o/d (over drive) pada matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13
o/d (over drive) pada matic
mohon penjelasan teman2 dong cara kerjanya over drive di mobil matic itu apa ya?
kalo saya taunya cuma kalo o/d off tarikan lebih kenceng.
kalo on jadi agak lamban, tapi lebih irit bensinnya.
betul kah?
kalo saya taunya cuma kalo o/d off tarikan lebih kenceng.
kalo on jadi agak lamban, tapi lebih irit bensinnya.
betul kah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
Kalau ngak salah, overdrive artinya gigi matik akan sampai maximum gigi 3. Tidak akan naik ke gigi 4.
Thats why mesinnya bisa main di rpm lebih tinggi, more power, acceleration, dan tentu lebih boros !
Kalau saya, jarang sekali overdrivenya di off. Ngapain ? Sering macet, who needs the power.
Kecuali lagi maneuver galak di tol. Baru overdrivenya di off.
Kalau saya, lebih suka kickdown, gas tancap full, mobil langsung loncat ala Kijang di buru macan !
Thats why mesinnya bisa main di rpm lebih tinggi, more power, acceleration, dan tentu lebih boros !
Kalau saya, jarang sekali overdrivenya di off. Ngapain ? Sering macet, who needs the power.
Kecuali lagi maneuver galak di tol. Baru overdrivenya di off.
Kalau saya, lebih suka kickdown, gas tancap full, mobil langsung loncat ala Kijang di buru macan !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
uhauhauhuha iya saya sih pake d aja males ganti ganti tuas transmisi lagi hehehehe.
kecuali kalo steptronik biasanya main di S,itu tenaganya lebih optimal walaupun lebih boros,kalo ada yang nantangin langsung tancap aja.
kalo matik konvensional aja main di d aja heheheh ngak kuat kalo pindah pindah gigi ntar dikirain ngak biasa pake mobil metik uhauhauhauhuha
kecuali kalo steptronik biasanya main di S,itu tenaganya lebih optimal walaupun lebih boros,kalo ada yang nantangin langsung tancap aja.
kalo matik konvensional aja main di d aja heheheh ngak kuat kalo pindah pindah gigi ntar dikirain ngak biasa pake mobil metik uhauhauhauhuha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
Jangan remehkan matik jaman sekarang. Anda mungkin belum pernah coba kickdown. Try it. And watch the rpm rise to 5000 rpm ! Hear the engines roar ! Sudah mirip manual kan ? Masa rpm sudah ke 5000 rpm ngak cukup ? Mau ke 6500 rpm terus mesinnya jebol ?
Ya kalau ngak kickdown, shiftnya lebih cepat, demi fuel efficiency juga. Cuman ya tenaga kurang. Fair saja.
Ya kalau ngak kickdown, shiftnya lebih cepat, demi fuel efficiency juga. Cuman ya tenaga kurang. Fair saja.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Mar 24, 2005 9:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
Arti anda dari D ke D2 saat high speed ?
Worse come to the worst bung Joe Black, mobil mungkin akan decelerate dengan cepat, dan makanan siang anda langsung keluar dari perut ke mulut !.....
So don't try this at the roads..
For me, simple. Pakai D terus. Kecuali lagi manjat di puncak, atau turun gunung, perlu engine brake, baru masuk 2 atau L or 1.
Worse come to the worst bung Joe Black, mobil mungkin akan decelerate dengan cepat, dan makanan siang anda langsung keluar dari perut ke mulut !.....
So don't try this at the roads..
For me, simple. Pakai D terus. Kecuali lagi manjat di puncak, atau turun gunung, perlu engine brake, baru masuk 2 atau L or 1.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Bung Handling benar, untuk tarikan awal yang lebih kencang bisa gunakan D2, yang artinya hanya menggunakan 2 gigi, jadi untuk tiap gigi akan direvv sampai rpm lebih tinggi dari biasanya, sebelum shift up.
Sedangkan overdrive, bagusnya digunakan untuk engine brake, atau untuk menyalip ringan di tol. Jangan gunakan overdrive untuk menyalip di tanjakan, misalnya. Gunakan kickdown.
Dan bung Mpoezz, jika Anda selalu hanya menggunakan 'D', ketika mobil berhenti tetap sebaiknya dipindahkan ke 'N'. Jika pada posisi berhenti Anda tetap di D tapi menginjak rem, itu artinya jika di mobil manual, pada posisi berhenti Anda tetap berada pada posisi masuk gigi dan tetap menginjak penuh kopling ambil menginjak rem juga. Hal ini memperpendek umur kopling, rem, dan transmisi otomatis itu sendiri. Sebaiknya tidak diam pada posisi D selama lebih dari 20 detik.
Kesalahan penggunaan transmisi otomatis ini sangat lumrah terjadi karena people's ignorance yang menganggap cukup dimasukkan ke D saja sampai parkir lagi.
Sedangkan overdrive, bagusnya digunakan untuk engine brake, atau untuk menyalip ringan di tol. Jangan gunakan overdrive untuk menyalip di tanjakan, misalnya. Gunakan kickdown.
Dan bung Mpoezz, jika Anda selalu hanya menggunakan 'D', ketika mobil berhenti tetap sebaiknya dipindahkan ke 'N'. Jika pada posisi berhenti Anda tetap di D tapi menginjak rem, itu artinya jika di mobil manual, pada posisi berhenti Anda tetap berada pada posisi masuk gigi dan tetap menginjak penuh kopling ambil menginjak rem juga. Hal ini memperpendek umur kopling, rem, dan transmisi otomatis itu sendiri. Sebaiknya tidak diam pada posisi D selama lebih dari 20 detik.
Kesalahan penggunaan transmisi otomatis ini sangat lumrah terjadi karena people's ignorance yang menganggap cukup dimasukkan ke D saja sampai parkir lagi.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalo lagi jalan dari D2 ke D boleh,Joe_Black wrote:Mungkin ini pertanyaan bodoh : apa nggak ada efek negatifnya kalo melakukan perpindahan mode matic dari D2 ke D saat mesin berputar kencang ?
tapi kalo dari D ke D2 boleh saja, tapi HATI-HATI, jangan pada saat rpm tinggi, karena akan merusak gigi, karena putaran mesin akan melonjak secara tiba2 . Disaran kan dilakukan pada rpm rendah.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Mar 24, 2005 9:19
Bung Handling dkk,
Thank's untuk penjelasannya.
Corolla Altis kalo nggak salah ada D1-3.. bisa jadi mirip trip/steptronik dong ?
Thank's untuk penjelasannya.
Corolla Altis kalo nggak salah ada D1-3.. bisa jadi mirip trip/steptronik dong ?
Bung Conan, apa ini berhubungan dgn kemampuan penggunaan O/D yang kurang signifikan dalam power dibanding jika pakai D2 ? Atau ada alasan lain ?Jangan gunakan overdrive untuk menyalip di tanjakan, misalnya. Gunakan kickdown.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@bung joeblack.
pada saat mode od on:
> bisa terjadi kemungkinan (tergantung kecepatan)sebelum nyalip posisi gigi yang dipake adalah gigi 4, pada saat kita kick down, gigi akan berpindah dari 4 k3 3. Nah sedangkan gigi 3 kan masih belum cukup kuat untuk memberikan respon tenaga yang besar untuk menyalip.
Nah kalo pas sebelum nyalip posisi gigi berada di gigi 3 , ini akan lebih bagus. Soalnya pas kita kick down gigi akan beralih ke gigi 2. nah kalo gigi 2 kan powernya lebih besar dari gigi 3. otomatis hentakan nya juga lebih enak.
Cuman kita kan repot pas mau nyalip mesti pikirin dulu kita lagi aktif di gigi 4 atau 3...malah jadi bahaya gak konsen lagi.
> Pada saat mode OD off, posisi gigi bisa jadi di 3 atau 2, nah pada saat kita kick down, gigi akan berpindah dari 3 ke 2 atau dari gigi 2 ke 1. Otomatis power nya juga lebih enak.
Mungkin ada yang bisa menambahkan....
pada saat mode od on:
> bisa terjadi kemungkinan (tergantung kecepatan)sebelum nyalip posisi gigi yang dipake adalah gigi 4, pada saat kita kick down, gigi akan berpindah dari 4 k3 3. Nah sedangkan gigi 3 kan masih belum cukup kuat untuk memberikan respon tenaga yang besar untuk menyalip.
Nah kalo pas sebelum nyalip posisi gigi berada di gigi 3 , ini akan lebih bagus. Soalnya pas kita kick down gigi akan beralih ke gigi 2. nah kalo gigi 2 kan powernya lebih besar dari gigi 3. otomatis hentakan nya juga lebih enak.
Cuman kita kan repot pas mau nyalip mesti pikirin dulu kita lagi aktif di gigi 4 atau 3...malah jadi bahaya gak konsen lagi.
> Pada saat mode OD off, posisi gigi bisa jadi di 3 atau 2, nah pada saat kita kick down, gigi akan berpindah dari 3 ke 2 atau dari gigi 2 ke 1. Otomatis power nya juga lebih enak.
Mungkin ada yang bisa menambahkan....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Betul, bung Joe_Black. Dan bung Handling sudah memberikan penjelasan yang tepat. Kalau boleh, aku tambahkan sedikit lagi, sekaligus menjawab pertanyaan Anda yang satu lagi :Joe_Black wrote:conan wrote:Jangan gunakan overdrive untuk menyalip di tanjakan, misalnya. Gunakan kickdown.
Bung Conan, apa ini berhubungan dgn kemampuan penggunaan O/D yang kurang signifikan dalam power dibanding jika pakai D2 ? Atau ada alasan lain ?
Fungsi D1, D2, D3 dan overdrive pada automatic transmission biasa berbeda secara prinsip dengan fungsi memindahkan gigi automatic pada automatic transmission tiptronic.Joe_Black wrote:Corolla Altis kalo nggak salah ada D1-3.. bisa jadi mirip trip/steptronik dong ?
Btw, Overdrive = D3 pada sistem 4AT, dan sama dengan 'D4' (Rasanya tidak ada 'D4') pada sistem 5AT.
Fungsi D1, D2, D3 dan OD yaitu membatasi jumlah gigi yang digunakan, dengan kata lain mengubah batas gigi tertinggi yang digunakan. Misalnya pada D3, gigi tertinggi adalah gigi 3 dan tidak bisa naik lagi ke gigi 4.
Karenanya, tidak berarti jika kita memindahkan tuas ke D3, akan serta merta gigi berpindah ke gigi 3. Misalnya, jika kita sedang menggunakan D pada posisi gigi 3, memindahkan tuas ke D3 tidak mengakibatkan perubahan apapun, tidak ada penurunan gigi. Juga ketika kita berada di gigi 2, memindahkan tuas dari D ke D3 tidak akan merasakan apa2.
Karena itu pula, Overdrive baru terasa jika kita sedang berada pada posisi gigi tertinggi, seperti D2 baru terasa jika kita sedang berada di gigi 3, dsb.
Tapi bukan berarti, D2 untuk digunakan pada saat kita berada di posisi gigi 3, misalnya. Karena berbeda dengan tiptronic, sistem AT biasa tidak dirancang supaya kita bisa memindahkan gigi secara manual (paksa). Gunakan kickdown untuk menurunkan gigi, dan gunakan D2 jika Anda tidak mau berpindah sampai gigi 3, dan D3 jika tidak mau berpindah sampai gigi 4, dst.
Mengapa aku mengatakan, jangan gunakan Overdrive untuk menyalip pada tanjakan? Jika Anda menggunakan mobil manual, ketika di tanjakan memindahkan gigi dari gigi 5 ke gigi 4 untuk menyalip tentu tidak terasa artinya, kan? Dan rasanya tidak mungkin berada pada posisi gigi tertinggi ketika sedang menanjak. Dan karena di tanjakan RPM mesin cenderung tinggi, lebih baik gunakan kickdown agar transmisi menurunkan gigi dengan sendiri, daripada kita paksakan dengan D2. Karena AT biasa bukan tiptronic.
Aku mengatakan jangan menyalip dengan Overdrive di tanjakan, tapi bukan berarti tidak boleh menggunakan Overdrive di tanjakan. Misalnya pada sistem 4AT, jika menggunakan Overdrive On berarti hanya menggunakan 3 gigi dan untuk tiap gigi batas RPM sebelum berpindah gigi akan lebih tinggi, jadi mobil AT akan terasa lebih bertenaga dan walaupun lebih boros sedikit, mode 'Overdrive Off' berguna untuk di tanjakan.
Sedangkan pada tiptronic, fungsi memindahkan gigi AT secara manual langsung memindahkan gigi ke gigi yang dimasukkan. Misal kita sedang berada pada gigi 5 dan menurunkan gigi dengan (-) sebanyak dua kali, gigi akan turun ke gigi 4 lalu ke gigi 3. Atau jika kita menekan (-) dua kali dengan cukup cepat, gigi bisa berpindah dari 5 langsung ke gigi 3.
Dan jika kita sedang berada pada gigi 3 misalnya, menekan (+) akan serta-merta menaikkan gigi ke gigi 4, jika RPM awal dirasakan cukup oleh sistem tiptronicnya (biasanya, computer akan interfere dan mencegah shifting up pada RPM rendah).
Tapi sistem AT biasa tidak dirancang seperti halnya tiptronic, jadi sebaiknya jangan memindahkan gigi secara paksa seperti memasukkan tuas ke D2 dari posisi gigi 3 dengan RPM tinggi. Lebih baik tahan dan jika dirasa perlu, sistem AT akan turun sendiri ke gigi 2. Sekali lagi, gunakan kickdown untuk menurunkan gigi dan baru gunakan D2 atau D3 jika hendak membatasi gigi tertinggi di gigi tertentu (biasanya untuk menanjak).
Dan karena fungsi Overdrive Off adalah sama saja dengan D(gigi tertinggi minus satu), gunakan Overdrive untuk :
- Engine braking jika dalam posisi gigi tertinggi.
- Mengemudi agresif (lebih bertenaga) misalnya di tanjakan atau hendak menyalip di tol.
Semoga penjelasan ini bisa membantu.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
oh iya nambah in jangan sekali kali waktu tuas di netral dan gas di injek (rpm nya tinggi) langsung dimasukin ke D keren sih keren bisa spin tapi sebentar aja matic nya jebol heheheheeh.
biasa nya dilakukan ama anak anak muda yang pengen gaya gaya an.temen saya juga pernah coba 1 kali di new accord nya bisa spin katanya.abis saya bilangin ngak pernah lagi takut jebol katanya
biasa nya dilakukan ama anak anak muda yang pengen gaya gaya an.temen saya juga pernah coba 1 kali di new accord nya bisa spin katanya.abis saya bilangin ngak pernah lagi takut jebol katanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalo matic yang powernya besar, gak perlu rpm besar sebelum beralih ke D, utk membuat roda spin.mpoezz wrote:oh iya nambah in jangan sekali kali waktu tuas di netral dan gas di injek (rpm nya tinggi) langsung dimasukin ke D keren sih keren bisa spin tapi sebentar aja matic nya jebol heheheheeh.
Cukup posisikan ke D, trus injek gas mendadak sampe mentok juga langsung spin sebentar.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09