ini sebenarnya tidak perlu, karena sistem cat jaman sekarang bukan mutlak berdasarkan nomer dan kode cat, tapi setelah nomer dan kode diketahui akan dimasukan ke komputer utk dicari lagi warna yg sesuai dengan kondisi cat saat itu (warna, campuran dan perubahan karena waktu).m4rio wrote: nah orang bengkel bilang gk mungkin di cat cuman fendernya aja, pasti kap mesin juga kena di cat karena kalau tidak akan belang...
misal pintu kanan depan akan dicat, maka cat akan disesuaikan dengan pintu dan fender depan. bukan dari nomer dan kode cat... mengapa? karena cat akan berubah warna setelah beberapa waktu, meski cat baru, mobil baru atau lain nya... nah perubahan warna ini yg dijadikan patokan.
so... jika masalah nya seperti diatas, akan terasa konyol kap mesin juga kena di cat padahal tidak bermasalah...
ini juga tidak semuanya benar, karena pengerjaan pengerokan body dilakukan agar hasil tidak terlalu tebal, mungkin sementara orang berpikir tidak menjadi masalah, tapi jika boleh saya katakan perbedaan 1mm pada cat besar artinya.m4rio wrote:emang sih om gk dikerok, karena saya pernah minta di kerok dia gk mau dengan alasan makan waktu lama terus karena ngelupasinnya make api las atau air keras maka itu akan merubah kekuatan struktur plat alias platnya jadi rapuh. jadi dia gk mau buat ngerok catnya. kmrn itu juga ane rasa langsung maen tiban dempul aja sih..poeticmind wrote:kekekekeke! yg jelas saya yakin itu body tidak dikerok ulang/abis... hanya diamplas dan ditembak cat baru. rata2 itu yg menyebabkan cat retak...![]()
maap, ini keyakinan newbie lhoooooooo...
pengerjaan dengan air keras memang lebih baik dan lebih lama dibanding memakai api, karena api cenderung merubah angle dan bentuk pressing plat jika salah pengerjaan atau terlalu panas. alasan makan waktu yg lama sangat2 wajar pada beberapa bengkel body works/paint, mereka pasti minta tambahan biaya. tapi karena ini rekanan insurance, maka pasti ditolak karena takut rugi. *waktu pengerjaan=ongkos bayar pegawai, lembur dll.
sori lho kalo salah, soalnya ini hanya based on pengalaman.. bukan jebolan sekolah teori bengkel cat mobil. hahaha!