betul Jom........mungkin inilah salah satu faktor kenapa mereka2 pasang harga lebih mahal daripada pesaingnya.ZombiEE wrote:ngmg2...reputasi itu malah lebih mahal daripada fitur.....fitur bisa lgsg blek pasang..tapi reputasi itu gak bisa gitu saja jatuh dari langit....dan mnrt opini saya pribadi, ada reputasi yg bagus krn produsen juga sudah mengeluarkan biaya yg tidak sedikit utk testing, trial n error...drpd kalo ada produsen yg trial n error nya itu dalam tangan customer..apa gak kacau itu?hehehehe..sekian:)
Mungkin gak sampe begitu ekstrimnya jg sih "trial error di tangan customer" hehehe......tapi yg pasti mereka (produsen gede) butuh duit untuk investasi balik ke indonesia. Contoh gampangnya kaya toyota aja yg bisa investasi gede di sini bikin proyek avanza/Xenia dan IMV, yg semuanya itu butuh modal gede. Tapi dibalik itu kalo gak ada produk2 avxen/IMV kaya gitu dan harus pake model global toyota semua, bisa berapa duit nyampe di sini.
Toyota previa aja udah 900 jt, ane sih seneng2 aja ada innova yg walaupun lebih "dekil" dari previa, tapi bisa ane tebus dgn harga 200 lebih dikit dan bisa berfungsi sama.
Nissan juga gitu, GL yg produk regional bisa dijual dibawah 200 jt, coba kalo harus pake model global semua, bisa diatas 300 jt (comparable sama stream atau wish) untuk dapet nikmati mobil yg fungsinya mirip2.....nah semua itu kan butuh modal, jadi mungkin mereka charge-nya dari harga2 produknya yg sedikit lebih mahal