nya. tidak semudah itu memberikan saran dan pesan.. bro... 
coba di ceritakan dulu, kondisi mesin... spec nya sekarang std/modif.. apa saja yg sudah dilakukan, dan lain2. hehe
maksudnya mengganti header ya bro? well... sebenernya penggantian header bukan utk bensin jadi irit, tapi melakukan penyempurnaan di gas buang. kalo saya sendiri lebih menyarankan PnP. sekalian bersih2 karena mobil sudah cukup umur.
nanti yg lain menambahkan... silahkan, sori kalo salah saran.. haha

coba di ceritakan dulu, kondisi mesin... spec nya sekarang std/modif.. apa saja yg sudah dilakukan, dan lain2. hehe
maksudnya mengganti header ya bro? well... sebenernya penggantian header bukan utk bensin jadi irit, tapi melakukan penyempurnaan di gas buang. kalo saya sendiri lebih menyarankan PnP. sekalian bersih2 karena mobil sudah cukup umur.
nanti yg lain menambahkan... silahkan, sori kalo salah saran.. haha

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
sudah coba dial cam di bengkel ERC ?
banyak yg puas dng hasil kerja mereka...
banyak yg puas dng hasil kerja mereka...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
dari forum seraya juga,
ada teori yang mau saya copas:
"Notasi : Konfigurasi 4-2-1.
Yang 4 pipa header - disebut Pipa Utama (Primary Pipe)
Yang 2 pipa header - disebut Pipa Sekunder (Secondary Pipe)
Yang 1 pipa header - disebut Collector.
Membesarkan ukuran pipa header seperti yang sudah bung Krolla lakukan dari 1.25" menjadi 1.5" akan menggeser PEAK TORQUE ke RPM yang lebih tinggi. Disini Bung Krolla telah merasakan tarikan pada 5000 s/d 6200 jadi bagus, dibanding waktu kondisi standar yang tarikannya bagus pada 4000 s/d 5500.
Untuk menjadikan Tenaganya muncul di RPM 4000 s/d 6200, maka panjang pipa utama-nya dipendekkan, yang secara otomatis pipa sekundernya akan memanjang.
Dipendekkannya pipa utama akan menaikkan kurva torque pada RPM setelah RPM PEAK TORQUE, sedangkan bertambah panjangnya pipa sekunder akan menaikkan kurva torque pada RPM sebelum RPM Peak Torque.
Berapa ukuran pemendekan pipa utama ? Ini yang paling sulit untuk ditentukan, karena tidak adanya theory yang mendukung. Biasanya pabrik mobil melakukan tuning dengan menggunakan adjustable header pipe, sampai didapat torque dan powerband yang diinginkan, barulah dibuat produksi masa. Intuisi saya (pendapat pribadi), dengan memendekkan pipa utama sebanyak 25% dari panjang yang sekarang terpasang, setidak-tidaknya akan memunculkan tenaga dibawah RPM 5000.
Contohnya adalah 2 jenis Header dibawah (APEX'i dan Greddy).
APEX'i : Pipa Utama dan Sekundernya Panjang.
GREDDY : Pipa Utamanya Pendek sedang Pipa Sekundernya Panjang."
ada teori yang mau saya copas:
"Notasi : Konfigurasi 4-2-1.
Yang 4 pipa header - disebut Pipa Utama (Primary Pipe)
Yang 2 pipa header - disebut Pipa Sekunder (Secondary Pipe)
Yang 1 pipa header - disebut Collector.
Membesarkan ukuran pipa header seperti yang sudah bung Krolla lakukan dari 1.25" menjadi 1.5" akan menggeser PEAK TORQUE ke RPM yang lebih tinggi. Disini Bung Krolla telah merasakan tarikan pada 5000 s/d 6200 jadi bagus, dibanding waktu kondisi standar yang tarikannya bagus pada 4000 s/d 5500.
Untuk menjadikan Tenaganya muncul di RPM 4000 s/d 6200, maka panjang pipa utama-nya dipendekkan, yang secara otomatis pipa sekundernya akan memanjang.
Dipendekkannya pipa utama akan menaikkan kurva torque pada RPM setelah RPM PEAK TORQUE, sedangkan bertambah panjangnya pipa sekunder akan menaikkan kurva torque pada RPM sebelum RPM Peak Torque.
Berapa ukuran pemendekan pipa utama ? Ini yang paling sulit untuk ditentukan, karena tidak adanya theory yang mendukung. Biasanya pabrik mobil melakukan tuning dengan menggunakan adjustable header pipe, sampai didapat torque dan powerband yang diinginkan, barulah dibuat produksi masa. Intuisi saya (pendapat pribadi), dengan memendekkan pipa utama sebanyak 25% dari panjang yang sekarang terpasang, setidak-tidaknya akan memunculkan tenaga dibawah RPM 5000.
Contohnya adalah 2 jenis Header dibawah (APEX'i dan Greddy).
APEX'i : Pipa Utama dan Sekundernya Panjang.
GREDDY : Pipa Utamanya Pendek sedang Pipa Sekundernya Panjang."
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
teori diatas memang benar, tapi itu utk performance... so, jangan mengharapkan jadi irit ya... dan penggantian header itu lebih maksimal jika dibarengi full exhaust system. bukan hanya header saja, tapi seluruh pipa bawah diganti. percuma pipa header dibesarkan tapi pipa belakangnya masih std. hasilnya peningkatan yg diharapkan hanya naik beberapa persen saja.
cara yg paling benar adalah membuat engine sehat dahulu... seperti tune up, carbon clean, atau yg dikatakan bang jalu dial cam dan sebagainya... baru setelah itu ke header dan kawan2.
cara yg paling benar adalah membuat engine sehat dahulu... seperti tune up, carbon clean, atau yg dikatakan bang jalu dial cam dan sebagainya... baru setelah itu ke header dan kawan2.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
kalo ga salah om mandala pernah tuh kijang-nya di dial cam.....
meoooong.....puuss kemari doong....
meoooong.....puuss kemari doong....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
kasih ikan... pasti muncul...jalu wrote:kalo ga salah om mandala pernah tuh kijang-nya di dial cam.....
meoooong.....puuss kemari doong....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Header Untuk Kijang Kapsul
katanya dia doyan ayam om.... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung