Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

GTR wrote:Bro, bukanny S-AWC juga buat cornering, juga di aspal, ini ada di EVO...
bisa 3 mode : tarmac, snow, gravel..cmiiw
Iya om, S-AWC itu 'atasannya' AWC. AWC yang saya perhatikan lebih difokuskan buat membantu mengemudi (handling, etc.) di permukaan-permukaan jalan tertentu (wet, snow,etc). Cuman dari video di bawah, AWC juga termasuk di dalamnya ASC (Active Stability Control). ASC yang saya tau di dalamnya sudah termasuk Traction Control. ASC dipadu dengan ABS jadi sangat bermanfaat buat cornering.

S-AWC dari video di bawah lebih memfokuskan fungsinya untuk cornering.

Enakan lihat sendiri, cukup jelas penjelasannya.

http://www.youtube.com/watch?v=J6qDX1Cq ... re=related

@om billy : iya om, ini alat cuman sebagai pembantu aja. semuanya kembali lagi ke pengemudinya. cuman saya perhatikan, Stability Control ini (ESP, AWC atau apa lah namanya) sangat penting khususnya buat SUV. Mungkin karena bantingan mobil-mobil seperti ini pas cornering lebih keras dibanding mobil-mobil kelas sedan misalnya.

oh ya, om billy sempat nyinggung blog gitu, apakah om punya blog tentang 4x4 om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

ane sih gak lagi mikirin untuk 10-20 thn lagi.. tapi kalo masih 1-2 thn trus ada bug di ECU nya. apa yang terjadi? dan apakah mitsu akan nanggung kerugian?

soalnya kalo ngomong ECU yang notabene ada softwarenya, gak 100% bugs free..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote: http://www.youtube.com/watch?v=J6qDX1Cq ... re=related

@om billy : iya om, ini alat cuman sebagai pembantu aja. semuanya kembali lagi ke pengemudinya. cuman saya perhatikan, Stability Control ini (ESP, AWC atau apa lah namanya) sangat penting khususnya buat SUV. Mungkin karena bantingan mobil-mobil seperti ini pas cornering lebih keras dibanding mobil-mobil kelas sedan misalnya.

oh ya, om billy sempat nyinggung blog gitu, apakah om punya blog tentang 4x4 om?
bikin sih seadanya bwat tugas kampus hehehe, malah jadi web sekalian, baru pke hosting gratisan.. jadi super lemot nih..

iya sepertinya boleh juga nih.. ngelihat vidnya om, kyanya asik jg klw ada sistem kya begini..

hmmmm tpi memang mw conering secepat apasih di jalanan indonesia ini? klw di tol nda ada belokan tajam, di pegunungan antar kota umumnya rame, dan jalannya sering tidak mulus, klw pke xj ban 33" MT lift 4.5 inci pke roofrack lengkep fulload tampa stabillzer/swaybar asal pke shock yg sangat keras dan di mode fulltime bwat jalur bulak belok pegunungan saat conering sampai 60-80kmh masih enjoy aja, klw lebih kenceng lagi weww.... beli sedan aja deh.. uda gtu jalannya wajib di kosongin.... hehehe.... takutnya lagi ngebut belok tau2 ada yg maling jalan atw motor nyelonong... cilaka deh...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

sedan kan ceper bro....
kan maksudnya buat yg mobilnya tinggi.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

maskopat wrote:ane sih gak lagi mikirin untuk 10-20 thn lagi.. tapi kalo masih 1-2 thn trus ada bug di ECU nya. apa yang terjadi? dan apakah mitsu akan nanggung kerugian?

soalnya kalo ngomong ECU yang notabene ada softwarenya, gak 100% bugs free..
kalo sekarang gak 100% bugs free, apa ada kemungkinan jaman dulu perangkat2 ABS atau hybrid-LSD gitu juga dianggap super canggih.. gak 100% reliable juga?
maksudnya apa sebenernya masalah waktu aja ya..
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:
zweifellos wrote: http://www.youtube.com/watch?v=J6qDX1Cq ... re=related

@om billy : iya om, ini alat cuman sebagai pembantu aja. semuanya kembali lagi ke pengemudinya. cuman saya perhatikan, Stability Control ini (ESP, AWC atau apa lah namanya) sangat penting khususnya buat SUV. Mungkin karena bantingan mobil-mobil seperti ini pas cornering lebih keras dibanding mobil-mobil kelas sedan misalnya.

oh ya, om billy sempat nyinggung blog gitu, apakah om punya blog tentang 4x4 om?
bikin sih seadanya bwat tugas kampus hehehe, malah jadi web sekalian, baru pke hosting gratisan.. jadi super lemot nih..

iya sepertinya boleh juga nih.. ngelihat vidnya om, kyanya asik jg klw ada sistem kya begini..

hmmmm tpi memang mw conering secepat apasih di jalanan indonesia ini? klw di tol nda ada belokan tajam, di pegunungan antar kota umumnya rame, dan jalannya sering tidak mulus, klw pke xj ban 33" MT lift 4.5 inci pke roofrack lengkep fulload tampa stabillzer/swaybar asal pke shock yg sangat keras dan di mode fulltime bwat jalur bulak belok pegunungan saat conering sampai 60-80kmh masih enjoy aja, klw lebih kenceng lagi weww.... beli sedan aja deh.. uda gtu jalannya wajib di kosongin.... hehehe.... takutnya lagi ngebut belok tau2 ada yg maling jalan atw motor nyelonong... cilaka deh...

thx
:beer:
boleh tau link-nya om?

saya tertarik sama stability control ini karena memang menurut saya perangkat ini sangat penting buat mobil-mobil yang bantingannya (di tikungan) cukup besar seperti SUV. mungkin tak sepital pengeraman ABS tapi menurut data, banyak kecelakaan yang terjadi dapat dihindari dengan sistem stability control ini.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:ane sih gak lagi mikirin untuk 10-20 thn lagi.. tapi kalo masih 1-2 thn trus ada bug di ECU nya. apa yang terjadi? dan apakah mitsu akan nanggung kerugian?

soalnya kalo ngomong ECU yang notabene ada softwarenya, gak 100% bugs free..
hmmmm klw 1-2thn kan masih d cover garansi atpm... kec klw lewat IU belinya ntah yah...
tpi iya jg yah... klw suatu saat sensornya uda error kitanya belokin kekiri, sensornya ngebaca malah kekanan gimana tuh? bisa melintir tu mobil...

well... mungkin klw di evo X yg powernya sampai 295ps blm lagi torsi gajahnya... penggerak 4x4 tidak cukup bwat ngejinakin luapan powernya dan menjaga mobil tetep lurus.. AWC ini salah satu fungsinya ngatur besar ouput mesin jg agar tidak over power bikin spin di keempat rodanya saat connering yg bikin mobil melintir,pasti saat sistem ini kerja powernya mesinnya di kurangin otomatis agar tetep dpt traksi.

tpi klw di kls suv di indonesia sih penggerak fulltime jg uda cukup bwat jinakin tenaganya toh powernya tidak sampai 200pskan? sisanya bwat ngatasin bodyroll, pke aja shock high end yg berkualitas.. jgn lupa ban high performance bwat sedan.... jgn malah pke ban MT wkekeke......

btw klw d beberapa vid awc evoXnya melintir gtu kok kyanya lebih asik yah? hehehe.... bwat main2...

klw mobil american muscle malah sengaja di buat overpower.. wkekeke...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

AFAIk, perangkat stability control ini, utamanya buat atasin understeer & oversteer on-demand, terutama kendali kondisi panic, entah saat corner-braking / slippery / koreksi jalur maupun driving agresif. yg memang sih ujung2nya safety. jadi buat mobil apapun sebenernya jadi membantu fungsi kendali.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

nemu di http://www.taftdieselindonesia.com/old/ ... &Itemid=26

mudah2an berguna..
Locking Differential
Alat ini berfungsi untuk mengunci gerakan as roda poros sebelah kiri dan sebelah kanan. Hal ini diperlukan saat kondisi dimana traksi pada kedua roda dibutuhkan untuk melewati sebuah medan yang licin. Ada 2 macam cara penguncian sistem diferensial, pertama adalah Limited Slip Differential, kedua Differential Locker. Kedua macam metode penguncian diferensial memiliki pola penguncian yang berbeda. Gardan yang dilengkapi dengan Limited Slip Differential pada kondisi normal, diferensial ada pada posisi open sehingga pengendalian kendaraan tidak berbeda dengan kendaraan yang memiliki gardan tanpa pengunci diferensial. Karena sifat inilah, LSD banyak dipilih menjadi optional atau juga menjadi kelengkapan standar kendaraan yang didesain untuk bekerja di medan yang cukup berat. Sementara gardan yang dilengkapi dengan automatic differential locker dalam kondisi normal, diferensial ada pada posisi lock sehingga cara mengendarai mobil yang dilengkapi dengan piranti tersebut berbeda dengan mobil ‘normal’. Selanjutnya akan dikupas lebih lanjut pada paragraf berikut.

Limited Slip Differential
Sistem pertama, sesuai dengan namanya, mengunci poros roda kiri dan kanan berdasarkan beda putaran yang terjadi pada poros kiri dan kanan. Penguncian pada Limited Slip Differential (LSD) tergantung dari settingan awal dari pabrik pembuatnya, dilambangkan dengan prosentase, biasanya berkisar antara 70% sampai 90%. Prosentase tersebut melambangkan perbedaan putaran kiri dan kanan maksimum sehingga piranti LSD mengunci putara kedua poros roda.

Di dalam sebuah LSD, terdapat rangkaian plat kopling yang mengembang ketika beda putaran yang diset tercapai. Sebagai contoh, apabila roda kiri kehilangan traksi sehingga berputar hingga 80% lebih cepat dari roda sebelah kiri, rangkaian plat kopling di dalam LSD akan mengembang. Saat rangkaian kopling tersebut mengembang, lalu mendorong sleeve dan masuk ke ujung as roda sehingga poros kanan dan poros kiri bergerak satu arah secara bersamaan. Mengembangnya rangkaian kopling tersebut akan terus terjadi selama torsi mesin diberikan secara konstan pada gardan. Ketika torsi ke arah gardan dihilangkan, otomatis rangkaian plat kopling mengendur dan melepas penguncian antara poros roda kiri dan kanan. Agar dapat bekerja secara maksimal, LSD membutuhkan oli gardan yang khusus dibuat untuk keperluannya. Bila tidak menggunakan oli yang dibuat khusus LSD, ketika rangkaian kopling mengembang, gesekan atau friksi antara plat kopling tidak terjadi sehingga LSD gagal mengunci poros roda kiri dan kanan.



Differential Locker

Sistem kedua, sesuai namanya, mengunci gerakan as roda kiri dan kanan secara simultan. Ada 2 jenis differential locker (selanjutnya disebut locker saja) yang dibedakan oleh cara pelepasan pengunciannya yaitu yang pertama adalah Automatic Locker dan yang kedua adalah Selectable Locker. Masing masing jenis tersebut masih terbagi lagi kedalam beberapa tipe.

Jenis pertama adalah automatic locker, dimana operasi pelepasan penguncian diferensialnya didasarkan oleh perbedaan putaran saat gardan tidak menerima torsi. Sesuai namanya, differensial benar benar dikunci secara 100%. Automatic Locker sendiri ada 2 macam yaitu tipe light duty dan heavy duty. Untuk tipe light duty, pada sistem diferensial yang digantikan hanya bagian tengah (satelite gear dan side gear) sedangkan untuk kerangka diferensial tetap menggunakan bawaan mobil. Masuk dalam kategori ini adalah EZ Locker, Tractec Lockright dan lainnya. Tipe light duty ini oleh pabrik pembuatnya hanya direkomendasi untuk penggunaan ban hingga diameter 32 inchi. Sementara untuk tipe heavy duty, perangkat diferensial diganti keseluruhan. Hanya crown gear saja yang dipindahkan dari gardan bawaan mobil. Tipe ini dikeluarkan oleh Detroit Locker, dan tipe ini tidak memiliki limitasi ukuran diameter ban.

Di dalam sebuah locker otomatis terdapat 2 gigi yang menempel satu sama lain menggantikan sistem diferensial. Ketika berjalan lurus, kedua poros roda bergerak secara bersamaan. Ketika berbelok dan tidak ada torsi yang disalurkan oleh tranfercase ke gardan, roda yang menjadi titik pusat putaran (roda sebelah dalam lingkaran belokan) akan berputar lebih sedikit dari roda bagian lainnya. Sebagai contoh, mobil akan berbelok ke kiri. Ketika berbelok, roda sebelah kiri akan berputar lebih sedikit dari sebelah kanan, hal ini juga menyebabkan gigi locker sebelah kiri akan berusaha memisahkan diri dari gigi locker sebelah kanan, dengan dibantu release spring yang berada di bagian dalam dari kedua gigi locker tersebut, maka poros roda kiri akan terpisah dari poros roda kanan. Hal ini akan terus berlangsung hingga poros kanan dan poros kiri berputar dengan putaran yang sama dan kedua bagian gigi locker tersebut akan menempel kembali. Namun apabila mobil berbelok dengan gardan tetap menerima torsi dari transfercase (mobil berbelok tanpa mengangkat pedal gas pada kecepatan tinggi), antara gigi locker kiri dan kanan tidak akan bisa melepaskan diri sehingga akan timbul gejala ‘ngepot’. Hal ini terjadi karena kedua gigi locker tersebut tidak mendapatkan momen yang cukup untuk memisahkan diri sehingga akan terus menerus bergerak dengan putaran yang sama cepat sehingga ketika berbelok roda akan terseret dengan arah yang berlawanan dengan arah belokan.

Jenis locker yang kedua adalah Selectable Locker, atau locker yang dapat diaktifkan atau di-non aktifkan sesuai dengan kebutuhan pengemudinya. Jenis ini memiliki beberapa tipe yang dibedakan dengan metode aktivasi locker tersebut. Tipe pertama proses aktivasinya menggunakan kabel baja hingga kerap disebut cable locker. Tipe ini dapat ditemui pada kendaraan Toyota Land Cruiser seri 40 dan seri 60, untuk aftermarket yang menyediakan tipe ini adalah OX Locker. Tipe kedua proses aktivasinya menggunakan motor elektrik yang menempel pada casing gardannya. Tipe ini kerap disebut electrik locker dan ditemui pada Toyota Land Cruiser seri 80 dan Toyota Hilux. Tipe yang ketiga proses aktivasinya menggunakan angin yang dihasilkan oleh sebuah pompa, hingga kerap disebut air locker. Produk yang menganut sistem ini adalah ARB Air Locker. Namun secara umum, ketiga tipe ini memiliki cara kerja penguncian dan pelepasan yang kurang lebih sama, yaitu mengunci kedua poros roda secara manual oleh si pengemudi.

Di dalam sebuah selectable locker, terdapat 2 gigi dapat yang saling bertautan pada saat posisi lock. Salah satu gigi tersebut dapat bergeser untuk menentukan posisi diferensial terkunci atau terbuka. Untuk proses pergeseran gigi untuk mengunci diferensial kanan dan kiri inilah yang dilakukan oleh ketiga tipe yang disebut lebih tadi. Apabila tidak dibutuhkan, pengemudi dapat melepas kuncian diferensial sehingga kendaraan dapat dikemudikan seperti layaknya mobil yang tidak dilengkapi dengan pengunci diferensial. Sementara ketika diferensial dalam posisi terkunci, tabiat mobil seperti layaknya mobil yang sistem diferensialnya mengalami pengelasan, terkunci 100% setiap saat. Keuntungan dari selectable locker yang lain adalah, pengemudi dapat memilih untuk mengunci atau melepas diferensial sesuai dengan medan yang akan dilaluinya, sehingga pengemudi dapat mengendalikan kendaraannya dengan lebih akurat.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

Thanks om gmx atas infonya. :frm_tumbright:

Nanya lagi om2 sekalian.

1. Untuk mobil 4x4 transmisi otomatis (misal PS), apakah penggunaan 4WD khususnya 4HLc dan 4LLc berpengaruh kepada umur dari sistem transmisi otomatis tersebut?
2. Benarkah kalo mobil transmisi otomatis sering dibawa ke jalan offroad (jalan non aspal) bikin sistem transmisi otomatis ini jadi lebih cepat rusak?
3. Apakah perbaikan ataupun pergantian komponen transmisi otomatis yang sering rusak (mungkin ada statistiknya) mahal om2 sekalian?

Terima kasih sebelumnya atas replynya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote:Thanks om gmx atas infonya. :frm_tumbright:

Nanya lagi om2 sekalian.

1. Untuk mobil 4x4 transmisi otomatis (misal PS), apakah penggunaan 4WD khususnya 4HLc dan 4LLc berpengaruh kepada umur dari sistem transmisi otomatis tersebut?
2. Benarkah kalo mobil transmisi otomatis sering dibawa ke jalan offroad (jalan non aspal) bikin sistem transmisi otomatis ini jadi lebih cepat rusak?
3. Apakah perbaikan ataupun pergantian komponen transmisi otomatis yang sering rusak (mungkin ada statistiknya) mahal om2 sekalian?

Terima kasih sebelumnya atas replynya.
1. pastinya tidak dunk om.... kan memang fungsinya 4x4 itu...
2. hmmmm gimana yah, pastinya lebih cepet rusak dibanding yg cuma di aspal aja sih, apalgi yg cuma di garasi....
tapii.... klw dbanding MT..
sya kurang tahu yah klw d mobil lain, tpi klw sya pke XJ di gabruk2 kemana2 uda 5thn blm pernah ada yg rusak parah, pling banter slank olinya lepas itu pun karena ngiketnya kurang kencang,klw dibandingin dgn orang lain yg pke Manual, malah mereka lebih sering yg rontok GBnya, beberapa kli ganti kopling lalu ada jg yg masalah sinkromesnya dll.... sedangkan sya koplingnya blm pernah diganti dari baru(kyanya bentar lagi sih..uda mulai slip) dan umur komponennya memang lebih panjang. taft sya sja,umurnya sma dgn XJ dan pemakaiannya lebih ringan dri xj tp uda pernah ganti kopling dan beberapa kli di bongkar karena singkromesnya uda ga beres.
hmmm... tpi nda tau yah klw d mobil lain gimana.

tpi y gtu pke matic, sering jadi ke enakan n kegampangan kurang seruu.

3. komponennya lebih mahal, karena umurnya bisa berlipat2 lebih panjang....

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

nah, mumpung ngomongi drivetrain, ane mau tanya nih, kenapa harus ada 4L?
kenapa, gak dibikin 6-7 tingkat percepatan?
misalkan gini nih, standar SUV kan rasio gigi 1 adalah 1:4-5...
nah, dibuat 2 gigi tambahan untuk low gear:
gigi sepertiga dengan rasio 1:8-9
gigi dua pertiga dengan rasio 1:6-7

trus ada tuas untuk menentukan roda penggerak:
depan - belakang - depan & bekalang.. tinggal di set aja mau berapa % torsi disalurkan..

trus ada tuas untuk diff lock di transfer case dan di differential... jadi mantap kan? bisa seperti sedan dan offroader..

dengan begini, kita tetap bisa pake low gear walau cuman 2WD.. itu pun bisa pilih roda depan atau belakang atau 4WD... driver juga bisa bebas untuk menentukan kapan mau pak diff lock atau gak..

saya kebayang kalo misalkan lagi jalan ke lukot, ketemu tanjakan berat yang lebih curam daripada nagrek.. jalanan aspal... jadi kita tetap bisa daki dengan 2WD tapi dengan low gear...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

kalo mau pake low gear 2WD, pake freelock/freewheelhub om.. kayak di 4WD tua, di tuas cuma ada H-N-L, keduanya bisa dipake untuk 4WD atau 2WD tergantung kita putar freelock-nya ke mode 4x2 atau 4x4..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

gmx wrote:kalo mau pake low gear 2WD, pake freelock/freewheelhub om.. kayak di 4WD tua, di tuas cuma ada H-N-L, keduanya bisa dipake untuk 4WD atau 2WD tergantung kita putar freelock-nya ke mode 4x2 atau 4x4..
yee... kan untuk mobil baru tujuannye...
kalo mobil boyot om gmx, ada diff lock di differential?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

^^si boyot ga ada om difflocknya om... bisa aja mobil baru dikasih freelock, misalnya pajero gw dikasih freelock, kalo freelocknya di set ke 4x2, tuasnya dimasukin ke 4LLc, dapetnya 2LLc :mrgreen: makanya gw kemarin nanya ke om dal freelock buat pajero part no MB886389 dan ternyata ada..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:nah, mumpung ngomongi drivetrain, ane mau tanya nih, kenapa harus ada 4L?
kenapa, gak dibikin 6-7 tingkat percepatan?
misalkan gini nih, standar SUV kan rasio gigi 1 adalah 1:4-5...
nah, dibuat 2 gigi tambahan untuk low gear:
gigi sepertiga dengan rasio 1:8-9
gigi dua pertiga dengan rasio 1:6-7

trus ada tuas untuk menentukan roda penggerak:
depan - belakang - depan & bekalang.. tinggal di set aja mau berapa % torsi disalurkan..

trus ada tuas untuk diff lock di transfer case dan di differential... jadi mantap kan? bisa seperti sedan dan offroader..

dengan begini, kita tetap bisa pake low gear walau cuman 2WD.. itu pun bisa pilih roda depan atau belakang atau 4WD... driver juga bisa bebas untuk menentukan kapan mau pak diff lock atau gak..

saya kebayang kalo misalkan lagi jalan ke lukot, ketemu tanjakan berat yang lebih curam daripada nagrek.. jalanan aspal... jadi kita tetap bisa daki dengan 2WD tapi dengan low gear...
wah klw gini kebanyakan dunk om... mobil ber transfercase lowgear aja uda bikin production cost bengkak apa lgi di banyakin lgi hehe...

sebenernya tidak terlalu rumit begitu masuk ke 4L hanya di tambah 1 gigi lagi yg jadi reduction gear yg merendahkan ratio d H,jd bukan gearboxnya ada 2..

tiap pabrik punya racikan ratio reduction gear bermacam2 example:
pajero gen2 1:1.9
taft 1:2.3
XJ 1:2.7
TJrubicon 1:4.0
dll...
blm yg TC oprekan lagi yg ratio.. sampe dobel TC, klw mau punya 3 pilihan ratio...

tpi low ratio ky gini jg blm tentu bagus.. mobil memang jadi lebih mudah ngerayap, lebih mudah di kendalikan, tpi jadi sulit untuk kencang, dan sulit utk dapat momentum.. klw rockcrawing, yg memang diusahakan harus merayap sih cocok pke ratio se lowmungkin, tpi klw adventure blm tentu butuh yg terlalu rendah.. n ini tergantung selera jg sih...

yup bener kt om, gmx pke freewheel hub ntar d 4Llc jadi 2Llc.. tpi klw di 4H pd pajero atw 4fulltime mobil ga bisa maju.... karena sama aja dgn axle depan yg ga punya beban..

tpi kya daihatsu rugger/rocky luar bisa tuh bawaan pabriknya masuk ke 2L.... disana ada tuas transfer buat mindahin H dan L, sedangkan 4x4 n 4x2 di aktifkan lewat tombol...

klw mau misalnya gardan depan pke ratio H, sedangkan blkng pke ratio L.. bisa tuh di amrik ada yg jual Transfercase twinstick khusus bwat aplikasi kya gini... biasanya bwat rockrawling..

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

^^
ane sih mikirnya, karena mercy punya 7G matic.. sedangkan outlander, punya 2 final gear ratio.. gigi 1-2 pake 1 rasio, gigi 3-5 pake rasio sendiri... :big_peace:
makanya kepikiran ide aneh tadi.. :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green