
tapi nyokap protes, ntar susah naiknya katanya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
mdid wrote:Halo, salam kenal. Saya baru di forum ini dan mau share pengalaman dan pengalaman saya moga2 berguna. Untuk rekan senior lain mohon jangan ditanggapi karena saya tidak memihak merk manapun dan tidak akan ikut membahas lebih lanjut lagi.
Diperusahaan saya yang bergerak di perkebunan dan tambang batubara sejak tahun 90-an yang tentunya banyak menggunakan SUV 4X4. DAri merk Chevrolet, Daihatsu, Toyota, Mitsubishi dan terakhir Ford sudah pernah di pakai. Kecuali merk Jeep, Mercedes, BMW yang belum pernah dipakai. Saat ini ada 6 unit Pajero dari gen 2 s/d gen4 (dari tahun produksi 96 s/d 2008) dan 1 unit LC Vx LTD 100 ke 8 mobil ini milk perusahaan selebihnya D cab rental dari mitsubishi dan Ford. Untuk Pajero dan LC sesekali dipakai kalau survey ke lapangan dan lebih banyak di Jakarta, Palembang dan Jambi dan bukan opersional disana.
VX 100 LTD adalah sisa LC terakhir yang dimiliki perusahaan total 4 unit sebelumnya. Sedangkan 6 unit Pajero belum pernah dijuah sejak dibeli dari tahun 1996.
Berikut kelebihan dan kekurangan LC Vs Pajero menurut saya
TOYOTA LC
- brand awareness tinggi
- Gengsi tinggi, karena dulu banyak dipakai oleh para BOSS. Sekarang banyakan calon Boss atau mantan anak buah Boss yang makai.
- harga jual bekas tinggi, kalo iklan yg nelp banyakan showroom dan nawar harganya yang tidak ramah tapi jual harganya aduhai.
-Suara mesin diesel LC lebih halus dan kualitas peredam bunyi lebih bagus
-Khusus VX lawas seperti VX 80, kalo rusak ringan bisa dibetulin di bengkel jalanan. Tapi tidak dengan spare part. Keunggulan yang sama kalo pakai Pajero thn 96-an.
-LC nyaman sekali penumpang karena bantingan lebih empuk dan kabin kedua lapang tapi kabin ketiga masih legaan innova/ fortuner.
-Nyaman di jalan extreme seperti lobang besar dalam, lumpur tebal karena suspensi empuk dan jarak main roda panjang
-Tidak nyaman di jalan lurus seperti tol, penumpang baris kedua merasa diayun ayun lembut seperti perahu.
-Limbung sekali di tikungan, kalau masuk tikungan dengan kecepatan tinggi bagian belakang mobil seperti dibuang, kecuali kalo pakai type VX LTD atau CYGNUS yang suspensi ada pilihan SPORT, COMFORT DAN NORMAL.
- VX 80 kalo rem hardbrake body mobil masih goyang meski sudah berhenti.
- kalo muat banyak dan lagi kencang terus ngerem mendadak, body nukik banyak, penumpang belakang kayak mo pindah ke depan. Bagusan Pajero.
-VX 100 spare part lebih sulit didapatkan dari VX 80, tidak semua beres Toyota menyediakan apalagi di luarkota.
-Tampang gagah karena tinggi, besar dan panjang tapi susah naik turun u anak2 dan wanita.
- Harga sparepart original VX tidak murah. kalo pakai banding price list bengkel resmi masih Pajero lebih murah, bisa check diwebsite KTB.
- Fast moving VX seperti filter oli dan solar bisa pakai toyota Dyna, tapi Pajero bisa pakai filter oli, filter solar, part kaki dari L300, colt diesel, strata dan triton.
- VX 80 banyak yg body miring sebelah , body terlalu berat, bagian2 kaki sudah capek dan tua. Kalo dibetulin ngak lama miring lagi. Mendingan kalo VX 100 terutama yang built up jangan yang CKD /lokal
- Dari segi teknologi perbandingan tepat VX 80 vs Pajero gen 2, VX 100 vs Pajero gen3. TApi dari harga beli perbandingan berubah VX 80 vs gen 3.
LC VX 80, VX 100 lebih banyak dikoran banyak pilihan kalo mo nyari. Pajero susah, jarang ketemu karena yang pakai jarang mau jual kecuali yang rusak berat atau pemilik type bosanan, saran nyarinya ke bengkel resmi.
Mitsubishi Pajero
- Teknologi dan pengendalian diambil dari pengalaman selama rally Paris Dakar, cenderung u kecepatan sedang sampai tinggi, kondisi jalan bagus sampai mid offroad.
- Pengendaraan nya gabungan sedan dan Jip, lebih utamakan kenyamanan supir.
- Akselesi bagus, body roll pas tidak berlebihan u pengunaan dalam kota dan toll. Suv biasa, sedan menengah masih bisa dikejar. Lupakan kalo bawa LC.
- Jok baris ketiga bisa disimpan rapi didek bawah, LC seperti innova kalau bawa banyak tidak maksimal
- Interior lebih bagus dan modern baik pajero gen2, gen3. Bandingkan LC VX 80, VX 100 yang tombol2 gede dan penataannya sudah kuno ukuran sekarang.
-Teknologi lebih maju, matic 5 speed adaptive triptronik sudah ada di Pajero 1999, LC baru ada di VX ltd 2002. MULTI MODE ABS pada gen 3, AIRBAGS, INTERCOOLER, monocoque, aerodinamis, double wishbone depan multilink belakang seperti pada New Xtrail 2008 dan All new CRV 2007 pajero dari tahun 1999, MID u suhu, temp, altimeter, kompas,JAM, F/C untuk Pajero gen 3 (SUPER EXCEED type)
- Lebih ramah u ibu2 dan anak2. Kalo LC pakai rok mini harus digendong masuk saking tingginya. Tempat minum, colokan listrik DC 12 volt depan, tengah, belakang dan AC 130watt untuk notebook, PS DLL plus tempat obat dll.
- Parkir dan manuver di jalan sempit lebih gampang, perhatikan overhang roda depan dan bumper, pendek sekali apalagi dibandingkan LC.
- model futuristis, tidak semua orang suka.
- Operasional lebih murah, semua oli 2 lebih dikit kalau ganti, STNK murah u taon sama, BIAYA SERVICE di BERES Mitsu lebih murah, FC lebih irit. AKI pajero 1 seperti mobil umumnya, LC 2 biji loh.
- Pajero susah dapat barang bagus, hati2 kalo beli bekas terutama yang sudah bermasalah dan karena umunya masalahnya sudah merembet ke mana2.
- Lebih banyak dipakai di proyek / daerah seperti Sumatra.
Tahun lalu, perusahaan pernah mau jual VX 100 LTD, pikir2nya jual VX nya bisa beli 2 mobil yang lain, tapi tidak ada serius kebanyakan Pedege saja yang nawar itupun sesuka hati buka harga. akhirnya setelah capek mobil disimpan dan jarang dipakai, sebaliknnya Pajero banyak yang minat dan kita sendiri pun sedang hunting pajero DID gen 3 yang second .
SAran saya, kalo sesekali ke medan jelek dan lebih banyak pakai dalam kota seperti ke mal, perkantoran mending pilih Pajero, tapi meski hati2 nyarinya. Kalo sering keluar kota yg medannya berat jangan VX80 mending VX 100 ,kalo concern budget pilih fortuner 4x4 baru, trouble free 5 taon kedepan, harga jual bagus dan YANG PENTING gampang dijual ,bukan seperti LC yang KATANYA SAJA GAMPANG DIJUAL.
@fukego, lampu 4 WD didashboard sering nyala kedip2 bukan kerusakan. umumnya karena 4x4 nya jarang dipakai. Di beres biasanya reset ECU dengan MUT II, kalo ada masalah solenoid dan sensor2nya total 5 biji dibersihin atau diganti baru, dijamin sakti u 5-6 tahun lagi.
Salam damai !
mari kita tanyakan ke juragan spare part...maskopat wrote:om, lampu depan pajero gmx dengan bravo pajero sama gak ya??
Sama koq.............gmx wrote:mari kita tanyakan ke juragan spare part...maskopat wrote:om, lampu depan pajero gmx dengan bravo pajero sama gak ya??
1. Kalo udah pasti gak bakalan dipake ya sayang lah beli/bayarin pajaknya mobil 4WD. Tapi kalo bro Sting udah kepincut sama DiD atau VXR ya mao ngak mao harus bayar pajak 4WD karena dua mobil tsb gak ada versi 2WDnya, kecuali bro Sting mao turun ke kelas Fort/Captiva/Everest yg ada versi 2WDnya. Tapi kadang2 tuh 4WD kepake juga apalagi kalo bro Sting sering keluar kota, misalnya aja kalo sering trans-jawa lewat jalur selatan yg kelok2 turun naik, abis itu pas kebetulan ujan lebat/jalan licin, kita bisa geser tuas ke 4H untuk nambah traksi/handling., bisa juga kalo diluar kota perlu sedikit keluar jalan besar (light off road) untuk pergi ke tempat tertentu misalnya. Kadang2 penggunaan 4WD di dalkot juga gak terduga (walaupun kemungkinannya dibawah 1% kalisting wrote: 1.Suv 4x4 kan pajek nya 2x mobil biasa partnya lebih mahal, sayang ngak sih beli mobil itu kalo fungsi 4x4 jarang atau tidak dipake ?
2. u bro Abu2 , sebenarnya kebutuhan kita sdh bisa dicover dgn GV atau Escape yg ada sekarang, kenapa ngak ke fortuner yg bisa 7 seater atau dapet taon mudaan dibandingken LC atau pajero ?
3. setelah test drive kemarin dan haisl forum ini, gw simpulkan pajero mobil yang andal, kenceng, perawatan gampang dibandingkan merk lain, harga lebih masuk akal tapi kenapa mobil ini tidak begitu banyak di Indo ? apa karena merknya mistubishi bkn toyota ?
Om abu mungkin musti beli SUV yg rada panjang kali wheelbasenya jadi penumpang belakang lebih nyaman kalo kena lobang.Abu2 wrote: sejauh ini dgn GV ane puas bgt...puas..memenuhi kebutuhan..tp kalo boleh menghayal dikit, ane kadang membayangkan gimana seandainya dgn GV, jalan rusak tetap adem, gak goyang, tapi tetap stiff spt skrg jika ngebut di tol...
di sisi lain, sering membayangkan, gimana jika duit selisih nya buat nambah itu di gunakan utnuk modif mobil yg sudah ada , untuk memenuhi keinginan, misal, rombak kaki2, bikin interior lebih senyap dll. Tapi tetap aja akomodasi gak bisa di permak, jika butuh yg 7 seater....he.h.e.he
Ya, semuanya ada strength dan weakness nya masing2.sting wrote:ehmmm, kayak nya masih kalah ama pajero kali ya. kecuali captiva yg boleh dipertimbangkan.Abu2 wrote:captiva, XL 7, Everest,
Prado gimana kalo di sandingkan dgn pajero ?
Kayaknya prado yg 120 series (2003 keatas) ataupun yg 90 series kayaknya udah 7 seater ya. Tapi jeleknya 3 rd row seat nya lipet ke samping persis kaya LC VX dan Fortuner. Kalo Pajero DiD kayaknya udah lipet ke bawah rata sama lantaibillyd1773dz wrote:prado 5 seater om....sting wrote:ehmmm, kayak nya masih kalah ama pajero kali ya. kecuali captiva yg boleh dipertimbangkan.Abu2 wrote:captiva, XL 7, Everest,
Prado gimana kalo di sandingkan dgn pajero ?
captiva AWD uda tu....
thx
Ane juga bos hehehe...MILFAbu2 wrote:gaakk..standar ane kayak WG
Risol1 wrote:Ane juga bos hehehe...MILFAbu2 wrote:gaakk..standar ane kayak WG
ow sudah 7 seater yah... bearti selama ini salah liat nih..... perbedaan dgn forti makin tipis aja dunk...Risol1 wrote: Kayaknya prado yg 120 series (2003 keatas) ataupun yg 90 series kayaknya udah 7 seater ya. Tapi jeleknya 3 rd row seat nya lipet ke samping persis kaya LC VX dan Fortuner. Kalo Pajero DiD kayaknya udah lipet ke bawah rata sama lantai
Prado 120 series
Prado 90 series
klw di pajero sih aman om... racunnya dikit... heheheh.. coba di jeep aftermarket bnyk.. godaan dimana2... pusingg...gmx wrote:sebenernya ngiler juga liat mobil2 4x4 yang udah modif siap tempur, tapi nahan2 diri karena:
- modif 4x4 abisnya mahal..
- peralatannya rata2 bobotnya berat --> nambah bobot kendaraan --> makin boros
- gw jarang2 banget pake juga.. bisa dibilang ngga pernah
tapi kalo masih standard gitu, mau maen2 oprut2an sendirian khawatir juga, takut kejeblos ngga ada winch, mesti ada mobil lain buat narik..
standard is the best..
klw d bdg sih sya tahu om..asudarsono wrote:Maaf OOT : soalnya lagi hadapi masalah sama : kalau coak fender ada bengkel yg bisa direkomend? Syukur kalau member SM, dan kalau bisa di Jakarta Timur lebih nyaman bagi aku. Thanks
d xj jg liftnya bwat ban 31" di coak bwat ban 33" suspensi nda di rubah.... ban jadi deket ke fender kya ceper tpi kekar gtu kesannya... yg pasti biaya bwat ngelift suspensi jadi lebih murah...Abu2 wrote:kalo kyk di gbr, kayaknya terlalu besar , kecilin dikit, bener, aku jg suka ban besar coak fender, jd keliatan tidak jangkung..ban sgt tebel bs di fungsikan jg sbg suspensi...he.he.h
1. DiD Pas Bangkunya dipasangbillyd1773dz wrote:hmmm... klw sya kok malah demen yang di lipet kesamping yah? dari pada model everest/kijang kapsul yang di lipat kedepan?
klw DiD kelantai ngeipatnya ktanya bisa sampe rata ada potonya nda?
thx