transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Oct 15, 2008 3:00
transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Hi bro2..
I need your help guys..
Mobilku charade 80 kok ga bisa netral ga bisa mundur ya..maunya maju terus
walopun giginya dah dinetralin tetep maju, gitu juga waktu giginya masuk mundur, mobilnya kok tetep maju
kenapa ya bro?
Thanks
I need your help guys..
Mobilku charade 80 kok ga bisa netral ga bisa mundur ya..maunya maju terus
walopun giginya dah dinetralin tetep maju, gitu juga waktu giginya masuk mundur, mobilnya kok tetep maju
kenapa ya bro?
Thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Nah lo......
Aneh juga yah bro?
Tapi kalo menurut analisa sy kemungkinan terkecil nya ada masalah di kabel persnelengnya, bisa jadi kabel select yg buat gigi mundur putus atau kabel select yg buat gigi maju telalu ketat atau hampir putus (tinggal beberapa lembar sling yg masih utuh) coba dicek kabel2 ini terlebih dahulu.....
Kalo ga ada masalah di kabel transmisi/operan berarti ada masalah di dalam gearbox persnelingnya........sebaiknya sih diperiksakan saja ke bengkel langganan supaya lebih aktual hasilnya,,
Semoga membantu.....
Aneh juga yah bro?

Tapi kalo menurut analisa sy kemungkinan terkecil nya ada masalah di kabel persnelengnya, bisa jadi kabel select yg buat gigi mundur putus atau kabel select yg buat gigi maju telalu ketat atau hampir putus (tinggal beberapa lembar sling yg masih utuh) coba dicek kabel2 ini terlebih dahulu.....
Kalo ga ada masalah di kabel transmisi/operan berarti ada masalah di dalam gearbox persnelingnya........sebaiknya sih diperiksakan saja ke bengkel langganan supaya lebih aktual hasilnya,,
Semoga membantu.....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
hmmm .... penyakitnya spt mbl panther teman ane nih........... penyebabnya plat kopling n teman2nya diganti.......... beres dahhh.......
Atau spt kata bro mandala, periksa dulu tali koplingnya............ mungkin dah putus, jadi ga bisa oper gigi..........
smoga bermanfaat...........
Atau spt kata bro mandala, periksa dulu tali koplingnya............ mungkin dah putus, jadi ga bisa oper gigi..........
smoga bermanfaat...........

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Oct 15, 2008 3:00
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Thanks bro.. dah 2 minggu di bengkel bukan langganan, msh ga beres jugamandala1 wrote:Nah lo......
Aneh juga yah bro?![]()
Tapi kalo menurut analisa sy kemungkinan terkecil nya ada masalah di kabel persnelengnya, bisa jadi kabel select yg buat gigi mundur putus atau kabel select yg buat gigi maju telalu ketat atau hampir putus (tinggal beberapa lembar sling yg masih utuh) coba dicek kabel2 ini terlebih dahulu.....
Kalo ga ada masalah di kabel transmisi/operan berarti ada masalah di dalam gearbox persnelingnya........sebaiknya sih diperiksakan saja ke bengkel langganan supaya lebih aktual hasilnya,,
Semoga membantu.....
Sempet bisa netral/mundur tp akhirnya ga bisa lagi..
mo coba datengin montir langganan aja..
ntar kalo dah bener, aku share deh yg masalah apanya
Thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
^^oke bro....siip deh,, semoga masalah nya cepat terselesaikan....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
yg bisa jadi penyebabnya al:
1. kabel/tuasnya.
2. matahari udah lemah. jadinya pegasnya nggak bisa main.akibatnya kopling lengket dan sulit pindah gigi.(berhubung gigi 2 sd 4 bisa masuk rasanya bukan poin penyebabnya).
3. sinchromeshnya rusak. sulit pindah gigi.
1. kabel/tuasnya.
2. matahari udah lemah. jadinya pegasnya nggak bisa main.akibatnya kopling lengket dan sulit pindah gigi.(berhubung gigi 2 sd 4 bisa masuk rasanya bukan poin penyebabnya).
3. sinchromeshnya rusak. sulit pindah gigi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Oct 15, 2008 3:00
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
iya bro..
sebelum rusak masuk gigi 1, 3 dan mundur agak susah..
trus dipake istri nerjang banjir.. tp masih bisa sampe rumah, besoknya baru rusak..
apa karena nerjang banjir ya?
aku lupa apa aja spare part yang udah diganti ma si bengkel, coba ntar aku liat catetannya
thanks
sebelum rusak masuk gigi 1, 3 dan mundur agak susah..
trus dipake istri nerjang banjir.. tp masih bisa sampe rumah, besoknya baru rusak..
apa karena nerjang banjir ya?
aku lupa apa aja spare part yang udah diganti ma si bengkel, coba ntar aku liat catetannya
thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
mau nanya boss....kalo posisi mesin lg mati bisa pindah2 gigi gak ke semua posisi ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
harusnya sih bisa yah............... emangnye kenapa bro....jalu wrote:mau nanya boss....kalo posisi mesin lg mati bisa pindah2 gigi gak ke semua posisi ?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
(pura2 nya ane jadi bro jalu) ehehehe......kaga napa napa sih om, iseng ajah nanya....sjamsul wrote:harusnya sih bisa yah............... emangnye kenapa bro....jalu wrote:mau nanya boss....kalo posisi mesin lg mati bisa pindah2 gigi gak ke semua posisi ?



Mestinya di tanya dulu om.....mobilnya apaan? Merk apa, matic atau manual gitu......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
(ceritanye ane penasaran ama bro jalu neh)....mandala1 wrote:(pura2 nya ane jadi bro jalu) ehehehe......kaga napa napa sih om, iseng ajah nanya....sjamsul wrote:harusnya sih bisa yah............... emangnye kenapa bro....jalu wrote:mau nanya boss....kalo posisi mesin lg mati bisa pindah2 gigi gak ke semua posisi ?wekekek..........
![]()
Mestinya di tanya dulu om.....mobilnya apaan? Merk apa, matic atau manual gitu......
untuk lbh jelasnya silahkan dicoba sendiri bro....................... wakakaka..........

ogahhhh.................





-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Broken fork(s) ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
weh...cuma pengen tau bos...kalo kondisi mesin mati masih bisa pindah2 ke setiap posisi gigi, mungkin tuas & linkagenya gak masalah. Kemungkinan problem ada di bagian lain
saya pernah ngalamin susah pindah gigi, waktu itu masalahnya ada di tuas & bushing sambungan2 kabel /link dr tuas ke girbox, bushing& karetnya dah aus, jadi gerakan dr tuas gak maksimal diteruskan oleh kabel/link ke girboks. akibatnya gigi susah masuk. Dan gejala ini baik kondisi mesin lg idup atu mati tetap sama, susah ngoper.
begitu lho oom....
saya pernah ngalamin susah pindah gigi, waktu itu masalahnya ada di tuas & bushing sambungan2 kabel /link dr tuas ke girbox, bushing& karetnya dah aus, jadi gerakan dr tuas gak maksimal diteruskan oleh kabel/link ke girboks. akibatnya gigi susah masuk. Dan gejala ini baik kondisi mesin lg idup atu mati tetap sama, susah ngoper.
begitu lho oom....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Oct 15, 2008 3:00
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
mesin mati masih bisa pindah2 gigi bos..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
kayaknya penyakit ada didalem girboks, bukan diluar girboks. asumsi saya mungkin shift fork (garpu pemindah) di dalem girboks dah aus. sebab setahu saya kalo sikngkromes yang aus itu malah kebalikan, suka balik sendiri ke netral.CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Kalo sinchromesh rusak/aus, perpindahan giginya kasar/susah om..
Berhubung tiap gigi ada sincromeshnya, biasanya kerusakan sincromesh disalah satu gigi. Bukan semuanya.
Misal sulit pindah dari gigi 1 ke 2 , lainnya normal saja.
Kalau susah masuk di semua gigi, kemungkinan mataharinya udah lemah..
sedangkan Kerusakan di tuas...bisa saja menjadi penyebabnya...
Berhubung tiap gigi ada sincromeshnya, biasanya kerusakan sincromesh disalah satu gigi. Bukan semuanya.
Misal sulit pindah dari gigi 1 ke 2 , lainnya normal saja.
Kalau susah masuk di semua gigi, kemungkinan mataharinya udah lemah..
sedangkan Kerusakan di tuas...bisa saja menjadi penyebabnya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Oct 15, 2008 3:00
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
halo bro semua..
ini daftar spare part yg udah diganti:
1. 1 set sinkromes + per
2. dudukan transmisi
tapi transmisi masih blm bener lho.. lg nunggu montir langganan dateng ke rumah
terus terang aku buta masalah transmisi. bisa minta tolong di share foto2 sinkromesh, shift fork dll, biar aku tau barangnya kayak apa.
thanks bros
ini daftar spare part yg udah diganti:
1. 1 set sinkromes + per
2. dudukan transmisi
tapi transmisi masih blm bener lho.. lg nunggu montir langganan dateng ke rumah
terus terang aku buta masalah transmisi. bisa minta tolong di share foto2 sinkromesh, shift fork dll, biar aku tau barangnya kayak apa.
thanks bros
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
di tunggu perkembangan berikutnya Bro..untuk pengetahua bersama,tanks 


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Oct 15, 2008 3:00
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
guys,
hari ini transmisi dibongkar lagi sama montir langganan..
part yang diganti: kampas kopling, dek laher (benera ga nulisnya??)
sempet bisa maju, mundur, netral.. tp ga berapa lama kumat lagi ga bisa mundur n ga bisa netral
penyakit ini kumat setiap habis masuk gigi mundur
analisa sementara dari si montir: pen gigi mundur nyantol di gigi maju..
besok mo dilanjut lagi benerinnya..
any comment guys?
Thanks
hari ini transmisi dibongkar lagi sama montir langganan..
part yang diganti: kampas kopling, dek laher (benera ga nulisnya??)
sempet bisa maju, mundur, netral.. tp ga berapa lama kumat lagi ga bisa mundur n ga bisa netral
penyakit ini kumat setiap habis masuk gigi mundur
analisa sementara dari si montir: pen gigi mundur nyantol di gigi maju..
besok mo dilanjut lagi benerinnya..
any comment guys?
Thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
klo dah ganti kampas koplingnya, sebaiknya satu set yaitu dek krup (tulisnya tolong dikoreksi) juga, klo bisa pilot bearingnya juga diganti.... jadi ga 2 kali kerja...........gonz wrote:guys,
hari ini transmisi dibongkar lagi sama montir langganan..
part yang diganti: kampas kopling, dek laher (benera ga nulisnya??)
sempet bisa maju, mundur, netral.. tp ga berapa lama kumat lagi ga bisa mundur n ga bisa netral
penyakit ini kumat setiap habis masuk gigi mundur
analisa sementara dari si montir: pen gigi mundur nyantol di gigi maju..
besok mo dilanjut lagi benerinnya..
any comment guys?
Thanks

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
Ada yg kurang om : kampas kopling(clutch disc) + matahari/dekrup(clutch cover) + dreklaher(realease bearing) + laher gendeng(pilot bearing)sjamsul wrote: klo dah ganti kampas koplingnya, sebaiknya satu set yaitu dek krup (tulisnya tolong dikoreksi) juga, klo bisa pilot bearingnya juga diganti.... jadi ga 2 kali kerja...........

Oiya buat bro gonz : sebisa mungkin ganti kopling dkk, pake yg ori bro....(minimal merk daikin exedy) karena kalo imitasi apalagi yg abal2 rentan bgt menimbulkan getaran,, btw kabel/tali tuas operan persneleng udah di cek bro?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
betul dal, tp khan ts nya dah tulis .......... jadi ane cuma melengkapi aja................ hehehe.............mandala1 wrote:Ada yg kurang om : kampas kopling(clutch disc) + matahari/dekrup(clutch cover) + dreklaher(realease bearing) + laher gendeng(pilot bearing)sjamsul wrote: klo dah ganti kampas koplingnya, sebaiknya satu set yaitu dek krup (tulisnya tolong dikoreksi) juga, klo bisa pilot bearingnya juga diganti.... jadi ga 2 kali kerja...........
Oiya buat bro gonz : sebisa mungkin ganti kopling dkk, pake yg ori bro....(minimal merk daikin exedy) karena kalo imitasi apalagi yg abal2 rentan bgt menimbulkan getaran,, btw kabel/tali tuas operan persneleng udah di cek bro?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
^^siiip om..... semoga permasalahan di mobil TS cepat selesai...... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: transmisi manual, ga bisa netral ga bisa mundur kenapa?
iya........ mudah2an cepat selesai........... tp yg ane binun, saat ganti plat kopling, kenapa dia ga ganti teman2nya sekalian yah.......... khan jadi 2 kali kerja............mandala1 wrote:^^siiip om..... semoga permasalahan di mobil TS cepat selesai......
