Kemudi terlalu ringan ?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

v4lhalla
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri May 29, 2009 18:41

Kemudi terlalu ringan ?

Post by v4lhalla »

allow all.. mo sedikit tanya nih
saya baru dapet Vios 2004 second.. dah sempet ganti shock depan (pake kayaba excel g), ban 4-4 nya (pake Turanza 185/55 R15) + spooring balance.
nah pas di atas 100 km/jam koq rasanya agak aneh ya kemudi saya.. handlingnya masih tetep enteng, trus terkadang mesti dikoreksi sedikit (agak ngebuang)..
bukannya kl kecepatan makin tinggi, kemudi harusnya terasa lebih berat ?

mungkin ada yang bisa bantu ? thanks banget


v4lhalla-
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

allo juga bro.........
ane coba jawab yah........

klo kecepatan di bawah 100, bearti normal yah....... klo gitu langkah pertama adalah coba nt periksa ulang tekanan anginnya, mungkin terlalu kencang, coba kurangi misalkan pake tekanan 30 atau 32.........(liat spesifikasi dari bannya yah)...
kedua, coba tanyakan ke tukang spooring, biasanya mereka bisa stel agar kemudi bisa sedikit lbh berat, tp konsekuensinya pada kecepatan rendah juga lbh berat dari sekarang....

Klo pada kecepatan tinggi kemudi jadi ringan, klo ga salah itu ada sensor atau alat khusus deh, tp ane lupa namanya n ga setiap mbl ada sensor spt itu, jadi nampaknya nt harus membiasakan diri dg keadaan di mbl nt yg baru tsb.....

Smoga membantu... :e-whistle:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by DOHC »

vios yg seri awal2 itu uda EPS blom yah ?? tapi kalo denger crita dari TS sigh kayanya blom, soalnya katanya enteng terus... kalo ngebuang, coba di cek dulu bro rem nya, siapa tau macet... dulu mobil ane jg perna gt, kalo jalan ngebuang, di rem ngebuang... ga taunya rem ada macet...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by Diki_Oke_Deh »

pengen lebih berat. bisa di stel kok. bawa ke bengkel .. cuma 5 menit beres.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

DOHC wrote:vios yg seri awal2 itu uda EPS blom yah ?? tapi kalo denger crita dari TS sigh kayanya blom, soalnya katanya enteng terus... kalo ngebuang, coba di cek dulu bro rem nya, siapa tau macet... dulu mobil ane jg perna gt, kalo jalan ngebuang, di rem ngebuang... ga taunya rem ada macet...
nampaknya bukan remnya deh, krn TS nya khan bilang klo lagi jalan ngebuang, bukan saat di rem................. :frm_bang_head:
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by Good_boy86 »

Diki_Oke_Deh wrote:pengen lebih berat. bisa di stel kok. bawa ke bengkel .. cuma 5 menit beres.
sepertinya sekarang ga bisa semua mobil di stel. apalagi yg eps
gw kemarin tanya di tempat langganan spooring soalnya.
thx. CMIIW
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by y_anjasrana »

Kalu pingin lebih berat, pakai supir... Berat di dompet kali yaa... :upss:

Kalu beneran ingin lebih berat, ganti ban yg tapaknya lebih lebar. Kalu sekarang pakai 185, ganti yg 195 atau 225 sekalian (kalau muat ya...). Efeknya pasti lebih berat. Cuma otomatis saat jalan pelanpun bakal lebih berat. Namun positifnya mobil lebih stabil.

:big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Kalu pingin lebih berat, pakai supir... Berat di dompet kali yaa... :upss:

Kalu beneran ingin lebih berat, ganti ban yg tapaknya lebih lebar. Kalu sekarang pakai 185, ganti yg 195 atau 225 sekalian (kalau muat ya...). Efeknya pasti lebih berat. Cuma otomatis saat jalan pelanpun bakal lebih berat. Namun positifnya mobil lebih stabil.

:big_peace:
klo pake supir dah pasti lbh berat................ dompetnye.............. hahaha..... :frm_bang_head:


Harus diingat pula, dg pemakaian ban dg tapak yg lbh lebar akan mengakibatkan laher roda akan menjadi lbh berat kerjanya, shg akan cepat aus....................... :frm_bang_head:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by m4rio »

kalo ngebuang ya harus di spooring itu gk ada jalan lain. kecuali kalo sebelumnya pernah tabrakan arah tuh mobil,jadi di spooring pun juga bakal tetep ngebuang tuh. :big_peace:
iya tuh, mank kalo normalnya power steering kalo kendaraan di kecepatan tinggi musti jadi berat karena di dalam motor power sterring terdapat control spool yang bertugas mengatur debit minyak power stering menuju ke steering gear box, sehingga kemudi terasa berat.

kalo yang di setel ke bengkel jadi berat kan itu di setel kerapatan antara racknya di dalam sterring gear box, kalo cara ini mah ane gk setuju bgt dah.

kalo setelan spooring yang menyetel berat atau enteng kemudi itu kalo gk salah namanya CAMBER ya? (koreksi donk kalo salah) sehinga di bikin pemukaan ban yang menapak di jalan itu hanya sedikit saja, dan otomatis setir akan ringan den, begitu juga sebaliknya kalo di beratin. :big_peace: :big_smoking:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

^^
setuju.........

setuju juga..

nampaknya benar, tp ane ga tau istilahnya........... krn biasanya ane tinggal bilang aja, klo stirnya jangan terlalu enteng, trus ama tukang spooringnya disetel deh.................. :e-whistle:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by m4rio »

mau EPS atau kgk, power stering bisa otomatis berat juga kalao kecepatan tinggi hal ini untuk safety kalau di type hydraulic itu ada mekanisme control valve untuk menstabilkan tekanan minyak rem tidak terlalu tunggi pada saat idle dan kecepatan tinggi, dan control spool valve untuk keadaan yang abnormal pada power stering seperti belok patah, dll maka control spool akan membocorkan fluida yang akan ke stering gear box kembali ke reservoir. maaf kalau ada salah tulis mohn koreksinya) :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

^^
nampaknya dah benar bro........... tengkyu neh.............. :frm_tumbright:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by m4rio »

bener gimana maksudnya bro sjamsul???? :e-think:
v4lhalla
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri May 29, 2009 18:41

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by v4lhalla »

barusan saya ke Auto2k trus sempet tanya2 masalah stir ini.. dia bilang coba spooring dulu aja pada intinya. soalnya power steering itu ga bisa diapa2in (bisa tapi terlalu riskan, entah diapain.. kurang ngerti ^^ ).

thanks buat yg bantu, nanti saya coba spooring sama cek tekanan angin dulu..
ada yang tau tempat spooring yg ok di bekasi ?

thanks lg
User avatar
runde_runde
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Tue Apr 28, 2009 5:45

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by runde_runde »

SX4 CKD ane blum ada EPS,,
kalo bwat belok" geto lumayan berat,dibanding sedan..
tapi kalo udah kenceng,anteng banget dah tuh setir,gag kemana"..
hehehehe.. :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

m4rio wrote:bener gimana maksudnya bro sjamsul???? :e-think:
maksudnya penjelasan nt dah bener n ane bisa mengerti, krn ane ga tau ampe detail, cuma tau klo di kecepatan tertentu stir agak sdikit berat....... :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

v4lhalla wrote:
thanks buat yg bantu, nanti saya coba spooring sama cek tekanan angin dulu..
ada yang tau tempat spooring yg ok di bekasi ?

thanks lg
klo di jakarta barat ane tau bro, namanya 'botak seng' (ane pernah tulis, tp lupa di thread mana neh).................. klo di bekasi ane ga tau bro...........

smoga membantu............ :big_peace:
User avatar
runde_runde
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Tue Apr 28, 2009 5:45

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by runde_runde »

btw,,

mas bro sekalian..

kalo EPS ntu keseringan muter setir patah dengan kasar ntu ada resiko bocor juga gag,kaya power stering konvensional geto?? :e-think:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

runde_runde wrote:btw,,

mas bro sekalian..

kalo EPS ntu keseringan muter setir patah dengan kasar ntu ada resiko bocor juga gag,kaya power stering konvensional geto?? :e-think:
klo pakenya kasar, secara otomatis akan cepat rusak, tp ane ga tau apakah yg rusak itu bagian ps nya apa bukan, yg pasti klo pake mbl usahakan jangan kasar2.................

Yg ane tau, klo ps mo awet.......... saat idupin mesin, posisi roda depan kendaraan sebaiknya lurus, jangan miring ke kanan atau ke kiri..................... klo keseringan akan membuat ps akan cepat rusak terutama di seal2nya.............. :frm_bang_head:
User avatar
runde_runde
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Tue Apr 28, 2009 5:45

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by runde_runde »

Owh,,
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??

hehehe,sory banyak nanya.. :mrgreen:
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by lonesnake »

runde_runde wrote:Owh,,
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??

hehehe,sory banyak nanya.. :mrgreen:

Pertama2x salam kenal bro, mobil anda SX4 memakai EPS untuk sistem power steeringnya, sedangkan maintenance yang harus dilakukan adalah selain service berkala secara rutin juga harus melakukan spooring balancing untuk roda2xnya.

Kalo EPSnya nggak ada maintenancenya kok dan tidak ada minyaknya
pls CMIIW :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kemudi terlalu ringan ?

Post by sjamsul »

runde_runde wrote:Owh,,
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??

hehehe,sory banyak nanya.. :mrgreen:
klo ampe rusak,khan mesti ganti spare parts nya, nah ane ga tau neh harga spare parts nya.......... mungkin bisa nt tanyakan ke bro mandala, mungkin dia bisa kasih saran.................. :e-whistle: