Everthing about ignition!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Regen
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 24, 2005 19:16

Everthing about ignition!

Post by Regen »

Hello, gwe member baru nih...
BTW apa sih bedanya CDI biasa, ignition module, dan programmable CDI? Apa iya CDI 2 tak gak bisa dipake ke 4 tak (& sebaliknya)? Trus seandainya gwe beli CDI spek balap, apa kabel + socket-nya udah pasti cocok ke motor gwe?Seberapa besar pengaruhnya? Hal2 apa aja yg hrs diperhatiin? Thank's
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

CMIIW ya.......

Semua CDI (baik standar & racing) punya spesifikasi khusus untuk motor tertentu. Jadi sebuah CDI tidak bisa dipakai untuk semua motor.
CDI racing juga sudah di 'program' sedemikian rupa sehingga powerband sebuah motor bisa di'rekayasa' sesuai dengan kebutuhan.

CDI racing biasanya juga membuka RPM limiter, sehingga motor bisa di geber ke RPM lebih tinggi. Tapi hal ini juga bisa membuat mesin jebol karena RPM terlalu tinggi. Jadi kita tetap harus mengetahui batas yang bisa digeber oleh motor tersebut.

Mungkin bro Crash bisa menambah / koreksi posting saya ini. Bro Crash lebih ahli di soal ginian kok.....:D
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Regen wrote:Hello, gwe member baru nih...
Welcome to the forum, bro Regen. Kita di sini nggak ada yang nggigit, kok. Jadi, kalau ada pertanyaan, lontarkan saja. Kalau ada yang mau dikasih tahu atau mau jawab, jangan malu2.
Regen wrote:BTW apa sih bedanya CDI biasa, ignition module, dan programmable CDI?
Semua motor yang udah nggak pakai platina itu ya pakai CDI. Yang biasa, mungkin maksudnya yang standar, ya pokoknya yang nempel aja di motor standar. Biasanya air/fuel ratio juga dibikin sangat rich untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar yang bervariasi.

Ignition Module: Wah, bingung nih. CMIIW, tapi menurut saya CDI itu ya merupakan ignition module.

Kalo programmable CDI, ya itu CDI yang bisa dirubah2 settingnya dengan software. Kalau yang nggak bisa dirubah ya hanya sekali setting dari si pembuat dan harus terima begitu saja. Hanya saja, nggak banyak orang di Indo yang bisa setting CDI. Belum lagi untuk mendapat hasil yang optimal, ini perlu proses coba2 yang banyak.
Regen wrote:Apa iya CDI 2 tak gak bisa dipake ke 4 tak (& sebaliknya)?
Udah pasti nggak bisa. MOtor 4 tak yang satu dengan yang lain aja belum tentu bisa.
Regen wrote:Trus seandainya gwe beli CDI spek balap, apa kabel + socket-nya udah pasti cocok ke motor gwe?
Ada yang iya, dan ada yang nggak. Punya BRT (promosi nih, ceritanya), tinggal plug and play. Kalau HRC yang saya pasang di motor saya harus pakai wiring harness baru dan seabreg peralatan lain, walau benernya bisa kita akal2in (not recommended kecuali kalo bener2 yakin, motor gue pernah mogok pas sebelum balap karena kabelnya salah nyambung ke bank angle sensor)
Regen wrote:Seberapa besar pengaruhnya? Hal2 apa aja yg hrs diperhatiin? Thank's
Pengaruhnya? Tergantung merek dan modifikasi yang sudah dilakukan pada motor. Yang harus diperhatiin ya banyak. Namun biasanya air/fuel jangan sampai terlalu lean. Nanti bisa overheat tuh motor.

My 2 cents worth.
Image
Regen
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 24, 2005 19:16

Post by Regen »

om crash...cdi HRC-nya dipake buat mtr apa tuh? setau saya HRC kan produknya spesifik, gak da yg universal
Regen
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 24, 2005 19:16

Post by Regen »

Kalau HRC yang saya pasang di motor saya...
om crash...cdi HRC-nya dipake buat mtr apa tuh? setau saya HRC kan produknya spesifik (khusus HONDA dan varian tertentu), gak da yg universal. Emang bisa ya dituker2 gitu, kan masing2 mtr beda timing pengapian? Oo iya, kerasa nggak tarikannya pas ganti cdi HRC?
...harus pakai wiring harness baru dan seabreg peralatan lain,...
apa aja tuh seabreg peralatan lain nya? wiring harness+koil+magnet+sepul bukan? Oo iya, ngomong2 CMIIW tu apa sih?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

cmiiw itu kalo ngak salah Correct Me If I am Wrong
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

cmiiw itu kalo ngak salah Correct Me If I am Wrong
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Regen wrote:om crash...cdi HRC-nya dipake buat mtr apa tuh? setau saya HRC kan produknya spesifik (khusus HONDA dan varian tertentu), gak da yg universal. Emang bisa ya dituker2 gitu, kan masing2 mtr beda timing pengapian? Oo iya, kerasa nggak tarikannya pas ganti cdi HRC?
HRC-nya saya pakai di Honda CBR600RR tahun 2003. Dan bro Regen benar, nggak bisa ditukar2 kayak Power Commander atau Dynojet Jet Kit (Spuyer dkk.)

Kalo masalah tarikan, so pasti kerasa. Cuma, powerbandnya geser dari 7.000-13.000rpm jadi 10.000-15.000rpm. Udah gitu nggak ada tenaga di bawah 10.000. Jadi, kalau mau
Regen wrote:apa aja tuh seabreg peralatan lain nya? wiring harness+koil+magnet+sepul bukan?
Seabreg itu contohnya:
Meter Display baru /Meter Assembly (!!!)
Unit Assembly baru
Engine kill switch baru, yang tidak perlu kunci kontak
Alternator (ini yang maksudnya magnet+sepul, ya?)
Perangkat lunak dan plug untuk dihubungkan dengan komputer
Dan wiring harnessnya itu yang paling mampus pasangnya. Rasanya gue masih ada fotonya, nanti gue cari di album foto gue.
Image
Regen
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Mar 24, 2005 19:16

Post by Regen »

Om Crash, k'lo cdi HRC (atau merk yg lain jg boleh) yg cocok buat Kawak Ninja apaan ya? O ya, ngomong2 kok Ninja nggak ada koilnya ya?
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

*Pesan Sponsor Mode on*
Hubungi Tomy di Trimentari Niaga, yang bikin CDI Bintang Racing Team (BRT).
Untuk Nomor telepon BRT/Trimentari, 021 8765447 (ada juga di daftar bengkel, kok)
*Pesan Sponsor Mode off*
Image