Captivated wrote:Risol1 wrote:Captivated wrote:
ini dr situs wiki yg anda kasih :
" In the USA the frequent changes in automobile design made it necessary to use a ladder frame rather than monocoque to make it possible to change the design without having to change the chassis, allowing frequent changes and improvements to the car's bodywork and interior (where they were most noticeable to customers) while leaving the chassis and driveline unchanged, and thus keeping cost down and design time short. It was also easy to use the same chassis and driveline for several very different cars."
keunggulan ladder adlh bs tekan cost dibanding monokok. loh... jd pabrikan pake ladder spy ongkosnya lbh murah toh?

:
Kalo ane liat/translate dari kutipan Wiki diatas, sebenernya
"keeping the cost down" di atas lebih mengacu kepada:
Keep the cost down karena "cuma perlu ganti model eksterior sedangkan chassis gak perlu di ganti", bukan langsung merujuk pada ladder frame lebih murah (atau bisa keep the cost down) daripada monokok, karena monokok sekarang ini juga udah sharing platform.....bukan 1 platform untuk 1 mobil aja.
waduh, gw cupu kl bhs inggris
penerawangan gw (smg ga salah) :
1. In the USA the frequent changes in automobile design made it necessary to use a ladder frame
rather than monocoque to make it possible to change the design without having to change the chassis
2. allowing frequent changes and improvements to the car's bodywork and interior (where they were most noticeable to customers) while leaving the chassis and driveline unchanged
3. and thus keeping cost down and design time short
jd kl ditarik benang merahnya dr point 1 hingga 3, mmg bener bikin/pake ladder bs lbh murah drpd mono
tp ini versi wiki, bs bener bs salah... data yg valid harusnya berasal dr pabrikan itu sndiri
Hehehe.....kalo soal cupu inggrisnya ya sama2 lah kita semua disini bro
Ya memang saya juga gak bilang bahwa translate-an bro Captivated itu salah karena memang bener kata2 di Wiki tsb kalo ditarik benang merahnya memang nyambung. Saya cuma kasi sedikit alternatif pemikiran aja bahwa mungkin si penulis sebenernya gak langsung merujuk atau mengambil kesimpulan bahwa ladder frame lebih murah daripada monokok/unibody di tulisan "save cost" tsb.
Menurut saya maksudnya si penulis gini lho:
Di USA itu banyak sekali mobil2 pickup karena orang2 sono suka dengan pickup truk, jadi pertama2 nya atau asal mulanya pabrikan Detroit cuma bikin versi pickup karena mereka perlu mobil2 yg bisa diajak kerja berat: buat kerja konstruksi, buat narik trailer/boat, buat bawa barang berat, juga di bbrp daerah USA jalannya masih gak semulus eropa terutama di South. Jadi tujuan utama dibuatnya mobil2 tsb sebenernya bukan buat pemakaian pribadi gitu, melainkan mobil buat "kerja".
Nah pada waktu mereka udah mulai butuh mobil2 gede buat ngangkut penumpang yg biasanya dipake harian aja alias bukan buat kerja berat, mereka males rancang mobil lagi dengan platform monokok (yg secara hakikat sebenernya lebih sesuai dipakai sebagai mobil penumpang), Jadinya mereka pake aja tuh truk yg udah jadi, tinggal ditambahin buntut/kap doang. Dari ladder frame yg sama, bodi atas nya bisa dimodelin sbg SUV, Van, tow truck, dll.....Nah IMO, ini mungkin yg lebih dirujuk sama si penulis Wiki waktu tulis "Save Cost" tsb, bukan merujuk ke production cost ladder frame < monokok.
Karena di halaman yg sama, si penulis tulis lagi di salah satu bullet point ttg weaknessnya ladder frame, bahwa kelemahan ladder frame adalah production costnya yg lebih tinggi. Karena spt yg saya tulis kemaren, kemungkinan besar kalo ada 2 BMW X5 atau 2 Chevy Tahoe, dan yg 1 pake monokok FF sedangkan yg satunya lagi pake ladder FR, kemungkinan besar biaya prod ladder FR lebih gede.
Memang keuntungan dari ladder frame ini adalah dapet mobil yg lebih tangguh (dalam hal bawa atau narik beban berat, atau lebih tangguh di medan offroad), tapi banyak juga kejelekkannya (Bensin boros karena bodi berat, handling nya kurang bagus, interior lebih sempit walaupun dari luar keliatan gede, dll). Dan Detroit juga pinter, mereka pas pasarin mobil harus keluarin strength nya mobil tsb dong, maka kalo liat iklan2 nya mobil SUV ladder frame buatan detroit sekarang, mereka selalu keluarin image tough nya. Kebanyakan orang2 yg beli pun karena mereka ingin dapet image mobil tough, walaupun dipake offroad/towing pun jarang, kecuali tipe pickup truknya yg kebanyakan memang dipake buat kerja (jadi kuda beban).
Kenapa mobil2 kaya gitu laku di US? Kebetulan orang2 amerika itu adalah orang2 yg seneng dengan image tough/ruggedness, terutama di daerah2 rural-nya (baru akhir2 ini aja mindset mereka agak berubah, itupun cuma untuk orang2 urbannya aja ). Beda sama di Western Europe yg orang2nya kelihatan lebih "sophisticated". Liat aja tuh kalo si Jeremy Clarkson (Top Gear) lagi review mobil2 amerika, mereka selalu ngatain bahwa mobil2 amerika itu kasar, brute strength, dll alias keliatan Tough.....
Tapi ane denger2 bahwa Chevy Tahoe yg sekarang ini pake chassis yg sama dengan versi pickup truknya (Chevy Silverado), bakalan pake unibody construction buat next gen-nya yg bakalan keluar untuk model 2013. Artinya, turunan-nya si Tahoe (Chevy Suburban, GMC Yukon/Denali, Caddy Escalade) juga bakalan pake unibody (kayaknya pake Lambda platform). Begitu juga dengan Infiniti QX yg baru kayaknya bakalan pake unibody, buka chassis ladder framenya Nissan Titan lagi. Tapi ini semua masih denger2 lho, belon pasti.
Balik ke tulisan di Wiki, sebenernya tulisan tsb juga udah gak sesuai lagi dengan keadaan jaman sekarang ini, di USA sekalipun, karena populasi mobil2 penumpang yg ladder frame di USA populasinya jauh lebih sedikit dibanding yg unibody.
Jadi tulisan
"In the USA the frequent changes in automobile design made it necessary to use a ladder frame rather than monocoque" udah gak merefleksikan keadaan sebenernya di US saat ini karena cuma segelintir SUV aja yg masih bertahan dgn konstruksi body on frame. SUV2 kebanyakan (terutama yg kecil menengah) banyakan udah pake unibody semua (atau mao diganti ke unibody spt misalnya Pathfinder, Explorer, dll).
Monokok pun sekarang udah bisa "ditambel" sehingga dasarnya sama, tapi bodi bisa keliatan beda, kaya camry dan harrier dgn harga lebih murah
