wow, hebat2 bgt tulisan disini...bebrp hr ga masuk sm udah maju bebrp page..
kalo sepengalaman gw, biasanya org beli mobil yg dipikirin kemampuan duit nya, merk/tampang/mobilmesin/dipake utk apa mobil tsb. kalo resale sih sptnya rata2 urusan belakangannya. kalo resale penting banget, semuanya nanti pk ipah/avanza.
*imo* kayaknya agak berlebihan klo sasis monokok dianggap loyo, sebab, di wrc sedan spt lancer/subaru/peugeout/ford dll beterbangan. walaupun sudah diperkuat dgn roll bar ini itu, pasti sasis nya jg udah hrs kuat.
ctv awd setau gw jg memang bukan utk "rock crawling". pengalaman pk monokok suv dr merk lain termasuk toyota selama ini ga ada masalah. Kemarin jg sempet test ctv sendiri (ada foto nya di bbrp page yg lalu), setelah itu ga ada bunyi2 atau patah. Malah sempet dibilang kalo lwt jalan hancur, bisa rusak, ternyata gw lewat yg blm jd jalan, masih baik2 sasisnya. Ada jg di internet foto2 ctv lagi ditest, atau nyebrang sungai. Ada jg iklan cw nyetir captiva sambil narik mobil towing cm dgn kekuatan fwd, kalo ga kuat harusnya udah patah ya. cuma ya lagipula, realitynya jarang deh org beli mobil beginian utk di "ancur2in". Lc yg feature 4wd nya komplit aja jarang bgt gw mainin utk offroad, ngapain jg yaa...
anyway, sekedar nyampein aja, mumpung lg dibicarain.
Dari autoc*r versi indonesia edisi oktober 2005 hal46-48 (boleh dicari), ada test drive 42ner 4wd.
disitu ditulis:
Namun pihak TAM sendiri mengakui tidak memposisikan 42ner sbg true off-roader. Dalam konteks ini saya setuju, karena menempatkan 42ner sbg true off-roader bisa jadi harapan yang berlebihan
(saya disitu = penulis/tester, bukan gw)
si tester kembali tulis lagi di paragraph lain setelah testing
ya, sekali lagi saya tidak memproyeksikan 42ner sbg true off-roader di medan berat.
Disitu jg dibilang wheelbase 42ner yg panjang menjadi kendala utk offroad sebab si tester bilang dari segi "break over angle" lebih riskan, dan ktnya dek bawah sempet 'nyangkut'. sedangkan utk urusan transmisi nya, dia bilang jgn berharap semaju off roader lain yg punya HDC, panel L nya bisa menahan laju saat down hill tapi jangan diposisikan utk kegiatan ekstreme.
itu gw cuma meng"highlight" segi 4wd nya aja yaa...dari majalah lho, bukan wiki atau opini pemakai awam, namun dari org yg memang sudah kerjaan testing mobil. dan pastinya bukan imo.
trus spt yg di copas oleh captivated dari wiki tentang penggunaan ladder frame utk cutting cost, di artikel yg sama jg ditulis,
..sbg bagian dari proyek global IMV, tyt meluncurkan hilux vigo, innova & 42ner. Yg pertama pickup, mpv dan terakhir suv. artinya ketiganya memiliki kesamaan mendasar, chassis dan mesin. "ya, kata kuncinya adalah efisiensi. Dengan demikian kami bs memproduksi model dan unit dalam skala yg besar, dgn cost yg efisien pula," ungkap Rachmad basuki, product planning manager PT. TAM. Sekaligus, soal 42ner, basuki menegaskan soal chassis ladder frame yg digunakan, sama dgn yg lainnya.
nah yg terakhir gw agak bingung, maksudnya chassis nya sama dgn ipah juga?
klo memang utk efficiency, kontras jg dgn hrg otr nya yg bs dibilang mahal jika masih sealiran ipah, klo gt mahal dimana ya...