Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Risol1 »

DOHC wrote:(ngikutin postingan diatas) wlp ane masi ijo dan awam di masalah mobil... tapi pengalaman ane dulu perna ada mobil box punya kantor bokap yg mungkin uda 3 atau 4 taon kaga perna dikuras coolantnya, jadi coolant yg dipake itu masi aseli dari pabrik.... kaga ada yg karat sigh, cuman yah waktu ane coba2 mo ganti coolantnya, cairan nya jadi kentel banget.... dan mesin jadi lebih panas....

tapi kalo yg uda bertahun2 pake air biasa, ane perna denger katanya mendingan jgn dikutak katik karena alesan yg sama ama bro risol blg itu, kotoran yg mengendap ilang dan jadi bocor dehh
Nah persis nih pertanyaan ane kaya bro DOHC diatas :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by sjamsul »

Risol1 wrote: Wah gak keliatan nih post nya bro Sjam.....

Sorry nih bro mungkin ane kurang jelas ngejelasin pertanyaannya :mrgreen: :
Gini bro Sjam, kalo soal penggantian air radiator secara berkala, ane sangat setuju. Tapi yg mao ane tanyakan disini adalah kalo misalkan udah terlanjur 7 tahun air radiator kaga pernah diganti, nah pas sekarang lagi inget (atau diingetin), mending kita buru2 ganti atau malah mendingan didiemin aja bro?
Karena ada yg bilang kalo udah kelamaan gak diganti, mending gak usah dikuras sekalian karena malahan bikin radiator jadi jebol karena endapan2 kotoran/karat jadi kebuang yang mengakibatkan radiator jadi cepet bocor. Istilahnya sekarang udah terlanjur basah gitu bro.....hehehe....
ga napa2 bro........ :mrgreen:


hmmm.... klo menurut pemikiran ane bro, sebaiknya dikuras aja sekalian.......... jadi klo emang saat dikuras terjadi kebocoran......... bisa segera diperbaiki atau diganti baru trus sekalian diperiksa parts yg berhubungan ama radiator, klo keadaannya dah kurang baik, mendingan diganti juga .......... karena klo itu radiator dah mau bocor, kapanpun bisa terjadi.... so mendingan sekalian ajah dikuras ....

Pengalaman ane, beberapa minggu yg lalu.........
Saat ane mo ganti oli di bengkel teman............. secara ga sengaja dia melihat ada rembesan air di selang radiator............. selesai ganti oli air radiator ditambahkan..............lalu mbl dihidupkan............... nah, pada saat mbl dihidupkan ternyata ada kebocoran yg cukup besar di bagian sebelah dalam radiator (kisi2nya).... n karena ane pake coolant, terdeteksi klo itu adalah air radiator (warna cairannya ijo)....
di garasi ane, sebelumnya terdapat genangan air, tp ane ga nyangka klo itu adalah air radiator, ane kirain air pembuangan ac..............
(warna ijonya ga gitu diperhatikan, krn sdh menyerap di lantai)....

Langsung ane ganti radiatornya........... n alhamdulilah ampe hari ini ok2 ajah........

catatan:
klo radiator dah menunjukkan gejala rembes ato bocor, kalau memungkinkan........ sebaiknya diganti baru, krn dah pasti ok, drpd diperbaiki ato ditambal.......... karena belon tentu bisa balik normal lagi....... diperbaiki di sisi kanan, bulan depannya yg bocor di sisi kiri, dst......
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by esh »

IMO memang lebih baik segera diganti baru bila radiatornya bermasalah daripada ditunda efeknya bisa ke mana2. CMIIW

Paling sip lagi ya diganti sama mobilnya :mrgreen: ................................................................................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by sjamsul »

esh wrote:IMO memang lebih baik segera diganti baru bila radiatornya bermasalah daripada ditunda efeknya bisa ke mana2. CMIIW

Paling sip lagi ya diganti sama mobilnya :mrgreen: ................................................................................. :ngacir:
setujuuuuuuuuu............. :frm_tumbright:


denger2 tempohari ada orang nyang ganti radiator baru esh.................. tp mahal banget yah harga itu radiatornya................ ampe ratusan jeti lohhhhh.................. ane ampe kaget dengernye................... :upss: .........

tp yah itu ada bonusnya................. mobil............... jadi beli radiator bonusnya mbl............ :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by esh »

maksud om sjamsul adik angkat yang juragan onderdil dari Serang itu ya? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Risol1 »

sjamsul wrote:
Risol1 wrote: Wah gak keliatan nih post nya bro Sjam.....

Sorry nih bro mungkin ane kurang jelas ngejelasin pertanyaannya :mrgreen: :
Gini bro Sjam, kalo soal penggantian air radiator secara berkala, ane sangat setuju. Tapi yg mao ane tanyakan disini adalah kalo misalkan udah terlanjur 7 tahun air radiator kaga pernah diganti, nah pas sekarang lagi inget (atau diingetin), mending kita buru2 ganti atau malah mendingan didiemin aja bro?
Karena ada yg bilang kalo udah kelamaan gak diganti, mending gak usah dikuras sekalian karena malahan bikin radiator jadi jebol karena endapan2 kotoran/karat jadi kebuang yang mengakibatkan radiator jadi cepet bocor. Istilahnya sekarang udah terlanjur basah gitu bro.....hehehe....
ga napa2 bro........ :mrgreen:


hmmm.... klo menurut pemikiran ane bro, sebaiknya dikuras aja sekalian.......... jadi klo emang saat dikuras terjadi kebocoran......... bisa segera diperbaiki atau diganti baru trus sekalian diperiksa parts yg berhubungan ama radiator, klo keadaannya dah kurang baik, mendingan diganti juga .......... karena klo itu radiator dah mau bocor, kapanpun bisa terjadi.... so mendingan sekalian ajah dikuras ....

Pengalaman ane, beberapa minggu yg lalu.........
Saat ane mo ganti oli di bengkel teman............. secara ga sengaja dia melihat ada rembesan air di selang radiator............. selesai ganti oli air radiator ditambahkan..............lalu mbl dihidupkan............... nah, pada saat mbl dihidupkan ternyata ada kebocoran yg cukup besar di bagian sebelah dalam radiator (kisi2nya).... n karena ane pake coolant, terdeteksi klo itu adalah air radiator (warna cairannya ijo)....
di garasi ane, sebelumnya terdapat genangan air, tp ane ga nyangka klo itu adalah air radiator, ane kirain air pembuangan ac..............
(warna ijonya ga gitu diperhatikan, krn sdh menyerap di lantai)....

Langsung ane ganti radiatornya........... n alhamdulilah ampe hari ini ok2 ajah........

catatan:
klo radiator dah menunjukkan gejala rembes ato bocor, kalau memungkinkan........ sebaiknya diganti baru, krn dah pasti ok, drpd diperbaiki ato ditambal.......... karena belon tentu bisa balik normal lagi....... diperbaiki di sisi kanan, bulan depannya yg bocor di sisi kiri, dst......
Oh gitu ya bro......soalnya bbrp minggu yg lalu ane liat di kisi2 radiator ada kaya rembesan air radiator (warna ijo juga jadi terdeteksi). Maksud kisi2 tuh diantara las-las-an tabung radiator.....(di sudut2 lekukan radiator)

Mobilnya sekarang yg pake cew ane bro, takutnya kalo cew kan suka gak perhatiin.....taunya kalo mobil dah mogok :mrgreen:

Iya deh entar weekend ini ane coba ganti...Thanks!
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Risol1 »

esh wrote:IMO memang lebih baik segera diganti baru bila radiatornya bermasalah daripada ditunda efeknya bisa ke mana2. CMIIW

Paling sip lagi ya diganti sama mobilnya :mrgreen: ................................................................................. :ngacir:
Wah ane duitnya masih terbatas bro Esh, kalo ganti mobil melulu kapan nabung buat hari tua nih?..........ajarin dong gimana sih caranya nanem pohon duit??? hehehe...... :mrgreen:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by y_anjasrana »

jual mobil, trus ganti sama yg tua'an. selisihnya transfer ke gw. dijamin "aman"....

:big_peace: :big_peace: :big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by sjamsul »

Risol1 wrote: Oh gitu ya bro......soalnya bbrp minggu yg lalu ane liat di kisi2 radiator ada kaya rembesan air radiator (warna ijo juga jadi terdeteksi). Maksud kisi2 tuh diantara las-las-an tabung radiator.....(di sudut2 lekukan radiator)

Mobilnya sekarang yg pake cew ane bro, takutnya kalo cew kan suka gak perhatiin.....taunya kalo mobil dah mogok :mrgreen:

Iya deh entar weekend ini ane coba ganti...Thanks!
betul bro........
nah, klo dah ada air yg ampe rembes keluar dari radiator........ bearti di bagian dalamnya ada yg dah terkikis........ shg dinding radiator jadi tipis n air bisa rembes.............. jadi klo cuma bagian ini yg diperbaiki, takutnya ga lama kemudian akan terjadi kebocoran pula di tempat lainnya........ so ane sarankan sekalian diganti aja radiatornya........... secara harga emang lbh mahal drpd diperbaiki, tp klo ampe diperbaiki beberapa kali, biaya yg dikeluarkan bisa lbh mahal drpd harga radiator itu sendiri..... belon lagi ongkos buka pasangnya n waktu yg terbuang......... :frm_bang_head:


klo nt ada kesulitan.......... bawa aja ke tempat ane, nanti ane bantuin bro................ :upss:
(critanye bro risol tinggal di gang sebelah).....................
Eday
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Aug 01, 2010 15:16

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Eday »

Masters, sy punya masalah nih... sy blm lama beli xenia 2004.
Bulan lalu sy overheat sampai hampir redline karena radiator kering, karena waktu itu jauh dari mana2
akhirnya sy isi pakai air akua 1,5lt yg ada di mbl. Lalu dibawa ke bengkel radiator untuk dikuras, tnyata ketahuan kalo karatnya banyak bgt. Analisa bengkel adl pemilik lama sudah lama bgt tidak menservis radiator. Sy juga ganti selang2 radiator dan extrafan karena sudah lemah katanya.

Setelah diservis, tnyata mobil sy menunjukkan keanehan, yaitu mobil hanya panas jika menempuh jarak ditol yg cukup jauh dengan kecepatan di atas 80km. Cek waterpump dan thermostat di beRes katanya masih ok, termostat dibersihin sedikit karena ada kotoran dari radiator katanya. Akhirnya diganti tutup radiator saja. Tetapi di tol tetap panas dengan kondisi di atas.

Ada bengkel yang menyarankan untuk turun setengah mesin. Akhirnya sy coba untuk ganti paking dan silinderheadnya dibubut. tetapi kondisi di atas masih terjadi, dan air radiator hanya berkurang sekitar setengah botol akua.
Oiya, kalau macet malah tidak pernah overheating.
Mohon saran dari para masters, apakah mesin sy sudah bermasalah ataukah perlu mengganti radiatornya? dan kira2 berapa ya dana yg perlu disiapkan? trims
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

pak...di kec diatas 80 itu rpm berapa ??
afaik....problem overheat itu tidak melulu karena sistem pendinginan....sistem pelumasan mesin juga perlu diperiksa

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by poeticmind »

Eday wrote:Masters, sy punya masalah nih... sy blm lama beli xenia 2004.
Bulan lalu sy overheat sampai hampir redline karena radiator kering, karena waktu itu jauh dari mana2
akhirnya sy isi pakai air akua 1,5lt yg ada di mbl. Lalu dibawa ke bengkel radiator untuk dikuras, tnyata ketahuan kalo karatnya banyak bgt. Analisa bengkel adl pemilik lama sudah lama bgt tidak menservis radiator. Sy juga ganti selang2 radiator dan extrafan karena sudah lemah katanya.

Setelah diservis, tnyata mobil sy menunjukkan keanehan, yaitu mobil hanya panas jika menempuh jarak ditol yg cukup jauh dengan kecepatan di atas 80km. Cek waterpump dan thermostat di beRes katanya masih ok, termostat dibersihin sedikit karena ada kotoran dari radiator katanya. Akhirnya diganti tutup radiator saja. Tetapi di tol tetap panas dengan kondisi di atas.

Ada bengkel yang menyarankan untuk turun setengah mesin. Akhirnya sy coba untuk ganti paking dan silinderheadnya dibubut. tetapi kondisi di atas masih terjadi, dan air radiator hanya berkurang sekitar setengah botol akua.
Oiya, kalau macet malah tidak pernah overheating.
Mohon saran dari para masters, apakah mesin sy sudah bermasalah ataukah perlu mengganti radiatornya? dan kira2 berapa ya dana yg perlu disiapkan? trims
radiator sudah digorok belum? maksudnya dibuka diluar dan dibersihkan... coba lakukan saja. hati2 jika sering overheat, ditakutkan malah nanti water hammer.. ini lebih parah lagi.
radiator diservis saja dahulu, kalo memang ternyata di cek sudah parah baru diganti.

wah turun 1/2 mesin? tanpa ada saran utk servis radiator sebelum nya? waduh...
Image
Eday
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Aug 01, 2010 15:16

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Eday »

hmm.. waktu kuras radiator sih sampai dilepas dan dicolok2...
cuma krn radiatornya sdh diservis dan masih tetap spt itu makanya disarankan ganti paking.

mungkin ga ya karena radiatornya dulu pernah berkarat berat, maka waterjaketnya jadi kotor dan radiator perlu diganti?
bgmn cara bersihin waterjaket ya? pakai radiator flush pa bukan pak?

mr.Jalu :
ga tahu pak soalnya ga ada tachometernya...
kata bengkelnya sih oli mesinnya masih bagus, ga tercampur air... maksudnya ga waterhammer kan ya?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

Eday wrote:hmm.. waktu kuras radiator sih sampai dilepas dan dicolok2...
cuma krn radiatornya sdh diservis dan masih tetap spt itu makanya disarankan ganti paking.

mungkin ga ya karena radiatornya dulu pernah berkarat berat, maka waterjaketnya jadi kotor dan radiator perlu diganti?
bgmn cara bersihin waterjaket ya? pakai radiator flush pa bukan pak?

mr.Jalu :
ga tahu pak soalnya ga ada tachometernya...
kata bengkelnya sih oli mesinnya masih bagus, ga tercampur air... maksudnya ga waterhammer kan ya?
saya pernah mengalami kejadian serupa, yaitu mesin panas kalo lg kec tinggi, tapi disaat jalan santai atau macet tidak pernah overheat....cek2 sistem pendinginan semua oke, problemnya ternyata sepele yaitu karena filter oli abal2 (barang tiruan)....jadinya pelumasan kurang lancar di rpm tinggi.

setelah ganti filter oli ya sembuh penyakitnya
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by buatandi »

merk ny apa om :upss:
aspal atau merk yang lain :D
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by jalu »

merek dikemasannya toyota...tapi kayaknya barang aspal......sebab setelah diganti ya sembuh......

saya jg udah curiga.....sebab setelah ganti filter aspal itu....sesaat setiap kali setelah mesin di start, lampu indikator oli yg di speedo tidak langsung mati.....ada jeda hampir 2 detik baru mati......aneh....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by m4rio »

buatandi wrote:kalo mobil xenia lubang pembuangan air radiator ny sebelah mana yah...ada yang tau tidak... :ungg: :ungg: kalo mobil visto radiator ny tidak ada lubang pembuangan ny ap jangan" sama yah......om meong tau tidak??
xenia ada kok baut pembuangannya. di bawah kalo gk si kiri to kanan, yakin bgt dah ada...
trus kalo xenia yang 1,3 ( lupa nih yang udah VVT-i atau yang belom ) itu ada baut buat buang anginnya loh, harus dibuang tuh angin tiap kali kuras radiator.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by m4rio »

sjamsul wrote:
Risol1 wrote: Wah gak keliatan nih post nya bro Sjam.....

Sorry nih bro mungkin ane kurang jelas ngejelasin pertanyaannya :mrgreen: :
Gini bro Sjam, kalo soal penggantian air radiator secara berkala, ane sangat setuju. Tapi yg mao ane tanyakan disini adalah kalo misalkan udah terlanjur 7 tahun air radiator kaga pernah diganti, nah pas sekarang lagi inget (atau diingetin), mending kita buru2 ganti atau malah mendingan didiemin aja bro?
Karena ada yg bilang kalo udah kelamaan gak diganti, mending gak usah dikuras sekalian karena malahan bikin radiator jadi jebol karena endapan2 kotoran/karat jadi kebuang yang mengakibatkan radiator jadi cepet bocor. Istilahnya sekarang udah terlanjur basah gitu bro.....hehehe....
ga napa2 bro........ :mrgreen:


hmmm.... klo menurut pemikiran ane bro, sebaiknya dikuras aja sekalian.......... jadi klo emang saat dikuras terjadi kebocoran......... bisa segera diperbaiki atau diganti baru trus sekalian diperiksa parts yg berhubungan ama radiator, klo keadaannya dah kurang baik, mendingan diganti juga .......... karena klo itu radiator dah mau bocor, kapanpun bisa terjadi.... so mendingan sekalian ajah dikuras ....

Pengalaman ane, beberapa minggu yg lalu.........
Saat ane mo ganti oli di bengkel teman............. secara ga sengaja dia melihat ada rembesan air di selang radiator............. selesai ganti oli air radiator ditambahkan..............lalu mbl dihidupkan............... nah, pada saat mbl dihidupkan ternyata ada kebocoran yg cukup besar di bagian sebelah dalam radiator (kisi2nya).... n karena ane pake coolant, terdeteksi klo itu adalah air radiator (warna cairannya ijo)....
di garasi ane, sebelumnya terdapat genangan air, tp ane ga nyangka klo itu adalah air radiator, ane kirain air pembuangan ac..............
(warna ijonya ga gitu diperhatikan, krn sdh menyerap di lantai)....

Langsung ane ganti radiatornya........... n alhamdulilah ampe hari ini ok2 ajah........

catatan:
klo radiator dah menunjukkan gejala rembes ato bocor, kalau memungkinkan........ sebaiknya diganti baru, krn dah pasti ok, drpd diperbaiki ato ditambal.......... karena belon tentu bisa balik normal lagi....... diperbaiki di sisi kanan, bulan depannya yg bocor di sisi kiri, dst......

menurut om kalo udah 7 tahun gk pake coolant trus tau skrg mau pake coolant kalo menurut ane mah mending di bersihin dulu ja radiatornya di bongkar total.kan takutnya ada karat, nah karena pake coolant karatnya itu jadi keangkat atau lepas, malah takutnya tar bikin mampet saluran tuh..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Hansen »

Berhubung master2 udah pada turun gunung semua... ane mo numpang tanya nih..

Bagaimana cara kuras & ganti air radiator yg bener untuk mobil2 jepang keluaran terbaru? :ungg:


Maap kalo sebelumnya udah pernah nanya...:upss: :ngacir:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by m4rio »

Hansen wrote:Berhubung master2 udah pada turun gunung semua... ane mo numpang tanya nih..

Bagaimana cara kuras & ganti air radiator yg bener untuk mobil2 jepang keluaran terbaru? :ungg:


Maap kalo sebelumnya udah pernah nanya...:upss: :ngacir:
kalo menurut versi ane :
1. buang air radiator yang lama semua.
2. isi lgi ampe penuh, nyalakan mesin ampe suhu kerja normal. ( jangan di tutup radiatornya )
3. kalo airnya udah muter alias udah terjadi pertukaran antara radiator dengan water jacket. keliatan kok perubahan warnanya di mulut pengisian radiator.
4. matikan mesin, buang lgi air yang di dalam radiator.
lakukan beberapa kali deh.
trus selanjutnya tinggal penuhin aja radiatornya dengan coolant dan air biasa.

cuman kalo ada baut pembuangan udara jangan lupa dikuras dulu ya udaranya, bisa overheat nanti kalo masih ada udara kejebak.

ini sih versi ane nih..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by Hansen »

Siiip...noted..:off_good: thanks atas pencerahannya mar...:thanks:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by m4rio »

sama - sama broo...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

kalo versi ane sehh... biasanya siapin radiator coolant dgn merek yg sama ama sblom nya... lalu aquades atau air aki btol biru dgn jumlah sama dgn kapasitas radiator mobil kita... lalu kalo mobil uda agak berumur yah beliin tutup radiator baru...

- pertama, nyalain mesin 5 menit, buka tutup radiator pelan2, lalu matiin mesin...
- buka baut drain radiator... atau kalo mo lebi lanjut, buka selang radiator atas dan bawah, tapi kalo yg ane tanya ke montir sehh cara ini kaga perlu sebenernya...
- stelah kluar smua, tutup tuh baut drain lalu tuang aquades ampe penuh
- nyalain mesin 5 menit lagi sambil sesekali di tahan gas nya... apabila warna air aquades berubah jadi warna coolant sblom nya yahh matiin mesin
- buka baut drain nya lagi... stelah uda kluar smua air nya, tutup lalu tuang coolant baru sampe penuh...
- nyalain mesin ampe suhu ideal sambil tutup atas radiator tetep dibuka...
- stelah kaga ada buih, baru deh ditutup...

ritual buang angin sebenrnya kaga perlu slama tutup radiator masi bagus karena tuh buih2 angin akan terbuang sendiri nya oleh katup di tutup radiator tsb... makanya biasanya skrg ane tiap 3 kali kuras radiator/ 3 taon , tuh tutup ane ganti...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by m4rio »

masa bisa kebuang broo anginnya??
kan berarti terjadi kekosongan donk di dalam salurannya, jadi tar ada urutannya yang sebagian kyk gini ( air-kosong karena angin-air )
nah takutnya kekosongan ini yang bisa bikin overheat kalo pas di dalam water jacket broo karena jumlah airnya lebih sedikit karena ada udara yang masuk.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berbagi pengalaman dung seputar radiator

Post by DOHC »

lah kan angin tsb berupa buih mar... dan buih tsb kan biasanya ada di permukaan cairan, jadi yah di sistem pendingin tsb kaga ada kosong cairan nya... dan lagi air radiator itu kan jalan nya memutar/ sirkulasi, jadi yah buih2 tsb otomatis bakal kedorong donk ke bagian atas radiator... nahh satu lagi, sistem radiator itu kan bertekanan.. jadi apabila terjadi peningkatan tekanan, otomatis katup di tutup radiator bakal kbuka, dan coolant yg kelebihan bakal kluar, termasuk buih2 tsb, scara dia kan jg ikut bergerak atau bersirkulasi...

btw, sistem bertekanan itu kan berarti "memampatkan" suatu zat, lebi susah memampatkan udara daripada memampatkan zat yg lebi "padat" atau cairan dalam case ini... makanya udara (buih dalam case ini) jauh lebi gampang utk dikluarkan daripada cairan itu sendiri... cmiiw...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: