[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:soalnya boyota kalo bikin mobil kenceng, gak laku... :big_weee: :big_weee:
sekarang aja mobil kencengnya gak ada kan?? kecuali di kategori sport.. tapi mobil sehari2nya, gak ada versi kenceng... versi boyo semua... :mrgreen: :mrgreen:
Bikin mobil versi kenceng atau tidak tergantung strategi perusahannya mau apa. Dulu Honda ada NSX, skrg apa? Apa artinya Honda udah gak bisa bikin mobil kencang lagi? Mimpi deh...Civic Si kenceng, tapi gak sekenceng Evo - payah nih Honda :P

Namanya aja buat mobil sehari hari. Sudah cukup kenceng untuk sehari hari, sudah cukup. Konsentrasi ke reliability, yg lebih dicari sama target konsumennya. Namanya mobil operasional sehari hari...lebih penting reliable, efisien dan nyaman drpada kenceng. Bukan berarti jadi boyo - yg bilang Vios, Altis, Camry, Crown boyo...udah ketahuan ngibulnya aja. Bukan berarti Mitsu tidak reliable sama sekali, tapi dr sejarahnya memang overall reliability lebih buruk dr Toyota.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
cokino wrote:
Erwintel wrote:Diantara ketiganya yg paling whorted dibeli adalah fortuner krn dr sisi ekonominya depresiasi harga jual kembali cukup kecil dibanding yg dua lagi, walaupun dr sisi tenaga paling lemas tp ndak papalah dr pada rugi puluhan juta kalo dijual lg, smentara ini saya pake 1 triton dan 3 L200 semuanya sy rentalkan dan suatu saat nanti sy akan jual salah satu untuk beli fortuner diesel krn sy suka shapenya dan nilai jual kembali yg bagus.
Ya, dari 3 mobil itu gw pilih Fortuner. Tapi kalo yg 4x4 keqnya gw pilih Everest aja deh yang 3.0 terutama.
evie ada yang 3.0? kalo di luar sih ada, di indonesia kayaknya gak ada.. kecuali diswap dengan ranger 3.0...
Everest 4x4 mah nyiksa diri...kalo udah pernah liat baru deh tau maksud saya. Dipretelin semua, jadi 10-seater. Great value buat 4WD emang Fortuner 4WD atau Pajero Sport 4WD. Komponen2 4WD nya gak main2...pinjem dr abang2nya yg jauh lebih mahal, tapi harga jauh dr abang2nya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:soalnya boyota kalo bikin mobil kenceng, gak laku... :big_weee: :big_weee:
sekarang aja mobil kencengnya gak ada kan?? kecuali di kategori sport.. tapi mobil sehari2nya, gak ada versi kenceng... versi boyo semua... :mrgreen: :mrgreen:
Bikin mobil versi kenceng atau tidak tergantung strategi perusahannya mau apa. Dulu Honda ada NSX, skrg apa? Apa artinya Honda udah gak bisa bikin mobil kencang lagi? Mimpi deh...Civic Si kenceng, tapi gak sekenceng Evo - payah nih Honda :P

Namanya aja buat mobil sehari hari. Sudah cukup kenceng untuk sehari hari, sudah cukup. Konsentrasi ke reliability, yg lebih dicari sama target konsumennya. Namanya mobil operasional sehari hari...lebih penting reliable, efisien dan nyaman drpada kenceng. Bukan berarti jadi boyo - yg bilang Vios, Altis, Camry, Crown boyo...udah ketahuan ngibulnya aja. Bukan berarti Mitsu tidak reliable sama sekali, tapi dr sejarahnya memang overall reliability lebih buruk dr Toyota.
tau tuh honda cupu, ga ada mobil kenceng lg, yg ada malah bikin mobil2 boyo... plit hadiah lg, mahal ga karuan pula... hiks hiks....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

maskopat wrote: soalnya boyota kalo bikin mobil kenceng, gak laku... :big_weee: :big_weee:
sekarang aja mobil kencengnya gak ada kan?? kecuali di kategori sport.. tapi mobil sehari2nya, gak ada versi kenceng... versi boyo semua... :mrgreen: :mrgreen:
Tapi ampir semua kenceng koq penjualannya....... :e-whistle: :e-whistle:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

FortunerMan wrote: Makanya om cokino, kalo baca dari konteksnya dulu...itu mah main sodok2an aja kite ama si maskopat. Wong Toyota hari2 dibilang boyota, semua toyota lari 150 udah gak enak, Kuda bisa ngalahin CR-V, Mitsubishi best of the best. Ya kita balesnya juga rada ngawur dikit...kenyataannya mana bisa Mitsubishi di bilang gak bisa bikin mobil..banyak mobilnya yg hebat2 - santai aja bro, join the fun :frm_tumbleft:
Wong SL'82 ajah lebih nyaman dari Crown Majesta koq..... :upss: :upss:
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by cokino »

FortunerMan wrote:Everest 4x4 mah nyiksa diri...kalo udah pernah liat baru deh tau maksud saya. Dipretelin semua, jadi 10-seater. Great value buat 4WD emang Fortuner 4WD atau Pajero Sport 4WD. Komponen2 4WD nya gak main2...pinjem dr abang2nya yg jauh lebih mahal, tapi harga jauh dr abang2nya.
Isu baru nih...boleh dong om dikasi tau...buat nambah-nambah wawasan kan lumayan.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: Everest 4x4 mah nyiksa diri...kalo udah pernah liat baru deh tau maksud saya. Dipretelin semua, jadi 10-seater. Great value buat 4WD emang Fortuner 4WD atau Pajero Sport 4WD. Komponen2 4WD nya gak main2...pinjem dr abang2nya yg jauh lebih mahal, tapi harga jauh dr abang2nya.
om FM, yang ane bingung tuh evie 4x4MT harganya sama dengan PS 4x4 MT... 11 12 lah.. mirip2...
mending PS kali ya.. soalnya 7 seaters.. feature juga komplit...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
FortunerMan wrote: Makanya om cokino, kalo baca dari konteksnya dulu...itu mah main sodok2an aja kite ama si maskopat. Wong Toyota hari2 dibilang boyota, semua toyota lari 150 udah gak enak, Kuda bisa ngalahin CR-V, Mitsubishi best of the best. Ya kita balesnya juga rada ngawur dikit...kenyataannya mana bisa Mitsubishi di bilang gak bisa bikin mobil..banyak mobilnya yg hebat2 - santai aja bro, join the fun :frm_tumbleft:
Wong SL'82 ajah lebih nyaman dari Crown Majesta koq..... :upss: :upss:
emang ane pernah bilang SL lebih nyaman daripada majesta? di mana ya? :e-think: :e-think:
kalo iya, mungkin aja shock si majesta lagi rusak.. atau pernya copot... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
mandala1 wrote:
FortunerMan wrote: Makanya om cokino, kalo baca dari konteksnya dulu...itu mah main sodok2an aja kite ama si maskopat. Wong Toyota hari2 dibilang boyota, semua toyota lari 150 udah gak enak, Kuda bisa ngalahin CR-V, Mitsubishi best of the best. Ya kita balesnya juga rada ngawur dikit...kenyataannya mana bisa Mitsubishi di bilang gak bisa bikin mobil..banyak mobilnya yg hebat2 - santai aja bro, join the fun :frm_tumbleft:
Wong SL'82 ajah lebih nyaman dari Crown Majesta koq..... :upss: :upss:
emang ane pernah bilang SL lebih nyaman daripada majesta? di mana ya? :e-think: :e-think:
kalo iya, mungkin aja shock si majesta lagi rusak.. atau pernya copot... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
mobil yg paling nyaman adalah yg rodanya bunder ..... :upss:

coba aja crown majesta dikasi roda bentuk persegi, pasti jg ga nyaman :ungg:


nah kan,...... ikutan OOT juga :mrgreen: ........................

menghilang dulu ah.... :ngacir:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote: Everest 4x4 mah nyiksa diri...kalo udah pernah liat baru deh tau maksud saya. Dipretelin semua, jadi 10-seater. Great value buat 4WD emang Fortuner 4WD atau Pajero Sport 4WD. Komponen2 4WD nya gak main2...pinjem dr abang2nya yg jauh lebih mahal, tapi harga jauh dr abang2nya.
om FM, yang ane bingung tuh evie 4x4MT harganya sama dengan PS 4x4 MT... 11 12 lah.. mirip2...
mending PS kali ya.. soalnya 7 seaters.. feature juga komplit...
kalo 4x4MT bukannya jadi saingan antara evie dan ps? kan ps cukup banyak fitur yang ga ada seperti versi AT nya.

malah kalo memang buat perkebunan atau pertambangan, bukannya lebih baik evie bisa muat lebih banyak orang? trus bukannya lebih baik suspensi evie buat peruntukan perkebunan atau pertambangan karena lebih sesuai penggunaan?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

maskopat wrote: weits.. hyundai emang okeh wan...
koq wan abu gak bilang: "belum nemu yang merek boyota yg kayk gitu"

dah ah, gak berani sama yang ijo2.... :big_peace: :big_peace:
kalo yg merek boyota sepertinya di wakili oleh FHI - merek Fuji....-cmiiw.....jarang nemu yg merek ini...

kopat : ente mau kemana,koq mesti ampe senin.....?
welsh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Jul 23, 2008 8:31

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by welsh »

xtr40rd1n4rym4n wrote:SMers, mau tanya nih, dari 3 pilihan diatas, mana yg menurut SMers plg worth to buy?

Rentang harga ketiga nya juga beda dikit2 terus sama2 diesel n 7 seater.

yg matic cuman everest and Captiva (tiptronic menurut websitenya - CMIIW). Fortuner cuman manual doank kan?

ada yg bisa kasih masukan, apa yg patut di perhatikan?

1. konsumsi bbm diantara ketiga itu gimana?
2. handling n comfort?
3. kebandelan mesin?
4. luas kabin (terutama baris ketiga)?
5. bonus dealer (jok kulit, dsb..)

mohon masukan nya dari SMers..

thanks in advance :)
1. konsumsi bbm diantara ketiga itu gimana? ( Mnrt bbrp sumber sih, captiva paling irit )
2. handling n comfort? ( jelas captiva donk, lah wong basisnya sedan kok )
3. kebandelan mesin? ( fortie donk, mo disiksa gmn jg tetap lancar jaya )
4. luas kabin (terutama baris ketiga)? ( overall sih fortie yah, jok blkng paling luas space legsnya )
5. bonus dealer (jok kulit, dsb..) ( ini sih relatif, sesuai dgn kebutuhan kt sndiri )
One For All & All For One
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Abu2 wrote: kalo yg merek boyota sepertinya di wakili oleh FHI - merek Fuji....-cmiiw.....jarang nemu yg merek ini...

kopat : ente mau kemana,koq mesti ampe senin.....?
FHI? mobil apaan ya? mobil penumpang?

hehehe.. ane kira weekend gak bisa onlen.. ternyata masih bisa nih... :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

zweifellos wrote:
maskopat wrote:
FortunerMan wrote: Everest 4x4 mah nyiksa diri...kalo udah pernah liat baru deh tau maksud saya. Dipretelin semua, jadi 10-seater. Great value buat 4WD emang Fortuner 4WD atau Pajero Sport 4WD. Komponen2 4WD nya gak main2...pinjem dr abang2nya yg jauh lebih mahal, tapi harga jauh dr abang2nya.
om FM, yang ane bingung tuh evie 4x4MT harganya sama dengan PS 4x4 MT... 11 12 lah.. mirip2...
mending PS kali ya.. soalnya 7 seaters.. feature juga komplit...
kalo 4x4MT bukannya jadi saingan antara evie dan ps? kan ps cukup banyak fitur yang ga ada seperti versi AT nya.

malah kalo memang buat perkebunan atau pertambangan, bukannya lebih baik evie bisa muat lebih banyak orang? trus bukannya lebih baik suspensi evie buat peruntukan perkebunan atau pertambangan karena lebih sesuai penggunaan?
maksud ane, koq PS 4x4 MT harganya sama dengan evie 4x4 MT.. padahal featurenya lengkapan PS... 7 seaters... kalo di evie, dari 10 setares ke 7 seaters perlu nambah 12 jt... :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

imsus2c wrote:mobil yg paling nyaman adalah yg rodanya bunder ..... :upss:

coba aja crown majesta dikasi roda bentuk persegi, pasti jg ga nyaman :ungg:


nah kan,...... ikutan OOT juga :mrgreen: ........................

menghilang dulu ah.... :ngacir:
om meneer, kayaknya kalo roda pasti bunder deh... kalo bukan bunder, bukan roda saya... (pake intonasi lagu topi saya bunda)...

............ :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

maskopat wrote:
maksud ane, koq PS 4x4 MT harganya sama dengan evie 4x4 MT.. padahal featurenya lengkapan PS... 7 seaters... kalo di evie, dari 10 setares ke 7 seaters perlu nambah 12 jt... :frm_bang_head:
kalo bangku belakang nya hadap depan nambah 12 juta? bukannya katanya sekarang model bangkunya dah menghadap depan?

fitur lebih lengkap PS seperti apa om? kayanya PS yang MT itu banyak ditiadakan dari versi AT nya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

zweifellos wrote:
maskopat wrote:
maksud ane, koq PS 4x4 MT harganya sama dengan evie 4x4 MT.. padahal featurenya lengkapan PS... 7 seaters... kalo di evie, dari 10 setares ke 7 seaters perlu nambah 12 jt... :frm_bang_head:
kalo bangku belakang nya hadap depan nambah 12 juta? bukannya katanya sekarang model bangkunya dah menghadap depan?

fitur lebih lengkap PS seperti apa om? kayanya PS yang MT itu banyak ditiadakan dari versi AT nya.
fitur 7 seaters, trus yang multi mode meter. kalo gak salah di 4x4 MT tetap ada.. bedanya dengan exceed cuman di roof rack, velg, matic, grill depan... yang lain sama... cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

welsh wrote: 1. konsumsi bbm diantara ketiga itu gimana? ( Mnrt bbrp sumber sih, captiva paling irit )
2. handling n comfort? ( jelas captiva donk, lah wong basisnya sedan kok )
3. kebandelan mesin? ( fortie donk, mo disiksa gmn jg tetap lancar jaya )
4. luas kabin (terutama baris ketiga)? ( overall sih fortie yah, jok blkng paling luas space legsnya )
5. bonus dealer (jok kulit, dsb..) ( ini sih relatif, sesuai dgn kebutuhan kt sndiri )
1. kalo ctv, ngeliat tenaga nya segitu, utk dalkot rata2 1:9 bs dibilang irit.
sy pernah pk luar kota, tol 150-160, non tol tanjakkan gas terus, pendeknya agresif ga disangka masih dpt 1:12. ada jg yg dpt 1:16 (kalo ga salah) spt bro jumaila, sy jg ga ngerti cara nyetir nya, sabar sekali.
2. handling/comfort, basis sedan blm tentu nyaman juga. menurut gw lebih keras dikit dr crv. tp ini relatif. ada yg bukan basis sedan tapi nyaman, spt lc contohnya.
3. bandel mesin, hmm.. harus nya ctv itu pake solar euro 2 atau 3, tapi dgn bio/solar indo selama ini masih lancar jg..itu termasuk bandel atau gimana? :shrug:
4. luas legroom, kalo ga salah everest ya? *cmiiw*
5. idem.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

FortunerMan wrote:
roadtrain99 wrote:kalo ga salah, ipah hilux 42ner basisnya sama bukan? sama2 imw jg? *cmiiw*

btw, disini termasuk ngebicarain hilux jg? :shrug: lemme know kalo iya..soalnya liat topic nya cuma ctv, everest, 42ner d4d.
Tapi no problem ya ngomongin Innova juga? Lucu juga ente...Innova di bawa bawa terus, tapi Hilux gak boleh. :mrgreen: Padahal Fortuner lebih deket ke Hilux lho drpada ke Innova. Tapi gak boleh ya, ntar dikira Fortuner badak dan tahan banting kaya Hilux ya :e-whistle:
oo..minta disamain ke hilux vigo iya deh..nih..kan liat seblmnya, gw pernah bilang ipah=hilux=42ner basisnya sama. udah ya jgn ngambek lagi..sama2 imv kan.

gw tau kok hilux tahan banting. tapi hilux yg lama ya, ada media luar (lupa, udah lama sekali) yg ngebakar kap mesin, lalu dimain2in di tepi pantai dll, sampai hancur2an tapi masih jalan, seinget gw hilux model 80an masih kotak. itu yg gw tau. bukan hilux yg skrg ini yg basis nya imv=42ner=ipah.
gw taunya hilux vigo/42ner badak, dari sm ini terutama dari elo. sedangkan menurut media lokal, J*p, dcab yg ok yaitu navara, baru triton, lalu hilux, mazda dan dmax.

maaf nih yg lain..bukan bermaksud oot.
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by cokino »

roadtrain99 wrote:oo..minta disamain ke hilux vigo iya deh..nih..kan liat seblmnya, gw pernah bilang ipah=hilux=42ner basisnya sama. udah ya jgn ngambek lagi..sama2 imv kan.

gw tau kok hilux tahan banting. tapi hilux yg lama ya, ada media luar (lupa, udah lama sekali) yg ngebakar kap mesin, lalu dimain2in di tepi pantai dll, sampai hancur2an tapi masih jalan, seinget gw hilux model 80an masih kotak. itu yg gw tau. bukan hilux yg skrg ini yg basis nya imv=42ner=ipah.
gw taunya hilux vigo/42ner badak, dari sm ini terutama dari elo. sedangkan menurut media lokal, J*p, dcab yg ok yaitu navara, baru triton, lalu hilux, mazda dan dmax.

maaf nih yg lain..bukan bermaksud oot.
Yang masih pake Rigid Axle depan belakang ? Mesinnya masih 2LT kalo ga salah ?
Kalo yg itu mah ga usah ditanya... disini masih jadi mobkas inceran tuh.

Tapi harga barunya dulu...naujubilah. Tahun 2001 dulu pernah maen2 ke Showroom Toyota liatin Hi-Lux itu nangkring dengan manisnya. Pas nanya harganya...nyaris 400jt :frm_bang_head: dengan fitur seadanya (kaca model engkol, ga ada electric mirror pokoke std abiss). Padahal kompetitornya hadir dengan Fitur yg lumayan komplit dan harga yg jauh lebih murah ( L200 dan Ranger di rentang harga 250-270 jt).

Tapi harga emang ga boong sihh... :big_peace:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

FortunerMan wrote:
roadtrain99 wrote:sy ga heran tyt 42ner laku, kan merk nya ngejual. seandainya 42ner d4d dgn spec mesin/tenaga spt skrg namun berasal dari merk yg kurang familiar,..kira2 bs selaku spt skrg?
Ya gak bisa, karena merek lain seperti misalnya Daewoo terkenal reliability jeblok...biarpun udah dicap merek lain.

Kalo Toyota terkenal reliable dan tahan banting...apalagi ini mesin dan chassis yang sudah terbukti tahan banting.
hahah, skrg ungkit2 daewoo lagi, (sorry lho yg lain), tp :thanks: diungkit lagi. daewoo kan jeblok financially nya, kalo yg gw liat secara lsg mobilnya waktu itu di tetangga cukup bersaing kok dgn merk korea lainnya. kalo di indo wkt itu merk2 korea masih jarang.
but that's daewoo..itu kan in the past.

ctv memang dibuat di korea pabriknya dikuasai General Motor. jadi bukan sekedar ganti logo/cap. Kalo ganti logo atau cap contohnya sperti ctv yg masuk ke usa jadi saturn vue, lalu ke oz pake logo singa holden, ke europe ada yg opel atau vauxhall.
mesin diesel nya ctv, vcdi dibuat oleh vm motori italy http://www.vmmotori.it/en/01/01/dettAut ... ?autoId=58 (yg mana jg pernah buat mesin diesel utk tyt landcruiser europe). begitu jg ada parts lain yg dibuat non korea.

tapi yah..jeblok2 begini atau korea rongsokan (pinjem bhs lo ya) bisa masuk 5 benua, dari yg ada salju di europe, tropis spt indonesia, sampe downunder oz yg summer nya panas sekali. :e-think:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

@cokino

pernah liat hilux yg tahun 80an itu bro? dijual pula? mahal jg kalo liat thn produksi nya. setau sy memang itu masih rigid depan belakang *cmiiw*.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

ntar lagi keluar deh hilux yang di kutub, dipake di medan perang.. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

berikut review dari media lokal
http://www.auto-car.co.id/content/look/14/275/Chevrolet-Captiva wrote: Chevrolet Captiva
Posting date 08-08-2009

Benarkah menjadi yang terbaik di antara SUV 7-seater lain?

Model uji Captiva Diesel 2.4 AT
* Harga Rp 331,9 juta
* Tenaga 150 hp
* Torsi 320 Nm
* 0—100 kpj 12,5 detik
* Konsumsi BBM 9,3 kpl
* 80—0 kpj 30,1 m

Kami suka
* Performa mesin
* Kualitas kendaraan dan pengendalian
* Desain

Kami tidak suka
* Tatanan dashboard terlalu sederhana
* Kualitas sebagian interior

Sekilas tidak tampak perbedaan di antara Chevrolet Captiva bermesin bensin maupun diesel, baik eksterior maupun interior. Namun, Anda akan menemukan logo VCDi di bagian belakang dan mendengar dengkur khas diesel kala mesin dinyalakan. Captiva diesel hanya tersedia dalam model transmisi otomatis dengan banderol Rp 331,9 juta. Sementara Captiva bensin dimulai dari banderol Rp 297 juta hingga Rp 309,6 juta dengan pilihan transmisi otomatis atau manual.

Di pasar SUV Indonesia, dengan chassis monocoque, secara apple-to-apple, Captiva sebenarnya berkompetisi dengan Nissan X-Trail, Honda CR-V, dan Ford Escape. Namun, semua lawannya itu absen dengan model diesel. Walhasil, Captiva diesel ‘terpaksa’ berhadapan dengan Toyota Fortuner diesel dan Ford Everest yang ber-chassis ladder frame. Selain itu, daya tampung Captiva yang 7-seater juga sepadan dengan Fortuner dan Everest yang juga mampu memuat tujuh orang.

Desain dan Rekayasa
Captiva hadir ke publik kali pertama dalam bentuk konsep S3X di Paris Motor Show 2004. Barulah dua tahun kemudian menyapa dalam bentuk Chevrolet Captiva di Geneva Motor Show. Captiva merupakan produk yang benar-benar baru serta didesain dan dikembangkan sesuai pasar Eropa. Hasilnya? Desain Captiva tidak saja tampan, namun juga memiliki interior lapang dan pengaturan jok fleksibel.

Captiva berdiri dengan kokoh berkat topangan suspensi 4-wheel independent MacPherson strut (depan) dan Independent MacPherson strut with coil spring (belakang). Bobot Captiva mencapai 1.835 kg, lebih berat sekitar 250 kg ketimbang Escape, CR-V, dan X-Trail, namun lebih ringan sekitar 30 kg dibanding Everest. GM membenamkan dapur pacu 4-silinder, 16-valve, 2,0 liter, turbodiesel, Variable Geometry Turbo Commonrail Direct Injection (VCDi), hasil pengembangan GM Daewoo Auto & Technology (GMDAT), VM Motori, dan GM Powertrain. Tenaga dan torsi yang dihasilkan 150 hp dan 320 Nm (lebih besar 100 Nm dibanding Captiva bensin). Dapur pacu ini sama dengan yang dipakai Captiva/Antara yang dijual di Eropa dan negara lain, namun Captiva diesel di Indonesia telah mendapat sentuhan khusus dari teknisi di GMAWI sehingga bisa meminum solar di sini. Mesin ini disandingkan dengan transmisi otomatis 5-speed Tiptronic

Interior
Secara keseluruhan, interior Captiva cukup memuaskan. Namun, desain dashboard-nya terasa lebih sederhana dibandingkan X-Trail atau CR-V. Kualitas kabin pun masih perlu dingkatkan. Saat berada di kokpit, pengendara bisa mendapatkan komposisi duduk yang dinamis. Kami bisa menggerakkan jok ke depan-belakang dan atas-bawah dengan baik, sehingga mendapatkan pengelihatan yang lebih baik.

Captiva menyajikan kabin yang lapang. Jika bangku baris ketiga dan kedua dilipat datar, bisa didapatkan volume bagasi mencapai 930 liter. Namun, tak banyak ruang bagasi yang tersedia bila tujuh bangku penumpang terpakai, karena hanya ada ruang sepanjang 26 cm di belakang sandaran jok paling belakang. Kami mengagumi kesempurnaan kekedapan kabin yang diberikan Captiva diesel. Dari luar kabin, dengkur mesin boleh terdengar keras.

Performa
Senjata paling ampuh yang dipunyai Captiva diesel adalah mesin dan transmisi. Tenaga dan torsi Captiva terbilang besar untuk mesin 2,0 liter jika dikomparasi dengan mesin 2,5 liter turbodiesel milik Fortuner dan Everest. Seluruh tenaga yang diletupkan depot tenaga Captiva disalurkan langsung ke roda depan via transmisi otomatis 5-speed. Kami menyukai mesin dieselnya, terasa spontan dan luar biasa bertenaga. Kami belum pernah merasakan dua kompetitornya ’seberingas’ Captiva. Berita baik lainnya, mesin Captiva diesel sangat memuaskan ketika bermain di rpm menengah. Dan kick-down di rpm bawah, tak kalah mengesankan, sangat cepat ditanggapi oleh mesin. Terasa bahwa torsi mulai meninju di rentang 1.500 rpm.

Transmisi otomatis yang diusungnya bekerja dengan lembut. Namun, mengeksplorasi transmisi Tiptronic yang disandang Captiva diesel lebih menyenangkan. Posisikan transmisi pada gear-4, Anda masih bisa memacu di atas 160 kpj, sebab putaran mesin masih direntang 3.000 rpm. Dengan kombinasi transmisi otomatis dan mesin diesel 2,0 liter turbodiesel, akselerasi 0-100 kpj Captiva direngkuh dalam 13,5 detik, sedangkan penggunaan Tiptronic mampu memangkas 1 detik. Dengan performa akselerasi yang memuaskan, Captiva diesel juga menyenangkan untuk diajak menyalip mobil lain di depannya. Bahkan, dengan transmisi di posisi D sekalipun, pengemudi cukup memainkan pedal gas, dan memperhitungkan jarak yang diperlukan untuk melakukan overtaking, setelah itu biarkan depot pacu diesel yang bekerja.

Pengendaraan dan Pengendalian
Haluan Captiva mudah diarahkan berkat kemudinya yang akurat. Namun, bila bicara ketajaman kemudi, Captiva tidak memberikan rasa sebagaimana yang bisa didapatkan dari Fortuner atau Everest. Terutama di kecepatan rendah, pengemudi perlu memberi lebih banyak putaran pada lingkar setir dibandingkan kedua rivalnya tersebut. Namun, hanya diperlukan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan karakter kemudi Captiva, selanjutnya kita bisa merasakan kinerja kemudi yang akurat dan berbobot pas di kecepatan rendah maupun tinggi.

Saat melaju di permukaan jalan yang agak buruk, lingkar kemudinya juga tak liar berputar. Kami pun menghargai kinerja suspensi independen di keempat rodanya. Semuanya mengayun dengan sempurna di kecepatan tinggi. Captiva hanya sedikit limbung ketika menikung cepat. Tidak seperti mobil buatan Korea yang lemah pada peranti deselerasinya, Captiva membuat kami memberikan apresiasi yang tinggi. Di empat rodanya terselip rem cakram dan sudah terintegrasi ABS dan EBD, sementara rem depan bercakram ventilasi. Pedal rem pun terasa pas bobotnya.

Membeli dan Memiliki
Dari banderolnya, Captiva diesel menjadi yang termurah di kelas SUV 7-seater bermesin diesel. Captiva adalah sebuah pilihan menarik dengan segudang senjata ampuh. Kita bisa melihat desainnya yang dalam beberapa hal terasa lebih 'simpel namun modern' dibanding lawan-lawannya. Performa, handling, dan pengendaraan Captiva tak kalah memuaskan. Interiornya pun lapang dan hanya sedikit dicederai oleh kualitasnya. Untuk semuanya itu, dengan memaafkan kualitas interiornya, Captiva diesel kami tempatkan di jajaran teratas dari daftar SUV 7-seater bermesin diesel.

Penilaian AUTOCAR
Unggul dalam performa mesin dan enak untuk dikendarai

Captiva diesel ini mengejutkan kami dari segi performa. Mesinnya tidak saja lembut, tetapi juga sangat bertenaga. Di kelas SUV kompak bermesin diesel, kami belum menemukan tonjokan tenaga sekuat ini;. Pengendaraan dan handlingnya juga menjadi faktor yang menyenangkan kami. Lupakan pikiran Anda tentang Opel/Chevrolet Blazer yang kaku dan “tambun” ditunggangi. Captiva jauh lebih baik dan modern. Fitur keselamatan lengkap dengan rem ABS dan dua kantung udara di depan. Kami mengkritik kualitas interior dan desain dashboard yang terlalu sederhana. Tapi, jika Anda melupakannya, maka Caqptiva diesel siap berkelana bersama Anda, dengan cepat.
gw pinjem lg dari
bolehaja75 wrote:Chevrolet Captiva AWD berhasil meraih penghargaan dan gelar The Best Buy 2009 dari majalah Autocar Indonesia
http://www.inilah.com/berita/otomotif/2 ... -best-suv/
mudah2an bermanfaat utk yg penasaran dgn ctv diesel.
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by cokino »

roadtrain99 wrote:@cokino

pernah liat hilux yg tahun 80an itu bro? dijual pula? mahal jg kalo liat thn produksi nya. setau sy memang itu masih rigid depan belakang *cmiiw*.
Yang saya liat itu keqnya yg tahun2 terakhir Full Rigid Suspension (ragu jg gw apa ini full rigid apa engga soale dah syok duluan denger harganya). Dan kayaknya yg gw liat di showroom waktu itu special order karena yg datang cman 1 itu. Jadi ga jelas juga itu mobil produksi thn berapa tapi yg pasti gw liatnya di showroom thn 2001.

Yg tahun 80an jarang bgt om, udah jadi kolektor item itu.
Tapi klo yg 2LT itu masih ada lah yg jual, harganya jg bikin merem melek. Terakhir di bengkel temen ada jual yg warna merah rekondisi ex-proyek mintak 190an jt bonus Warn XD900i.

Confirmed om, Full Rigid ...(sperti ini yg dijual baik di showroom thn 2001 dan yg di bengkel temen, ngiler ler ler ler).

Image