maskopat wrote:
<serius_mode=on>
tapi kalo setahu ane, response diesel emang tidak secepat bensin. apalagi bensin yang NA high compression, maknyus biasanya responsenya.
sedikit saran, kalo pada saat nyalip, pastikan turbo sudah menyala pada RPM tertentu. kalo gak salah di 2000RPM semua mobil turbo diesel, turbonya udah bekerja. kalo terpaksa oper gigi pada saat nyalip, pastikan juga masih berada di atas putaran kerja turbo.
nanti kabar2i ya apa yang dilakukan.biar bisa sharing dengan pengguna D4D yang laen.
</serius_mode>
ngikut pke tag ah..
<serius_on>
setuju om, klw pke diesel mesti tahu cara mancing tenaganya, hapal karakter turbo di RPM brp dia mulai ngeboost dan di RPM brp turbonya mencapai maksimal.. kadang2 perlu di ayun gasnya sedikit-dikit,klw bensin di teken abis bisa langsung lari, klw diesel di teken abis paling kebul.... apa lgi klw blm masuk range turbonya.
klw d boil, sya RPM 1500 boostnya keluar 0.5bar 2700rpm masuk full boost, 3700 peak power bgtu lewat mending di oper percuma di paksain juga 4000rpm merah.., saat pindah klw perlu koplingnya di tahan dulu tunggu boostnya naik atw hinggap di RPM dimana torque maksimal, sya di 2200rpm dan patokan ke asap, klw asapnya keluar bearti gasnya kebanyakan mobil ga bisa lari yg ada malah boros, kurangin gasnya dgn cara di ayun sedikit2,dgn halus klw uda biasa penumpangnya g bakal sadar..
cara ini di diesel turbo jadul sih.. tpi klw lihat kasusnya kyanya di forti bisa di coba deh..
<serius_off>
bensin n/a nya yg mana dulu klw sedan sih.. kyanya nda yah,pernah dri arah purwakarta ke bdg lewat jalan biasa sama temen dia pke lancerEX 09 jalur antar kotanya kan naik turun bulak belok, bnyk truk pula.. setiap nyusul mudah aja tuh ngikutin ex asal shiftingnya tepat aja,torsi diesel di tempat gini dmn harus nyusul2 emang maknyus sekali renyah... panas kli tu liat spion di tempel mobil diesel gede,jadul pula.. tpi bgtu nyampe tol kyanya pelampiasan langsung hilang dia...
ga abis pikir diesel gw yg hanya 115ps aja enteng nempel ex yg 155ps klw bensin n/a sampe 2000cc sedan sih, bwat lalulintas yg butuh akselerasi instan gini. umumnya punya tenaga di RPM atas, khas bwat ngejar top speed. sehingga d RPM bawahnya cendrung kosong,jd driver jg mesti nunggu sampe rpm atas dulu, selain itu torsinya jg memang d bawah diesel.. tpi bgtu sampe atas gas di bejek abis bisa langsung lari tidak ada LAG. pling drive by wirenya yg bisa membuat responsifitas mesin menurun,
klw bensinnya dri SUV sih beda lagi apalgi yg diatas 3000cc 6cyld tiap rpm bisa keluar terus tenaganya..
sering kepikian, klw diesel yg skrng nikmatnya kya gimana yah?
thx
