Kalo hati ke GL tapi mata ngelirik terus ke Rush,,

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Wah......mantab deh bro.....jadi pilih sesuai hati yah.........dhodol wrote:@freehahawawa..
thanks info dan analisa..
udah deh..kayaknya aku mantepin GL ajah..
Iya saya setuju. Yang paling banyak laku/dipake yang punya resale lebih bagus. Namun juga mesti diingat pelayanan purna jual (bengkel resmi, kemudahan mendapatkan, suku cadang, dll.) punya peranan penting dalam menentukan banyak laku apa gak nya, namun tentu tidak mutlak. Sepertinya xtrail dan livina benar-benar menawarkan sesuatu yang spesial (ntah kelengkapannya atau keunggulan di bidang tertentu seperti ?kenyaman??) yang bikin xtrail dan livina saya liat diterima di Indonesia, padahal pelayanan purna jualnya belum tentu sebaik merk-merk yang udah punya nama di sini semacam Toyota ataupun Honda.mandala1 wrote:Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........
dhodol wrote:@freehahawawa..
thanks info dan analisa..
udah deh..kayaknya aku mantepin GL ajah..
stujuh bro:)....GTR wrote:GL salahsatu mobil monokok yg bisa isolasi Noise vibration harsness mirip mobil body-on-frame, sekaligus tetep dgn keunggulan monokoknya.
zweifellos wrote:Iya saya setuju. Yang paling banyak laku/dipake yang punya resale lebih bagus. Namun juga mesti diingat pelayanan purna jual (bengkel resmi, kemudahan mendapatkan, suku cadang, dll.) punya peranan penting dalam menentukan banyak laku apa gak nya, namun tentu tidak mutlak. Sepertinya xtrail dan livina benar-benar menawarkan sesuatu yang spesial (ntah kelengkapannya atau keunggulan di bidang tertentu seperti ?kenyaman??) yang bikin xtrail dan livina saya liat diterima di Indonesia, padahal pelayanan purna jualnya belum tentu sebaik merk-merk yang udah punya nama di sini semacam Toyota ataupun Honda.mandala1 wrote:Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........
Hmm, sepertinya dari baca-baca di SM ini, xtrail dan livina sama-sama menawarkan kenyamanan dalam berkemudi (sebagai sopir maupun penumpang) dan juga fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan saingan di kelasnya (seperti ada yg membahas kelebihan fitur2 dari xtrail daripada honda crv). Yang pernah saya coba cuman livina itupun tak sering, namun saya sepakat ini mobil benar-benar nyaman, jauh lebih nyaman di banding Innova misalnya IMO. Cuman memang bangku belakang tidak seluas Innova, makanya ini cocok buat keluarga KB (punya 2 anak).
pelayanan purna jual bukan hanya berbicara kualitas namun juga kuantitas. kalo pelayanan purna jual sangat bagus (bintang lima) tapi cuman ada 1 di indo (misalnya aja), toh orang2 bakal malas beli produknya.Freehahawawa wrote:zweifellos wrote:Iya saya setuju. Yang paling banyak laku/dipake yang punya resale lebih bagus. Namun juga mesti diingat pelayanan purna jual (bengkel resmi, kemudahan mendapatkan, suku cadang, dll.) punya peranan penting dalam menentukan banyak laku apa gak nya, namun tentu tidak mutlak. Sepertinya xtrail dan livina benar-benar menawarkan sesuatu yang spesial (ntah kelengkapannya atau keunggulan di bidang tertentu seperti ?kenyaman??) yang bikin xtrail dan livina saya liat diterima di Indonesia, padahal pelayanan purna jualnya belum tentu sebaik merk-merk yang udah punya nama di sini semacam Toyota ataupun Honda.mandala1 wrote:Nissan kuat nya baru belakangan ini aja yah.....mungkin semenjak ada Xtrail n sekarang di dukung oleh Livina, kalo Toyota sih emang udah kuat dari dulu nya......
Tapi seiring perkembangan jaman n era orang melek teknologi, jadi udah ga bisa buat patokan bahwa Toyota tetep yg paling bagus resale value nya.......
Kalo skr mungkin bisa di simpulkan bahwa kalo mobil yg paling banyak laku atau yg paling banyak orang pake, dia lah yg tinggi resale nya........
Salute to Nissan yg bisa langsung mengambil alih posisi no.1 di bursa nilai jual kembali nya........
Hmm, sepertinya dari baca-baca di SM ini, xtrail dan livina sama-sama menawarkan kenyamanan dalam berkemudi (sebagai sopir maupun penumpang) dan juga fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan saingan di kelasnya (seperti ada yg membahas kelebihan fitur2 dari xtrail daripada honda crv). Yang pernah saya coba cuman livina itupun tak sering, namun saya sepakat ini mobil benar-benar nyaman, jauh lebih nyaman di banding Innova misalnya IMO. Cuman memang bangku belakang tidak seluas Innova, makanya ini cocok buat keluarga KB (punya 2 anak).
mana ada mobil merek yang pelayanan purna jualnya ngak bagus bisa nilai jual kembalinya bagus ? dua duanya harus bagus, mutu maupun layanan purna jualnya. salah satu kurang pasti ngak bisa bagus nilai jual kembalinya. nissan jumlah dealernya ngak sebanyak toyota, tapi bukan artinya payah servicenya.
seperti singapore airlines banding united airlines. jumlah pesawat sq jauh lebih sedikit banding united, tapi mutu servicenya sq banyak orang bilang lebih bagus. pokoknya kalau nilai jual kembali bagus, itu artinya pasar sudah akui mutu, kepraktisan, keenakan mereknya sudah di akui bagus, dan layanan purna jualnya juga sudah di akui bagus.
pasar sudah bicara.
pelayanan purna jual bukan hanya berbicara kualitas namun juga kuantitas. kalo pelayanan purna jual sangat bagus (bintang lima) tapi cuman ada 1 di indo (misalnya aja), toh orang2 bakal malas beli produknya.
nah yang saya salut, nissan belum bisa bersaing dengan merk2 yang udah terkenal di indo (belum sebaik mereka dalam hal pelayanan purna jual, yang bisa kita liat yaitu jumlah pelayanan purna jualnya) namun nissan bisa menjual mobil dengan jumlah yang cukup banyak. tentu ada faktor tertentu yang bikin konsumen tertarik meski layanan purna jualnya kalah jauh ama merek2 macam toyota (kuantitas).
iya om, ga ada yang bilang layanan purna jual nissan cuman 1. yang saya katakan, layanan purna jual nissan belum sebanyak merk2 lain macam toyota misalnya. ini yang sering jadi 'halangan' penting buat konsumen khususnya yang di luar kota. kalimat entengnya kalo mo nentuin mobil yang akan dibeli (terutama buat yang diluar kota/ataupun kota kecil) : "ntar kalo rusak gimana? ada yg bisa perbaiki/jual sparpartnya ga (di kota itu atau di kota2 yang suka dijalanin itu mobil)?". disinilah (layanan purna jual) merk2 yang udah punya nama di indo 'ngambil keuntungan'.Freehahawawa wrote:pelayanan purna jual bukan hanya berbicara kualitas namun juga kuantitas. kalo pelayanan purna jual sangat bagus (bintang lima) tapi cuman ada 1 di indo (misalnya aja), toh orang2 bakal malas beli produknya.
nah yang saya salut, nissan belum bisa bersaing dengan merk2 yang udah terkenal di indo (belum sebaik mereka dalam hal pelayanan purna jual, yang bisa kita liat yaitu jumlah pelayanan purna jualnya) namun nissan bisa menjual mobil dengan jumlah yang cukup banyak. tentu ada faktor tertentu yang bikin konsumen tertarik meski layanan purna jualnya kalah jauh ama merek2 macam toyota (kuantitas).
tapi kan jaringan nissan ngak cuman 1. malah sekarang mayoritas pembeli nissan di kota besar jarak dari rumah / kantor ke bengkel nissan terdekat ngak lebih dari 1 jam, bahkan banyak yang tidak lebih dari setengah jam. jadi sebenernya udah lumayan cukup.
di jakarta saja di utara, pusat, barat, timur, selatan semua udah ada berapa bengkel nissan. juga di mayoritas kota di jawa seperti surabaya, bandung, semarang juga udah ada nissan. jadi ngak boleh di bilang kalah jauh.
juga nissan tidak jual mobil super murah seperti avanza, jadi populasi nissan, seperti populasi honda yang juga tidak masuk segmen avanza, tidak sebesar populasi toyota. tapi buktinya jaringan honda yang juga tidak sebanyak toyota, juga di hanggap memadai.
jadi sebenernya asal jumlah bengkel seimbang ama populasi mereknya, bisa kok jadi top brand meskipun jumlah bengkelnya bukan yang terbanyak. apalagi pemilik nissan di jakarta misalnya, asal udah bisa ke bengkel ngak lebih dari setengah jam, nissan mau miliki 50 atau 500 bengkel seluruh indonesia ngak gitu penting untuk dia.
contoh orang yang beli mercy mana peduli jaringan mercy ngak sebanyak toyota, sebab populasi mercy kan masih seimbang ama jumlah bengkelnya. malah dengan populasi avanza yang gitu banyak, saya curiga jaringan bengkel toyota sebenernya udah mulai ngak cukup saat ini. bisa jadi malah saat ini layanan purna jual toyota dari segi kuantitas malah lebih buruk banding nissan dan honda sekarang dari segi tidak seimbang populasi mobil dan bengkel.
dan nanti jika nissan dan honda juga masuk segment avanza, mereka juga harus nambah jumlah bengkel resmi. tapi saat ini menurut saya, sudah memadai. dan tidak ada tanda nissan dan honda akan masuk segment avanza. jadi jika demikian, nissan dan honda sebenernya tidak perlu bangun jumlah bengkel sebanyak toyota.
iya om, kalo saya sih nganggap ketersediaan spartparts itu termasuk layanan purna jual. jadi layanan purna jual itu adalah sesuatu yang ditawarkan itu merk (ntah langsung atau secara tidak langsung dari produsen) kepada konsumen setelah produk dibeli konsumen.DOHC wrote:jaringan dan jumlah bengkel memang penting, tapi kalo ane rasa bukan hal itu yg paling krusial... tapi ketersediaan spare parts dan keawetan mobil itu sendiri yg penting... biar kata bengkel berjibun tp kalo mobil nya gampang rusak atau nunggu spare parts dateng bisa berbulan2 yah sama aja boong....