€lj€p€ wrote:Rasanya kita pernah ngobrol soal type mobil yang dipakai rally. Pada waktu itu saya tanya.. dasarnya apa kok bisa disebut Pajero / Touareg / Lancer dsb-2...
Kalau tidak salah, di Rally seperti Dakar.. ada klasifikasi T-1,T-2,T-3.. dimana masing-2 artinya jumlah produksi masal / dijual untuk umum... jadi yang paling sedikit dijual untuk umum ya artinya betul-2 full spek untuk rally.
Nah masalah istilah "titisan" mungkin hanya dalam arti "engineering" misalnya... bobot sekian, wheel base sekian, sudut kemiringan shock absorber, titik berat mesin... tapi kalau soal kualitas... beda sekali lah.. pasti yang digunakan di rally bukan barang-2 off-the-shelf....
kalo tanya tipe mobil rally khususnya yang di dakar, ane kurang tahu juga pak uwo.. soalnya dengan mobil productionnya sudah 1-2000.. jauh banget bedanya..
tapi yang ane tahu nih, tahun 80-an, pajero masih pake mobil production.. bukan mobil khusus rally.. sepertinya team pabrikan juga pake mobil production seperti citroen dan peugeout.
klasifikasi ane juga masih cari2 nih.. atas dasar apanya gitu...
kalo titisan, mungkin teknologi yang dikembangkan di rally, mereka bawa ke production car.
kalo mitsu sih, ngakunya teknologi MATT nya dikembangin dari dakar dan WRC..
kalo ane perhatiiin nih, teknologi baru itu awalnya ada di laboratorium atau kampus dulu... baru 3-10 thn diterapin di mobil khusus/prototipe/racing/militer.. setelah itu baru masuk ke production sekitar 7-20 thn kemudian.. setelah teknologi itu ekonomis...
rally, racing merupakan lab berjalan para produsen teknologi otomotif... mereka bisa research, campaign dan promosi di bisnis itu...
just 1 cent
