maskopat wrote:nah, mumpung ngomongi drivetrain, ane mau tanya nih, kenapa harus ada 4L?
kenapa, gak dibikin 6-7 tingkat percepatan?
misalkan gini nih, standar SUV kan rasio gigi 1 adalah 1:4-5...
nah, dibuat 2 gigi tambahan untuk low gear:
gigi sepertiga dengan rasio 1:8-9
gigi dua pertiga dengan rasio 1:6-7
trus ada tuas untuk menentukan roda penggerak:
depan - belakang - depan & bekalang.. tinggal di set aja mau berapa % torsi disalurkan..
trus ada tuas untuk diff lock di transfer case dan di differential... jadi mantap kan? bisa seperti sedan dan offroader..
dengan begini, kita tetap bisa pake low gear walau cuman 2WD.. itu pun bisa pilih roda depan atau belakang atau 4WD... driver juga bisa bebas untuk menentukan kapan mau pak diff lock atau gak..
saya kebayang kalo misalkan lagi jalan ke lukot, ketemu tanjakan berat yang lebih curam daripada nagrek.. jalanan aspal... jadi kita tetap bisa daki dengan 2WD tapi dengan low gear...
wah klw gini kebanyakan dunk om... mobil ber transfercase lowgear aja uda bikin production cost bengkak apa lgi di banyakin lgi hehe...
sebenernya tidak terlalu rumit begitu masuk ke 4L hanya di tambah 1 gigi lagi yg jadi reduction gear yg merendahkan ratio d H,jd bukan gearboxnya ada 2..
tiap pabrik punya racikan ratio reduction gear bermacam2 example:
pajero gen2 1:1.9
taft 1:2.3
XJ 1:2.7
TJrubicon 1:4.0
dll...
blm yg TC oprekan lagi yg ratio.. sampe dobel TC, klw mau punya 3 pilihan ratio...
tpi low ratio ky gini jg blm tentu bagus.. mobil memang jadi lebih mudah ngerayap, lebih mudah di kendalikan, tpi jadi sulit untuk kencang, dan sulit utk dapat momentum.. klw rockcrawing, yg memang diusahakan harus merayap sih cocok pke ratio se lowmungkin, tpi klw adventure blm tentu butuh yg terlalu rendah.. n ini tergantung selera jg sih...
yup bener kt om, gmx pke freewheel hub ntar d 4Llc jadi 2Llc.. tpi klw di 4H pd pajero atw 4fulltime mobil ga bisa maju.... karena sama aja dgn axle depan yg ga punya beban..
tpi kya daihatsu rugger/rocky luar bisa tuh bawaan pabriknya masuk ke 2L.... disana ada tuas transfer buat mindahin H dan L, sedangkan 4x4 n 4x2 di aktifkan lewat tombol...
klw mau misalnya gardan depan pke ratio H, sedangkan blkng pke ratio L.. bisa tuh di amrik ada yg jual Transfercase twinstick khusus bwat aplikasi kya gini... biasanya bwat rockrawling..
cmiiw
thx
