xtr40rd1n4rym4n wrote:SMers, mau tanya nih, dari 3 pilihan diatas, mana yg menurut SMers plg worth to buy?
... sama2 diesel n 7 seater.
yg matic cuman everest and Captiva (tiptronic menurut websitenya - CMIIW). Fortuner cuman manual doank kan?
ada yg bisa kasih masukan, apa yg patut di perhatikan?
1. konsumsi bbm diantara ketiga itu gimana?
2. handling n comfort?
3. kebandelan mesin?
4. luas kabin (terutama baris ketiga)?
5. bonus dealer (jok kulit, dsb..)
nimbrung share...
1. fc ctv diesel dalkot 1:9, lukot 1:12, gaya nyetir normal-agresif. Tp mr. jumaila bs dpt 1:16!!! Gw ga ngerti caranya gimana.
2. yg ini relatif. klo dibandingkan dgn all new cr-v / xtrail lama -/+ hampir sama handlingnya (ctv lebih keras dikit shocknya). Lincah di on road.
Di jln rusak, di foto ini jln nya bukan rusak, tp memang blm jadi, masih unpaved, gravel, lubang sana sini. Ternyata shock yg keras itu lumayan pas di jln ini. Jln blm jadi ini gw lalui dalam wkt lebih dari 40 menit, terasa jauh, mungkin krn hrs pelan. Sepulang dari situ, ketemu aspal rusak sejauh lebih dari kira2 15km, lobang sana sini, dan dilalui truk. Justru masih lebih enak di yg tanah ketimbang aspal rusak.

sy sempet test di tanjakkan curam (mungkin ga terlihat curam di foto ini), ban kiri belakang terangkat, shock full turun, hingga ban kanan belakang mblesek shocknya. sy goyang2in mobil nya hingga ban kanan dpn terangkat. Utk nanjaknya lumayan mudah, namun berhubung hanya 2 wd, yg belakang ga bs ikut dorong, ban depan jd lose traction apalagi dirumput. Dari semua ini, sasis nya masih baik, ga bengkok atau patah.
3. Sejauh ini hampir 10rb km mesin masih baik. Di forum2 lain jg blm ketemu info rusak parah.
Betul, GM saranin pertadex, namun telah diadaptasikan bs bio/solar biasa. Yg penting dirawat, dlm arti service berkala & kuras tanki tiap 15rb km, dibantu pemakaian additive & purging. Berhubung sy blm dpt turbo timer yg pas utk ctv, jd cara manual aja biar awet, krn klo rusak turbo nya sehrg 19jt *cmiiw*. sekedar perbandingan, pengalaman pk bio solar di diesel lain smp saat ini masih baik.

Performa mesin, cukup memuaskan. Brosur bs aja bilang ini & itu. Pas keluar kota, mungkin disini ada yg tau setelah bkheni byk tanjakkan yg panjang. Utk gbran aja, sy overtake 42ner bensin yg sedang overtake truk. Jd sy overtake mobil yg sedang overtake jg. Berat hampir sama kurang lebih 1.8ton.
Terus terang di tanjakkan ctv terasa agak ringan dibanding lc sahara walaupun lc besar torque. mungkin krn pedal gas nya atau apalah..tp beda aja.
ini sy dpt segini (di dpn keburu ada mobil), fotonya agak kabur sambil rekam. Di sini pas pk tiptronic, mungkin bs diliat ada angka 5 di odo nya. kt pabrik & org2 lain pernah top nya 180kmh. *imo* Utk diesel 2.0ltr lumayan kenceng.
4. Luas kabin row 3 utk 2 org dewasa memang agak pas2an. Sy pernah bawa 6dewasa & bebrp anak2, bantingan ctv nya jd empuk, ga sekeras isi 2 atau 4 org. Krn ada rear levelizer, sewkt full load, buritan ga turun. Row ke 3 ini utk sy jika perlu saja.
5. bonus dealer beda2 nih, banyakkan kf.
btw, hrg ctv diesel basic pas gw beli 291.5jt, seminggu sblmnya 286.5jt kira2 bulan july th lalu. Ga tau klo skrg, denger2 yg full option sekitar 330jt.
ini foto 5sp tiptronic ctv, biar ga bingung. ada tombol winter di sebelah kiri grknob.
audio std nya utk gw cukup puas, ada colokkan utk ipod. Basic ctv ga ada dvd/tv. itu hrs pasang sendiri aftermarket. Sedangkan utk mid, sudah bs dipasang jika butuh. Temen2 dari thread 'share captiva' udah byk yg custom bagian ini.
kekurangan ctv, bagi gw, material interior terkesan murah & pengerjaan nya blm sehalus crv/xtrail. design tacho/speedo kurang pas lah utk jaman ini, tp bro penyubali sudah atasin ini.
Sementara kalo jok basic dari fabrique. utk ini tinggal selera masing2, bs diganti leather.
untungnya, semua kekurangan itu bs dikompensasi oleh 4channel abs, ebd, dual airbags, power/torque, tiptronic.
tentang asap. Ga mungkinlah diesel bs sebening bensin. Diesel ctv ini hny keluar asap abu2 (bukan item) pas pertama kali idup spt pagi2 atau setelah jarang diidupin, itu pun tidak selalu. Sewaktu konstan/idle nyetir normal santai asapnya nyaris ga ada, seperti crdi lain navara, lc, triton, everest. Jika ditarik abis, ctv vcdi berasep abu2 tipis spt crdi lain, kecuali d4d spt bukan crdi. Mungkin yg ctv berasap item itu sedang rusak atau ga taulah knp.
soal worth it atau ga nya ctv, buat sy cukup worth my money.
dr ketiga mobil, utk besarnya mungkin sy pilih ford everest yg udah facelift.
sorry kalo kepanjangan.