Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
FortunerMan wrote:Bukan racun...hehe...memberi info yg bisa membantu :)
klo dalam bahasa jermannya...'podo wae'...... wakakakaka..............
<serius_mode=off>

itu mah bukan bahasa jerman, tapi bohoso londo... :big_weee: :big_weee:

</serius_mode>

<serius_mode=on>

kalo usul ane, nyobain yang di serpong dulu. kabar2nya D4D forti dan ipah banyak yang dituning di sana. kabar2nya lagi, gak hanya untuk D4D. tp bisa juga untuk semua diesel.. gak tahu apakah diesel truk kontener juga bisa dituning supaya lebih ngacir..

coba aja om curhat ke mekaniknya. bahwa emang bukan untuk ngebut, tapi response yang cepat ketika mau nyalip. bisa jadi ada lag pada saat bejeg gas. harusnya mereka udah tahu sih. karena ini emang masalah umum di D4D..

tapi kalo setahu ane, response diesel emang tidak secepat bensin. apalagi bensin yang NA high compression, maknyus biasanya responsenya.

sedikit saran, kalo pada saat nyalip, pastikan turbo sudah menyala pada RPM tertentu. kalo gak salah di 2000RPM semua mobil turbo diesel, turbonya udah bekerja. kalo terpaksa oper gigi pada saat nyalip, pastikan juga masih berada di atas putaran kerja turbo.

nanti kabar2i ya apa yang dilakukan.biar bisa sharing dengan pengguna D4D yang laen.

</serius_mode>
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
groovy
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Jul 14, 2009 15:02

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by groovy »

kayaknya emang mesinnya yg kurang bagus ya, ga seimbang ma bodynya yang bongsor. gw kapanhari juga mau beli, modelnya gagah tapi ga jadi setelah banding2 in ma everest... coz HP nya kok kecil.. tapi sekarang malah baru beli LC vx80 1996, cukup puas dengan performance nya
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote: <serius_mode=on>

tapi kalo setahu ane, response diesel emang tidak secepat bensin. apalagi bensin yang NA high compression, maknyus biasanya responsenya.

sedikit saran, kalo pada saat nyalip, pastikan turbo sudah menyala pada RPM tertentu. kalo gak salah di 2000RPM semua mobil turbo diesel, turbonya udah bekerja. kalo terpaksa oper gigi pada saat nyalip, pastikan juga masih berada di atas putaran kerja turbo.

nanti kabar2i ya apa yang dilakukan.biar bisa sharing dengan pengguna D4D yang laen.

</serius_mode>
ngikut pke tag ah..
<serius_on>
setuju om, klw pke diesel mesti tahu cara mancing tenaganya, hapal karakter turbo di RPM brp dia mulai ngeboost dan di RPM brp turbonya mencapai maksimal.. kadang2 perlu di ayun gasnya sedikit-dikit,klw bensin di teken abis bisa langsung lari, klw diesel di teken abis paling kebul.... apa lgi klw blm masuk range turbonya.
klw d boil, sya RPM 1500 boostnya keluar 0.5bar 2700rpm masuk full boost, 3700 peak power bgtu lewat mending di oper percuma di paksain juga 4000rpm merah.., saat pindah klw perlu koplingnya di tahan dulu tunggu boostnya naik atw hinggap di RPM dimana torque maksimal, sya di 2200rpm dan patokan ke asap, klw asapnya keluar bearti gasnya kebanyakan mobil ga bisa lari yg ada malah boros, kurangin gasnya dgn cara di ayun sedikit2,dgn halus klw uda biasa penumpangnya g bakal sadar..

cara ini di diesel turbo jadul sih.. tpi klw lihat kasusnya kyanya di forti bisa di coba deh..

<serius_off>

bensin n/a nya yg mana dulu klw sedan sih.. kyanya nda yah,pernah dri arah purwakarta ke bdg lewat jalan biasa sama temen dia pke lancerEX 09 jalur antar kotanya kan naik turun bulak belok, bnyk truk pula.. setiap nyusul mudah aja tuh ngikutin ex asal shiftingnya tepat aja,torsi diesel di tempat gini dmn harus nyusul2 emang maknyus sekali renyah... panas kli tu liat spion di tempel mobil diesel gede,jadul pula.. tpi bgtu nyampe tol kyanya pelampiasan langsung hilang dia... :frm_bang_head:

ga abis pikir diesel gw yg hanya 115ps aja enteng nempel ex yg 155ps klw bensin n/a sampe 2000cc sedan sih, bwat lalulintas yg butuh akselerasi instan gini. umumnya punya tenaga di RPM atas, khas bwat ngejar top speed. sehingga d RPM bawahnya cendrung kosong,jd driver jg mesti nunggu sampe rpm atas dulu, selain itu torsinya jg memang d bawah diesel.. tpi bgtu sampe atas gas di bejek abis bisa langsung lari tidak ada LAG. pling drive by wirenya yg bisa membuat responsifitas mesin menurun,


klw bensinnya dri SUV sih beda lagi apalgi yg diatas 3000cc 6cyld tiap rpm bisa keluar terus tenaganya..

sering kepikian, klw diesel yg skrng nikmatnya kya gimana yah?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by FortunerMan »

groovy wrote:kayaknya emang mesinnya yg kurang bagus ya, ga seimbang ma bodynya yang bongsor. gw kapanhari juga mau beli, modelnya gagah tapi ga jadi setelah banding2 in ma everest... coz HP nya kok kecil
Memang gak seimbang, TAM cari untung gede kali intercoolernya di sunat. Tapi masalah ini sudah ada penyelesaian yg mudah dan sudah umum di terapkan...120-130 hp sudah biasa, tanpa memasang intercooler. Banyak sekali rekan2 di Fortuner club yg cukup puas dgn D4D nya setelah di tuning di Serpong.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
groovy wrote:kayaknya emang mesinnya yg kurang bagus ya, ga seimbang ma bodynya yang bongsor. gw kapanhari juga mau beli, modelnya gagah tapi ga jadi setelah banding2 in ma everest... coz HP nya kok kecil
Memang gak seimbang, TAM cari untung gede kali intercoolernya di sunat. Tapi masalah ini sudah ada penyelesaian yg mudah dan sudah umum di terapkan...120-130 hp sudah biasa, tanpa memasang intercooler. Banyak sekali rekan2 di Fortuner club yg cukup puas dgn D4D nya setelah di tuning di Serpong.
iya.. makanya ada yang berani nempelin VX pake fortie D4D yang udah diracun.. :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by sjamsul »

hmmm......... mungkin ga yah........... sang TS belon terbiasa ama mbl ini............. jadi masih belon tau selahnya saat nyalip......................... :ungg:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote: ngikut pke tag ah..
<serius_on>
setuju om, klw pke diesel mesti tahu cara mancing tenaganya, hapal karakter turbo di RPM brp dia mulai ngeboost dan di RPM brp turbonya mencapai maksimal.. kadang2 perlu di ayun gasnya sedikit-dikit,klw bensin di teken abis bisa langsung lari, klw diesel di teken abis paling kebul.... apa lgi klw blm masuk range turbonya.
klw d boil, sya RPM 1500 boostnya keluar 0.5bar 2700rpm masuk full boost, 3700 peak power bgtu lewat mending di oper percuma di paksain juga 4000rpm merah.., saat pindah klw perlu koplingnya di tahan dulu tunggu boostnya naik atw hinggap di RPM dimana torque maksimal, sya di 2200rpm dan patokan ke asap, klw asapnya keluar bearti gasnya kebanyakan mobil ga bisa lari yg ada malah boros, kurangin gasnya dgn cara di ayun sedikit2,dgn halus klw uda biasa penumpangnya g bakal sadar..

cara ini di diesel turbo jadul sih.. tpi klw lihat kasusnya kyanya di forti bisa di coba deh..

<serius_off>

bensin n/a nya yg mana dulu klw sedan sih.. kyanya nda yah,pernah dri arah purwakarta ke bdg lewat jalan biasa sama temen dia pke lancerEX 09 jalur antar kotanya kan naik turun bulak belok, bnyk truk pula.. setiap nyusul mudah aja tuh ngikutin ex asal shiftingnya tepat aja,torsi diesel di tempat gini dmn harus nyusul2 emang maknyus sekali renyah... panas kli tu liat spion di tempel mobil diesel gede,jadul pula.. tpi bgtu nyampe tol kyanya pelampiasan langsung hilang dia... :frm_bang_head:

ga abis pikir diesel gw yg hanya 115ps aja enteng nempel ex yg 155ps klw bensin n/a sampe 2000cc sedan sih, bwat lalulintas yg butuh akselerasi instan gini. umumnya punya tenaga di RPM atas, khas bwat ngejar top speed. sehingga d RPM bawahnya cendrung kosong,jd driver jg mesti nunggu sampe rpm atas dulu, selain itu torsinya jg memang d bawah diesel.. tpi bgtu sampe atas gas di bejek abis bisa langsung lari tidak ada LAG. pling drive by wirenya yg bisa membuat responsifitas mesin menurun,


klw bensinnya dri SUV sih beda lagi apalgi yg diatas 3000cc 6cyld tiap rpm bisa keluar terus tenaganya..

sering kepikian, klw diesel yg skrng nikmatnya kya gimana yah?

thx
:beer:
makanya om bil, ane pernah bawa dan gan GTI 1.8... putaran 1500 aja udah ajeb2 hentakannya. kabarnya, di gigi 5, susah bikin kecepatan konstan.. kesenggol dikit pedal gas, langsung ngacir ke 140 padahal maunya di 120..

kalo masalah nempel menempel, kalo jalannya sempit dan banyak tikungan, mungkin masih bisa.. wong murcielago aja masih bisa ditempel oleh evo VII... tenaga bukan segalanya.. tapi driver yang mengerti karakter mobil...
torsi juga bukan segalanya, gear ratio yang menentukan kekuatan SUV untuk menanjak..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

sjamsul wrote:hmmm......... mungkin ga yah........... sang TS belon terbiasa ama mbl ini............. jadi masih belon tau selahnya saat nyalip......................... :ungg:
<serius_mode=off>

hahaha.. selah atau celah nih?? :big_weee: :big_weee:

</serius_mode>

<serius_mode=on>

bener om.. karakter pengemudi dan mobil harus menyatu.. jadikan mobil adalah bagian dari tubuhmu sehingga driver bener2 menjiwai si mobil.. tahu dimensi mobil, tahu responsenya kalo dibelai dan dibejeg...

nah, kalo sudah menyatu gini, mobil dan driver akan menghasilkan performa yang ruaarrr biasa..

dan belum tentu driver lain akan bisa menerima karakter mobil yang sama.. yah, seperti cari jodoh lah.. :big_peace:

</serius_mode>
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by DOHC »

jangan takut dgn mobil diesel, makin dipake itu sbenernya makin enak koq... paling tidak ada 1 hal yg mobil diesel unggul dari mobil bensin, yaitu torsi melimpah di putaran bawah, memberikan kenikmatan berkendara walaupun di dalam kota gt... mungkin kalo di kasus TS gara2 masalah turbo lag doank kali...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by mandala1 »

fiuuuhhh.......untung ane punya, yg bensin..... :e-dance: :mrgreen:
bener bro usulan dari teman2 diatas (kecuali yg asbun :) ) sy juga permah bawa fortuner diesel punya nya dealer astrido n sepertinya udah di tune maksimal (tanpa intercooler) betotannya ga kalah loh sama yg 2.7vvti..... malah pernah sy bawa dgn gaya pembalap abg, pake sprint di lamer......gigi 2 pun ban nya masih bisa nge-'criiiiittttttt' sedikit,, mantabbb....... :frm_tumbright:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

mandala1 wrote:fiuuuhhh.......untung ane punya, yg bensin..... :e-dance: :mrgreen:
bener bro usulan dari teman2 diatas (kecuali yg asbun :) ) sy juga permah bawa fortuner diesel punya nya dealer astrido n sepertinya udah di tune maksimal (tanpa intercooler) betotannya ga kalah loh sama yg 2.7vvti..... malah pernah sy bawa dgn gaya pembalap abg, pake sprint di lamer......gigi 2 pun ban nya masih bisa nge-'criiiiittttttt' sedikit,, mantabbb....... :frm_tumbright:
tapi reviewnya mannnaaa????
komparasi dengan mobil2 om dal dong... jangan cuman review secuil gitu... :e-whistle: :e-whistle:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
makanya om bil, ane pernah bawa dan gan GTI 1.8... putaran 1500 aja udah ajeb2 hentakannya. kabarnya, di gigi 5, susah bikin kecepatan konstan.. kesenggol dikit pedal gas, langsung ngacir ke 140 padahal maunya di 120..

kalo masalah nempel menempel, kalo jalannya sempit dan banyak tikungan, mungkin masih bisa.. wong murcielago aja masih bisa ditempel oleh evo VII... tenaga bukan segalanya.. tapi driver yang mengerti karakter mobil...
torsi juga bukan segalanya, gear ratio yang menentukan kekuatan SUV untuk menanjak..
hehe hebat bngt klw gtu dunk.. klw biem E46 2ltr tahun 03 AT itu jg bgtu di kickdown bengong dulu... bru selang beberapa detik GBnya bru turun giginya n bisa ngacir bgtu di 3000 bru ada tenaganyadi RPM bawah tetep kosong,untung ada triptoniknya.. rata2 yg vtec/valvetronik/vvtr dkk d sedan gini yah padat di RPM atas?lalu drive by wirenya memang bikin irit biar ngegas seperlunya, tpi jadi kurang responsif bwat nyetak2.. beda klw Xj, di toel dikit loncat tu mobil.. sampai kasus nabrak garasi rumah sendiri suerr deh ada potonya klw mw lihat.... hehe dibilangin orang, "cara gampang ngerenof rumah"

hehe anehnya sya bisa deketin tu ex di jalan lurus tpi yg non tol yah short route gtu.. asal jgn lebih 130kmh aja, klw di belokan sih ga berani ngegas body rollnya terlalu berbahaya.. dsini jip dsitu sedan desain body jg beda peruntukan.

hehe..kita bicara onroad yah. klw bicara "kuat" nanjak memang ratio mesti Rendah agar torsi seadanya tapi bisa kuat nanjak resikonya jadi merayap tidak bisa cepat, tapi klw biar nanjak dengan "cepat" ratio justru Tinggi karna keterbatasan RPM mesin dan agar tetep bisa narik walau di beri ratio tinggi harus di padu torsi kuat! baru bisa nanjak dengan cepat.. klw ngomong itungan ratio, f78 dgn ban asli 28" ratio final gir nya 11:37=1:3.36 skrng bannya 32" seharunya ratio idealnya 1:3.84 agar tetep bisa lari dan tdk keberatan ban.

tpi berhubung ga ada yg jual ratio untuk f78 akhirnya torsi mesin yg di naikin... akibatnya topspeed jadi ningkat 13% karena ratio terlalu tinggi dan akselerasi bisa tetap kuat karena torsi sudah naik 30% lewat oprekan.

itungan ini kacau klw di pakai oprut hehe kacau karena mobilnya jadi ga bisa pelan walau sudah di 4L juga... f78nya d set lebih condong bwat ngebut di aspal sih..
kan sya bilang d treat sebelah bwat kul + pacaran hehe... :D :D


oot mania nih gw... piiss ahh...
back to topic..

@TS
jgn takut di oprek klw sukses rasanya lebih puas dari beli mobil baru..


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
naldo

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by naldo »

Kalau boleh saran dikit ya, turbo timer tidak dibutuhkan selama boost mobil tidak terlalu besar.

Buktinya baleno saya saja yang naik power 70% tidak memakai turbo timer.

Too much electrical malah nanti bikin rumit.

Kalau boost dibikin terlalu tinggi, maka lag makin berasa, karena turbo pasti ada lagnya, makanya sebisa mungkin boost di 0.4-0.6 saja max, untuk daily-luar kota sudah cukup.

Kalau pengen kenceng ya, fortunernya swap mesin sama yang 3.0L diesel... wekekekekkekekekek....

Peace...
FortunerMan

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by FortunerMan »

mandala1 wrote:fiuuuhhh.......untung ane punya, yg bensin..... :e-dance: :mrgreen:
bener bro usulan dari teman2 diatas (kecuali yg asbun :) ) sy juga permah bawa fortuner diesel punya nya dealer astrido n sepertinya udah di tune maksimal (tanpa intercooler) betotannya ga kalah loh sama yg 2.7vvti..... malah pernah sy bawa dgn gaya pembalap abg, pake sprint di lamer......gigi 2 pun ban nya masih bisa nge-'criiiiittttttt' sedikit,, mantabbb....... :frm_tumbright:
Nah bener kan...FM mah gak pernah bo'ong :D Pak Wishmaster tenang aja.
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by cowcool »

Swap pake mesin land cruiser atau pasang inter cooler
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by Diki_Oke_Deh »

wishmaster wrote:Para Bro,
mobil gue fortuner diesel 2009, kondisi masih full ori, km baru 3000an,
mobil biasanya gue pake kalo mau ke luar kota, misalnya ke jawa, selama ini biasanya gue lewat jalur utara yg relatif lurus dan bisa jalan kencang,
minggu lalu berhubung infonya pantura macet akibat liburan, maka gue nyoba jalan lewat jalur selatan yg jalannya muluz tapi relatif kelak-kelok dan naik-turun,
kecepatan rata-2 normal di jalur ini gue perhatiin sekitar 60 kpj, nah masalah muncul saat gue harus nyalip truck/bus di depan gue yg jalan dibawah 60 kpj, berhubung jalannya kelak-kelok maka untuk nyalip bener-2 harus nunggu kesempatan terbaik,
sialnya di jalur inilah baru kerasa bahwa tenaga fortuner diesel itu tanggung, dari gigi 4 pindah ke gigi 3, injek gas untuk nyalip, sampai setengah badan truck/bus mobil berjalan pelan sekali, sementara dari arah berlawanan sudah terlihat ada kendaraan lain, baru ditengah usaha tiba-2 terasa akselerasinya dan bisa tuntas nyalip.
sungguh suatu usaha yg mendebarkan, akselerasi terasa terlambat sekali munculnya.
dicoba dengan gigi 2 lebih parah lagi, bukannya lari tapi mesin cuma menggerung saja.
akhirnya ketemu cara yg paling enak, yaitu sebelum proses nyalip, sambil ngintip-2 kesempatan mobil sudah siap dengan gigi 3 yang diayun-2, begitu digas memang lsg lari, namun efeknya sedikit membuat mual penumpang, capedee...

apa itu yg dibilang efek turbo lag ya ? jd sebelum turbo aktif mobil bergerak lambat sekali.
atau memang karakter mesin fortie diesel yg under power ?
apa yg harus gue rubah / modif supaya gue bisa nyetir dgn aman dan nyaman di jalur selatan ini ya ?
note : gue udah coba pake turbo jet simota seharga 450 rebu, gak ngepek.
skrg disuruh nyoba replacement air filternya, kira-2 beneran bakal solve the problem gak ya ?
mohon advice dong bro...

Kalau Innova Diesel yang notabene mesinnya sama dengan Fortuner, apa juga sama lemot bawakan orok ya?????
Soalnya gue ada rencana mau hunting nih mobil???
Thanks........
FortunerMan

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by FortunerMan »

Lebih enteng Innova, karena kolong Fortuner lain (lebih berat) dan lebih banyak peredam - bisa lihat ke kolong, atau dari baut roda Fortuner yg 6 biji vs Innova 5 biji.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by gmx »

Seinget gw, gw pernah kejar2an sama fortuner diesel, tp gw lupa kapan, di mana, gw pake mobil apa, kalo ga salah di jagorawi.. Yg gw inget, fortuner yg biasanya ga masuk itungan sebagai partner kejar2an, tapi waktu itu cukup seru jg.. Dan seperti biasa dia karena ambil bahu jalan sedangkan gw anti ambil bahu jalan.. Mungkin itu fortuner udah dioprek kali ya
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by billyd1773dz »

^^
forti diesel bekas yg tahun awal skrng brp sih harganya?tahun awalnya 07 atw 08?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by asudarsono »

gmx wrote:Seinget gw, gw pernah kejar2an sama fortuner diesel, tp gw lupa kapan, di mana, gw pake mobil apa, kalo ga salah di jagorawi.. Yg gw inget, fortuner yg biasanya ga masuk itungan sebagai partner kejar2an, tapi waktu itu cukup seru jg.. Dan seperti biasa dia karena ambil bahu jalan sedangkan gw anti ambil bahu jalan.. Mungkin itu fortuner udah dioprek kali ya
Jagorawinya arah Bogor apa arah Jakarta? Kalau arah Jakarta ya tinggal berani2an aja
Ready to Race
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by aldy »

Ada yang udah kejar2an sama navara (174Hp 420nm) 6speed belum..Hayoo sapa yang berani..Kompor mode : ON :evil: he2 :big_peace:
Menurut ane fortie tuh sayang banged mesin dieselnya paling lemah dibanding kompetitornya yg rata2 udah diatas 120hp..Tanya kenapa?? padahal PS aja udah 140an HP tapi bisa minum solar busuk..Apa fortie diesel ga ada Intercoolernya yaa??
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by maskopat »

aldy wrote:Ada yang udah kejar2an sama navara (174Hp 420nm) 6speed belum..Hayoo sapa yang berani..Kompor mode : ON :evil: he2 :big_peace:
Menurut ane fortie tuh sayang banged mesin dieselnya paling lemah dibanding kompetitornya yg rata2 udah diatas 120hp..Tanya kenapa?? padahal PS aja udah 140an HP tapi bisa minum solar busuk..Apa fortie diesel ga ada Intercoolernya yaa??
hihihi, setan mah jangan diadu om... :big_weee: :big_weee:

navara sudah pake mesin diesel teknologi terakhir.. common rail high pressure injection, variable geometric turbo..
makanya tenaga bisa ngimbangin bensin dengan cc yang sama :big_peace: :big_peace:
bahkan torsi bisa dibuat rata dari putaran 1500 sampe 3000...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by sjamsul »

@wishmaster:

bro udah cobain belum solar yg lbh tinggi kualitasnya..... klo ga salah angka cetinnya yg lbh baik.... jadi klo di mbl bensin antara premium ama pertamax gituuuu..................

siapa tau dg mengganti bahan bakarnya..... masalah nt bisa diatasi..... jadi ga usah repot2 rubah ato setel mesin lagi........ :ungg:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by roadtrain99 »

sjamsul wrote:
siapa tau dg mengganti bahan bakarnya..... masalah nt bisa diatasi..... jadi ga usah repot2 rubah ato setel mesin lagi........ :ungg:


ganti ke pertadex kyknya ga terlalu efek klo memang kemampuan mesinnya segitu. Kecuali kalo modif.
gw udah coba pertadex, shell, dgn additive atau ga, di ctv atau lc ga terlalu berasa.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...

Post by Turboman »

Setuju bahwa mesin 2KD-FTV sgt berpotensi utk ditingkatkan performanya

Bila ada waktu bisa test drive bbrp Ipah D4 D di milis IC (InnovaCommunity) yg udah mendapat "sentuhan" di sana sini.

Bisa dimulai dari yg light tune, sambung ke D4 D yang light tune + Dastek, hingga maskot milis IC yaitu si MM aka Moncong Merah.

Memang performa pada Fortuner tidak akan bisa spt Ipah, mengingat GVW serta faktor aerodinamikanya, tetapi bagaimanapun juga peningkatan dibanding aslinya akan sangat signifikan.
* Bukan ajakan Beli *