musti tanya carlos ghon utk info lebi lanjut nya tuh bro FM...FortunerMan wrote:Nah apalagi tuh Defender, dedengkotnya ladder frame dari dulu. Patrol ya ladder frame, generasi ke depan pun tetap ladder frame. Pathfinder itu Navarra dikasi body...alias ladder frame - tapi generasi berikut pake unibody, gak tau pake sub-frame atau pure unibody. Pathfinder ini...sepertinya Nissan gak tau mau kemana. Generasi 1 ladder frame, Gen 2 unibody, Gen 3 balik ladder frame....gen berikutnya, balik ke unibody...maunya apa sih
2010 Toyota 4Runner
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 2010 Toyota 4Runner
numpang lewat aja....
-
maskopat
- Member of Mechanic Master

- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2010 Toyota 4Runner
yang pure monokok siap off road dan lebih tangguh daripada LC, Disco, RR, pajero, patrol.. ya tank dan panser..FortunerMan wrote:Gak bisa kan Discovery/Range Rover dibilang pure unibody? Jelas2 ada ladder framenya juga. Cherokee dan Pajero juga mirip2 prinsipnya. Nah ada gak SUV badak yg pake monokoknya aja, gak pake frame lagi dibawahnya - sepertinya hanya Touareg/Cayenne/Q7 saja, itupun saya gak pasti...makanya nanya.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
ha ha...OK ntar tak callDOHC wrote:musti tanya carlos ghon utk info lebi lanjut nya tuh bro FM...FortunerMan wrote:Nah apalagi tuh Defender, dedengkotnya ladder frame dari dulu. Patrol ya ladder frame, generasi ke depan pun tetap ladder frame. Pathfinder itu Navarra dikasi body...alias ladder frame - tapi generasi berikut pake unibody, gak tau pake sub-frame atau pure unibody. Pathfinder ini...sepertinya Nissan gak tau mau kemana. Generasi 1 ladder frame, Gen 2 unibody, Gen 3 balik ladder frame....gen berikutnya, balik ke unibody...maunya apa sih
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Jangan lupa sama Hummer H1/H2/H3...sweet ladder frame.maskopat wrote:yang pure monokok siap off road dan lebih tangguh daripada LC, Disco, RR, pajero, patrol.. ya tank dan panser..FortunerMan wrote:Gak bisa kan Discovery/Range Rover dibilang pure unibody? Jelas2 ada ladder framenya juga. Cherokee dan Pajero juga mirip2 prinsipnya. Nah ada gak SUV badak yg pake monokoknya aja, gak pake frame lagi dibawahnya - sepertinya hanya Touareg/Cayenne/Q7 saja, itupun saya gak pasti...makanya nanya.
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 2010 Toyota 4Runner
bukanya plin plan, tapi pusing dia, soalnya para nissan fanatikers nya suka kasi ide yg aneh2 sigh... kesian dia...FortunerMan wrote:ha ha...OK ntar tak callDOHC wrote:
musti tanya carlos ghon utk info lebi lanjut nya tuh bro FM...Kalo menurut saya karena Nissan gak tau/plin plan juga...mau ke konsumen SUV aspal apa SUV badak. Kalo Patrol udah paten tujuannya, sebagai direct competitor Landcruiser....gak pake plin plan.
numpang lewat aja....
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Untuk rangkuman berbagai SUV Badak
Ladder frame
Landcruiser (semua), Patrol, G-Class, Hummer (semua), Defender, Wrangler, 4Runner, Pathfinder, Tahoe, Escalade...dan yg murmer2...Pajero Sport/Fortuner/Everest
Campuran(Unibody iya, pake frame dibawahnya iya juga)
Cherokee, Grand Cherokee, Pajero, Range Rover, Discovery, dan yg murmer...Grand Vitara
Unibody/monokok
?? Touareg/Cayenne/Q7? Please confirm, saya juga gak pasti ini murni gak. Yg murah meriah pure unibody + badak apa ya...
Ladder frame
Landcruiser (semua), Patrol, G-Class, Hummer (semua), Defender, Wrangler, 4Runner, Pathfinder, Tahoe, Escalade...dan yg murmer2...Pajero Sport/Fortuner/Everest
Campuran(Unibody iya, pake frame dibawahnya iya juga)
Cherokee, Grand Cherokee, Pajero, Range Rover, Discovery, dan yg murmer...Grand Vitara
Unibody/monokok
?? Touareg/Cayenne/Q7? Please confirm, saya juga gak pasti ini murni gak. Yg murah meriah pure unibody + badak apa ya...
-
GTR
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: 2010 Toyota 4Runner
lebih kuat body on frame, ini sebuah konstruksi truk; & lebih mudah untuk sharing ke berbagai model, mirip truk; bisa jadi bak, bisa kontainer, bus, dst.
IMO, tapi buat sebuah 'car', yg dipakai sehari2 di aspal, bukan buat angkut pasir, offroad, jadi bus, & towing dst, terlebih jarang bodynya kotor dari lumpur;
disini CUV monokok pun cukup tanpa ada masalah chassis berarti, sama seperti misal antara blazer - terano - escudo - katana dgn CRV - harrier - rav4 yg sama2 bertugas sejak thn 2000 s/d sekarang.
IMO, tapi buat sebuah 'car', yg dipakai sehari2 di aspal, bukan buat angkut pasir, offroad, jadi bus, & towing dst, terlebih jarang bodynya kotor dari lumpur;
disini CUV monokok pun cukup tanpa ada masalah chassis berarti, sama seperti misal antara blazer - terano - escudo - katana dgn CRV - harrier - rav4 yg sama2 bertugas sejak thn 2000 s/d sekarang.
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Yah...yang diomongin disini kan SUV badak, dr ngebahas Toyota 4Runner. Gak ada juga yg bilang CR-V/Harrier gak kuat buat sehari hari 
-
billyd1773dz
- SM Specialist

- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2010 Toyota 4Runner
kyanga giniFortunerMan wrote:Untuk rangkuman berbagai SUV Badak
Ladder frame
Landcruiser (semua), Patrol, G-Class, Hummer (semua), Defender, Wrangler, 4Runner, Pathfinder, Tahoe, Escalade...dan yg murmer2...Pajero Sport/Fortuner/Everest
Campuran(Unibody iya, pake frame dibawahnya iya juga)
Cherokee, Grand Cherokee, Pajero, Range Rover, Discovery, dan yg murmer...Grand Vitara
Unibody/monokok
?? Touareg/Cayenne/Q7? Please confirm, saya juga gak pasti ini murni gak. Yg murah meriah pure unibody + badak apa ya...
ada sebuah SUV yang di buat monoque. kemudian segmentnya lebih ke penggunaan kota, maka tidak pusing2 di buat reinforce atau tulang tambahan untuk memperkuat atw membuatnya jadi kaku. justru konstruksinya di buat sederhana dan selentur mungkin tampa reinforce yg tdk perlu kecuali untuk safety dari tabrakan,targetnya tentu agar handling dan kenyamanan jd yg terbaik dan menekan production cost tentunya.
ada sebuah SUV monoque lain dibuat dgn segmentnya SUV badak yang sudah d kuasai SUV ladder, maka agar g kalah tangguh dan bisa mengambil hati konsumen SUV itu harus melalui reinforce ntah itu "nempelin" tulang ala ladder, atw penambahan plat reinforce agar bisa sekokoh atw lebih baik dri Ladder, namun tetep mempertahankan kenyamanan dan kelenturan khas monoque. kemudian agar makin afdol di beri nama unik lg konstruksinya. padahal, apapun nama yg di beri pabrik dan seunik apapun reinforcenya tetap aja dia di golongkan monokok selama sasis dan body dibuat menjadi 1 kesatuan.
point2 di atas, mungkin lebih tepat di bagi 2 saja. SUV dgn sasis terpisah, dan SUV dgn Sasis menyatu.
lalu versi reinforce adalah bentuk evolusi dan pengembangan dari bentuk dasar konstruksi monokok agar lebih kokoh.dan tetep aja sasisnya menyatu (monokok)
maka klw ada pertanya monokok apa yang badak? maka jawabannya tentu point no 2. karena point no 3 dri semenjak pembuatan tidak menyasar dan d peruntukan untuk kelas perBADAKan ini, justru konstruksi di buat lentur agar nyaman d aspal.
klw pun ada SUV monokok yg d promosikan badak, maka kemungkinan besar pasti ada reinforce atw penyesuaian yg d lakukan. apa lgi klw sudah kelas SUV premium yg tidak pelit bahan untuk bikin reinforce ntah itu d expose dgn memberi nama atau tidak.dan lngsung masuk pont no 2.
beda lagi klw ngelihatnya spesies badaknya dri kukunya.... klw dia full rigid axle d jamin sasis dan lain2nya ga main-main... IFS yaa kompromilah... FISS treat it lightly! hati2 ah....
thx
-
billyd1773dz
- SM Specialist

- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2010 Toyota 4Runner
hehehe hati2 ah pke keluarga hummer...... mbahnya FISS cucunya IFS...FortunerMan wrote: Jangan lupa sama Hummer H1/H2/H3...sweet ladder frame.
ngakak gw nih d angkat sendirian aja bisa kebalik.. hehehe
http://www.youtube.com/watch?v=cFCRa0PKNXE
kya gini sih, mau dia ladder atw monokok g bakal ngebantuin
suspension is the key.
anothe hummer
http://www.youtube.com/watch?v=lpxoomyFs_0
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Kalo SUV monokok dikasi frame bawahnya bro billy bilang itu evolusi dari monokok....sebaliknya bisa juga di bilang itu evolusi dr body on frame dong.
Makanya kita sering baca bahwa SUV2 seperti Cherokee, Range Rover, dan Pajero itu "unik" - tidak pure dari kubu unibody atau ladder frame. Mereka ambil keuntungan dr masing2 kubu, digabungkan. Bro Billy sendiri bilang Cherokee itu "unik", apa uniknya kalo cuman unibody biasa? apa uniknya IBF nya Discovery/Range Rover kalo dibilang hanya unibody biasa? Makanya saya kategorikan campuran...karena memang sudah di campur aduk. Seperti penjelasan di bawah ini...
Saya cuman pengen tau, saat ini bisa tidak pure unibody dijadikan SUV badak. Makanya saya kasi contoh yang saya gak tau, Touareg - bisa saja dia pake bahan yang super kuat - gak perlu diperkuat frame lagi seperti Discovery/Range Rover. Itu yang saya pengen tau.
Makanya kita sering baca bahwa SUV2 seperti Cherokee, Range Rover, dan Pajero itu "unik" - tidak pure dari kubu unibody atau ladder frame. Mereka ambil keuntungan dr masing2 kubu, digabungkan. Bro Billy sendiri bilang Cherokee itu "unik", apa uniknya kalo cuman unibody biasa? apa uniknya IBF nya Discovery/Range Rover kalo dibilang hanya unibody biasa? Makanya saya kategorikan campuran...karena memang sudah di campur aduk. Seperti penjelasan di bawah ini...
Dari kata "combine"...makanya saya bilang kategori "campuran".Land Rover developed an all-new method which they called Integrated Body Frame (IBF). The previous Discovery models had used a traditional, strong ladder-frame chassis. Whilst being specifically designed for off-road use, ladder-frame chassis are heavy and detract from the on-road handling of the vehicle. Monocoque vehicles are more rigid, giving improved high-speed handling, but can be damaged by the stresses involved in heavy off-road use. In the IBF the body, the engine bay and passenger compartment is built as a monocoque, which is mated to a basic ladder-chassis holding the gearbox and suspension. It claimed to combine the virtues of both systems, but does make the Discovery 3 uncommonly heavy for its size stunting on-road performance and off-road agility, especially in soft ground such as sand. This was one of the reasons that the new Discovery became the first Land Rover to be offered with a rear locking differential.
Saya cuman pengen tau, saat ini bisa tidak pure unibody dijadikan SUV badak. Makanya saya kasi contoh yang saya gak tau, Touareg - bisa saja dia pake bahan yang super kuat - gak perlu diperkuat frame lagi seperti Discovery/Range Rover. Itu yang saya pengen tau.
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Kalo youtube, mungkin saja bukan professional tester, amatiran, kemungkinannya banyak sekali.billyd1773dz wrote:hehehe hati2 ah pke keluarga hummer...... mbahnya FISS cucunya IFS...FortunerMan wrote: Jangan lupa sama Hummer H1/H2/H3...sweet ladder frame.
ngakak gw nih d angkat sendirian aja bisa kebalik.. hehehe
http://www.youtube.com/watch?v=cFCRa0PKNXE
kya gini sih, mau dia ladder atw monokok g bakal ngebantuinngapain di perdabatkan?
suspension is the key.![]()
anothe hummer
http://www.youtube.com/watch?v=lpxoomyFs_0
Kalo baca dari professional review...Landcruiser vs Hummer - kita bisa lihat orang yg kerjaannya mereview mobil
Autoblog Comparo: Moving Mountains - Toyota Landcruiser vs. Hummer H2
http://www.autoblog.com/2008/10/15/auto ... r-vs-humm/
Di comparison ini, Hummer bersaing dengan baik vs Landcruiser.
The finding was that the H2 and the Landcruiser will go anywhere you point them. Period. Anyone who says otherwise is, quite simply, incorrect. The only difference is in how they do it. The H2 is a thoroughly mechanical machine that overcomes obstacles with locking diffs and brute force. The Landcruiser substitutes some of that rawness with an electronic aid that will achieve the same end.

Atau mau Jeep vs Hummer? Ada juga...
Autoblog Comparo: Jeep Wrangler Unlimited Rubicon vs. Hummer H3T
http://www.autoblog.com/2009/06/30/auto ... ummer-h3t/
However, we're not about to declare it the outright winner. Depending on what you require from your 4x4, size could matter. But the H3T is just as good as its Pentastar foe on the trails and even better on terra firma. And if WWIII does come around, we're going to be looking for a combination of go-anywhere capability and comfort when the zombies finally attack.
Memang banyak orang yg sentimen terhadap Hummer - mungkin karena tampangnya yg rada minta perhatian, saya juga gak doyan. Banyak yg bilang Hummer itu poser doang, di offroad gak bisa apa2. Tapi kenyataannya dr professional review, Hummer bukan tampang doang, memang dia badak.
-
billyd1773dz
- SM Specialist

- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2010 Toyota 4Runner
FortunerMan wrote:Kalo SUV monokok dikasi frame bawahnya bro billy bilang itu evolusi dari monokok....sebaliknya bisa juga di bilang itu evolusi dr body on frame dong.
Makanya kita sering baca bahwa SUV2 seperti Cherokee, Range Rover, dan Pajero itu "unik" - tidak pure dari kubu unibody atau ladder frame. Mereka ambil keuntungan dr masing2 kubu, digabungkan. Bro Billy sendiri bilang Cherokee itu "unik", apa uniknya kalo cuman unibody biasa? apa uniknya IBF nya Discovery/Range Rover kalo dibilang hanya unibody biasa? Makanya saya kategorikan campuran...karena memang sudah di campur aduk. Seperti penjelasan di bawah ini...Saya cuman pengen tau, saat ini bisa tidak pure unibody dijadikan SUV badak. Makanya saya kasi contoh yang saya gak tau, Touareg - bisa saja dia pake bahan yang super kuat - gak perlu diperkuat frame lagi seperti Discovery/Range Rover. Itu yang saya pengen tau.Land Rover developed an all-new method which they called Integrated Body Frame (IBF). The previous Discovery models had used a traditional, strong ladder-frame chassis. Whilst being specifically designed for off-road use, ladder-frame chassis are heavy and detract from the on-road handling of the vehicle. Monocoque vehicles are more rigid, giving improved high-speed handling, but can be damaged by the stresses involved in heavy off-road use. In the IBF the body, the engine bay and passenger compartment is built as a monocoque, which is mated to a basic ladder-chassis holding the gearbox and suspension. It claimed to combine the virtues of both systems, but does make the Discovery 3 uncommonly heavy for its size stunting on-road performance and off-road agility, especially in soft ground such as sand. This was one of the reasons that the new Discovery became the first Land Rover to be offered with a rear locking differential.
klw dri artikel di atas bearti engine bay dan semua lantai/compartment penumpang di buat menyatu kaya monokok sedangkan pemegang gearbox dan suspensi d buat kya rigid , mungkin maksudnya jadi ada crossmember yg melintang megang GB d kolongnya mirip ladder.. klw disco blm ada spesimen yg bisa di rebahin.. jadi spesimennya XJ aja yah..In the IBF the body, the engine bay and passenger compartment is built as a monocoque, which is mated to a basic ladder-chassisholding the gearbox and suspension.

ini TKPnya oraytapa xj kesayangan lg belajar ngesot2 kya suster gtu... hehe
kita baca lg artikelnya
engine bay dan compartment penumpang di buat satu kesatuan dgn tulangnya tampa jarak kya monokok... ok kelihatan kan, tulangnya d gambar? d gabung ladder yang megang GB kelihat kan tuh ada crossmember/besi yg melintang di kolongnya memegang GB mirip ladder? klw arm suspensi d XJ sih nyatu ke frame utamanya/monokokIn the IBF the body, the engine bay and passenger compartment is built as a monocoque, which is mated to a basic ladder-chassisholding the gearbox and suspension.
klw gini kyanya di banding di bilang evolusi dri ladder lebih deket evolusi dari monokok deh? karena ciri utamanya yang tampak yaitu desain sasis dan body menyatu yang paling dominan, di banding ciri rigid d bentuk crossmember pemegang GBnya?
tapi
di sini UNIKnya XJ dgn konstruksi monokok with reinforced Tapi RINGAN..... bahkan lebih ringan dari yang pure monokok kya CRV. ini adalah sebuah SUV dgn konstruksi monokok namun se TANGGUH ladder dan sangat RINGAN.but does make the Discovery 3 uncommonly heavy for its size stunting on-road performance and off-road agility, especially in soft ground such as sand.
XJ limited 1,38T 4ltr CRV 2.4 ltr 1.6T Disco3 4ltr V6 2.48T
link
http://en.wikipedia.org/wiki/Jeep_Cherokee_%28XJ%29
http://www.honda-indonesia.com/product. ... ifications
http://www.conrico.com/project-vehicles ... specs.html
klw UNIKnya SUV monokok lain yg d segmen SUV perBADAKANan tentu unik karena ada tambahan REINFORCEDnya... dgn berbagai cara dan material, membuat mereka lebih advance dibanding monokok yg umum.
thx
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Reinforcementnya dengan apa? dengan frame bukan? Ya prinsipnya sama saja dgn Discovery/RR/Pajero. Cherokee bisa lebih ringan ya itu pinter2nya Jeep lah - tapi pada intinya prinsip sama...** reinforced dengan frame ** dibawahnya.
Sekali lagi yg saya pengen tau, ada tidak PURE unibody yang bisa disebut SUV badak. Jadi hanya dengan struktur unibodynya saja, dia bisa sekuat ladder frame. Misalnya Merek X pake bahan model baru, gak usah reinforced dgn apa2 dia sudah kuat. Dia tidak unik, tapi kuat aja.
Kalo sudah diperkuat dengan frame dibawahnya itu sudah bukan pure monokok, seperti saya bilang itu campuran - mau dekat ke monokok atau dekat ke ladder frame bukan persoalannya - tetap sudah campuran.
Yang saya pengen tau kan...pure unibody (ala CR-V atau Harrier), tapi kuat seperti ladder frame. Ada tidak? Simple saja pertanyaannya. Apa jawabannya Touareg/Cayenne? Belum ada yang jawab. Cherokee bukan jawabannya...bro billy sendiri yang bilang lho
Sekali lagi yg saya pengen tau, ada tidak PURE unibody yang bisa disebut SUV badak. Jadi hanya dengan struktur unibodynya saja, dia bisa sekuat ladder frame. Misalnya Merek X pake bahan model baru, gak usah reinforced dgn apa2 dia sudah kuat. Dia tidak unik, tapi kuat aja.
Kalo sudah diperkuat dengan frame dibawahnya itu sudah bukan pure monokok, seperti saya bilang itu campuran - mau dekat ke monokok atau dekat ke ladder frame bukan persoalannya - tetap sudah campuran.
Yang saya pengen tau kan...pure unibody (ala CR-V atau Harrier), tapi kuat seperti ladder frame. Ada tidak? Simple saja pertanyaannya. Apa jawabannya Touareg/Cayenne? Belum ada yang jawab. Cherokee bukan jawabannya...bro billy sendiri yang bilang lho
Yang murni unibody DAN badak apa? Itu saja pertanyaan saya.billyd1773dz wrote:klw XJ sih, nda murni unibody kok, beda konstruksinya dgn CRV.. lihat aja masih ada tulangnya mirip sasis di bawahnya, bedanya menyatu dgn body tidak d pisahkan bushing.
-
billyd1773dz
- SM Specialist

- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2010 Toyota 4Runner
wah kurang tahu ya om maksudnya gmn mungkin yang lain bisa lebih tahu...FortunerMan wrote:Reinforcementnya dengan apa? dengan frame bukan? Ya prinsipnya sama saja dgn Discovery/RR/Pajero. Cherokee bisa lebih ringan ya itu pinter2nya Jeep lah - tapi pada intinya prinsip sama...** reinforced dengan frame ** dibawahnya.
Sekali lagi yg saya pengen tau, ada tidak PURE unibody yang bisa disebut SUV badak. Jadi hanya dengan struktur unibodynya saja, dia bisa sekuat ladder frame. Misalnya Merek X pake bahan model baru, gak usah reinforced dgn apa2 dia sudah kuat. Dia tidak unik, tapi kuat aja.
Kalo sudah diperkuat dengan frame dibawahnya itu sudah bukan pure monokok, seperti saya bilang itu campuran - mau dekat ke monokok atau dekat ke ladder frame bukan persoalannya - tetap sudah campuran.
Yang saya pengen tau kan...pure unibody (ala CR-V atau Harrier), tapi kuat seperti ladder frame. Ada tidak? Simple saja pertanyaannya. Apa jawabannya Touareg/Cayenne? Belum ada yang jawab. Cherokee bukan jawabannya...bro billy sendiri yang bilang lho
Yang murni unibody DAN badak apa? Itu saja pertanyaan saya.billyd1773dz wrote:klw XJ sih, nda murni unibody kok, beda konstruksinya dgn CRV.. lihat aja masih ada tulangnya mirip sasis di bawahnya, bedanya menyatu dgn body tidak d pisahkan bushing.
definisi badak nya apa sih? bwat oprut extrime terbang2 loncat2 gtu?ladder tampa di tambah reinforce dari tubular atw PLAT(klw frame dibilang pembentuk LADDER, maka PLAT adalah pembentuk monokok) juga di jamin lama2 bengkok... apalgi monokok....
bwat di pake kerja wira-wiri ngangkut sayur? hmmmmm.... kyanya bukan fungsi SUV deh... apalgi SUV kota yg umumnya "pure" monokok..
minim perawatan?hmmmmm.... g cocok juga Ladder harus ganti bushing klw uda pecah monokok kaga....
durable n long live... hmmmm... jgn kan suv monokok sedan jadul aja masih pada jalan n lurus2 asal bukan abis tabrakan..
spesialisasi jalan ancur.... klw dia ladder tpi konstruki suspensinya payah kya **8 walau ladder-ifs percuma juga... kaki2 dulu mesti kuat kemudian sasis. klw monokok fiss sering lewat jalan jelek sebelum ngerusak sasis, suspensinya dulu yg ngambek ntah bushng ancur sampe armnya yg K.O
jd soal durable d jalan ancur bukan murni urusan sasis, tpi lebih bnyk jd beban suspensi.
hmmm yg gw tau enaknya ladder mudah d ganti klw bengkok, towing capacity ladder memang secara default lebih kuat dari monokok, bahkan monokok reinforced juga.. klw definisi badaknya ini maka ladder g ada saingan....
eh tunggu dulu baru nemu nih
ford escape tow a 10 wheel trailer
http://www.youtube.com/watch?v=zvWwJrvUki0
murmer monokok g pke susuk otot kawat lengkep kan sarat puzzlenya??
thx
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Maksud ane badak sudah lumrah lah, Landcruiser biarpun IFS ya tetap badak juga - kalo ini bro Billy bilang bukan badak ya gak tau lagi yang namanya badak itu apabillyd1773dz wrote: wah kurang tahu ya om maksudnya gmn mungkin yang lain bisa lebih tahu...![]()
ane angkat tangan...
definisi badak nya apa sih? bwat oprut extrime terbang2 loncat2 gtu?ladder tampa di tambah reinforce dari tubular atw PLAT(klw frame dibilang pembentuk LADDER, maka PLAT adalah pembentuk monokok) juga di jamin lama2 bengkok...
bwat di pake kerja wira-wiri ngangkut sayur? hmmmmm.... kyanya bukan fungsi SUV deh... apalgi SUV kota yg umumnya "pure" monokok..
minim perawatan?hmmmmm.... g cocok juga Ladder harus ganti bushing klw uda pecah monokok kaga....
durable n long live... hmmmm... jgn kan suv monokok sedan jadul aja masih pada jalan n lurus2 asal bukan abis tabrakan..
spesialisasi jalan ancur.... klw dia ladder tpi konstruki suspensinya payah kya **8 walau ladder-ifs percuma juga... kaki2 dulu mesti kuat kemudian sasis. klw monokok fiss sering lewat jalan jelek sebelum ngerusak sasis, suspensinya dulu yg ngambek ntah bushng ancur sampe armnya yg k.o.
hmmm yg gw tau enaknya ladder mudah d ganti klw bengkok, towing capacity ladder memang secara default lebih kuat dari monokok, bahkan monokok reinforced juga.. klw definisi badaknya ini maka ladder g ada saingan....
eh tunggu dulu baru nemu nih
ford escape tow a 10 wheel trailer
http://www.youtube.com/watch?v=zvWwJrvUki0
murmer monokok g pke susuk otot kawat lengkep kan sarat puzzlenya??
Ford Escape? http://car-reviews.suite101.com/article ... _test_2008
Ford realized that most SUV owners did not take their vehicles off road, and decided instead to use a car-like Monocoque design with a fully independent suspension and rack and pinion steering for the Escape.[5] Although not meant for serious off-roading, a full time all wheel drive system supplied by Dana was optional which included a locking center differential activated by a switch on the dashboard
Ford aja bilang ini bukan buat main kasar2 yang berat. Coba baca description Wrangler, Pajero, Patrol, atau LC...lain kan? Jadi Escape menurut saya bukan SUV tangguh...sesuai dengan kehendak yang bikin (Ford).The vehicle is handicapped in this area by hard-compound mud and snow radial tires. Ground clearance is 8.1 inches, much more than on normal cars and in keeping with the Escape’s tough off road image ... even if it’s not reality. With the optional $345 Towing Package you can pull 3,500 pounds. Remember, however, there’s no Hi/Lo transfer case. This vehicle is built for inclement weather use, not off-road bashing.
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
http://en.wikipedia.org/wiki/Body-on-frame
Ini dari blog Edmunds InsideLine http://blogs.edmunds.com/straightline/2 ... y-huh.html
Dan banyak sumber lainnya sudah bilang begini juga...kenyataan di dunia otomotif juga begini, banyak sekali contoh ladder frame tough SUV - yg tough SUV unibody biasanya dengan frame reinforcement. Yg pure unibody + tough apa? mungkin hanya Touareg/Cayenne...itu juga ane gak pasti.Advantages
* Easier to design, build and modify (less of an issue now that Computer-Assisted Design (CAD) is commonplace, but still an advantage for coach-built vehicles).
* More suited for heavy duty usage and off-roading; can be more durable.
* Easier to repair after accidents.
* Overall better ride quality [2] for SUVs.
Disadvantages
* Heavier than unibody - lower performance and/or higher fuel consumption.
* Less resistant to torsion (flexing of the whole car in corners) - compromising handling and road grip.
* No crumple zone - higher rate of death and serious injury.[3]
* Higher production costs.
Ini dari blog Edmunds InsideLine http://blogs.edmunds.com/straightline/2 ... y-huh.html
Yg bikin kuat XJ adalah apanya? FRAME nya. Sama juga seperti Discovery/RR. Baca komentar kalau sub-frame ini dicabut (sehingga menjadi pure unibody) - "you can kiss any serious off-roading off your list of fun things to do"What's going on here? Am I the only one out there who knows that the Jeep Grand Cherokee is already unibody--and that it's ALWAYS been unibody? In fact the '84 Cherokee originated the use of unibody construction in Jeeps.
Why is it then that several news sources have been reporting that the next GC is going unibody--as if this was 'new' news? Have they been living under a rock since 1993? Or are they suggesting that the Jeep will do away with "welded subframe" aspect of the unibody, which even the Honda Pilot, Ridgeline and others now use? That subframe is what gives the GC the additional strength needed for those off-road adventures. If that's the case--then yes indeed--it will truly be car-like, and you can kiss any serious off-roading off your list of fun things to do.
-
billyd1773dz
- SM Specialist

- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2010 Toyota 4Runner
^^
hahaha INTINYA om FM mw bilang klw unibody yg pure saat ini ga mungkin dan ga ada yang sekuat ladder kan?
LC200 badak gimana om? durable gimana sya bener2 ga ngerti.... apakah dia tahan ga ganti onderdil 10thn? ga perlu ganti oli selama kerja10th? ga perlu ganti filter solar?terus2an pke solar ala pedalaman indonesia(ktanya ladder framenya sesuai bwat oprut bearti mesti tahan juga solar seadanya)? karena dia pke sasis ladder dan pke badge landcruiser? tunggu 20 thn lagi klw nda ada sensor mesin 1VD-FTVnya yg minta ganti atw piranti elektronik lain baru hebat namanya....
memang sebuah SUV dibilang tangguh cuma karena sasisnya om?
ya sasis ladder lebih kuat untuk offroad rusak pun mudah di betulin/ganti.tp memang offroadnya seberat apa yg mau atau bisa di jabanin sebuah IFS apalgi FISS? ga mungkin sampai terbang2 di guling2 kan? klw dia suspensi kuat + rigid axle + ladder baru klop.... kemampuan sesungguhnya kepakai dan berguna.
wah klw sya lebih percaya pengguna dri pada tester media/majalah.
tester professionalnya om FM juga g bakal ngetes mobil sampai di guling2 di loncat2 kan? apakah tester professional akan berani mengeluarkan fakta yg terlalu sadis yg merugikan pihak yg meminjamkan unit testnya?apakah tester professional memakainya cukup lama menyiksanya cukup lama dan akan merogoh kantong membeli sparepart bila ternyata ada yg rusak?dri mana tester itu tau mobil yg di test beberapa hari(atau jam) itu memang durable?
justru reviewer amatir atw user yg sudah membeli mobil itu sendiri yg hapal dan sudah mencoba sampai limit mobil hingga bosen, senang susahnya,kelemahanya. sya kira lebih enak denger pendapat dri user yg biasa2 sampai yg nekat.. komplain mereka murni dan tdk d perhalus kepentingan apapun...
kya kasus H1 imagenya sebagai mobil perang AS d timteng nan kekar, d puja2 di mana-mana, mana ada media yg nyoba naikin breh terus ternyata bisa kebalik sama seorang...
rangerover....... rangerover yg pertama bahkan di cap jauh lebih tangguh dan performanya lebih baik di banding Landrover series atw defender generasi awal. rangerover skrng....
RangeRover case
taft F78 IFS banyak yg bilang tangguh d pke d berbagai perkebunan harga juga 300jt++ (dulu) mesin sasis elektrik ya memang luar biasa ,syangnya gw dan beberapa teman ngalamain sendiri, kakinya kurang kuat 2 kli patah armnya dan 2 kli itu sya sedang di aspal.... uniknya yg patah arm suspensi rigidnya bukan independenya,punya teman sya F78nya tahun 2005.
XJ bnyk yg bilang tangguh termasuk gw... tpi bukan tampa cacat,namanya mesin dgn injeksi elektronik ada sensor yg punya umur pakai 10thn-an dan 1 per 1 akan rusak... nah saat bgini pling sebel..siap2 aja dpt siklus ganti sensor klw nda mobil jd brebet atw tau2 mati tampa warning... enaknya sih ganti semua langsung hihihi.....
btw jagoannya om FM apa?LC200 forti? silahkan pke LADDER reinforce sekalian biar makin kuat tu sasis selama IFSnya masih nempel. yg ad mobil makin berat makin gampang nancep dlumpur.uda gtu kerjaannya ngangkat terus kurang travel.. gw modal rigid axle aja dah biarin pke unibody lepel CRV jg gpp biar ringan asal pke rollbar biar aman. jago mana coba?
yang bikin kuat XJ itu AXLEnya!klw dia pke IFS apa lgi FISS ga bakal ada yg make oprut berat kya skrng...
nissan patrol GU yap salah satu direct competitor LC100 juga terkenal "badak" tpi kemarin lucu jg sedang main ke bengkel ada GU diesel pastinya produksi 2000> tpi mesin dieselnya uda pincang asap pucat...
gw lihat filter solarnya pke "daihatsu"
sebadak apapun "claimnya" tetep ga bisa hidup sehat tampa sparepart yg tepat....dan minuman yg sehat. syang padahal gw demen mobil ini... model kya lc100 rigid axle tpi harga setengahnya...
CJ7 sapa yg gw tau dgn reputasinya jeep amrik ini...... sya demen sekali jip ini hingga salah seorang teman memberi tahu, klw sasis ladder mobil ini termasuk yg ter "rawan" bengkok dan boros sasis klw d pke kompetisi... blm lagi masalah d as roda blkng AMC20. tpi dia timpalin lagi, klw bwat main2 sih aman..... hehe
jd skrng sya makin bingunggg jadi pingin nanya mobil badak itu apa?mobil tangguh itu apa sih?
jadi gmn nih.... ? mobil yg katanya badak juga rupanya tidak lepas masalah??jadi suv badak tuh apa?
apakah mobil yang sangat tahan banting hingga hampir tdk pernah rusak?lalu yg om list d atas dan yg d claim pabrik dan tester tangguh itu termasuk mobil yg jarang sekali rusak sangat tangguh hingga perawatan minim pun tetap sehatkah? wah hebat sekali kalau bgtu....
atwkah tangguh sasis "ladder" nya saja?

btw lanjut bsk ya gan.... ngatukk uyy
hahaha INTINYA om FM mw bilang klw unibody yg pure saat ini ga mungkin dan ga ada yang sekuat ladder kan?
LC200 badak gimana om? durable gimana sya bener2 ga ngerti.... apakah dia tahan ga ganti onderdil 10thn? ga perlu ganti oli selama kerja10th? ga perlu ganti filter solar?terus2an pke solar ala pedalaman indonesia(ktanya ladder framenya sesuai bwat oprut bearti mesti tahan juga solar seadanya)? karena dia pke sasis ladder dan pke badge landcruiser? tunggu 20 thn lagi klw nda ada sensor mesin 1VD-FTVnya yg minta ganti atw piranti elektronik lain baru hebat namanya....
memang sebuah SUV dibilang tangguh cuma karena sasisnya om?
ya sasis ladder lebih kuat untuk offroad rusak pun mudah di betulin/ganti.tp memang offroadnya seberat apa yg mau atau bisa di jabanin sebuah IFS apalgi FISS? ga mungkin sampai terbang2 di guling2 kan? klw dia suspensi kuat + rigid axle + ladder baru klop.... kemampuan sesungguhnya kepakai dan berguna.
wah klw sya lebih percaya pengguna dri pada tester media/majalah.
tester professionalnya om FM juga g bakal ngetes mobil sampai di guling2 di loncat2 kan? apakah tester professional akan berani mengeluarkan fakta yg terlalu sadis yg merugikan pihak yg meminjamkan unit testnya?apakah tester professional memakainya cukup lama menyiksanya cukup lama dan akan merogoh kantong membeli sparepart bila ternyata ada yg rusak?dri mana tester itu tau mobil yg di test beberapa hari(atau jam) itu memang durable?
justru reviewer amatir atw user yg sudah membeli mobil itu sendiri yg hapal dan sudah mencoba sampai limit mobil hingga bosen, senang susahnya,kelemahanya. sya kira lebih enak denger pendapat dri user yg biasa2 sampai yg nekat.. komplain mereka murni dan tdk d perhalus kepentingan apapun...
kya kasus H1 imagenya sebagai mobil perang AS d timteng nan kekar, d puja2 di mana-mana, mana ada media yg nyoba naikin breh terus ternyata bisa kebalik sama seorang...
rangerover....... rangerover yg pertama bahkan di cap jauh lebih tangguh dan performanya lebih baik di banding Landrover series atw defender generasi awal. rangerover skrng....
RangeRover case
taft F78 IFS banyak yg bilang tangguh d pke d berbagai perkebunan harga juga 300jt++ (dulu) mesin sasis elektrik ya memang luar biasa ,syangnya gw dan beberapa teman ngalamain sendiri, kakinya kurang kuat 2 kli patah armnya dan 2 kli itu sya sedang di aspal.... uniknya yg patah arm suspensi rigidnya bukan independenya,punya teman sya F78nya tahun 2005.
XJ bnyk yg bilang tangguh termasuk gw... tpi bukan tampa cacat,namanya mesin dgn injeksi elektronik ada sensor yg punya umur pakai 10thn-an dan 1 per 1 akan rusak... nah saat bgini pling sebel..siap2 aja dpt siklus ganti sensor klw nda mobil jd brebet atw tau2 mati tampa warning... enaknya sih ganti semua langsung hihihi.....
hahaha........ ntar gw potoin XJ yg full pipa + plat ga pke frame persegi yg mirip2 LADDER itu deh.. dah ada di bandung tuh...Yg bikin kuat XJ adalah apanya? FRAME nya. Sama juga seperti Discovery/RR. Baca komentar kalau sub-frame ini dicabut (sehingga menjadi pure unibody) - "you can kiss any serious off-roading off your list of fun things to do"
btw jagoannya om FM apa?LC200 forti? silahkan pke LADDER reinforce sekalian biar makin kuat tu sasis selama IFSnya masih nempel. yg ad mobil makin berat makin gampang nancep dlumpur.uda gtu kerjaannya ngangkat terus kurang travel.. gw modal rigid axle aja dah biarin pke unibody lepel CRV jg gpp biar ringan asal pke rollbar biar aman. jago mana coba?
yang bikin kuat XJ itu AXLEnya!klw dia pke IFS apa lgi FISS ga bakal ada yg make oprut berat kya skrng...
nissan patrol GU yap salah satu direct competitor LC100 juga terkenal "badak" tpi kemarin lucu jg sedang main ke bengkel ada GU diesel pastinya produksi 2000> tpi mesin dieselnya uda pincang asap pucat...
CJ7 sapa yg gw tau dgn reputasinya jeep amrik ini...... sya demen sekali jip ini hingga salah seorang teman memberi tahu, klw sasis ladder mobil ini termasuk yg ter "rawan" bengkok dan boros sasis klw d pke kompetisi... blm lagi masalah d as roda blkng AMC20. tpi dia timpalin lagi, klw bwat main2 sih aman..... hehe
jd skrng sya makin bingunggg jadi pingin nanya mobil badak itu apa?mobil tangguh itu apa sih?
jadi gmn nih.... ? mobil yg katanya badak juga rupanya tidak lepas masalah??jadi suv badak tuh apa?
apakah mobil yang sangat tahan banting hingga hampir tdk pernah rusak?lalu yg om list d atas dan yg d claim pabrik dan tester tangguh itu termasuk mobil yg jarang sekali rusak sangat tangguh hingga perawatan minim pun tetap sehatkah? wah hebat sekali kalau bgtu....
atwkah tangguh sasis "ladder" nya saja?
btw lanjut bsk ya gan.... ngatukk uyy
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Hi hi...panjang amat ngetiknya. Yang bikin durable itu banyak, tentu saja bukan hanya chassis (dimana saya bilang itu satu2nya komponen yang menentukan?) - tapi itu **salah satu** bagian yang menentukan suatu mobil tough atau tidak. Ini bukan opini saya, ini bisa baca sendiri di mana mana.
Jadi, LANDCRUISER 200 bukan mobil tough? Landcruiser 100 juga bukan? Saya nyerah udah. Berarti yang sejenisnya Patrol, Pajero, Touareg, Cayenne, Range Rover...gak ada yang tough juga dong ya
Yang tough hanya mobil jaman dulu saja...atau hanya Jeep saja
? Kalo Jeep Grand Cherokee tough gak?
Saya memang lebih percaya professional review daripada opini individu.
Jadi, LANDCRUISER 200 bukan mobil tough? Landcruiser 100 juga bukan? Saya nyerah udah. Berarti yang sejenisnya Patrol, Pajero, Touareg, Cayenne, Range Rover...gak ada yang tough juga dong ya
Saya memang lebih percaya professional review daripada opini individu.
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Saya pengen mencari info yang benar, karena perkembangan dunia otomotif jalan terus. Makanya saya nanya - yang mana pure unibody SUV yg bisa di bilang tangguh,...sekelas G-Class, LC, Patrol, Hummer. Dari artikel2 yang saya baca (satu di atas), ladder frame memang better suited untuk heavy duty use drpada pure unibody. Ini bukan opini saya, ini banyak sumbernya. Kalau bukan begini kenapa Cherokee, Discovery, Pajero...repot2 ngasi frame tambahan ke unibodynya...pake aja unibody murni.billyd1773dz wrote:^^
hahaha INTINYA om FM mw bilang klw unibody yg pure saat ini ga mungkin dan ga ada yang sekuat ladder kan?
Selama ini dibilang Cherokee mewakili kubu unibody...kenyataannya tidak - dia di perkuat dengan welded subframe (seperti artikel di atas). Discovery/RR juga bukan...jelas2 ada frame nya (juga sumber di atas). Pajero juga bukan pure unibody. Mereka ini SUV campuran, ambil advantage dr kedua kubu unibody DAN body on frame.
Masih banyak kandidat unibody yg bisa di selidiki lho...M-Class, GL-Class, Touareg, Cayenne, Q7. Apakah mereka pure unibody atau pake sistem campuran seperti diatas?
-
firawan6275
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Sorry ya Om2 semua, saya cuma coba menengahi.FortunerMan wrote:Saya pengen mencari info yang benar, karena perkembangan dunia otomotif jalan terus. Makanya saya nanya - yang mana pure unibody SUV yg bisa di bilang tangguh,...sekelas G-Class, LC, Patrol, Hummer. Dari artikel2 yang saya baca (satu di atas), ladder frame memang better suited untuk heavy duty use drpada pure unibody. Ini bukan opini saya, ini banyak sumbernya. Kalau bukan begini kenapa Cherokee, Discovery, Pajero...repot2 ngasi frame tambahan ke unibodynya...pake aja unibody murni.billyd1773dz wrote:^^
hahaha INTINYA om FM mw bilang klw unibody yg pure saat ini ga mungkin dan ga ada yang sekuat ladder kan?
Selama ini dibilang Cherokee mewakili kubu unibody...kenyataannya tidak - dia di perkuat dengan welded subframe (seperti artikel di atas). Discovery/RR juga bukan...jelas2 ada frame nya (juga sumber di atas). Pajero juga bukan pure unibody. Mereka ini SUV campuran, ambil advantage dr kedua kubu unibody DAN body on frame.
Masih banyak kandidat unibody yg bisa di selidiki lho...M-Class, GL-Class, Touareg, Cayenne, Q7. Apakah mereka pure unibody atau pake sistem campuran seperti diatas?
Agar diskusi kita lebih membangun dan lebih terarah, sebaiknya kita tetapkan dulu kriteria SUV Badak/tangguh/durable itu apa definisi,ukuran2 dan batasan-batasannya dulu sehingga kita ngomongin dalam standard dan pengertian yang sama. klo nggak diskusinya nggak akan menghasilkan apa2.
IMHO, terus terang sy ga paham2 banget tester proffesional yang layak dijadikan referensi, sy dengar ada beberapa media besar yg mungkin dijadkan referensi oleh penggemar otomotif. Tentunya kriteria2 pengujian yang jelas, dipercaya independensi dan standar pengujiannya agar hasilnya fair dan tidak memihak ke suatu pabrikan. Saya juga setuju dengan pandangan bro Billy bahwa kita juga perlu masukan dari para pengguna langsung khususnya para offroader proffesional yang sudah banyak punya pengalaman pakai berbagai macam merk. Mereka biasanya akan lebih fair dlm memberikan input thd kualitas suatu produk.
Sy juga penggemar Jeep sejati. Dlm pikiran sy cuma ada produk Jeep krn beberapa produknya lebih inovatif dijamannya. Contohnya nih, mungkin semua sepakat dijamannya CJ-7 lbh inovatifdr GP/SUV lain. Ada ga GP atau SUV yg udah std Anti sway bar depan, batang setir tipe disconnect, instrument indicator lengkap dan dimmer lighting dashboard, suspensi lentur, engine yg mudah dikorek sehingga bisa nyaingin mitsu galant VR4 di event rally (jamannya donny sq), rasio transmisi 4 speednya cukup fleksibel? Namun tetap juga punya kelemahan di chasis lenturnya yg plusnya membantu kenyamanan dan handling tapi kurang kuat utk off road ekstrim. Blm lagi axle AMC 20 yg two piece shg ringkih.
Mungkin klo mau lebih fair, adakan saja test di medan off road yg disepakati variasi handicapnya untuk menguji semua SUV dgn kondisi std abis sehingga keliatan fungsionalitas, kemampuan dan ketangguhan SUV tsb...peace!
-
FortunerMan
Re: 2010 Toyota 4Runner
Yang jelas professional reviewer kemungkinan sentimen sedikit...namanya aja professional. Si bro Billy jelas tidak suka Hummer...dibilang tidak off-road capable dgn contoh2 youtubenya. Ternyata saya baca...Hummer jagoan juga. Skrg Landcruiser 200 dibilang bukan SUV tangguh hanya karena pake suspensi independent....saya tinggal baca review professional aja, dan reputasi LC sudah jelas badak/tangguh/durable. Sama dengan Land Rover Range Rover/Discovery, tinggal baca aja review2nya - ternyata masih jagoan. Gak perlu kan saya hancur2in LC 200 atau Range Rover dulu
Pendapat pribadi OK juga, kalau unsur sentimen/tidak suka-tanpa-alasan/fanatisme bisa disingkirkan.
Seperti saya bilang...Masih banyak kandidat pure unibody yg bisa di selidiki...M-Class, GL-Class, Touareg, Cayenne, Q7. Apakah mereka pure unibody atau pake sistem campuran seperti Range Rover? Cherokee Grand Cherokee udah gak masuk itungan, udah jelas dia bukan pure unibody. Wrangler apalagi...wong ladder frame.
Seperti saya bilang...Masih banyak kandidat pure unibody yg bisa di selidiki...M-Class, GL-Class, Touareg, Cayenne, Q7. Apakah mereka pure unibody atau pake sistem campuran seperti Range Rover? Cherokee Grand Cherokee udah gak masuk itungan, udah jelas dia bukan pure unibody. Wrangler apalagi...wong ladder frame.
-
maskopat
- Member of Mechanic Master

- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2010 Toyota 4Runner
barusan lihat 4runner di wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_4runner
yang 3rd gen mirip fortuner yah.. terutama moncongnya..

dan di generasi2 awal, 4runner ini merupakan hilux surf dan hilux sw4.. kalo gak salah hilux sw4 sekarang pake body fortuner kan?
berarti kalo ane lihat, 4runner, fortuner dan prado identik banget yah...
yang 3rd gen mirip fortuner yah.. terutama moncongnya..
dan di generasi2 awal, 4runner ini merupakan hilux surf dan hilux sw4.. kalo gak salah hilux sw4 sekarang pake body fortuner kan?
berarti kalo ane lihat, 4runner, fortuner dan prado identik banget yah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
mandala1
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: 2010 Toyota 4Runner
Makanya dari dulu itu pesan dan kesan om FM thd Fortuner,, sangat value for money dgn harga segitu dapet feeling mobil sekelas Pradomaskopat wrote: berarti kalo ane lihat, 4runner, fortuner dan prado identik banget yah...
-
maskopat
- Member of Mechanic Master

- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2010 Toyota 4Runner
jadi body dan chassis sama dengan ipah.. terus engine, drivetrain menggunakan prado/4runner?mandala1 wrote:Makanya dari dulu itu pesan dan kesan om FM thd Fortuner,, sangat value for money dgn harga segitu dapet feeling mobil sekelas Pradomaskopat wrote: berarti kalo ane lihat, 4runner, fortuner dan prado identik banget yah...
om dal, kalo ipah v yang 2.7 vvti, itu kan mesinnya sama dengan fortie, drivetrainnya juga sama kah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green

