[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

ZombiEE wrote:ngmg2...reputasi itu malah lebih mahal daripada fitur.....fitur bisa lgsg blek pasang..tapi reputasi itu gak bisa gitu saja jatuh dari langit....dan mnrt opini saya pribadi, ada reputasi yg bagus krn produsen juga sudah mengeluarkan biaya yg tidak sedikit utk testing, trial n error...drpd kalo ada produsen yg trial n error nya itu dalam tangan customer..apa gak kacau itu?hehehehe..sekian:)
betul Jom........mungkin inilah salah satu faktor kenapa mereka2 pasang harga lebih mahal daripada pesaingnya.
Mungkin gak sampe begitu ekstrimnya jg sih "trial error di tangan customer" hehehe......tapi yg pasti mereka (produsen gede) butuh duit untuk investasi balik ke indonesia. Contoh gampangnya kaya toyota aja yg bisa investasi gede di sini bikin proyek avanza/Xenia dan IMV, yg semuanya itu butuh modal gede. Tapi dibalik itu kalo gak ada produk2 avxen/IMV kaya gitu dan harus pake model global toyota semua, bisa berapa duit nyampe di sini.
Toyota previa aja udah 900 jt, ane sih seneng2 aja ada innova yg walaupun lebih "dekil" dari previa, tapi bisa ane tebus dgn harga 200 lebih dikit dan bisa berfungsi sama.

Nissan juga gitu, GL yg produk regional bisa dijual dibawah 200 jt, coba kalo harus pake model global semua, bisa diatas 300 jt (comparable sama stream atau wish) untuk dapet nikmati mobil yg fungsinya mirip2.....nah semua itu kan butuh modal, jadi mungkin mereka charge-nya dari harga2 produknya yg sedikit lebih mahal
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

ZombiEE wrote:oiya oom campoeran..kalo x-trail dan cierpi..itu lebih sepantar dan bisa dibandingkan..dimana mnrt saya...t31 ride quality nya diatas cierpi..kalo beda sampai 40jtan..itu namanya ridiculous...bagi kita...tapi bagi majority..laen cerita..toh laris bak kacang goreng tuh cierpi:)
Nah ini yg sebenernya ane mao utarakan, sampe ngetik panjang2......hehehe...Om Jombi yg nulis cuma 2 baris udah pas mengena :frm_salut:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
DOHC wrote:
yg ane bold itu, entah knapa ane ngerasa itu terjadi di nissan logh, terutama di jajaran kluarga nissan livina.... walaupun penyakit2 nya terkesan sepele, tapi bikin iritating jg lama2... setir bunyi, meteran ngaco, malah waktu seri2 awal rpm nya kelewat kecil ampe mesin mati, trus soal gearbox yg kluaran pertama tuh brisik ampe akhirnya keluaran berikutnya uda diganti, ntuh smua soal2 sepele sigh, tapi sbg konsumen yg beli mobil baru tentu ga mengharapkan donk bolak balik beres cuman buat urusin gtuan doank walaupun itu smua gratis, tapi tetep aja ada waktu dan tenaga yg terbuang.... untung aja nigh kluarga livina itu irit, dan suspensi nya nyaman... kalo ga sigh ane rasa banyak konsumen yg berpaling tuh.... no offence yah nissan lover and warrior....
makanya om, ane kagak berani beli mobil keluaran pertama... termasuk barang elektronik.. tunggu 1-2thn dulu lah...
ane dulu beli 335 batch pertama rusak melulu sampe akhirnya di buy back sbg lemon car :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote: Sedangkan sekali lagi, harga mobil itu engga begitu.....engga bisa turun naik.
Kalo harga mobil bisa begitu, ane mah gak bakal panik kalo harga fort naik drastis, toh bakalan turun juga nanti ke deket2 titik awal. Kan engga......kalo udah naik, ya ketinggalan deh alias bayar harga baru.....turun lagi hampir gak mungkin.
Nah ini yg disebut dengan market beneran karena adanya actual delivery, yg mencerminkan bener2 adanya demand (real demand) dari masyarakat, bukan cuma ngebid future oil supaya lebih tinggi lagi, lebih tinggi lagi untuk dapetin untung semata, gak peduli dengan minyak/komoditi ygdibelinya tsb (karena belum sampe delivery, oil future tsb udah dijual dengan harga yg lebih tinggi daripada waktu dia beli)
kalo produk TAM, ane sih berani nunda.. paling diskonnya yang gede2an.. tinggal bargaining aja.. atau dapet aksesoris yang full option..
kalo gak, lihat produk lain dunk... sekarang kompetisinya sudah makin bagus...
Wah bro, kaga nyambung nih hihiihi :mrgreen: , maksud ane tuh gak nyuruh orang2 beli produk toyota dan juga maksudnya kalo harga mobil (semua mobil gak cuma toyota) gak kaya harga stock yg naik turun gitu lhorrr :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
Risol1 wrote:
Captivated wrote:fortie 2009 overpriced? yes bangets :big_weee:
ya itu kan menurut bro Captivated sendiri, kalo menurut market kayaknya engga overpriced :mrgreen:
kalo menurut ane, fortie, captiva, evie, ps itu semuanya overpriced... kemahalan...

diukur dari kemampuan financial ane yah... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
ya kalo dari kantong ane juga overpriced bro kekekekeke.......maksud tulisan ane tuh dari kantongnya Om Dal :mrgreen:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

bukan ane om risol, tapi om FM :upss:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
maskopat wrote:
Risol1 wrote: Sedangkan sekali lagi, harga mobil itu engga begitu.....engga bisa turun naik.
Kalo harga mobil bisa begitu, ane mah gak bakal panik kalo harga fort naik drastis, toh bakalan turun juga nanti ke deket2 titik awal. Kan engga......kalo udah naik, ya ketinggalan deh alias bayar harga baru.....turun lagi hampir gak mungkin.
Nah ini yg disebut dengan market beneran karena adanya actual delivery, yg mencerminkan bener2 adanya demand (real demand) dari masyarakat, bukan cuma ngebid future oil supaya lebih tinggi lagi, lebih tinggi lagi untuk dapetin untung semata, gak peduli dengan minyak/komoditi ygdibelinya tsb (karena belum sampe delivery, oil future tsb udah dijual dengan harga yg lebih tinggi daripada waktu dia beli)
kalo produk TAM, ane sih berani nunda.. paling diskonnya yang gede2an.. tinggal bargaining aja.. atau dapet aksesoris yang full option..
kalo gak, lihat produk lain dunk... sekarang kompetisinya sudah makin bagus...
Wah bro, kaga nyambung nih hihiihi :mrgreen: , maksud ane tuh gak nyuruh orang2 beli produk toyota dan juga maksudnya kalo harga mobil (semua mobil gak cuma toyota) gak kaya harga stock yg naik turun gitu lhorrr :mrgreen:
gini om risol, yang ane tangkep, om risol bilang ada orang yang gak mau nunda beli fortie lama2 karena harga keburu mau naik dengan alasan kurs valas. nah, karena ane lihat kurs valas juga akan turun someday, makanya ane bilang ane gak terlalu masalah kalo nunda karena kurs lagi tinggi.. karena toh ketika kurs akan turun, tinggal bargain aja minta rebate...
nyambung gak? :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

om FM mah uangnya gak ada serinya.... mau beli apa aja dia bisa...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

kalo mau murah fitur lengkap, beli suzuki aja......merek jepang, fitur banyak,

:mrgreen: , adu2an fitur dah....ha,,,ha,h,a,


setuju ama jombie...(tumben kali ini pinter dia) :big_weee:
ada sesuatu selain fitur fitur yg berupa barang/fisik yang memiliki nilai yg tidak di miliki oleh Produsen lain..ntah apa lah itu namanya, reputasi, prestasi, presentasi..ntah apa lah..
nah itu harus nya juga termasuk poin yg mendasar pada saat mau membeli kendaraan.
kayak jombie bilang..ekstrel XT vs siarpi 2.4..beda harga lumayan jauh, ya mau di bilang overprice, ya terserah masing2....harga ya dari masing2 prinsipil..
kalo di bilang masyarakat gak beli , harga mobil bisa turun, gimana pulak cara menggerakan masyarakat untuk nunda beli mobil thd 1 merek yg di anggap OP..

menurut ane , yg penting, sesuaikan isi kantong ama kebutuhan...tabahkan hati, tetap berdoa....tetap semangat.....


:mrgreen:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Hehehe...Kan kemaren saya udah kasi ilustrasi panjang lebar ttg hal2 yg juga turut berpengaruh thp penentuan suatu harga, yaitu faktor dari mobilnya sendiri (kualitas bagus, reliable, spek teknis, dsb), dan juga faktor2 luar (misalnya reputasi produsen, perceived quality dari masyarakat, resale value, dll sampe pada faktor gengsi).....Semua faktor2 diatas lah yg akhirnya menyatu dan menarik kesimpulan di titik mana harga mobil tsb dianggap wajar oleh konsumen. Dalam hal ini Fortie dengan harga lebih mahal tapi terus diinden, sebenernya merefleksikan tingginya faktor2 tsb dari kacamata konsumen.

Itulah yg dari kemaren kita diskusikan disini: Saya bilang kalo harga "A" Rp tapi orang masih antri artinya harga "A" tsb masih masuk (keterima pasar), sedangkan bro Captivated bilang bahwa kalo harga "A" tetep dibeli, maka orang2 tsb (yg boleh dibilang mencerminkan sebagian besar pasar segmen tsb) adalah semuanya kurang bijak dan cuma "ngasi angin" doang ke toyota, yg artinya mereka udah tau diperes sama toyota, masih juga kasi uangnya dengan cuma2........
yak ini bener... ada faktor teknis mobil (internal), ada faktor non teknis (eksternal) yaitu terutama "persepsi" (resale, gengsi, reputasi, dll, anggaplah msk dsini)
internal itu eksak, eksternal itu berubah2

ga ada org mau diperas... tp yg mau untung, banyak! :mrgreen:
mrk bukan ngasih cuma2, tp ada ekspektasi dikemudian hr 'uangnya' bs kembali... bukan dr TAM tp dr next buyer
koreksi gw kl salah... tp ini mmg kenyataan. ada org ngambil fortie disel, sudah tau kelemahan/kekurangannya tp ttp nekat ngambil krn inga2 dgn hal tsb (resale)
kembali ke mslh persepsi, tp ingat persepsi ini bs berubah. kapan? nobody knows!
tp saat persepsi itu berubah, gmn nasib last purchasers?
Risol1 wrote: Intinya sih, IMO kalo dalam scenario diatas, orang2 tsb bukan kurang bijak atau ngasi uangnya dengan cuma2 ke TAM, melainkan mereka memang punya ekspektasi yg beda, mereka punya perceived value yg beda ke Fortuner dibanding SUV lain sehingga mereka berani bayar lebih mahal, mereka percaya bahwa kelebihan harga tsb pantas dengan value yg diberikan fortuner ke mereka gitu lho............bukan karena kurang bijak.......karena dimana2 pun, kalo orang udah tau mereka beli sesuatu yg kemahalan alias cuma buang2 uangnya aja, maka mereka gak akan mao beli tu barang.
betul, ekspektasi berbeda. 'value' yg mrk harapkan bukanlah faktor internal tadi
ini yg mnrt gw krg bijak... opini pribadi gw loh. kl mrk merasa bijak dgn tindakan mrk, sah2 aja ga ada yg larang :mrgreen:
krn mnrt logika gw, tanpa peningkatan kualitas/fitur/performa, tdk pantas sebuah mobil dihargain makin n makin mahal
soalnya msh susah nyari duit, ogah gw ngasih duit ekstra 50-60jt utk byr "persepsi" krn yg gw drive bukanlah persepsi
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Beda bro analoginya, spt yg saya bilang kemaren, analogi harga mobil gak bisa dibandingin sama naik turunnya harga stock atau komoditi......sama sekali beda.
Harga stock/komoditi itu turun naik karena pada waktu spekulan2 tsb ngebid oil future (salah satu financial derivatives), mereka cuma tuker2an kertas doang dan gak beneran terima delivery minyaknya ke rumahnya masing2....nah kalo ini baru spekulasi/spekulan BUKAN market murni karena market murni adalah perpotongan demand dan supply.
Satu2nya kesamaan adalah di bursa saham/komoditi, memang ada saat2 enak untuk spekulasi (misalnya pada saat market lagi volatile), tapi ujung2nya pasti ada yg namaya automatic adjustment dan harga balik lagi ke harga ekuilibrium/harga pasar.
sama persis pasti ga, kan analogi. tp sama skl beda jg ga, krn ada bbrp hal yg mirip
bukan market murni gmn bro? slama ada pembeli dan penjual, msh sah dinamakan market kok
ttp ada ttk potong supply vs demand, tp ttk itu bs digeser2 bro, mau keatas ato kebwh. trgantung penjual ama pembelinya ajah. tp resiko jd irrasional-nya besar skl krn faktor "siapapun/dimanapun bs maen"
mmg cm 'kertas' tp kl kertas itu mau djadiin fisik bs kok bro, ada mekanismenya
cm utk sebagian trader ga mau repot2, plg diduitin aja
Risol1 wrote: Orang yg beli oil future tadi di titik 100 dollar memang terlihat rugi karena beli kemahalan abis itu turun lagi.......tapi sebenernya engga karena pada saat harga bearish (turun), mereka tetep untung.....cuma bedanya kemaren2 mereka bid harga bakal naik, sekarang mereka bid harga bakal turun......

Orang2 yg jual/beli stok/komoditi tsb bukan tukeran asset perush atau tukeran jerigen minyak beneran, tapi cuma tukeran "angka2 imajinasi aja" atau tukeran "surat tanda terima" aja....nah karena itu harga2 saham/oil future itu bisa naik setinggi langit, bisa juga turun sampe hampir worthless (baca: hampir nol)
tergantung posisi sih bro, short apa long? trus bid-nya udh hit/kena blm? kl udah kena, bs diitung untung/ruginya. kl blm kena, blm ada rugi/untung
imanjiner sih mgkn, tp duitnya real... ahahaha
kl dlm kasus mbl : bgtu beli mbl, udh hit n anda jd long... tinggal tunggu mau jual kapan (kl ada niat jual)
mgkn spt itu......... :ngacir:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Harga fortie memang gak mungkin naik terus sampe indefinite. Pasti suatu saat akan nyampe titik harga dimana TAM tau kalo naikkin harga lagi akan mengurangi demand produknya. Tapi IMO, gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)
Dan percaya deh, misalnya kalo harga fortie model sekarang mentok di 500 jt (ini engga ngomongin all new fortie ya hehehehe), maka harga bekasnya gak mungkin stagnan di "bawah" sono, pasti harga bekasnya ngikutin harga barunya. Bener banget yg beli fortie pada saat harga 350 jt yg untung, tapi yg pasti juga yg beli fortie di level 500 jt juga gak rugi
yg dibold ttg mslh resale toh?
tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv)

kdg2 market ga selalu spt yg diprediksi spt itu bro.
contoh : grandis baru udh naik 30jt, tp bekasnya utk masa pake 1thn ttp aja segitu. plg naik 10jt (bukan 30jt)
Risol1 wrote: Yah bro sah2 aja lah hehehehe, malah bagus karena ada balance of "power" :frm_salut:

Bro Captivated memang kasi argumentasi tapi IMO kayaknya argumentasi nya cuma diulang2 aja, alias cuma nyalahin pembeli fortuner sbg "pemberi angin" atau "gak bijak" atau nyalahin produsen/pasar/konsumen yg katanya "ngomporin"....
sebenernya saya masih bingung "pemberi angin/ngasih angin" dan "ngomporin" itu gimana sih?

Sori kalo ane salah tangkep dan maksud bro Captivated bukan spt diatas :mrgreen:, tapi ane cuma mao tau aja, gimana sih caranya supaya jadi konsumen bijak dan engga "ngasi angin" ke produsen? Ini beneran nanya lho :e-think:

Kalo bener ilustrasi saya diatas, berarti gak perlu kita diskusi panjang lebar lagi karena mindset toh udah terpatri bahwa "beli fortuner pokoknya salah aja" hehehe..... :mrgreen:
waduh ngulang lg neh... :mrgreen:
ngasih angin/ngomporin = naik 5jt dibeli, naik 50jt ttp (bhkn makin) dibeli
kl mnrt teori ekonomi : "naik harga bisa bikin volume turun".
ini ga, mlh kebalikan, makin naik makin gede volume. rasional ato irrasional tuh?
mestinya kritis donk, apa sih alesan naiknya? ini keliatannya makin mahal justru makin laris :frm_bang_head:
alesannya apa... kurs lagi kah?
cb bandingin harga fortie di thai or negara2 laen, naiknya sebanyak di indo kah?
alesan biaya parts/impor naek, mgkn... tp naeknya 26%??? i don't think so :snipersmile:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: IMO, pasar USDM udah sejak lama (bukannya semenjak awal thn 2000an aja) tergerus oleh hantaman produk2 impor, market share produk2 detroit udah sejak lama berkurang terus dari waktu ke waktu (bukan karena midset yg berubah sekejap). Intinya adalah kalo mereka mao berbenah diri dari dahulu bisa koq......

Yg bikin detroit terpuruk spt sekarang ini adalah karena 2 faktor utama: Harga minyak yg membubung tinggi dan krisis ekonomi sekarang sehingga sales mobilnya berkurang drastis.
(oot ON)
sblm minyak naik thn lalu, gm udh mulai merugi *cmiiw*
market sharenya turun perlahan2, krn kelibas ama mbl2 kecil produksi saingan
mindset byk org berubah dr mbl gajah ke mbl kecil. harga jauh lbh murah, irit bbm. ditambah lg org udh ga takut ngambil mbl2 non detroit.
krisis ekonomi kyknya cm mempercepat kejatuhan gm. tanpa itupun, sooner or later kolaps jg kok kl ga berbenah/berubah
selain market share, bs diliat harga sahamnya yg tiap thn cenderung turun.
(oot OFF)
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

justru resale value ini faktor utama org beli mbl di indo
bkn sekedar fitur bos
coba aja tengok crv dan xtrail


dimana2 namanya market leader ya bisa seenaknya upkan harga
toh itu juga kebijakan masing2 perusahaan.

Kalo captie yg naek 30-40jt apa ya bisa laku? :D
Saya sendiri sih bukan penggemar mobil2 yg overprice
tp saya coba berpikir jernih bahwa org indo ini berlaku merek minded.

karena mereka membeli mbl bukan hanya liat fitur tp siapa nama dibelakangnya. Kalao tam, siapa yg meragukan ?

ndak usah debat2 , dak ada abisnya kok
pasti ya balek2 terus haha

mau beli captiv kek fortie kek crv kek evie kek
itu urusan masing2 hati dr pembeli
duit2nya mereka kok.

tp ya itu jangan pernah menjelek2an barangnya orang :), apalagi kalo ada yg sensi . semua ada kelebihan dan kekurangan.

Kalo jeli dan seneng fitur bejibun ya beli captiv drpd fortie
beli xt drpd ciarpi

tp kl seneng resalevalue dan namabesar ya milih sebaliknya tentunya balek lagi ke selera masing2.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Kalo diliat diatas kan bro Captivated lagi membandingkan antara pembeli saham sebuah perusahaan dengan perusahaan/produsen tsb.....apakah saya salah waktu bilang gitu? :e-think: Pada waktu bro bilang "tidak bijaknya para pembeli funds (spekulan), padahal produsennya haha hihi" kan artinya lagi membandingkan dong? :mrgreen:
Juga gak bisa kita menganalogikan fortie owners sebagai shareholders, sedangkan TAM sebagai produsen, karena gak mrpk padanannya.
Fortie owner ya sebagai konsumen, yg pake produknya TAM (Bukan jual beli produk tam untuk investasi/spekulasi). Jadi mereka (Produsen dan Konsumen) sebenernya gak terpengaruh langsung thd kegiatan investasi/spekulasinya pemegang saham TAM :mrgreen:
bukan bro, sorry kl slh tankap... hehehe
bukan pembeli funds, tp pembeli dlm hal ini "funds" aka investment company, dana pensiun, dll. ga ada org yg mau beli funds kok bro.
fortie owner bs dianalogikan sbg pemegang saham, dlm hal : jika harga fortie naik (dgn asumsi resale value ikut naik), sbg pemegang brg mrk bs dpt untung jika menjual brgnya tsb
sm dgn shareholders suatu perusahaan... ketika harga sahamnya naik, untung jk jual sahamnya, dst
Risol1 wrote: Bukan.
Bukan salah mitsu Japan bro, itu memang policy mereka aja ganti nama lancer jadi galant fortis, tapi tetep bukan galant.
msh krg ngerti gw... :e-think:
asumsi gw, penamaan suatu produk itu hak prerogatifnya si pembuat. mknya kmrn gw blg "bisa2nya" mitsu/ktb
Risol1 wrote: Thn 2005 aja, Mitsu baru mulai berpikir untuk menghentikan prod galant dan kuda. Kuda aja thn 05 masih dijual.
Galant dan kuda distop produksinya berbarengan. Memang sejak thn 02/03, Galant jarang yg beli karena ya itu tadi dukungan pabrikan kurang, sebenernya sih bukan salah mobilnya karena kalo liat trend dari tahun 98 (awal galant hiu), salesnya sebenernya cukup bagus
konon 2002 produksi trakhir, brg2 2003-2005 itu sisa2 produksi 2002
krn waktu 2004 nanya2 mslh galant, ktnya barangnya yg stok sisa produksi 2002. krn setlh 2002 ktb cm jualan lancer aja di kategori sedan
ini kt org mitsu (lautan berlian) loh, bukan kt gw :mrgreen:
kl klaim dr mmc bhw 2005 akan stop produksi, mgkn cm mmperhalus ajah krn kenyataannya emg dr thn2 kmrn udh ga produksi
kl kuda stop 2005 itu emg bener
Risol1 wrote: Value mobil itu bukan cuma diliat dari keempat faktor diatas aja bro, masih banyak faktor2 lain yg membentuk perceived value sebuah mobil.
Faktor2 internal mobil maupun faktor2 yg diluar mobilnya sendiri pun juga berperan sangat penting.
jah... kan ngomong mslh kualitas (internal only), blm ngomong mslh reputasi, gengsi, resale, dkk
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Gini deh, dari tadi kan kita cuma ngomongin Fortie nih dan katanya pembeli fortie semuanya gak bijak dan sukanya cuma buang duit cuma2 buat barang yg overpriced?

Sekarang kita ambil contoh aja deh, misal Captiva Diesel: Yg ane percaya bahwa bro Captivated pasti merasa orang2 yg beli ni mobil adalah orang2 yg bijak dan pinter dalam membelanjakan uangnya.
Yg ane mao tau, kenapa kalo memang udah terkenal bahwa captiva adalah pilihan orang2 bijak, tetep aja salesnya jauh lebih kecil dibanding toyota Fortuner yg udah terkenal overpriced? Tetep aja gak diinden sepanjang forti atau CRV (yg ane percaya pasti juga dicap sebagai overpriced)?

Ada penjelasan yg ilmiah? :mrgreen:

Tapi tolong jangan pake penjelasan "karena masyarakat sini gak bijak" atau "masyarakat sini ngasi angin" atau "pasar/produsen yg ngompor2in" atau "masyarakat sini yg spekulan semua" karena masalah ini bukan cuma terjadi disini aja, tapi juga terjadi di pasar2 lain misal pasar USDM yg mrpk main marketnya produk2 Chevy
Siapa tau mata ane jadi terbuka setelah denger penjelasan bro Captivated :mrgreen:
esmosi nih om? nyante aja lah :mrgreen:
penjelasannya simple... irrational market!
apa ini klaim sepihak... mgkn. tp berdasar pengamatan ane, stlh naik harganya gila2an fortie jd lbh laris
tanya kenapa?
mgkn ada yg blg, dulu fortie underpriced. kok underpriced-nya 4thn (dr 2005)?
pasti kembali ke persepsi... itu mgkn bener. tp perspsi itu bs berubah2 kpn saja, ga bs diukur scr eksak
kl merujuk ke judul tred, demikian analisa yg bs ane ksh. spy org2 yg cari2 info dsini bs dpt pencerahan (ato penggelapan? :mrgreen: )
soalnya kl mau debat mslh kelebihan teknis mobil psti ujung2nya dibawa2 kesini (resale, reputasi, gengsi, blah...blah...blah...)

chevy kalah ama toyota? kasus per kasus bro, dr kmrn kan gw udh blg
kasus skrg adlh "fortie disel vs ctv disel vs evie"
sales plg byk blm tentu mblnya lbh unggul secara teknis
hyundai genesis apa kabrnya di amrik? laris manis ga?
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Waduh.....ini artinya semua pembeli Fortuner orang bodoh dong yah? :e-think:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

@campoeran
ga prnh gw ngejelekin produk tertentu, apalg sensi, apalg fitnes
semua yg gw papar ada buktinya... biasa2 aja bro, namanya jg debat
yg pntg santun, no personal attack, dan no sara

kl ctv dihina malah sering, sampe2 gmdat diblg pabrik rongsokan
kl ini udh fitnes blm om?

:big_peace:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

mandala1 wrote:Waduh.....ini artinya semua pembeli Fortuner orang bodoh dong yah? :e-think:
definisi 'bodoh' apa om? kl iq jongkok... yah ga dong ah. fortiers dsini kan org pinter2 smua
irrational = mgkn lbh condong ke "ga sesuai buku" hehehehe

sampe mid 2008 kan msh normal tuh harga2
stlh itu terjadi anomali/fenomena






:ngacir:
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

gue sih biasa2 aja
smua ada kelebihan dan kekurangan
:).
irrational market ?
hmmm
trus yg mau bro lakuin apa? faktanya market di indo kek gini kok.
produk yg laku fortie

ajib bener kok emang di indo .
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

Memang harga jadi ndakkaru2an naek kan sekitar bulan 10-11 2008 ya
untung gue beli yaris bulan 7 wkwkwkwk.

dulu crv cm 260-280 skrg beda 100jt dink
gile ndak :).
maap oot. saya sendiri ndak tau kenapa bisa begini. skrg ada duit 350jt cuman bisa bl crv dulu bisa beli camry ......duh gue tajirnya telat.
hahaha
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Captivated wrote:
mandala1 wrote:Waduh.....ini artinya semua pembeli Fortuner orang bodoh dong yah? :e-think:
definisi 'bodoh' apa om? kl iq jongkok... yah ga dong ah. fortiers dsini kan org pinter2 smua
irrational = mgkn lbh condong ke "ga sesuai buku" hehehehe

sampe mid 2008 kan msh normal tuh harga2
stlh itu terjadi anomali/fenomena

:ngacir:
waakss.....berarti yg beli di taon 2009 dong yg bodoh? :e-doh:
Captivated wrote: ngasih angin/ngomporin = naik 5jt dibeli, naik 50jt ttp (bhkn makin) dibeli
kl mnrt teori ekonomi : "naik harga bisa bikin volume turun".
ini ga, mlh kebalikan, makin naik makin gede volume. rasional ato irrasional tuh?
mestinya kritis donk, apa sih alesan naiknya? ini keliatannya makin mahal justru makin laris :frm_bang_head:
alesannya apa... kurs lagi kah?
cb bandingin harga fortie di thai or negara2 laen, naiknya sebanyak di indo kah?
alesan biaya parts/impor naek, mgkn... tp naeknya 26%??? i don't think so :snipersmile:
Itu teori ekonominya terbalik bro....yg bener tuh dimana permintaan meningkat maka harga pasar akan bergerak naik....
Ga usah jauh2 lah....coba liat ajah harga gula skr menjelang lebaran,, naiknya fantastis......ane aja ngiler ikutan invest ke gula dulu dalam kurun waktu sementara ini....lumayan deh buat nambah2in THR :upss:
Kalo kayak gini konsumen bukan yah yg ngomporin harga gula jadi melonjak? :e-think:
Padahal kalo mau dimirip2in kasusnya ampir sama, gula ga cuma 1 merk ada puluhan merk gula yg beredar.....tapi tetep yg paling laku n yg paling banyak naiknya merk GUL*KU..... :)

Aduh bro....seandainya nt tau kenaikan harga barang import (khususnya japan).....ngeriiiiii......
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

GULAKU yak? :mrgreen:
kl gula ato makanan pokok laen agak gampang om, dekat2 hr besar naekin om... jgn mau ketinggalan. pasti ttp diuber (apalg gulaku emg bagus kok om kwalitasnya)
mau ga mau org pasti beli. ini mmg saatnya qta kipas2 dikit :big_smoking:

tp kl mbl agak laen om, hmpr ga mgkn org beli mbl yg sama berkali2. mbl jg ga kenal hr besar.
setau ane di indo setaon trakhir, produsen mbl duluan naikin harga kemudian pembeli2 rame2 nguber (bukan sebaliknya, krn produsen udh aware kl pasar mbl indo bakal turun sktr 20%-30% thn ini)
abis itu ga beli mbl jg ga kelaperan kok. beli gula bukan krn gengsi (ato adakah? :mrgreen: ), beli mbl sdkt byk ada gengsinya ikut. ini yg susah krn gengsi ga ada harganya (tak tedefinisi)
yg susah org2 kyk gw ini, misalnya pengen beli mbl "itu", udh nabung lama akhirnya jd ga mampu gara2 byk org tajir yg nembak2 terus hrganya

busway..... bagi thr dong om
serius loh








....... :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

^^waaaksss..... :2gunfire: :upss:

Maksud ane bukan samain gula dgn mobil om,,,,ya ane tau lah..... :mrgreen:
Maksud ane tuh perilaku pasar nya.....hukum ekonomi yg menyatakan kalo permintaan melonjak otomatis harga pun 'pindah' bukannya 'naik' lagi :)

Haah....sapa bilang punya Captiva bukan orang tajir?? waah....itu mah mobil udah kelas menengah keatas atuh bro....
ane aja lagi incer2 jandanya :mrgreen: ada temen mau jual tapi bensin, ane lagi pengen nyoba yg diesel kayak punya om roadtrain,,


Btw harusnya kita2 minta THR nya sama pak bos t0mc4t nih.......

:ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

@captivated : bener banget tuh, om Mas Mandalasatu mesti bagi THR neh ke kita2......
bagi dong Om............. :e-pray: