[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote: Sebenernya gak aneh2 amat kalo diteliti. No.1 demand suatu produk harus sangat tinggi, sehingga menimbulkan inden yg panjangggg. Karena ada inden, orang yg tidak sabar pengen produk tersebut mau beli secondnya dengan harga tinggi, soalnya barangnya cukup durable. Demand second tinggi, ya harga naik. Sementara TAM gak bisa seenaknya naikin harga terus, soalnya 1. Udah cukup untung 2. Kalo melewati harga pesaing yg lebih bagus (GL), mungkin ada negative backlash dr masyarakat (bad public relations)...

Dan ini terjadi dimana mana. Dulu di Amerika waktu Xbox360 baru keluar, wah orang antre di toko. Seringnya gak dapet. Tapi lihat lah di eBay - banyak yg jual, tp harganya bisa berlipat lipat, tp anda bisa dapat saat itu juga. Microsoft mana bisa naikin harga X360 jadi $1000. Kira2 inilah "fenomena" Avanza...yg sebenernya bukan sesuatu yg aneh.
fenomena ini juga terjadi di GL waktu baru2 launching.. bekasnya 6 bulan aja, cuman beda 2jt dengan yang baru... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

karena beli seken langsung dapet unit, kalo beli baru, nunggu 4 bulan lagi.. :e-whistle: :e-whistle:
IMO, benernya mah sama aja antara indo dengan negara2 lain, ini kan cuma simple demand vs supply aja.
di indo Avanza bisa begitu lama mantengin harga sekennya lebih mahal daripada harga baru karena:
1. supply < demand, jadinya orang harus ngantri
2. harga barunya naik terus
Mo dapet barang jalur resmi disuruh nunggu luama banget, padahal kebutuhannya sekarang ya dibeli lah mobil sekennya (karena dengan harga price list gak bisa dapetin mobil baru karena engga ada barang. Bisa juga upping tapi jadi sama aja kan harga barunya+uppingnya pasti diatas harga sekennya). Juga mereka berpikir toh harga barunya naik terus, jadi beli yg bekas dgn harga tinggi pun di masa depan pasti jatonya jadi murah lagi karena harga barunya naik2 lagi. Juga dipikirnya kalo ngikutin inden selama 6 bulan dan inden gak mengikat, takutnya within 6 bulan ada kenaikkan harga lagi......jadi di situasi ini, opsi orang ada dua: Either bayar upping atau beli bekasnya dgn harga mahal. Toh 6 bulan lagi harga barunya udah naik lagi jadi jatonya sama aja :mrgreen:

Selama 2 faktor diatas benar adanya, maka fenomena ini gak bakal abis2 :mrgreen:

Di negara2 lain sama juga misalnya thn 08 akhir lalu pas nissan GTR baru keluar.....orang2 semua pengen beli tapi gak ada barang, dealer2 cuma punya 1-2 unit doang buat display. Nah pada saat itu kondisi no1 (supply < demand) berlaku juga di USA, nissan GTR dijual sama dealer 15-20rb lebih tinggi dari harga MSRP nya. Nah karena harga msrp mobil barunya di jacked up 20rb, bekas nya pun juga naik melebihi harga msrp (harga baru resmi). TAPI harga bekas GTR gak mungkin lebih tinggi dari harga jacked up nya GTR baru. Begitu juga di Indo, ane yakin bahwa harga bekasnya apanja gak mungkin lebih tinggi dari harga baru + Upping nya si Apanja :mrgreen:

Ane bilang, hal yg "aneh" dan cuma di indonesia doang itu bukan lah "orang2 indonesia gak rasional karena beli produk bekas lebih mahal dari harga barunya" karena orang di indonesia hanya melakukan reaksi/mengambil langkah berdasar pada kondisi pasar saat itu.

Malah IMO, yg aneh dan cuma terjadi disini (+ bbrp negara doang) dalam hal ini adalah:
1. supply yg gak pernah seimbang dengan demand (mustinya ini automatic adjustment yaitu kalo demand banyak, maka produsen harusnya memperbanyak bikin mobil lagi sehingga level supply seimbang dengan demand).
2. Tingkat inflasi yg tinggi, jadi bbrp bulan sekali harga mobil bisa naik

Nah 2 hal ini yg ane liat jarang terjadi di negara2 lain :mrgreen:
User avatar
arisbudiarto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri May 16, 2008 2:46
Location: Depok

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by arisbudiarto »

Resale value dipengaruhi faktor jumlah populasi mobil tsb, reputasi mobil dan jaringan bengkel. Ketiganyalah yang menyebabkan merek-merek tertentu resale valuenya tinggi.
setiap kali ada perdebatan "keunggulan" mobil oleh masing-masing user, menurut saya ini lebih kepada penjelasan dasar-dasar kenapa orang itu membeli mobil X daripada mobil non-X. Hanya saja, ada orang yang mampu menjelaskan secara terstruktur dan komprehensif dengan dasar-dasar ilmiah dan pembuktian user, namun sebagian besar umumnya beli mobil atas dasar emotional factor vs budget. Bagi calon pembeli menjadi bias informasinya karena kalau tanya user pasti yang dimunculin dominan keunggulannya saja daripada kekurangannya. Harus banyak baca car review dan ikutan milis kali ya biar tahu lebih banyak secara obyektif.
Regards,
a.budiarto
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Info dari A2K stok Avanza lagi banyak2nya....(ready stok) :)
dan dalam 4 hari sudah fully book semua!!! ckk...ckkk....ckkk......makin macet ajah nih jalanan... :e-doh:
hmmm......mudik with style.....mobil baru euy........ :mrgreen:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

di A2000 lmpg, diskon fortie max 2jt
hmpr sama bhkn lbh dikit dibanding taon lalu, diskon 2-3jt
jd alasan yg plg masuk akal kyknya emg TAM lg mompain pundi2 kas-nya :snipersmile:

disisi laen, yaris malah di kasih diskon sampe 5jt, ato ditukar ama acc mis : dvd, gps , dll... ngiler jg sih :mrgreen:
ini salah satu bukti kl mobil laris emg cenderung mahal dan overpriced
yg krg laris malah yg justru jd best deal
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:tentang mitsu bensin yang kurang laku, kalo ane kira karena sifat dasar mobil mitsu..
kalo udah bawah mobil mitsu, pengennya geber terus sampe redline.. atau setidaknya oper gigi di atas 4000RPM..
kalo ngomong durable sih, kemungkinan sama aja dengan toyota dan honda atau nissan. tapi karena lebih sering maen di RPM tinggi, makanya umur mesin jadi lebih pendek..
belum lagi penambahan kit penambah tenaga.. makin pendek lagi deh umur si mitsu..
yang harusnya mungkin tahan sampe 200rb km, jadi tinggal 100rb km atau bahkan kurang..

coba aja cari unit dan gan GTI yang sehat.. atau eterna GTI yang sehat.. susah bro.. karena emang mobil ini enaknya dikebut... :mrgreen: :mrgreen:
IMO, sebenernya yg nentuin laku atau engga laku tuh bukannya karena produknya semata aja, melainkan juga dari faktor produsennya.

Mungkin bener juga apa yg Om Kopat bilang diatas bahwa mobil2 bekas mitsu biasanya kondisi mesin +trans udah kurang bagus, jadi para "penunggu jandanya" pada males beli karena kondisi dah gak sehat.
Dulu juga ane pernah mo beli galant thn 98 (masih model lele) buat jadi 2nd car, pas test enak semua, eh pas mo bayar hari itu ujan deras, dan baru ketauan sunroofnya bocor hehehehe......langsung ane gak jadi bayar dah :mrgreen:
Temen ane juga punya galant model baru disini bro, emang kayaknya secara keseluruhan lebih kuat camry/accord karena mobil temen ane tuh ada aja rusaknya, ya power window lah, CD gak jalan lah, belt pada bunyi jangkrik lah, kecil2 sih bukan masalah mesin.
Yah kaya beli BMW aja, emang enaknya ni mobil buat dipake.......kalo kita lebih utamakan "gak mao dipusingin mobil", ya mending ambil accord/camry (ini sih kalo ane lho..... :mrgreen: )

Tapi lebih dari itu semua, dukungan produsen amatlah sangat penting. Dulu waktu mitsu masih aktip jualan mobil penumpang, tarolah di tahun 2000, resale value nya galant hiu thn 98 di thn 2000 gak jato kalo dibanding accord 98 dan camry 98.

Mitsu mulai payah pada saat produsennya mulai "lepas tangan" thd produk2nya. Sekarang logikanya aja:
- siapa sih yg mao beli mobil sedan kelas middle-up Galant seharga 450 jt (sepantaran dengan saingannya) yg umurnya udah 11 tahun dan gak diganti2?
- siapa sih yg pengen beli mobil sedan bekas yg udah distop prod-nya dan ada kemungkinan di waktu yg akan datang spare part jadi jarang dan mahal?
- siapa sih yg pengen beli mobil sedan kelas mid-up yg modelnya udah jadul dengan harga sepantaran dengan saingan2-nya yg modelnya masih lebih seger2? Gak banyak, makanya harga jato karena disesuaikan dengan demand.

Belom lagi banyak Smers yg bilang bahwa pas mao beli mobil penumpang mitsu suka gak diladenin di dealernya (mereka lebih fokus ke mobil niaga), mobil contoh utnuk TD aja gak ada, bbrp spare part musti inden, dll.......
Nah itu semua kan nambah2in orang males beli produk2 mitsu..... :mrgreen:

Tapi tetep aja produk yg masih jalan resale valuenya lebih kuat daripada produk yg udah di abandon misal lancer tetep lebih banyak dicari daripada galant. Kalo sampe nyari galant juga, orang2 expect harga rendah :mrgreen:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

@risol
mslhnya knp harus avanza? xenia yg jg kembarannya gmn?
ato apv/maven knp ga dilirik?
jd pembeli avanza cm mikir resale value? pantesan... :glodak:

yg bikin harga mbl naek terus siapa? produsen kan (krn meliat demand yg tinggi, naikin harga. toh ttp dibeli org)
jd sdkt byk produsen jg turut andil membentuk skema "irrasional"
mestinya kl demand gede, produksi diperbanyak... bukannya ngomporin bikin org jd 'blingsatan' :mrgreen:
kl kasus yg sama terjadi di usa... mgkn ada bbrp sebab :
- gtr terlalu murah dibanding pesaing, sampe org berebutan (avanza udh ga murah lg kl dibanding ama saingan sekelas)
- nissan ga nyangka membludak, stok minim
tp apa resale value yg jd tujuan org2 dsana waktu beli gtr?
upping/jacking up ini kerjaan siapa? perusahaan/diler (sales) ybs juga toh?
Last edited by Captivated on Thu Aug 20, 2009 3:51, edited 2 times in total.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

IMO, sama aja bro buat mobil2 tsb (Xenia, APV, dll), tapi bukannya yg tenar dgn kondisi begini adalah apanja? :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

arisbudiarto wrote:Resale value dipengaruhi faktor jumlah populasi mobil tsb, reputasi mobil dan jaringan bengkel. Ketiganyalah yang menyebabkan merek-merek tertentu resale valuenya tinggi.
setiap kali ada perdebatan "keunggulan" mobil oleh masing-masing user, menurut saya ini lebih kepada penjelasan dasar-dasar kenapa orang itu membeli mobil X daripada mobil non-X. Hanya saja, ada orang yang mampu menjelaskan secara terstruktur dan komprehensif dengan dasar-dasar ilmiah dan pembuktian user, namun sebagian besar umumnya beli mobil atas dasar emotional factor vs budget. Bagi calon pembeli menjadi bias informasinya karena kalau tanya user pasti yang dimunculin dominan keunggulannya saja daripada kekurangannya. Harus banyak baca car review dan ikutan milis kali ya biar tahu lebih banyak secara obyektif.
kayaknya gak hanya itu aja deh om aris... misalnya defender.. resale valuenya masih tinggi.. tahun 90-an aja harganya sekitar 140-180jt...
padahal barunya masih ada sekitar +700jt...

atau ini masuk ke faktor reputasi? padahal jaringan bengkel juga gak banyak...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

emang... maksud gw ya apanja
dulu murah si gpp (malah bagus), tp skrg udh ga murah lg

perilaku konsumen indo jg agak khas... contoh nih dekat2 lebaran kek gini byk 'fenomena' harga, baik mbl baru maupun bekas
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

mitsu bensin krg laku, kl kata gw krn mindset org indo sendiri
lancer msh jualan kok sampe 2006 (kl ga salah) tp galant hiu (ex thn 2000) di thn 06 udh nyemplung harga bekasnya
skrg lancer ex yg sama2 2000cc udh muncul lg, knp hiu lama msh ttp nyemplung?
cb bandingin sama sedan2 toyota/honda jebolan thn yg sama...
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:emang... maksud gw ya apanja
dulu murah si gpp (malah bagus), tp skrg udh ga murah lg

perilaku konsumen indo jg agak khas... contoh nih dekat2 lebaran kek gini byk 'fenomena' harga, baik mbl baru maupun bekas
Masih murah lah. Avanza masih lebih bagus dr APV. Ada harga ada barang...GL yg lebih bagus ya lebih mahal. Kalo AVanza vs Xenia baru deh I setuju ada preference merek - ya iyalah Toyota vs Daihatsu.

Soal lebaran, ada demand ya harga naik. Fenomenanya justru budaya harus pake mobil baru pas lebaran...alias budaya pamer gak jelas :P Di segi mobilnya sih, demand naik tapi supply naik tidak sebanding ya harga naik - hukum ekonomi paling dasar.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:di A2000 lmpg, diskon fortie max 2jt
hmpr sama bhkn lbh dikit dibanding taon lalu, diskon 2-3jt
jd alasan yg plg masuk akal kyknya emg TAM lg mompain pundi2 kas-nya :snipersmile:

disisi laen, yaris malah di kasih diskon sampe 5jt, ato ditukar ama acc mis : dvd, gps , dll... ngiler jg sih :mrgreen:
ini salah satu bukti kl mobil laris emg cenderung mahal dan overpriced
yg krg laris malah yg justru jd best deal
Ini sih standar orang dagang. Barang yg laku ngapain dikasi diskon? Fortuner is the no.1 selling SUV...CR-V pun udah tekuk lutut. And you're expecting a discount? Yg bener aja bos? Yaris ada saingan berat, Jazz yg masih segar bugar dan imo keren banget dah buat anak muda. Yaris udah uzur...berat emang lawan Jazz baru. Kalo anda yg dagang gimana?

Lucu sekali, sepertinya TAM salah melulu buat anda, dan seolah seolah ATPM lain berhati mulia - tanya om mandala tuh yg saudagar, gimana kalo org dagang. Orang dagang semua sama, cari duit. Mau Toyota Astra atau Tanah Abang, sama.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

Captivated wrote:mitsu bensin krg laku, kl kata gw krn mindset org indo sendiri
lancer msh jualan kok sampe 2006 (kl ga salah) tp galant hiu (ex thn 2000) di thn 06 udh nyemplung harga bekasnya
skrg lancer ex yg sama2 2000cc udh muncul lg, knp hiu lama msh ttp nyemplung?
cb bandingin sama sedan2 toyota/honda jebolan thn yg sama...
kalo menurut ane, mungkin yg mo beli galant jg mikir lagi, buat apa beli galant kalo uda ada si lancer EX... ingat, dulu lancer itu masi maen di kelas small sedan, masi 1600 cc, malah yg 1800 cc aja ga laku karena body nya sempit sama ama 1600... makanya dulu dikluarin lah si galant dgn mesin gahar dan body yg bongsor, jadi yg mo incer power dan lega bisa pilih ini.... nah skrg, mitsu uda ada lancer EX, body uda kaga sesempit dulu lagi, mesin pun uda 2000 cc, mivec pula... jadi konsumen jg mikir lagi buat apa lagi beli galant hiu lama kalo uda ada lancer EX yg bisa memuaskan napsu racer mereka....

toyota honda, ane rasa ga bisa disamain case nya dgn mitsu karena dari 2 pabrikan tsb kaga ada yg kluarin mobil nya sperti mitsu... honda masi ada city utk small sedan nya, dan accord utk sedan gede nya... toyota masi ada vios dan camry...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

btw, coba deh diperhatikan, harga seken lancer ama galant... mana yg lebi anjlok... dari situ kalo ane simpulkan, utk mobil2 sedan ukuran besar sperti galant, camry atau accord itu uda pasti resale value nya ga bagus, nama besar atpm pun jg kaga nolong banyak.... camry taon 2003/2004, ingat deh pas tuh taon brapa duit tuh baru nya, bandingin stelah 6 atau 7 taon, brapa banyak tuh nyemplung nya.... bisa2 tuh selisih duit sama ama harga small sedan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

arisbudiarto wrote:Resale value dipengaruhi faktor jumlah populasi mobil tsb, reputasi mobil dan jaringan bengkel. Ketiganyalah yang menyebabkan merek-merek tertentu resale valuenya tinggi.
setiap kali ada perdebatan "keunggulan" mobil oleh masing-masing user, menurut saya ini lebih kepada penjelasan dasar-dasar kenapa orang itu membeli mobil X daripada mobil non-X. Hanya saja, ada orang yang mampu menjelaskan secara terstruktur dan komprehensif dengan dasar-dasar ilmiah dan pembuktian user, namun sebagian besar umumnya beli mobil atas dasar emotional factor vs budget. Bagi calon pembeli menjadi bias informasinya karena kalau tanya user pasti yang dimunculin dominan keunggulannya saja daripada kekurangannya. Harus banyak baca car review dan ikutan milis kali ya biar tahu lebih banyak secara obyektif.
betul bro, para pembeli baru jg harus pinter2 dalam memilah info, jgn hanya kbawa napsu gara2 di komporin ama user merek tertentu atau rayuan sales.... coba mikir dgn kpala dingin, jangan gegabah, serap smua info, banyak baca majalah, artikel...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
B 1978
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Jun 12, 2009 11:17

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by B 1978 »

DOHC wrote:btw, coba deh diperhatikan, harga seken lancer ama galant... mana yg lebi anjlok... dari situ kalo ane simpulkan, utk mobil2 sedan ukuran besar sperti galant, camry atau accord itu uda pasti resale value nya ga bagus, nama besar atpm pun jg kaga nolong banyak.... camry taon 2003/2004, ingat deh pas tuh taon brapa duit tuh baru nya, bandingin stelah 6 atau 7 taon, brapa banyak tuh nyemplung nya.... bisa2 tuh selisih duit sama ama harga small sedan...
sependapat neh Om DOHC,tahun 1999 ane beli camry 3000cc yg grande,waktu itu 386jt,tahun 2008 kemaren jual 80jt.Masih ada persepsi spt : 1.mobil yg lebih mahal berarti CC gede,2.mobil mahal berarti mobil lebih gede,3.mobil gede dan CC gede berarti lbih boros bahan bakar,spare part juga lebih mahal,dll,4.persepsi dan sugesti dari fisik dan nilai mobil ini yg tidak sama di setiap orang namun memegang peranan > 50% untuk pertama kali terlintas dipikiran,berpendapat dan berasumsi.salam. :big_smoking:

*"lebih" diatas maksudnya "kakak/abang " dari kendaraan yg diperbandingkan ( dari sisi kelas mobil )
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

B 1978 wrote: sependapat neh Om DOHC,tahun 1999 ane beli camry 3000cc yg grande,waktu itu 386jt,tahun 2008 kemaren jual 80jt.Masih ada persepsi spt : 1.mobil yg lebih mahal berarti CC gede,2.mobil mahal berarti mobil lebih gede,3.mobil gede dan CC gede berarti lbih boros bahan bakar,spare part juga lebih mahal,dll,4.persepsi dan sugesti dari fisik dan nilai mobil ini yg tidak sama di setiap orang namun memegang peranan > 50% untuk pertama kali terlintas dipikiran,berpendapat dan berasumsi.salam. :big_smoking:

*"lebih" diatas maksudnya "kakak/abang " dari kendaraan yg diperbandingkan ( dari sisi kelas mobil )
ups... dalam 10 tahun terdepresiasi 300jt???? sadis ya mobil sekelas itu jatuhnya... CRV aja masih laku 100jt ke atas.. padahal waktu itu barunya kisaran 200jt.. :shrug: :shrug:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:ups... dalam 10 tahun terdepresiasi 300jt???? sadis ya mobil sekelas itu jatuhnya... CRV aja masih laku 100jt ke atas.. padahal waktu itu barunya kisaran 200jt.. :shrug: :shrug:
Semua kembali ke demand...pembeli bekas pada takut pelihara mobil 3000cc dan bensin di mesin uzur.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:ups... dalam 10 tahun terdepresiasi 300jt???? sadis ya mobil sekelas itu jatuhnya... CRV aja masih laku 100jt ke atas.. padahal waktu itu barunya kisaran 200jt.. :shrug: :shrug:
Semua kembali ke demand...pembeli bekas pada takut pelihara mobil 3000cc dan bensin di mesin uzur.
ya ya.... berarti kalo udah beli mobil seperti camry grande, jangan berharap resale deh ya.. karena 4-5 thn ke depan, belum tentu ada yang minat.. ane pikir di kelas ini, bimer doang yang jeblok..

btw, kalo lihat camry grande, elegance banget yak... klasik elegan kalo menurut ane..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:@risol
jd pembeli avanza cm mikir resale value? pantesan...
ya engga bisa dibilang gitu juga bro.

Bayangin aja kalo orang yg duitnya gak berlebih, kerja/dagang cape2 ngumpulin uang sedikit demi sedikit, ya pastinya masalah resale value, maintenance mobil, faktor gampang dijual lagi kalo butuh duit, dsb itu sangat berpengaruh terhadap keputusan untuk beli mobil. Sebisa mungkin orang2 tsb pengen preserve nilai uangnya agar kalo bisa jangan sampe berkurang banyak (karena nyarinya setengah mati capeknya :mrgreen: ).
Kalo sampe mereka milih avanza, apakah itu namanya gak rasional?
Captivated wrote: yg bikin harga mbl naek terus siapa? produsen kan (krn meliat demand yg tinggi, naikin harga. toh ttp dibeli org)
jd sdkt byk produsen jg turut andil membentuk skema "irrasional"
Yg bikin harga naik sebenernya adalah pasar sendiri, bukan produsen/konsumen tapi pasar (misalnya kalo demand dikit juga harga gak mungkin naik tinggi2, dan sebaliknya). Memang keliatannya aja seakan2 produsen yg naikkin harga, tapi mereka gak akan bisa naikkin harga kalo engga ada dukungan dari sisi konsumen.
Saya sebenernya engga ngerti apa arti dari "skema irrasional", tapi yg pasti kalo produk tsb gak memberi keuntungan kepada konsumennya, jangankan akan terus laku walau harga dinaikkan, laku in the first place aja belom tentu. :mrgreen:
Captivated wrote:mestinya kl demand gede, produksi diperbanyak... bukannya ngomporin bikin org jd 'blingsatan' :mrgreen:
Ya, yg sebenernya saya bingung juga di hal ini, udah 5 tahun memprod model yg sama, tapi indenan tetep berbulan2 hehehehe......Ya tapi mungkin ada bbrp hal yg kita engga tau, apakah kapasitas prod udah maksimal, apakah ada kuota dari prinsipal, atau demand yg terus bertambah, dll....Mustinya secara prinsip ekonomi, orang akan cari produk substitusi yg sejenis. Tapi di kasus Avanza, walaupun ada bbrp produk substitusi (APV, Luxio, GL, dll) nampaknya Avanza masih yg terbaik kalo melihat dari salesnya. Makanya mungkin TAM PD aja naikkin harga avanza sering2 karena pasar masih bilang "walaupun harga naik, barang masih bisa terserap koq"
Captivated wrote:kl kasus yg sama terjadi di usa... mgkn ada bbrp sebab :
- gtr terlalu murah dibanding pesaing, sampe org berebutan (avanza udh ga murah lg kl dibanding ama saingan sekelas)
- nissan ga nyangka membludak, stok minim
tp apa resale value yg jd tujuan org2 dsana waktu beli gtr?
upping/jacking up ini kerjaan siapa? perusahaan/diler (sales) ybs juga toh?
Sebenernya percuma kita cari alesan kenapa stok GTR dikit, yg pasti sih intinya Supply jauh lebih sedikit dari Demand.
Sebenernya teori supply vs demand ini gak ada hub dengan "resale value yg jd tujuan org2 dsana waktu beli gtr" karena sebenernya 2 hal ini (harga naik karena supply < demand DAN resale value) gak berhub langsung.
Intinya: orang pengen barang, tapi cuma sedikit yg bisa dibeli.....akibatnya ya yg berani bayar lebih, ya yg dapet barangnya

Jack up price ya kerjaan diler lah.......barang cuma 2, yg pengen 10 orang, gimana dong?
Ya 2 orang penawar tertinggilah yg dapet, gitu dong? :mrgreen: Kalo gak mao bayar lebih, ya tunggu sampe supply = demand.
Last edited by Risol1 on Fri Aug 21, 2009 3:15, edited 1 time in total.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:mitsu bensin krg laku, kl kata gw krn mindset org indo sendiri
lancer msh jualan kok sampe 2006 (kl ga salah) tp galant hiu (ex thn 2000) di thn 06 udh nyemplung harga bekasnya
skrg lancer ex yg sama2 2000cc udh muncul lg, knp hiu lama msh ttp nyemplung?
cb bandingin sama sedan2 toyota/honda jebolan thn yg sama...
Saya diatas lagi bahasnya mitsu Galant bro....kalo lancer kayaknya masih "disayang" sama KTB, jadi resale valuenya masih lumayan bagus, kalo galant itu yg "dianak tirikan" hehehe.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:
maskopat wrote:ups... dalam 10 tahun terdepresiasi 300jt???? sadis ya mobil sekelas itu jatuhnya... CRV aja masih laku 100jt ke atas.. padahal waktu itu barunya kisaran 200jt.. :shrug: :shrug:
Semua kembali ke demand...pembeli bekas pada takut pelihara mobil 3000cc dan bensin di mesin uzur.
ya ya.... berarti kalo udah beli mobil seperti camry grande, jangan berharap resale deh ya.. karena 4-5 thn ke depan, belum tentu ada yang minat.. ane pikir di kelas ini, bimer doang yang jeblok..

btw, kalo lihat camry grande, elegance banget yak... klasik elegan kalo menurut ane..
Kalo liat resale value mobil jangan yg udah 9-10tahun keatas om, karena umur segitu nilai ekonomis mobil udah abis jadinya harganya udah di titik terendahnya (terendah sesuai dengan demand-nya masing2) dan turun naik harga nya juga udah gak signifikan lagi.
Gak mungkin kan harga mobil turun terus sampe nol atau gratis.......

Perush2 yg suka ngitungin resale value mobil juga biasanya gak ngitung value mobil setelah diatas 1 dekade. :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

Risol1 wrote: Juga yg namanya dagang, memang udah resiko-nya untuk harus keluar modal dulu, karena kalo dua2 pihak (produsen mobil dan konsumen mobil) ngotot2an gak ada yg mao maju duluan (Dlm hal ini produsen gak mao bikin after sales yg bagus kalo konsumen gak beli produknya, sementara konsumen gak mao beli produk kalo gak disediain duluan after sales yg bagus oleh si produsen), maka bisa dipastikan yg kalah adalah si Produsen mobil.......Karena Konsumen (alias yg pegang duit) gak mungkin kalah kalo dia masih punya pilihan lain, kecuali di pasar monopoli (pedagang cuma 1).

Sama aja spt kasus pemain2 gede jepang di jaman dulu.
anehnya kalo di indo, paling ngga di telco, ga selalu dari dukungan servis sih bro...
Blackberry dan Nokia pun, jualan lebih duluan daripada dukungan servis. juga produk2 operator lain as ussual. juga produk2 console...
tapi tetep aja laris.. seringkali konsumen ngalah duluan.. IMO, di indo, efek kebawa "kata orang" juga bawa pengaruh gede dlm mengkonsumsi barang.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

^ maksudnya after sales bukan cuma servis aja, tapi keseluruhan komitmen setelah mobil dijual ke konsumen.

Juga beda lah bro antara beli mobil dengan beli hp. HP kan harga murah dan orang jg expect waktu pakainya juga gak selama mobil. :mrgreen:
Kalo hp mungkin kaya produk elektronik aja kali, makanya produk elektronik yg merek "kacang" aja gampang banget menaklukkan pasar (orang beli produk gini gak gitu pusing dengan resale value, atau kalo rusak gimana, dll karena harga murah)

Juga kaya beli rumah, bukan hanya rumahnya yg jadi pertimbangan kita, tapi hal2 lain yg related dgn rumah tsb kadang2 lebih penting dari rumahnya sendiri :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

klo di hape justru yg harga mahal2 bro yg orang ga peduli sama dukungan servis kaya BB or iphone gitu2 d...termasuk model termahal nokia waktu jaman dulu belum resmi..
dukungan servis kan juga karena sebagai upeti ...

btw,
sepertinya kontruksi SUV akan evolve dari body-on-frame ke unibody construction.
konstruksi captiva ini sepertinya udah integrated atau unibody construction? secara platform ini nantinya buat dipake pasar SUV US termasuk XL-7, Equinox, [cencored], cadillac dll.

http://www.automobilesreview.com/auto-n ... -suv/2371/
A stiff steel-body frame integral structure, precise speed-dependent steering, advanced suspension system and active four-wheel drive contribute to the agile handling of the Winstorm MAXX

http://www.carbodydesign.com/archive/20 ... torm-maxx/
Technical features include a stiff, steel body-frame integral structure, active-on-demand all-wheel drive system and ESC (Electronic Stability Control).


http://www.netcarshow.com/saturn/2008-vue/02.htm
At the core of the Vue's European driving character is a stiff, steel body-frame integral structure.