Kemudi terlalu ringan ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri May 29, 2009 18:41
Kemudi terlalu ringan ?
allow all.. mo sedikit tanya nih
saya baru dapet Vios 2004 second.. dah sempet ganti shock depan (pake kayaba excel g), ban 4-4 nya (pake Turanza 185/55 R15) + spooring balance.
nah pas di atas 100 km/jam koq rasanya agak aneh ya kemudi saya.. handlingnya masih tetep enteng, trus terkadang mesti dikoreksi sedikit (agak ngebuang)..
bukannya kl kecepatan makin tinggi, kemudi harusnya terasa lebih berat ?
mungkin ada yang bisa bantu ? thanks banget
v4lhalla-
saya baru dapet Vios 2004 second.. dah sempet ganti shock depan (pake kayaba excel g), ban 4-4 nya (pake Turanza 185/55 R15) + spooring balance.
nah pas di atas 100 km/jam koq rasanya agak aneh ya kemudi saya.. handlingnya masih tetep enteng, trus terkadang mesti dikoreksi sedikit (agak ngebuang)..
bukannya kl kecepatan makin tinggi, kemudi harusnya terasa lebih berat ?
mungkin ada yang bisa bantu ? thanks banget
v4lhalla-
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
allo juga bro.........
ane coba jawab yah........
klo kecepatan di bawah 100, bearti normal yah....... klo gitu langkah pertama adalah coba nt periksa ulang tekanan anginnya, mungkin terlalu kencang, coba kurangi misalkan pake tekanan 30 atau 32.........(liat spesifikasi dari bannya yah)...
kedua, coba tanyakan ke tukang spooring, biasanya mereka bisa stel agar kemudi bisa sedikit lbh berat, tp konsekuensinya pada kecepatan rendah juga lbh berat dari sekarang....
Klo pada kecepatan tinggi kemudi jadi ringan, klo ga salah itu ada sensor atau alat khusus deh, tp ane lupa namanya n ga setiap mbl ada sensor spt itu, jadi nampaknya nt harus membiasakan diri dg keadaan di mbl nt yg baru tsb.....
Smoga membantu...
ane coba jawab yah........
klo kecepatan di bawah 100, bearti normal yah....... klo gitu langkah pertama adalah coba nt periksa ulang tekanan anginnya, mungkin terlalu kencang, coba kurangi misalkan pake tekanan 30 atau 32.........(liat spesifikasi dari bannya yah)...
kedua, coba tanyakan ke tukang spooring, biasanya mereka bisa stel agar kemudi bisa sedikit lbh berat, tp konsekuensinya pada kecepatan rendah juga lbh berat dari sekarang....
Klo pada kecepatan tinggi kemudi jadi ringan, klo ga salah itu ada sensor atau alat khusus deh, tp ane lupa namanya n ga setiap mbl ada sensor spt itu, jadi nampaknya nt harus membiasakan diri dg keadaan di mbl nt yg baru tsb.....
Smoga membantu...

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kemudi terlalu ringan ?
vios yg seri awal2 itu uda EPS blom yah ?? tapi kalo denger crita dari TS sigh kayanya blom, soalnya katanya enteng terus... kalo ngebuang, coba di cek dulu bro rem nya, siapa tau macet... dulu mobil ane jg perna gt, kalo jalan ngebuang, di rem ngebuang... ga taunya rem ada macet...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Kemudi terlalu ringan ?
pengen lebih berat. bisa di stel kok. bawa ke bengkel .. cuma 5 menit beres.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
nampaknya bukan remnya deh, krn TS nya khan bilang klo lagi jalan ngebuang, bukan saat di rem.................DOHC wrote:vios yg seri awal2 itu uda EPS blom yah ?? tapi kalo denger crita dari TS sigh kayanya blom, soalnya katanya enteng terus... kalo ngebuang, coba di cek dulu bro rem nya, siapa tau macet... dulu mobil ane jg perna gt, kalo jalan ngebuang, di rem ngebuang... ga taunya rem ada macet...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: Kemudi terlalu ringan ?
sepertinya sekarang ga bisa semua mobil di stel. apalagi yg epsDiki_Oke_Deh wrote:pengen lebih berat. bisa di stel kok. bawa ke bengkel .. cuma 5 menit beres.
gw kemarin tanya di tempat langganan spooring soalnya.
thx. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kemudi terlalu ringan ?
Kalu pingin lebih berat, pakai supir... Berat di dompet kali yaa...
Kalu beneran ingin lebih berat, ganti ban yg tapaknya lebih lebar. Kalu sekarang pakai 185, ganti yg 195 atau 225 sekalian (kalau muat ya...). Efeknya pasti lebih berat. Cuma otomatis saat jalan pelanpun bakal lebih berat. Namun positifnya mobil lebih stabil.


Kalu beneran ingin lebih berat, ganti ban yg tapaknya lebih lebar. Kalu sekarang pakai 185, ganti yg 195 atau 225 sekalian (kalau muat ya...). Efeknya pasti lebih berat. Cuma otomatis saat jalan pelanpun bakal lebih berat. Namun positifnya mobil lebih stabil.

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
klo pake supir dah pasti lbh berat................ dompetnye.............. hahaha.....y_anjasrana wrote:Kalu pingin lebih berat, pakai supir... Berat di dompet kali yaa...![]()
Kalu beneran ingin lebih berat, ganti ban yg tapaknya lebih lebar. Kalu sekarang pakai 185, ganti yg 195 atau 225 sekalian (kalau muat ya...). Efeknya pasti lebih berat. Cuma otomatis saat jalan pelanpun bakal lebih berat. Namun positifnya mobil lebih stabil.

Harus diingat pula, dg pemakaian ban dg tapak yg lbh lebar akan mengakibatkan laher roda akan menjadi lbh berat kerjanya, shg akan cepat aus.......................

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Kemudi terlalu ringan ?
kalo ngebuang ya harus di spooring itu gk ada jalan lain. kecuali kalo sebelumnya pernah tabrakan arah tuh mobil,jadi di spooring pun juga bakal tetep ngebuang tuh.
iya tuh, mank kalo normalnya power steering kalo kendaraan di kecepatan tinggi musti jadi berat karena di dalam motor power sterring terdapat control spool yang bertugas mengatur debit minyak power stering menuju ke steering gear box, sehingga kemudi terasa berat.
kalo yang di setel ke bengkel jadi berat kan itu di setel kerapatan antara racknya di dalam sterring gear box, kalo cara ini mah ane gk setuju bgt dah.
kalo setelan spooring yang menyetel berat atau enteng kemudi itu kalo gk salah namanya CAMBER ya? (koreksi donk kalo salah) sehinga di bikin pemukaan ban yang menapak di jalan itu hanya sedikit saja, dan otomatis setir akan ringan den, begitu juga sebaliknya kalo di beratin.


iya tuh, mank kalo normalnya power steering kalo kendaraan di kecepatan tinggi musti jadi berat karena di dalam motor power sterring terdapat control spool yang bertugas mengatur debit minyak power stering menuju ke steering gear box, sehingga kemudi terasa berat.
kalo yang di setel ke bengkel jadi berat kan itu di setel kerapatan antara racknya di dalam sterring gear box, kalo cara ini mah ane gk setuju bgt dah.
kalo setelan spooring yang menyetel berat atau enteng kemudi itu kalo gk salah namanya CAMBER ya? (koreksi donk kalo salah) sehinga di bikin pemukaan ban yang menapak di jalan itu hanya sedikit saja, dan otomatis setir akan ringan den, begitu juga sebaliknya kalo di beratin.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
^^
setuju.........
setuju juga..
nampaknya benar, tp ane ga tau istilahnya........... krn biasanya ane tinggal bilang aja, klo stirnya jangan terlalu enteng, trus ama tukang spooringnya disetel deh..................
setuju.........
setuju juga..
nampaknya benar, tp ane ga tau istilahnya........... krn biasanya ane tinggal bilang aja, klo stirnya jangan terlalu enteng, trus ama tukang spooringnya disetel deh..................

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Kemudi terlalu ringan ?
mau EPS atau kgk, power stering bisa otomatis berat juga kalao kecepatan tinggi hal ini untuk safety kalau di type hydraulic itu ada mekanisme control valve untuk menstabilkan tekanan minyak rem tidak terlalu tunggi pada saat idle dan kecepatan tinggi, dan control spool valve untuk keadaan yang abnormal pada power stering seperti belok patah, dll maka control spool akan membocorkan fluida yang akan ke stering gear box kembali ke reservoir. maaf kalau ada salah tulis mohn koreksinya) 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
^^
nampaknya dah benar bro........... tengkyu neh..............
nampaknya dah benar bro........... tengkyu neh..............

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Kemudi terlalu ringan ?
bener gimana maksudnya bro sjamsul???? 

-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri May 29, 2009 18:41
Re: Kemudi terlalu ringan ?
barusan saya ke Auto2k trus sempet tanya2 masalah stir ini.. dia bilang coba spooring dulu aja pada intinya. soalnya power steering itu ga bisa diapa2in (bisa tapi terlalu riskan, entah diapain.. kurang ngerti ^^ ).
thanks buat yg bantu, nanti saya coba spooring sama cek tekanan angin dulu..
ada yang tau tempat spooring yg ok di bekasi ?
thanks lg
thanks buat yg bantu, nanti saya coba spooring sama cek tekanan angin dulu..
ada yang tau tempat spooring yg ok di bekasi ?
thanks lg
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Apr 28, 2009 5:45
Re: Kemudi terlalu ringan ?
SX4 CKD ane blum ada EPS,,
kalo bwat belok" geto lumayan berat,dibanding sedan..
tapi kalo udah kenceng,anteng banget dah tuh setir,gag kemana"..
hehehehe..
kalo bwat belok" geto lumayan berat,dibanding sedan..
tapi kalo udah kenceng,anteng banget dah tuh setir,gag kemana"..
hehehehe..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
maksudnya penjelasan nt dah bener n ane bisa mengerti, krn ane ga tau ampe detail, cuma tau klo di kecepatan tertentu stir agak sdikit berat.......m4rio wrote:bener gimana maksudnya bro sjamsul????

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
klo di jakarta barat ane tau bro, namanya 'botak seng' (ane pernah tulis, tp lupa di thread mana neh).................. klo di bekasi ane ga tau bro...........v4lhalla wrote:
thanks buat yg bantu, nanti saya coba spooring sama cek tekanan angin dulu..
ada yang tau tempat spooring yg ok di bekasi ?
thanks lg
smoga membantu............

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Apr 28, 2009 5:45
Re: Kemudi terlalu ringan ?
btw,,
mas bro sekalian..
kalo EPS ntu keseringan muter setir patah dengan kasar ntu ada resiko bocor juga gag,kaya power stering konvensional geto??
mas bro sekalian..
kalo EPS ntu keseringan muter setir patah dengan kasar ntu ada resiko bocor juga gag,kaya power stering konvensional geto??

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
klo pakenya kasar, secara otomatis akan cepat rusak, tp ane ga tau apakah yg rusak itu bagian ps nya apa bukan, yg pasti klo pake mbl usahakan jangan kasar2.................runde_runde wrote:btw,,
mas bro sekalian..
kalo EPS ntu keseringan muter setir patah dengan kasar ntu ada resiko bocor juga gag,kaya power stering konvensional geto??
Yg ane tau, klo ps mo awet.......... saat idupin mesin, posisi roda depan kendaraan sebaiknya lurus, jangan miring ke kanan atau ke kiri..................... klo keseringan akan membuat ps akan cepat rusak terutama di seal2nya..............

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Apr 28, 2009 5:45
Re: Kemudi terlalu ringan ?
Owh,,
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??
hehehe,sory banyak nanya..
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??
hehehe,sory banyak nanya..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Kemudi terlalu ringan ?
runde_runde wrote:Owh,,
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??
hehehe,sory banyak nanya..
Pertama2x salam kenal bro, mobil anda SX4 memakai EPS untuk sistem power steeringnya, sedangkan maintenance yang harus dilakukan adalah selain service berkala secara rutin juga harus melakukan spooring balancing untuk roda2xnya.
Kalo EPSnya nggak ada maintenancenya kok dan tidak ada minyaknya
pls CMIIW

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kemudi terlalu ringan ?
klo ampe rusak,khan mesti ganti spare parts nya, nah ane ga tau neh harga spare parts nya.......... mungkin bisa nt tanyakan ke bro mandala, mungkin dia bisa kasih saran..................runde_runde wrote:Owh,,
begitu toh om sjam,trus kalo biaya maintenancenya sendiri jauh mahal mana tuh kalo mpe rusak??
hehehe,sory banyak nanya..
