[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

Captivated wrote:nah ini yg refot, klo gengsi udh ngalahin akal sehat
mau mahal jg gpp yg pntg gengsi
pdhl msh byk opsi laen yg lbh bagus/worthed

tp... duit2 dia, ya terserah dia mau diapain :mrgreen:
yah wajar2 aja sih bro... sama seperti yg naik SUV tinggi gede lainnya sampe kelas pajero rangie LC200 dst; biasanya karena mereka ga mau penampilannya cuma sedan aja.
makanya nanti model tampilan jadi peran penting di kelas ini.
kebetulan yg rintis kelas SUV segede & tinggi gini di indo = fortuner, lalu skrg ada Everest, PS.

yg udah2 lainnya kan compact C-SUV, misal GV CRV Xtrail captiva; diatasnya diisi harrier yg tetep untuk memenuhi hasrat peminat C-SUV.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:nah ini yg refot, klo gengsi udh ngalahin akal sehat
mau mahal jg gpp yg pntg gengsi
pdhl msh byk opsi laen yg lbh bagus/worthed

tp... duit2 dia, ya terserah dia mau diapain :mrgreen:
Betul...ngapain repot, duit masing2. "Lebih bagus" atau "worth it" adalah hal2 yg subjektif untuk masing2 individu. Apa yang menurut anda wah bagus bener...buat yg lain biasa aja atau bahkan buruk. Bukan berarti akal sehat orang lain tidak benar...tapi pertimbangan org berbeda beda.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

xtr40rd1n4rym4n wrote:SMers, mau tanya nih, dari 3 pilihan diatas, mana yg menurut SMers plg worth to buy?

... sama2 diesel n 7 seater.

yg matic cuman everest and Captiva (tiptronic menurut websitenya - CMIIW). Fortuner cuman manual doank kan?

ada yg bisa kasih masukan, apa yg patut di perhatikan?

1. konsumsi bbm diantara ketiga itu gimana?
2. handling n comfort?
3. kebandelan mesin?
4. luas kabin (terutama baris ketiga)?
5. bonus dealer (jok kulit, dsb..)



nimbrung share...
1. fc ctv diesel dalkot 1:9, lukot 1:12, gaya nyetir normal-agresif. Tp mr. jumaila bs dpt 1:16!!! Gw ga ngerti caranya gimana.
2. yg ini relatif. klo dibandingkan dgn all new cr-v / xtrail lama -/+ hampir sama handlingnya (ctv lebih keras dikit shocknya). Lincah di on road.
Di jln rusak, di foto ini jln nya bukan rusak, tp memang blm jadi, masih unpaved, gravel, lubang sana sini. Ternyata shock yg keras itu lumayan pas di jln ini. Jln blm jadi ini gw lalui dalam wkt lebih dari 40 menit, terasa jauh, mungkin krn hrs pelan. Sepulang dari situ, ketemu aspal rusak sejauh lebih dari kira2 15km, lobang sana sini, dan dilalui truk. Justru masih lebih enak di yg tanah ketimbang aspal rusak.

ImageImage

sy sempet test di tanjakkan curam (mungkin ga terlihat curam di foto ini), ban kiri belakang terangkat, shock full turun, hingga ban kanan belakang mblesek shocknya. sy goyang2in mobil nya hingga ban kanan dpn terangkat. Utk nanjaknya lumayan mudah, namun berhubung hanya 2 wd, yg belakang ga bs ikut dorong, ban depan jd lose traction apalagi dirumput. Dari semua ini, sasis nya masih baik, ga bengkok atau patah.

Image Image

3. Sejauh ini hampir 10rb km mesin masih baik. Di forum2 lain jg blm ketemu info rusak parah.
Betul, GM saranin pertadex, namun telah diadaptasikan bs bio/solar biasa. Yg penting dirawat, dlm arti service berkala & kuras tanki tiap 15rb km, dibantu pemakaian additive & purging. Berhubung sy blm dpt turbo timer yg pas utk ctv, jd cara manual aja biar awet, krn klo rusak turbo nya sehrg 19jt *cmiiw*. sekedar perbandingan, pengalaman pk bio solar di diesel lain smp saat ini masih baik.
Image
Performa mesin, cukup memuaskan. Brosur bs aja bilang ini & itu. Pas keluar kota, mungkin disini ada yg tau setelah bkheni byk tanjakkan yg panjang. Utk gbran aja, sy overtake 42ner bensin yg sedang overtake truk. Jd sy overtake mobil yg sedang overtake jg. Berat hampir sama kurang lebih 1.8ton.
Terus terang di tanjakkan ctv terasa agak ringan dibanding lc sahara walaupun lc besar torque. mungkin krn pedal gas nya atau apalah..tp beda aja.

ini sy dpt segini (di dpn keburu ada mobil), fotonya agak kabur sambil rekam. Di sini pas pk tiptronic, mungkin bs diliat ada angka 5 di odo nya. kt pabrik & org2 lain pernah top nya 180kmh. *imo* Utk diesel 2.0ltr lumayan kenceng.
Image

4. Luas kabin row 3 utk 2 org dewasa memang agak pas2an. Sy pernah bawa 6dewasa & bebrp anak2, bantingan ctv nya jd empuk, ga sekeras isi 2 atau 4 org. Krn ada rear levelizer, sewkt full load, buritan ga turun. Row ke 3 ini utk sy jika perlu saja.

5. bonus dealer beda2 nih, banyakkan kf.

btw, hrg ctv diesel basic pas gw beli 291.5jt, seminggu sblmnya 286.5jt kira2 bulan july th lalu. Ga tau klo skrg, denger2 yg full option sekitar 330jt.

ini foto 5sp tiptronic ctv, biar ga bingung. ada tombol winter di sebelah kiri grknob.
Image

audio std nya utk gw cukup puas, ada colokkan utk ipod. Basic ctv ga ada dvd/tv. itu hrs pasang sendiri aftermarket. Sedangkan utk mid, sudah bs dipasang jika butuh. Temen2 dari thread 'share captiva' udah byk yg custom bagian ini.

kekurangan ctv, bagi gw, material interior terkesan murah & pengerjaan nya blm sehalus crv/xtrail. design tacho/speedo kurang pas lah utk jaman ini, tp bro penyubali sudah atasin ini.
Sementara kalo jok basic dari fabrique. utk ini tinggal selera masing2, bs diganti leather.

untungnya, semua kekurangan itu bs dikompensasi oleh 4channel abs, ebd, dual airbags, power/torque, tiptronic.

tentang asap. Ga mungkinlah diesel bs sebening bensin. Diesel ctv ini hny keluar asap abu2 (bukan item) pas pertama kali idup spt pagi2 atau setelah jarang diidupin, itu pun tidak selalu. Sewaktu konstan/idle nyetir normal santai asapnya nyaris ga ada, seperti crdi lain navara, lc, triton, everest. Jika ditarik abis, ctv vcdi berasep abu2 tipis spt crdi lain, kecuali d4d spt bukan crdi. Mungkin yg ctv berasap item itu sedang rusak atau ga taulah knp.

soal worth it atau ga nya ctv, buat sy cukup worth my money.
dr ketiga mobil, utk besarnya mungkin sy pilih ford everest yg udah facelift.

sorry kalo kepanjangan.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by cruizer »

FortunerMan wrote: Resale value Fortuner sangat kuat di pasaran, baik yg diesel maupun bensin.
Wak kudu ati ati ngomong ama bos pcuner.
Maksud gout sama kayak jumela.
Kalow at nye dikeluarin, bisa bisa harge mt nye kagak sebagus sekarang sekennye. Getooo...
Org skrg mah mendingan nambah dpet metik. Cuman, klow tenaganye segitu, keteteran ga ye pake metik..

Tret wishmaster aje ngeluh kurang tenage yg mt nye.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

Dari awal, TAM agak kepentok soal ini di model diesel nya, or mereka juga udah keluarin versi matic seperti innova; kemarin bisa jalan mulus, untungnya karena belum ada penantang berat, baru merk non jepang, everest.

Kalo pake 3.0, kena beda tarif pajak. or paling2 mereka akan turun dengan 2.5 versi intercooler 120ps seperti bro fortuner bilang. cuma aja ga seperti biasanya, beda harga dgn yg manual akan makin beda jauh bisa jadi sekitar 20jt.

yg jelas saat itu sebagian pemakai diesel sebelumnya yg pecinta matic akan tukar tambah.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

@roadtrain.... great review :off_good_job:

itu lg jalan2 kmana bro?
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

GTR wrote:Dari awal, TAM agak kepentok soal ini di model diesel nya, or mereka juga udah keluarin versi matic seperti innova; kemarin bisa jalan mulus, untungnya karena belum ada penantang berat, baru merk non jepang, everest.

Kalo pake 3.0, kena beda tarif pajak. or paling2 mereka akan turun dengan 2.5 versi intercooler 120ps seperti bro fortuner bilang. cuma aja ga seperti biasanya, beda harga dgn yg manual akan makin beda jauh bisa jadi sekitar 20jt.

yg jelas saat itu sebagian pemakai diesel sebelumnya yg pecinta matic akan tukar tambah.
Padahal gak ada reason gak ngeluarin mesin diesel tanpa sunat intercoolernya, ntah apa reasoning TAM...mungkin bener karena gak ada saingan yg memadai sebelum datangnya PS haha. Buktinya Prado 3.0 D4D banyak berkeliaran di Jakarta...bahkan udah resmi di Hilux 3.0...so mestinya gak masalah dgn solar tanah air.

Makanya penasaran nunggu reaksi TAM di IIMS. Bulan lalu penjualan Fortie hampir nyusul CR-V. Kalo ada diesel matic + intercoolernya, saya rasa CR-V akan jadi no.2 :P
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: Padahal gak ada reason gak ngeluarin mesin diesel tanpa sunat intercoolernya, ntah apa reasoning TAM...mungkin bener karena gak ada saingan yg memadai sebelum datangnya PS haha. Buktinya Prado 3.0 D4D banyak berkeliaran di Jakarta...bahkan udah resmi di Hilux 3.0...so mestinya gak masalah dgn solar tanah air.
emang Prado dimasukin oleh TAM? bukannya dari IU yah?
FortunerMan wrote: Makanya penasaran nunggu reaksi TAM di IIMS. Bulan lalu penjualan Fortie hampir nyusul CR-V. Kalo ada diesel matic + intercoolernya, saya rasa CR-V akan jadi no.2 :P
iya nih, fortie 3.0 D4D masih diumpetin aja di belakang showroom...
hm... tapi koq dugaan ane, fortie 3.0 D4D gak dikeluarin. karena PS dan Evie gak ngeluarin yang DID 3.2 dan Duratorque 3.0..

di DCab, cuman Triton yang gak ada kepala 3 nya.. hilux dan rangie ada yang kepala 3...

yuk kita lihat sampe IIMS besok....

misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

@maskopat....
Iya Prado 3.0 D4D lewat IU...maksud saya untuk menunjukkan kalo gak ada masalah D4D lengkap dgn intercooler di solar Indonesia. Kenapa intercooler di 2.5 D4D dipangkas?

Maksud saya di IIMS juga 2.5 D4D + intercooler matic, bukan 3.0 D4D matic. Berat masuk yg 3.0...pajaknya jek.

Namanya juga mobil...akan terus berkembang. Kenapa mesti kecewa kalo keluar model baru...masa mesti sama terus hehe. Ini normal2 aja kok...di Amerika Camry facelift nya udah pake mesin terbaru (2.5 AR), apa pembeli yg dulunya mesti kecewa? Biarin aja :P namanya juga org dagang, mau cari duit terus lah hehe
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
Kenapa mesti kecewa yah om? Bukannya harusnya malah senang? :)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

IMO, selain ekspektasi pemakainya, kelas/ukuran C-SUV CRV di kelas kompak dan SUV 'lebih gede' kaya model fortuner PS beda bro..
kecuali kalo dia jadi nomor 2 atau volumenya kerebut atas Xtrail / GV / Escape gitu2, nah ini yg dia perhitungkan, daripada fortuner..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
tergantung,
kalo misalkan konsumen dihadapkan pada pilihan keduanya dgn harga berbeda, intercooler dan non-intercooler yg di-discount;
dan ternyata sebagian besar pilihan orang itu sebenernya tetep jatuh ke yang intercooler, bisa jadi konsumen yg non-intercooler terdahulu kecewa, walaupun bukan mutlak; misalnya kecuali dibikin sesuatu lagi yg berbeda ditawarkan dari versi intercooler yg ga cuma harga, jadi seolah ada objective/keunggulan khas masing2.


nah bro maskopat sendiri pilih yg mana misalkan pilihannya kaya gitu?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

GTR wrote:
maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
tergantung,
kalo misalkan konsumen dihadapkan pada pilihan keduanya dgn harga berbeda, intercooler dan non-intercooler yg di-discount;
dan ternyata sebagian besar pilihan orang itu sebenernya tetep jatuh ke yang intercooler, bisa jadi konsumen yg non-intercooler terdahulu kecewa, walaupun bukan mutlak; misalnya kecuali dibikin sesuatu lagi yg berbeda ditawarkan dari versi intercooler yg ga cuma harga, jadi seolah ada objective/keunggulan khas masing2.


nah bro maskopat sendiri pilih yg mana misalkan pilihannya kaya gitu?
kalo ane pilih PS... :mrgreen: :mrgreen:

maklum, mitsu lover... :e-naughty: :e-naughty:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
Kenapa mesti kecewa yah om? Bukannya harusnya malah senang? :)
sekalian menjawab pertanyaan om FM...

kalo ane akan kecewa, karena udah pusing2 mau beli SUV.. eh, karena fortie lebih keren daripada yang lain, ane pilih fortie.. karena gak mampu ngasih minum bensin, ane pilih yang nenggak solar.
eh pas liburan ke bandung, ternyata di cipularang disalip oleh daihatsu trungtung... bete dong..
ya udah, ane upgrade ntuh fortie seperti yang di bahas di tret sebelah..
eh, belon 1 tahun, keluar deh yang intercooler yang tenaganya anggap aja sesuai dengan kebutuhan..

soalnya, ada temen ane yang kecewa beli avanza seri 1, karena cuman 1-2 bln, keluar yang baru.. :big_slap: :big_slap:

gitu pertimbangan ane..

*catatan:
cerita forti disalip trungtung cuman sebagai ilustrasi saja... karena trungtungnya udah pake mesin V8 twin turbo + supercharger :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:@maskopat....
Iya Prado 3.0 D4D lewat IU...maksud saya untuk menunjukkan kalo gak ada masalah D4D lengkap dgn intercooler di solar Indonesia. Kenapa intercooler di 2.5 D4D dipangkas?

Maksud saya di IIMS juga 2.5 D4D + intercooler matic, bukan 3.0 D4D matic. Berat masuk yg 3.0...pajaknya jek.
om, yang prado itu apakah aman minum bio solar yang disubsidi?
sebenernya kan bukan jaminan kalo prado 3.0 D4D itu aman dengan bio solar subsidi. kecuali nenggak solar merk lain...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Prado 3.0...tuh mesin yg sama di Hilux 3.0...masuk resmi lewat ATPM...kayanya aman2 aja, masa iya mobil pekerja (Hilux) disuruh nyari2 solar bagus dulu...kapan kerjanya :P

Soal kecewa gak kecewa...sama kasus waktu Fortie mau facelift...salesnya pada bilang masih lama. Pada ngamuk2 deh tuh yg beli sesaat sebelum facelift, kata sales nya begini begitu he he...tapi ya gimana, salah sendiri gak baca2 dulu. Fort udah dr 2005 begitu2 aja...masa mesti begitu melulu di thn 2008? Kedua...taulah org jualan. Jangan terlalu percaya dengan org jualan...jelas2 dia mau jualan biar dapet komisi cepet, ya jelas dia ngomong apa aja to score the sale. Kalo gak jualan dia di pecat...jadi ya pinter2 lah cari info.
rio_labs
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Jul 11, 2007 11:10

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by rio_labs »

Sepertinya dengan diluncurkannya PAJERO SPORT terbaru, TOYOTA Astra Motor sepertinya tidak mau tinggal diam.

ada 2 isu neh yang mungkin muncul, Fortuner 3000cc or Fortuner TRD

Image

Image

Image

Image

kok ga ada airscoop-nya yak..??
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Ceileh si TAM...pake di bungkus2 segala logonya...kaya pada kaga tau aja itu mobil apa hahaha...sok misterius bgt...

Kalo gak ada air scoop berarti bukan 3.0....kalo TRD cuman nambah body kit doang, response terhadap Pajero Sportnya nya lemah syahwat bgt :P Kalo TRD beneran dgn performance parts...grenggg juga...
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by toyiblm »

kalo ngeluarin jor-jor an dengan cc yang lebih besar mah gampang.
yang sulit adalah bisa nggak dikecilin tapi punya kemampuan sama yang besar ?? atau paling tidak
yang ada sekarang punya kemampuan setara dengan cc yg besar...
jaman sekarang yang dibutuhkan yang kecil tapi muantabbb...bukannya yang semakin gede...
nggak jaman ah.........the same old song.....it's not a technology
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Prado 3.0...tuh mesin yg sama di Hilux 3.0...masuk resmi lewat ATPM...kayanya aman2 aja, masa iya mobil pekerja (Hilux) disuruh nyari2 solar bagus dulu...kapan kerjanya :P

Soal kecewa gak kecewa...sama kasus waktu Fortie mau facelift...salesnya pada bilang masih lama. Pada ngamuk2 deh tuh yg beli sesaat sebelum facelift, kata sales nya begini begitu he he...tapi ya gimana, salah sendiri gak baca2 dulu. Fort udah dr 2005 begitu2 aja...masa mesti begitu melulu di thn 2008? Kedua...taulah org jualan. Jangan terlalu percaya dengan org jualan...jelas2 dia mau jualan biar dapet komisi cepet, ya jelas dia ngomong apa aja to score the sale. Kalo gak jualan dia di pecat...jadi ya pinter2 lah cari info.
hm.. apakah ada yang diubah di settingan mesin atau ECU? soalnya kalo 4D56 DID di indo dan di thailand beda tenaga dan torsi. karena kabarnya yang di indo untuk nenggak bio solar.. cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

toyiblm wrote:kalo ngeluarin jor-jor an dengan cc yang lebih besar mah gampang.
yang sulit adalah bisa nggak dikecilin tapi punya kemampuan sama yang besar ?? atau paling tidak
yang ada sekarang punya kemampuan setara dengan cc yg besar...
jaman sekarang yang dibutuhkan yang kecil tapi muantabbb...bukannya yang semakin gede...
nggak jaman ah.........the same old song.....it's not a technology
harusnya sih sekarang sudah makin kecil dengan tenaga yang lebih besar. seperti diesel di captiva, ford focus.. common rail high, pressure injection plus VGT..
kalo di mitsu pake mesin 4N.. di nissan yang dipake navara sekarang.
kurang tahu di toyota. tapi harusnya sudah ada teknologi diesel yang seperti ini.
malah isuzu si raja diesel ane belum tahu apakah ada mesin yang sekelas captiva.

tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?

simple thing, kenapa isuzu elf gak pake mesin seperti spek captiva? dengan tenaga dan torsi yang dihasilkan 1.5x dari mesin elf sekarang tapi cc yang jauh lebih kecil?

atau mitsu untuk truk kepala kuning, pake mesin 4D56 atau mungkin 4N? yang secara spek juga lebih powerful daripada mesin kepala kuning sekarang..

secara alamiah, cc besar akan menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dengan tingkat durability yang tinggi. sedangkan cc kecil dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang besar tapi dengan konsekuensi di durability.

itulah salah satu alasan kenapa bentley, RR, maybach gak pake mesin cc kecil..
imho.. :frm_salut: :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

rio_labs wrote:Sepertinya dengan diluncurkannya PAJERO SPORT terbaru, TOYOTA Astra Motor sepertinya tidak mau tinggal diam.

ada 2 isu neh yang mungkin muncul, Fortuner 3000cc or Fortuner TRD

kok ga ada airscoop-nya yak..??
wah, putihnya keren yak...
airscoop untuk intercooler? mungkin ditaruh di bawah..
fortie yang ini rasanya namanya sportivo deh. kalo gak salah inget ya..

sekali lagi, putihnya kereeenn :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

maskopat wrote:
toyiblm wrote:kalo ngeluarin jor-jor an dengan cc yang lebih besar mah gampang.
yang sulit adalah bisa nggak dikecilin tapi punya kemampuan sama yang besar ?? atau paling tidak
yang ada sekarang punya kemampuan setara dengan cc yg besar...
jaman sekarang yang dibutuhkan yang kecil tapi muantabbb...bukannya yang semakin gede...
nggak jaman ah.........the same old song.....it's not a technology
harusnya sih sekarang sudah makin kecil dengan tenaga yang lebih besar. seperti diesel di captiva, ford focus.. common rail high, pressure injection plus VGT..
kalo di mitsu pake mesin 4N.. di nissan yang dipake navara sekarang.
kurang tahu di toyota. tapi harusnya sudah ada teknologi diesel yang seperti ini.
Di toyota udah ada sejak 2005 kalo ga salah... DCAT D4D 2.2L 400NM 180ps & 2.0L 140ps.. dipake di RAV4 eropa dan Lexus nya. ini yg low emission...maybe minimal euro4.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

GTR wrote:
maskopat wrote:
toyiblm wrote:kalo ngeluarin jor-jor an dengan cc yang lebih besar mah gampang.
yang sulit adalah bisa nggak dikecilin tapi punya kemampuan sama yang besar ?? atau paling tidak
yang ada sekarang punya kemampuan setara dengan cc yg besar...
jaman sekarang yang dibutuhkan yang kecil tapi muantabbb...bukannya yang semakin gede...
nggak jaman ah.........the same old song.....it's not a technology
harusnya sih sekarang sudah makin kecil dengan tenaga yang lebih besar. seperti diesel di captiva, ford focus.. common rail high, pressure injection plus VGT..
kalo di mitsu pake mesin 4N.. di nissan yang dipake navara sekarang.
kurang tahu di toyota. tapi harusnya sudah ada teknologi diesel yang seperti ini.
Di toyota udah ada sejak 2005 kalo ga salah... DCAT D4D 2.2L 400NM 180ps & 2.0L 140ps.. dipake di RAV4 eropa dan Lexus nya. ini yg low emission...maybe minimal euro4.
thanks om GTR untuk infonya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

gak ada air scoop, kemungkinan posisi intercooler nya ada di dekat/sejajar dengan radiator.
kalo yg ada air scoop, itu intercoolernya posisinya horizontal, ada di bawah air scoop tsb...
cmiiw