Tekhnik balap jalanan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
Tekhnik balap jalanan
Intro:
Kita sebagai anak muda yang membawa motor kita seharian tentu merasa bosan apabila membawa motor yg gitu gitu aja.. Kita mempunyai darah pembalap yang selalu bergejolak entah saat jalanan sepi, rame, ato takut pacar marah gara gara terlambat.. Tetapi untuk istilah ngebud tentu tak bisa sembarangan.. Harus disertai tekhnik tekhnik yg musti dipelajari terlbih dahulu
The point is:
Aku mau nanya neeh.. Sebenarnya tekhnik tekhnik membawa ngebud di jalanan yang bener teh gimana seeh.. Seperti full step gitu??Aku klo full step belok kiri ama belok kanan asa beda dan lebih mudah yang kiri.. Entah yaa tapi mungkin karena kebiasaan.. Trus nge gas, apa ada trik trik khusus.. +kopling dan lain lain.. tapi tidak begitu merusak mesin,, tentunyaa..
Ayoo beri saran + koment kalian
biar yang pelan > ngebud
ngebud > tambah ngebud
yang tambah ngebud > master of ngebud
Master of ngebud > ?? hospital??
Kita sebagai anak muda yang membawa motor kita seharian tentu merasa bosan apabila membawa motor yg gitu gitu aja.. Kita mempunyai darah pembalap yang selalu bergejolak entah saat jalanan sepi, rame, ato takut pacar marah gara gara terlambat.. Tetapi untuk istilah ngebud tentu tak bisa sembarangan.. Harus disertai tekhnik tekhnik yg musti dipelajari terlbih dahulu
The point is:
Aku mau nanya neeh.. Sebenarnya tekhnik tekhnik membawa ngebud di jalanan yang bener teh gimana seeh.. Seperti full step gitu??Aku klo full step belok kiri ama belok kanan asa beda dan lebih mudah yang kiri.. Entah yaa tapi mungkin karena kebiasaan.. Trus nge gas, apa ada trik trik khusus.. +kopling dan lain lain.. tapi tidak begitu merusak mesin,, tentunyaa..
Ayoo beri saran + koment kalian
biar yang pelan > ngebud
ngebud > tambah ngebud
yang tambah ngebud > master of ngebud
Master of ngebud > ?? hospital??
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Apr 14, 2005 6:37
Yah saya setuju dengan Mas Gauss, paling enak speeding sih kalo ke jalan ke luar kota yaitu tapi tetep aja harus denger kata hati, kalo ada tempat rame ya lambatin sapa tau ada yang mo ikut mbonceng hehehe....speeding boleh tapi tetep hati2 and liat situasi...hummm andai ada jalan tol yang bisa masuk motor asik kali yaa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
- Location: Bandung
Klo gw sih ngebut cuman klo lg sepi aja...
klo rame trus selap-selip sih gak brani..(takut ada yang aneh-aneh)..tp... klo kepepet ..ya... mau gimana lagi....
klo lg malem ...gw suka jd rada ngebut.. takut di pepet / di palak..
Soalnya temen gw pernah malem2 jalanan rada lowong, dia bawa motornya nyantai..trus tiba2 dia di pepet trus motor ma stnk melayang deh...
klo rame trus selap-selip sih gak brani..(takut ada yang aneh-aneh)..tp... klo kepepet ..ya... mau gimana lagi....
klo lg malem ...gw suka jd rada ngebut.. takut di pepet / di palak..
Soalnya temen gw pernah malem2 jalanan rada lowong, dia bawa motornya nyantai..trus tiba2 dia di pepet trus motor ma stnk melayang deh...
...(-_-)..zzZZZ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
wuih kasihan tuu om, jalan malem malem langsung dipepet..
Yaa.. Kalian kan di Jakarta gitu lhooww,, jadi byk jalanan yang sepi dan puanjang.. Aku tinggal di Bandung..
Anyway, bukan nanya kapan musti ngebud dll..
Teknik ngebudnya sendiri..
Bisa dijelasin cara full step yang bener?? ato cara ngebejek gas yg bener?? biar pas ngebud enak gitoo..
Yaa.. Kalian kan di Jakarta gitu lhooww,, jadi byk jalanan yang sepi dan puanjang.. Aku tinggal di Bandung..
Anyway, bukan nanya kapan musti ngebud dll..
Teknik ngebudnya sendiri..
Bisa dijelasin cara full step yang bener?? ato cara ngebejek gas yg bener?? biar pas ngebud enak gitoo..
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
full step itu apa sih???? apa maksudnya 'nikung sambil ngerebah' / lean ??
Saya sih juga sering 'rebah'....tapi gak sampe mentok foot-peg lah.....
normal2 aja.....sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jalanan di jakarta kan banyak pasir getoo....
Kalo gedubrak gimana??? sayang motornya kan??
Emang harus 'pede banget' kalo mau ngelakuin teknik rebah. kecepatan juga harus di kontrol....gak boleh terlalu slow atau terlalu kenceng...
hindari ngerem sewaktu sedang nikung-rebah.
Saya sih juga sering 'rebah'....tapi gak sampe mentok foot-peg lah.....
normal2 aja.....sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jalanan di jakarta kan banyak pasir getoo....
Kalo gedubrak gimana??? sayang motornya kan??
Emang harus 'pede banget' kalo mau ngelakuin teknik rebah. kecepatan juga harus di kontrol....gak boleh terlalu slow atau terlalu kenceng...
hindari ngerem sewaktu sedang nikung-rebah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Dpt dr mana istilah Full Step, mas?
Maksudnya Foot step nggesrek gitu kali?
Saran gue? Lakukan di tempat yg bener, alias sirkuit. NGebut di jalan itu isinya cuma gangguiin orang lain aja. GUe jujur aja nggak peduli kl orang lain mau sampe mampus sambil ngebut, tapi kalo sambil bawa2 gue, itu yg gue nggak terima.
Maksudnya Foot step nggesrek gitu kali?
Saran gue? Lakukan di tempat yg bener, alias sirkuit. NGebut di jalan itu isinya cuma gangguiin orang lain aja. GUe jujur aja nggak peduli kl orang lain mau sampe mampus sambil ngebut, tapi kalo sambil bawa2 gue, itu yg gue nggak terima.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
foot step / full step.... Ya intinya mah ngerah kyk kata bung gauss (sebenernya dah tau salah tapi gengsi) ..
Maka itu kk, biasalah di jalanan sering ngebutin motornya sendiri.. Biar aman gitu kk,, tekhnik yang benar dan aman gitu.. Ato sebenarnya dalam ngerebah (jadi ikut-ikutan Bung Gauss) g ada takhniknya..
Biar aman gitu kk, dan kuenceng
Maka itu kk, biasalah di jalanan sering ngebutin motornya sendiri.. Biar aman gitu kk,, tekhnik yang benar dan aman gitu.. Ato sebenarnya dalam ngerebah (jadi ikut-ikutan Bung Gauss) g ada takhniknya..
Biar aman gitu kk, dan kuenceng
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
okeh pelajaran ke2 kenali musuh2 para tukang gebut
1.motor kenceng lain biasanya rxking,ninja,scorpio dll
2.mobil2 sekitar, biasanya ankot yg suka ngerem mendadak ato bajay yg cuma Tuhan yg tau kapan dia mau belok
3.pejalan kaki yg seenak udelnya klo nyeberang, dipikirnya kita bakal berenti dr 120++km/jam dgn diawe2 stop mas stop lagi nyeberang nih, bawa rombongan pula
4.Polisi iseng/buta/rabun/kanker+bawa motor kenceng
oke cukup dulu...pelajaran 3 lanjut
1.motor kenceng lain biasanya rxking,ninja,scorpio dll
2.mobil2 sekitar, biasanya ankot yg suka ngerem mendadak ato bajay yg cuma Tuhan yg tau kapan dia mau belok
3.pejalan kaki yg seenak udelnya klo nyeberang, dipikirnya kita bakal berenti dr 120++km/jam dgn diawe2 stop mas stop lagi nyeberang nih, bawa rombongan pula
4.Polisi iseng/buta/rabun/kanker+bawa motor kenceng
oke cukup dulu...pelajaran 3 lanjut
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
pernah-kan ndenger gigi rasio.. pernahkan mengoper kopling klo mo nikung.. tapi pernahkah anda klo mo nikung menggunakan putaran mesin menengah.. guna gigi rasio adalah kunci rahasia kita utk menikung dengan menggunakan putaran RPM menengah (mo pasang di 2 ke ato 3(utk bebek) 345 (utk motor gede(tiger,ninja,RGR)kecuali gear yg jumlahnya 5 aku belom coba))... hueheuehue maap cuman itu yg biasa klo aku pake klo nikung baik kiri ato kanan.. ingat gunakan ban yg mengandung coumpon tinggi(battlax,metzler,dll).. karna klo tuh compon abiz, abiss lah kita...seliiippp (jgn pake jiti men karna itu merek cidi..hihihi) jadi klo ngebut abizz ubah dulu tuh ban and rasakan bedanya...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
langsung terlihat bedanya yang ngerti ama yg nggak
(peace peace)
hah gigi rasio?? hmm.. jadi klo nikung pake RPM 5 ato 6.. ya iyalah,, saya juga selalu gitu.. Tapi apa bedanya emang dgn nikung RPM bawah..
Trus langkah langkah nnya gimana??
(peace peace)
hah gigi rasio?? hmm.. jadi klo nikung pake RPM 5 ato 6.. ya iyalah,, saya juga selalu gitu.. Tapi apa bedanya emang dgn nikung RPM bawah..
Trus langkah langkah nnya gimana??
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
loh??
bukannya klo mo nikung itu biasanya turunin 1 gigi aja,jgn 2 ato3x entar ban akan mater krn engine brake terlalu kuat,ini berlaku untuk speed min80++, biasanya penurunan gigi ini jg disertai naikin putaran gas biar rpm gak drop dan ada banyak tenaga pas keluar tikungan
enggak perlu pake battlax ato yg mahal2, yg penting sewaktu mo nikung perhatikan kondisi jalan kering, tdk berpasir dan tdk ada kendaraan yg mo motong jalur(ini sering terjadi)
pake ban keras macam irc dll malah enak, kamu jadi bisa rear wheel steering biar nikungnya lebih mantap,tp hrs dibiasain klo enggak kaget
cara rear wheel steering??? liat aja rossi tuh, dia sering lakuin itu, cuma butuh nyali sama feeling aja kok(waaah ini pelajaran ke brapa yaaH??)
bukannya klo mo nikung itu biasanya turunin 1 gigi aja,jgn 2 ato3x entar ban akan mater krn engine brake terlalu kuat,ini berlaku untuk speed min80++, biasanya penurunan gigi ini jg disertai naikin putaran gas biar rpm gak drop dan ada banyak tenaga pas keluar tikungan
enggak perlu pake battlax ato yg mahal2, yg penting sewaktu mo nikung perhatikan kondisi jalan kering, tdk berpasir dan tdk ada kendaraan yg mo motong jalur(ini sering terjadi)
pake ban keras macam irc dll malah enak, kamu jadi bisa rear wheel steering biar nikungnya lebih mantap,tp hrs dibiasain klo enggak kaget
cara rear wheel steering??? liat aja rossi tuh, dia sering lakuin itu, cuma butuh nyali sama feeling aja kok(waaah ini pelajaran ke brapa yaaH??)
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
iya iya.. betul nanti engine brake kebesaran malah goyah lagi..
Aku lebih setuju nurunin gigi seperlunya,, trus RPM tengah..
Tapi biar lebih miring (kyk motoGP) gimana cara tuu??
Trus ada yang tau cara trik bwat standingin motor, tapi yg non-bebek
Aku lebih setuju nurunin gigi seperlunya,, trus RPM tengah..
Tapi biar lebih miring (kyk motoGP) gimana cara tuu??
Trus ada yang tau cara trik bwat standingin motor, tapi yg non-bebek
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
standingin motor yg gue bisa ada beberapa cara
1.bila motor tenaganya kurang gede kayak bebek, harus berhenti dulu,masuk gigi1 tahan kopling panteng gas,lepas kopling,pas standing duduk hrs diblkng buat menunjang beban
2.buat motor yg tenaganya lumayan, bisa sambil jalan,trus tekan rem depan, disaat mtr bouncing ke depan,manfaatkan pantulan baliknya disertai tehnik no1,saat dah standing,gas harus terus dimainin utk menjaga standing
3.buat moge(R1,cbr,scorpio jg bisa:p) tinggal panteng gas dirpm 6000 keatas lalu lepas kopling,tinggal seberapa smooth km ngelepas koplingnya yg akan menentukan seberapa indah standingmu,mo cepet naik ato perlahan
Nb:selalu gunakan 2 jari untuk menarik kopling dan 2 jari untuk pegang stang pd tangan kiri!!!!
1.bila motor tenaganya kurang gede kayak bebek, harus berhenti dulu,masuk gigi1 tahan kopling panteng gas,lepas kopling,pas standing duduk hrs diblkng buat menunjang beban
2.buat motor yg tenaganya lumayan, bisa sambil jalan,trus tekan rem depan, disaat mtr bouncing ke depan,manfaatkan pantulan baliknya disertai tehnik no1,saat dah standing,gas harus terus dimainin utk menjaga standing
3.buat moge(R1,cbr,scorpio jg bisa:p) tinggal panteng gas dirpm 6000 keatas lalu lepas kopling,tinggal seberapa smooth km ngelepas koplingnya yg akan menentukan seberapa indah standingmu,mo cepet naik ato perlahan
Nb:selalu gunakan 2 jari untuk menarik kopling dan 2 jari untuk pegang stang pd tangan kiri!!!!
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
apa tekhnik standing bisa disamain ama burno-outnya mobil??
Yang kopling dilepas tiba tiba, Gas nya tinggi?? Trus duduknya di belakang yaa..
sebenarnya takut motor rusak uii,, hihihi
Bang Gauss,, CBR gimana nee klo rusak pas distandingin
Yang kopling dilepas tiba tiba, Gas nya tinggi?? Trus duduknya di belakang yaa..
sebenarnya takut motor rusak uii,, hihihi
Bang Gauss,, CBR gimana nee klo rusak pas distandingin
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
itu proses belajar kok, ngerusak pertamanya krn blum bisa smooth, tp emang pd dasarnya standing lebih ngerusak dibanding stoppie
mau dilakukan selembut apapun standing itu memaksa mesin,gir,rantai,masalah shock sih enggak klo dia dah bisa smooth, beeda ama stoppie yg cuma andalin rem depan doang
gue juga nganggap stopie sbg seni yg lebih tinggi dr standing, lebih butuh feeling,lebih indah, dan enggak ngerusak motor klo bener ngelakuinnya
prinsip stoppie itu kan cuma tekan rem depan,cuma seberapa pressurenya,itu yg susah feelingnya
mau dilakukan selembut apapun standing itu memaksa mesin,gir,rantai,masalah shock sih enggak klo dia dah bisa smooth, beeda ama stoppie yg cuma andalin rem depan doang
gue juga nganggap stopie sbg seni yg lebih tinggi dr standing, lebih butuh feeling,lebih indah, dan enggak ngerusak motor klo bener ngelakuinnya
prinsip stoppie itu kan cuma tekan rem depan,cuma seberapa pressurenya,itu yg susah feelingnya
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
bukannya standing juga pake feeling om..
Seberapa besar gas yang diperlukan kan.. kan biar lama kk standingnya..
Dan stoppie bukannya keshock blkng ngaruhnya..
Aku juga pernah liat R1 stoppie,, trus nampak ada suara *DEGG* dan langsung ngehuyung kedepan motornya,, orang nya jatuh ketimpa motor
Seberapa besar gas yang diperlukan kan.. kan biar lama kk standingnya..
Dan stoppie bukannya keshock blkng ngaruhnya..
Aku juga pernah liat R1 stoppie,, trus nampak ada suara *DEGG* dan langsung ngehuyung kedepan motornya,, orang nya jatuh ketimpa motor
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang