[help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by mandala1 »

Hmmm.........GL vs Rush,,,
Kalo hati ke GL tapi mata ngelirik terus ke Rush,, :e-doh:
dhodol
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sun Jul 05, 2009 7:56

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by dhodol »

@freehahawawa..
thanks info dan analisa..
udah deh..kayaknya aku mantepin GL ajah.. :thanks:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by mandala1 »

dhodol wrote:@freehahawawa..
thanks info dan analisa..
udah deh..kayaknya aku mantepin GL ajah.. :thanks:
Wah......mantab deh bro.....jadi pilih sesuai hati yah......... :mrgreen: :off_good_job:
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by Freehahawawa »

gl = nissan beneran

rush = daihatsu tapi pinjam baju toyota. tetap daihatsu mau di apain.

coba lihat di jalan, gl populasinya jauh lebih banyak banding rush, jadi selain nilai jual kembali sudah terbukti lebih kuat, juga lebih gampang di jual, lebih cepat.

saya udah bedah habis data di kompas, di semua class, mau mpv, suv, sedan, hatchback, percaya ngak, nilai jual kembali no 1 di semua segment mobil tetap nissan. no 2 mungkin toyota atau honda. merek lain antri di belakang. seperti kasus elgrand vs alphard. terbukti elgrand lebih kuat. habis nissan gitu lo, bikin gtr lagi.

jadi udahlah, ambil aja gl yang udah pasti hatinya tenang, dompetnya senang.
dhodol
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sun Jul 05, 2009 7:56

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by dhodol »

enggaklah..pengalaman dulu mulai kijang..super, kapsul sampe avnza kemaren..nilai jual toyota memang menggiurkan..
kalau nilai jual rush memang saya agak ragu..tapi gak ada data sih...cuman agak ragu ajah..nissan juga gak punya pengalaman...jadi agak2 terpengaruh sama analisanya bung freehawawa
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by mandala1 »

Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........ :off_good_job:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by zweifellos »

mandala1 wrote:Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........ :off_good_job:
Iya saya setuju. Yang paling banyak laku/dipake yang punya resale lebih bagus. Namun juga mesti diingat pelayanan purna jual (bengkel resmi, kemudahan mendapatkan, suku cadang, dll.) punya peranan penting dalam menentukan banyak laku apa gak nya, namun tentu tidak mutlak. Sepertinya xtrail dan livina benar-benar menawarkan sesuatu yang spesial (ntah kelengkapannya atau keunggulan di bidang tertentu seperti ?kenyaman??) yang bikin xtrail dan livina saya liat diterima di Indonesia, padahal pelayanan purna jualnya belum tentu sebaik merk-merk yang udah punya nama di sini semacam Toyota ataupun Honda.

Hmm, sepertinya dari baca-baca di SM ini, xtrail dan livina sama-sama menawarkan kenyamanan dalam berkemudi (sebagai sopir maupun penumpang) dan juga fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan saingan di kelasnya (seperti ada yg membahas kelebihan fitur2 dari xtrail daripada honda crv). Yang pernah saya coba cuman livina itupun tak sering, namun saya sepakat ini mobil benar-benar nyaman, jauh lebih nyaman di banding Innova misalnya IMO. Cuman memang bangku belakang tidak seluas Innova, makanya ini cocok buat keluarga KB (punya 2 anak). :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by maxx »

dhodol wrote:@freehahawawa..
thanks info dan analisa..
udah deh..kayaknya aku mantepin GL ajah.. :thanks:
:off_good_job: ... good decision...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by esh »

sama dengan pendapat om maxx :off_good_job:

FYI, saya pake GL 1.5 XV AT '08 :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by DOHC »

GL bukanlah mobil yg sempurna tapi paling tidak, bole dibilang cukup value for money...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by GTR »

GL salahsatu mobil monokok yg bisa isolasi Noise vibration harsness mirip mobil body-on-frame, sekaligus tetep dgn keunggulan monokoknya.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by ZombiEE »

GTR wrote:GL salahsatu mobil monokok yg bisa isolasi Noise vibration harsness mirip mobil body-on-frame, sekaligus tetep dgn keunggulan monokoknya.
stujuh bro:)....:).....ada lagi gak mobil yg mirip2 dgn karakter GL dalam segi ini?:)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by DOHC »

exora ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by mandala1 »

Latio? :)
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by Freehahawawa »

zweifellos wrote:
mandala1 wrote:Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........ :off_good_job:
Iya saya setuju. Yang paling banyak laku/dipake yang punya resale lebih bagus. Namun juga mesti diingat pelayanan purna jual (bengkel resmi, kemudahan mendapatkan, suku cadang, dll.) punya peranan penting dalam menentukan banyak laku apa gak nya, namun tentu tidak mutlak. Sepertinya xtrail dan livina benar-benar menawarkan sesuatu yang spesial (ntah kelengkapannya atau keunggulan di bidang tertentu seperti ?kenyaman??) yang bikin xtrail dan livina saya liat diterima di Indonesia, padahal pelayanan purna jualnya belum tentu sebaik merk-merk yang udah punya nama di sini semacam Toyota ataupun Honda.

Hmm, sepertinya dari baca-baca di SM ini, xtrail dan livina sama-sama menawarkan kenyamanan dalam berkemudi (sebagai sopir maupun penumpang) dan juga fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan saingan di kelasnya (seperti ada yg membahas kelebihan fitur2 dari xtrail daripada honda crv). Yang pernah saya coba cuman livina itupun tak sering, namun saya sepakat ini mobil benar-benar nyaman, jauh lebih nyaman di banding Innova misalnya IMO. Cuman memang bangku belakang tidak seluas Innova, makanya ini cocok buat keluarga KB (punya 2 anak). :mrgreen:

mana ada mobil merek yang pelayanan purna jualnya ngak bagus bisa nilai jual kembalinya bagus ? dua duanya harus bagus, mutu maupun layanan purna jualnya. salah satu kurang pasti ngak bisa bagus nilai jual kembalinya. nissan jumlah dealernya ngak sebanyak toyota, tapi bukan artinya payah servicenya.


seperti singapore airlines banding united airlines. jumlah pesawat sq jauh lebih sedikit banding united, tapi mutu servicenya sq banyak orang bilang lebih bagus. pokoknya kalau nilai jual kembali bagus, itu artinya pasar sudah akui mutu, kepraktisan, keenakan mereknya sudah di akui bagus, dan layanan purna jualnya juga sudah di akui bagus.


pasar sudah bicara.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by zweifellos »

Freehahawawa wrote:
zweifellos wrote:
mandala1 wrote:Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........ :off_good_job:
Iya saya setuju. Yang paling banyak laku/dipake yang punya resale lebih bagus. Namun juga mesti diingat pelayanan purna jual (bengkel resmi, kemudahan mendapatkan, suku cadang, dll.) punya peranan penting dalam menentukan banyak laku apa gak nya, namun tentu tidak mutlak. Sepertinya xtrail dan livina benar-benar menawarkan sesuatu yang spesial (ntah kelengkapannya atau keunggulan di bidang tertentu seperti ?kenyaman??) yang bikin xtrail dan livina saya liat diterima di Indonesia, padahal pelayanan purna jualnya belum tentu sebaik merk-merk yang udah punya nama di sini semacam Toyota ataupun Honda.

Hmm, sepertinya dari baca-baca di SM ini, xtrail dan livina sama-sama menawarkan kenyamanan dalam berkemudi (sebagai sopir maupun penumpang) dan juga fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan saingan di kelasnya (seperti ada yg membahas kelebihan fitur2 dari xtrail daripada honda crv). Yang pernah saya coba cuman livina itupun tak sering, namun saya sepakat ini mobil benar-benar nyaman, jauh lebih nyaman di banding Innova misalnya IMO. Cuman memang bangku belakang tidak seluas Innova, makanya ini cocok buat keluarga KB (punya 2 anak). :mrgreen:

mana ada mobil merek yang pelayanan purna jualnya ngak bagus bisa nilai jual kembalinya bagus ? dua duanya harus bagus, mutu maupun layanan purna jualnya. salah satu kurang pasti ngak bisa bagus nilai jual kembalinya. nissan jumlah dealernya ngak sebanyak toyota, tapi bukan artinya payah servicenya.


seperti singapore airlines banding united airlines. jumlah pesawat sq jauh lebih sedikit banding united, tapi mutu servicenya sq banyak orang bilang lebih bagus. pokoknya kalau nilai jual kembali bagus, itu artinya pasar sudah akui mutu, kepraktisan, keenakan mereknya sudah di akui bagus, dan layanan purna jualnya juga sudah di akui bagus.


pasar sudah bicara.
pelayanan purna jual bukan hanya berbicara kualitas namun juga kuantitas. kalo pelayanan purna jual sangat bagus (bintang lima) tapi cuman ada 1 di indo (misalnya aja), toh orang2 bakal malas beli produknya.

nah yang saya salut, nissan belum bisa bersaing dengan merk2 yang udah terkenal di indo (belum sebaik mereka dalam hal pelayanan purna jual, yang bisa kita liat yaitu jumlah pelayanan purna jualnya) namun nissan bisa menjual mobil dengan jumlah yang cukup banyak. tentu ada faktor tertentu yang bikin konsumen tertarik meski layanan purna jualnya kalah jauh ama merek2 macam toyota (kuantitas).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by GTR »

konsumennya mungkin sedikit banyak juga tau produk2 nissan ini sebenernya.
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by Freehahawawa »

pelayanan purna jual bukan hanya berbicara kualitas namun juga kuantitas. kalo pelayanan purna jual sangat bagus (bintang lima) tapi cuman ada 1 di indo (misalnya aja), toh orang2 bakal malas beli produknya.

nah yang saya salut, nissan belum bisa bersaing dengan merk2 yang udah terkenal di indo (belum sebaik mereka dalam hal pelayanan purna jual, yang bisa kita liat yaitu jumlah pelayanan purna jualnya) namun nissan bisa menjual mobil dengan jumlah yang cukup banyak. tentu ada faktor tertentu yang bikin konsumen tertarik meski layanan purna jualnya kalah jauh ama merek2 macam toyota (kuantitas).

tapi kan jaringan nissan ngak cuman 1. malah sekarang mayoritas pembeli nissan di kota besar jarak dari rumah / kantor ke bengkel nissan terdekat ngak lebih dari 1 jam, bahkan banyak yang tidak lebih dari setengah jam. jadi sebenernya udah lumayan cukup.


di jakarta saja di utara, pusat, barat, timur, selatan semua udah ada berapa bengkel nissan. juga di mayoritas kota di jawa seperti surabaya, bandung, semarang juga udah ada nissan. jadi ngak boleh di bilang kalah jauh.


juga nissan tidak jual mobil super murah seperti avanza, jadi populasi nissan, seperti populasi honda yang juga tidak masuk segmen avanza, tidak sebesar populasi toyota. tapi buktinya jaringan honda yang juga tidak sebanyak toyota, juga di hanggap memadai.


jadi sebenernya asal jumlah bengkel seimbang ama populasi mereknya, bisa kok jadi top brand meskipun jumlah bengkelnya bukan yang terbanyak. apalagi pemilik nissan di jakarta misalnya, asal udah bisa ke bengkel ngak lebih dari setengah jam, nissan mau miliki 50 atau 500 bengkel seluruh indonesia ngak gitu penting untuk dia.


contoh orang yang beli mercy mana peduli jaringan mercy ngak sebanyak toyota, sebab populasi mercy kan masih seimbang ama jumlah bengkelnya. malah dengan populasi avanza yang gitu banyak, saya curiga jaringan bengkel toyota sebenernya udah mulai ngak cukup saat ini. bisa jadi malah saat ini layanan purna jual toyota dari segi kuantitas malah lebih buruk banding nissan dan honda sekarang dari segi tidak seimbang populasi mobil dan bengkel.


dan nanti jika nissan dan honda juga masuk segment avanza, mereka juga harus nambah jumlah bengkel resmi. tapi saat ini menurut saya, sudah memadai. dan tidak ada tanda nissan dan honda akan masuk segment avanza. jadi jika demikian, nissan dan honda sebenernya tidak perlu bangun jumlah bengkel sebanyak toyota.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by DOHC »

jaringan dan jumlah bengkel memang penting, tapi kalo ane rasa bukan hal itu yg paling krusial... tapi ketersediaan spare parts dan keawetan mobil itu sendiri yg penting... biar kata bengkel berjibun tp kalo mobil nya gampang rusak atau nunggu spare parts dateng bisa berbulan2 yah sama aja boong....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by GTR »

tentu user expect ga sering bolak balik servis (mobil awet), bukan sebaliknya.
terutama juga distribusi spareparts diluar BERES, yg bikin harga parts bersaing.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by zweifellos »

Freehahawawa wrote:
pelayanan purna jual bukan hanya berbicara kualitas namun juga kuantitas. kalo pelayanan purna jual sangat bagus (bintang lima) tapi cuman ada 1 di indo (misalnya aja), toh orang2 bakal malas beli produknya.

nah yang saya salut, nissan belum bisa bersaing dengan merk2 yang udah terkenal di indo (belum sebaik mereka dalam hal pelayanan purna jual, yang bisa kita liat yaitu jumlah pelayanan purna jualnya) namun nissan bisa menjual mobil dengan jumlah yang cukup banyak. tentu ada faktor tertentu yang bikin konsumen tertarik meski layanan purna jualnya kalah jauh ama merek2 macam toyota (kuantitas).

tapi kan jaringan nissan ngak cuman 1. malah sekarang mayoritas pembeli nissan di kota besar jarak dari rumah / kantor ke bengkel nissan terdekat ngak lebih dari 1 jam, bahkan banyak yang tidak lebih dari setengah jam. jadi sebenernya udah lumayan cukup.


di jakarta saja di utara, pusat, barat, timur, selatan semua udah ada berapa bengkel nissan. juga di mayoritas kota di jawa seperti surabaya, bandung, semarang juga udah ada nissan. jadi ngak boleh di bilang kalah jauh.


juga nissan tidak jual mobil super murah seperti avanza, jadi populasi nissan, seperti populasi honda yang juga tidak masuk segmen avanza, tidak sebesar populasi toyota. tapi buktinya jaringan honda yang juga tidak sebanyak toyota, juga di hanggap memadai.


jadi sebenernya asal jumlah bengkel seimbang ama populasi mereknya, bisa kok jadi top brand meskipun jumlah bengkelnya bukan yang terbanyak. apalagi pemilik nissan di jakarta misalnya, asal udah bisa ke bengkel ngak lebih dari setengah jam, nissan mau miliki 50 atau 500 bengkel seluruh indonesia ngak gitu penting untuk dia.


contoh orang yang beli mercy mana peduli jaringan mercy ngak sebanyak toyota, sebab populasi mercy kan masih seimbang ama jumlah bengkelnya. malah dengan populasi avanza yang gitu banyak, saya curiga jaringan bengkel toyota sebenernya udah mulai ngak cukup saat ini. bisa jadi malah saat ini layanan purna jual toyota dari segi kuantitas malah lebih buruk banding nissan dan honda sekarang dari segi tidak seimbang populasi mobil dan bengkel.


dan nanti jika nissan dan honda juga masuk segment avanza, mereka juga harus nambah jumlah bengkel resmi. tapi saat ini menurut saya, sudah memadai. dan tidak ada tanda nissan dan honda akan masuk segment avanza. jadi jika demikian, nissan dan honda sebenernya tidak perlu bangun jumlah bengkel sebanyak toyota.
iya om, ga ada yang bilang layanan purna jual nissan cuman 1. yang saya katakan, layanan purna jual nissan belum sebanyak merk2 lain macam toyota misalnya. ini yang sering jadi 'halangan' penting buat konsumen khususnya yang di luar kota. kalimat entengnya kalo mo nentuin mobil yang akan dibeli (terutama buat yang diluar kota/ataupun kota kecil) : "ntar kalo rusak gimana? ada yg bisa perbaiki/jual sparpartnya ga (di kota itu atau di kota2 yang suka dijalanin itu mobil)?". disinilah (layanan purna jual) merk2 yang udah punya nama di indo 'ngambil keuntungan'.

tapi seperti kata om gtr, konsumen sepertinya sedikit banyak akan produk2 nissan.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by zweifellos »

DOHC wrote:jaringan dan jumlah bengkel memang penting, tapi kalo ane rasa bukan hal itu yg paling krusial... tapi ketersediaan spare parts dan keawetan mobil itu sendiri yg penting... biar kata bengkel berjibun tp kalo mobil nya gampang rusak atau nunggu spare parts dateng bisa berbulan2 yah sama aja boong....
iya om, kalo saya sih nganggap ketersediaan spartparts itu termasuk layanan purna jual. jadi layanan purna jual itu adalah sesuatu yang ditawarkan itu merk (ntah langsung atau secara tidak langsung dari produsen) kepada konsumen setelah produk dibeli konsumen.

makanya menurut saya, faktor layanan purna jual ini (kemudahan memperbaiki mobilnya) khususnya kuantitasnya punya peranan sangat penting dalam penentuan merk/jenis mobil yang bakal di beli konsumen, khususnya di negara model indonesia yang ukurannya sangat luas.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Dennif
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32

Re: [help] grand livina vs rush vs grand vitara vs panther

Post by Dennif »

Jaringan BERES sangat mempengaruhi keputusan beli mobil terutama didaerah seperti saya, dari dulu saya selalu ambil toyota atau mitsu karena BERESnya kebetulan ada dikota saya.
tadinya sangat pengen banget ambil livina tapi setelah saya pertimbangkan BERESnya sekian jam perjalanan dari tempat saya jadinya gak jadi ambil livina, apalagi pas hari libur BERES nissan tutup, jadi mau gak mau harus dihari kerja untuk service rutin aja.