^^
hahaha INTINYA om FM mw bilang klw
unibody yg pure saat ini ga mungkin dan ga ada yang sekuat ladder kan?
LC200 badak gimana om? durable gimana sya bener2 ga ngerti.... apakah dia tahan ga ganti onderdil 10thn? ga perlu ganti oli selama kerja10th? ga perlu ganti filter solar?terus2an pke solar ala pedalaman indonesia(ktanya ladder framenya sesuai bwat oprut bearti mesti tahan juga solar seadanya)? karena dia pke sasis ladder dan pke badge landcruiser? tunggu 20 thn lagi klw nda ada sensor mesin 1VD-FTVnya yg minta ganti atw piranti elektronik lain baru hebat namanya....
memang sebuah SUV dibilang tangguh cuma karena sasisnya om?
ya sasis ladder lebih kuat untuk offroad rusak pun mudah di betulin/ganti.tp memang offroadnya seberat apa yg mau atau bisa di jabanin sebuah IFS apalgi FISS? ga mungkin sampai terbang2 di guling2 kan? klw dia suspensi kuat + rigid axle + ladder baru klop.... kemampuan sesungguhnya kepakai dan berguna.
wah klw sya lebih percaya pengguna dri pada tester media/majalah.
tester professionalnya om FM juga g bakal ngetes mobil sampai di guling2 di loncat2 kan? apakah tester professional akan berani mengeluarkan fakta yg terlalu sadis yg merugikan pihak yg meminjamkan unit testnya?apakah tester professional memakainya cukup lama menyiksanya cukup lama dan akan merogoh kantong membeli sparepart bila ternyata ada yg rusak?dri mana tester itu tau mobil yg di test beberapa hari(atau jam) itu memang durable?
justru reviewer amatir atw user yg sudah membeli mobil itu sendiri yg hapal dan sudah mencoba sampai limit mobil hingga bosen, senang susahnya,kelemahanya. sya kira lebih enak denger pendapat dri user yg biasa2 sampai yg nekat.. komplain mereka murni dan tdk d perhalus kepentingan apapun...
kya kasus H1 imagenya sebagai mobil perang AS d timteng nan kekar, d puja2 di mana-mana, mana ada media yg nyoba naikin breh terus ternyata bisa kebalik sama seorang...
rangerover....... rangerover yg pertama bahkan di cap jauh lebih tangguh dan performanya lebih baik di banding Landrover series atw defender generasi awal. rangerover skrng....
RangeRover case
taft F78 IFS banyak yg bilang tangguh d pke d berbagai perkebunan harga juga 300jt++ (dulu) mesin sasis elektrik ya memang luar biasa ,syangnya gw dan beberapa teman ngalamain sendiri, kakinya kurang kuat 2 kli patah armnya dan 2 kli itu sya sedang di aspal.... uniknya yg patah arm suspensi rigidnya bukan independenya,punya teman sya F78nya tahun 2005.
XJ bnyk yg bilang tangguh termasuk gw... tpi bukan tampa cacat,namanya mesin dgn injeksi elektronik ada sensor yg punya umur pakai 10thn-an dan 1 per 1 akan rusak... nah saat bgini pling sebel..siap2 aja dpt siklus ganti sensor klw nda mobil jd brebet atw tau2 mati tampa warning... enaknya sih ganti semua langsung hihihi.....
Yg bikin kuat XJ adalah apanya? FRAME nya. Sama juga seperti Discovery/RR. Baca komentar kalau sub-frame ini dicabut (sehingga menjadi pure unibody) - "you can kiss any serious off-roading off your list of fun things to do"

hahaha........ ntar gw potoin XJ yg full pipa + plat ga pke frame persegi yg mirip2 LADDER itu deh.. dah ada di bandung tuh...
btw jagoannya om FM apa?LC200 forti? silahkan pke LADDER reinforce sekalian biar makin kuat tu sasis selama IFSnya masih nempel. yg ad mobil makin berat makin gampang nancep dlumpur.uda gtu kerjaannya ngangkat terus kurang travel.. gw modal rigid axle aja dah biarin pke unibody lepel CRV jg gpp biar ringan asal pke rollbar biar aman. jago mana coba?
yang bikin kuat XJ itu AXLEnya!klw dia pke IFS apa lgi FISS ga bakal ada yg make oprut berat kya skrng...
nissan patrol GU yap salah satu direct competitor LC100 juga terkenal "badak" tpi kemarin lucu jg sedang main ke bengkel ada GU diesel pastinya produksi 2000> tpi mesin dieselnya uda pincang asap pucat...

gw lihat filter solarnya pke "daihatsu"

sebadak apapun "claimnya" tetep ga bisa hidup sehat tampa sparepart yg tepat....dan minuman yg sehat. syang padahal gw demen mobil ini... model kya lc100 rigid axle tpi harga setengahnya...
CJ7 sapa yg gw tau dgn reputasinya jeep amrik ini...... sya demen sekali jip ini hingga salah seorang teman memberi tahu, klw sasis ladder mobil ini termasuk yg ter "rawan" bengkok dan boros sasis klw d pke kompetisi... blm lagi masalah d as roda blkng AMC20. tpi dia timpalin lagi, klw bwat main2 sih aman..... hehe
jd skrng sya makin bingunggg jadi pingin nanya mobil badak itu apa?mobil tangguh itu apa sih?
jadi gmn nih.... ? mobil yg katanya badak juga rupanya tidak lepas masalah??jadi suv badak tuh apa?
apakah mobil yang sangat tahan banting hingga hampir tdk pernah rusak?lalu yg om list d atas dan yg d claim pabrik dan tester tangguh itu termasuk mobil yg jarang sekali rusak sangat tangguh hingga perawatan minim pun tetap sehatkah? wah hebat sekali kalau bgtu....
atwkah tangguh sasis "ladder" nya saja?
btw lanjut bsk ya gan.... ngatukk uyy
