IMO, benernya mah sama aja antara indo dengan negara2 lain, ini kan cuma simple demand vs supply aja.maskopat wrote:fenomena ini juga terjadi di GL waktu baru2 launching.. bekasnya 6 bulan aja, cuman beda 2jt dengan yang baru...FortunerMan wrote: Sebenernya gak aneh2 amat kalo diteliti. No.1 demand suatu produk harus sangat tinggi, sehingga menimbulkan inden yg panjangggg. Karena ada inden, orang yg tidak sabar pengen produk tersebut mau beli secondnya dengan harga tinggi, soalnya barangnya cukup durable. Demand second tinggi, ya harga naik. Sementara TAM gak bisa seenaknya naikin harga terus, soalnya 1. Udah cukup untung 2. Kalo melewati harga pesaing yg lebih bagus (GL), mungkin ada negative backlash dr masyarakat (bad public relations)...
Dan ini terjadi dimana mana. Dulu di Amerika waktu Xbox360 baru keluar, wah orang antre di toko. Seringnya gak dapet. Tapi lihat lah di eBay - banyak yg jual, tp harganya bisa berlipat lipat, tp anda bisa dapat saat itu juga. Microsoft mana bisa naikin harga X360 jadi $1000. Kira2 inilah "fenomena" Avanza...yg sebenernya bukan sesuatu yg aneh.![]()
![]()
karena beli seken langsung dapet unit, kalo beli baru, nunggu 4 bulan lagi..![]()
di indo Avanza bisa begitu lama mantengin harga sekennya lebih mahal daripada harga baru karena:
1. supply < demand, jadinya orang harus ngantri
2. harga barunya naik terus
Mo dapet barang jalur resmi disuruh nunggu luama banget, padahal kebutuhannya sekarang ya dibeli lah mobil sekennya (karena dengan harga price list gak bisa dapetin mobil baru karena engga ada barang. Bisa juga upping tapi jadi sama aja kan harga barunya+uppingnya pasti diatas harga sekennya). Juga mereka berpikir toh harga barunya naik terus, jadi beli yg bekas dgn harga tinggi pun di masa depan pasti jatonya jadi murah lagi karena harga barunya naik2 lagi. Juga dipikirnya kalo ngikutin inden selama 6 bulan dan inden gak mengikat, takutnya within 6 bulan ada kenaikkan harga lagi......jadi di situasi ini, opsi orang ada dua: Either bayar upping atau beli bekasnya dgn harga mahal. Toh 6 bulan lagi harga barunya udah naik lagi jadi jatonya sama aja

Selama 2 faktor diatas benar adanya, maka fenomena ini gak bakal abis2

Di negara2 lain sama juga misalnya thn 08 akhir lalu pas nissan GTR baru keluar.....orang2 semua pengen beli tapi gak ada barang, dealer2 cuma punya 1-2 unit doang buat display. Nah pada saat itu kondisi no1 (supply < demand) berlaku juga di USA, nissan GTR dijual sama dealer 15-20rb lebih tinggi dari harga MSRP nya. Nah karena harga msrp mobil barunya di jacked up 20rb, bekas nya pun juga naik melebihi harga msrp (harga baru resmi). TAPI harga bekas GTR gak mungkin lebih tinggi dari harga jacked up nya GTR baru. Begitu juga di Indo, ane yakin bahwa harga bekasnya apanja gak mungkin lebih tinggi dari harga baru + Upping nya si Apanja

Ane bilang, hal yg "aneh" dan cuma di indonesia doang itu bukan lah "orang2 indonesia gak rasional karena beli produk bekas lebih mahal dari harga barunya" karena orang di indonesia hanya melakukan reaksi/mengambil langkah berdasar pada kondisi pasar saat itu.
Malah IMO, yg aneh dan cuma terjadi disini (+ bbrp negara doang) dalam hal ini adalah:
1. supply yg gak pernah seimbang dengan demand (mustinya ini automatic adjustment yaitu kalo demand banyak, maka produsen harusnya memperbanyak bikin mobil lagi sehingga level supply seimbang dengan demand).
2. Tingkat inflasi yg tinggi, jadi bbrp bulan sekali harga mobil bisa naik
Nah 2 hal ini yg ane liat jarang terjadi di negara2 lain
